P. 1
Penggunaan Tanda Hubung

Penggunaan Tanda Hubung

|Views: 945|Likes:
Published by Yasheive saadi
bahasa indonesia
bahasa indonesia

More info:

Published by: Yasheive saadi on Jun 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

Penggunaan Tanda Hubung Pendahuluan

Bagaimanakah penggunam tanda hubung itu? Pertanyaan tersebut sering kali melintas dalam benak banyak orang. Tanda hubung sering digunakan dalam penulisan sehara-hari. Namun, belum tentu semua orang mengetahui secara benar dan relevan bagaimanakah penggunaan tanda hubung itu. Di bawah ini, penulis menguraikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Pemahaman yang benar dan relevan tentang penggunaan tanda hubung ini dapat memebantu kita untuk menaikkan kualitas diri dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Beberapa Pendapat
Menurut 'PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN DAN PEDOMAN UMUM PEMBENTUKAN ISTILAH', tanda hubung beberapa penggunaan. Beberapa penggunaan tersebut adalah: 1. Tanda hubung menyambung suku-suku kata dasar yang terpisah oleh penggantian baris. Misalnya: Di samping cara-cara lama itu ada juga carayang baru. Selain itu suku kata yang berupa satu vokal tidek ditempatknn pada ujung baris atau pangkal baris. Misalnya: Beberapa pendapat mengenai masalah itu telah disampaikan.... Walaupun sakit, mereka tetap tidak mau beranjak.... atau Beberapa pendapat mengenai masalah itu telah disampaikan .... Walaupun sakit, mereka tetap tidak mau beranjak .... bukan Beberapa pendapat mengenai masalah itu telah disampaikan .... Walaupun sakit, mereka tetap tidak mau beranjak .... 2. Tandahubung menyambung awalan dengan bagian kata di belakangnya atau akhiran dengan

bagian kata di depannya padapergantian baris. Misalnya: Kini ada cara yang baru untuk mengukur panas. Kukuran baru ini memudahkan kita mengukur kelapa. Senjata ini merupakan alat pertahanan yang canggih. Akhiran -t tidak dipenggal supaya jangan terdapat satu huruf sajapadapangkat baris. 3. Tanda hubung menyambung unsur-unsur kata ulang. Misalnya: anak-anak, berulang-ulang, kemerah-merahan. Angka 2 sebagai tanda ulang hanya digunakan pada tulisan cepat dan notula" dan tidak dipakai pada teks karangan. 4. Tanda hubung menyambung huruf kata yang dieja satu-satu dan bagian-bagian tanggal. Misalnya: p-a-n-i-t-i-a 8-4-t973 5. Tanda hubung boleh dipakai untuk memperjelas (i) hubungan bagian-bagian kata atau ungkapano dan (ii) penghitangan bagian kelompok kata. Misalnya: y .ber-evolusi y .dua puluh lima-ribuan (20 x 5000) y .tanggung jawab-dan kesetiakawanan-sosial Bandingkan dengan: y .be-revolusi y .dua-puluh-lima-ribuan (l x 25000) y .tanggung jawab dan kesetiakawanan social 6. Tanda hubung dipakai untuk merangkaikan (i) se- dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital, (ii) lw- dengan angkq (iii) angka dengan-an, (iv) singkatan berhuruf kapital dengan imbuhan atau kata" daa (v) nama jabatan rangkap Misalnya se-Indonesia" se-Jawa Barat, hadiatr ke-2, tahun 50-an, mem-PHK-kan, hari-Ho sinar-X, MenteriSekretaris Negara

7. Tanda hubung dipakai untuk merangkaikan unsur bahasa lndonesia dengan unsur bahasa asing. Misalnya: di-smas h, pen-tac H e- an Wikipedia berpendapat bahwa tanda hubung mempunyai penggrruran seperti di bawah ini. Yang pertama, tanda hubung menyambung unsur-unsur kata ulang. Contoh: anak-anak, berulang-ulang, kemerah-merahan Tanda ulang singkatan (seperti pangkat 2)hanya digunakan pada tulisan cepat dan notula, dan tidak dipakai pada teks karangan. Yang kedua, tanda hubung menyambung huruf kata yang dieja satu-satu dan bagian-bagian tanggal. Contoh: y .p-e-n-g-u-r-u-s y .8-4-1973 yang ketiga, tanda hubung dapat dipakai untuk memperjelas hubungan bagian-bagian ungkapan. Bandingkan: y .ber-evolusi dengan be-revolusi y .dua puluh lima-ribuan (20x5000) dengan dua-puluh-lima-ribuan (1 x25000). y .Istri-perwira yang ramah dengan istri perwira-yang ramah yang keempat, tanda hubung dipakai untuk merangkaikan (a) se- dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital ; (b) ke- dengan angka, (c) angka dengan -an, (d) singkatan berhuruf kapital dengan imbuhan atau kata, dan (e) nama jabatan rangkap. Contoh: y .se-Indonesia y .hadiah ke-2 y .tahun 50-an y .ber-SMA y .KTP-nyanomorIlllI y .sinar-X y .Menteri-SekretarisNegara yang kelima, tanda hubung dipakai untuk merangkaikan unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa asing. Contoh: y .di-charter y .pen-tacHe-an Bagi POLISIEYD, mereka mempunyai pendapat lain.menurut mereka, pedoman EYD membedakan penggunaan tanda hubung dan tanda pisatr di dalam ragam tulisan. Perhatikan petikan berikut yang diambil dari paragraf pertama di secendri.com ... karena misi kali ini diperuntukkan HANYA untuk orang Indonesia" dan targetnya memang orang - orang Indonesia yang bermain Blogshares.

Munurutnya salah satu fungsi tanda hubung adalah menyambung unsur-unsur kata ulang. Kata ulang pada kalimat di atas memang benar disarnbung dengan tanda hubungtetapi penulisannya seharusnya lanpa spasi. Jadi penulisan yang benar adalah ³orang-orang'', bukan ³orang - orang".

Pembahasan
Tiga pendapat telah diuraikan mengenai penggunaan tanda hubung. Semua dianggap benar. Namun, pendapat dari PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN DAN PEDOMAN UMUM PEMBENTUKAN ISTILAH ' lebih mendekati sempurna untuk penggunaan tanda hubung dibandingkan ke dua pendapat yang lain. Hal tersebut dikmenakan pendapat dari buku tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Republik lndonesia, Nomer 0543alUll987 dan diterima pada sidang ke-30 Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia , tanggal 4-6 Maret 1991. sedangkan , pendapat yang lainnya bersifat menyempurnakan dan melengkapi saja. Kesimpulan akhir dari penggunaan tanda hubung telatr disusun pada bagian penutup berikut. Kesimpulan ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pembaharuan ulan supaya lebih sempurna lagi.

Penutup
Tiga pendapat telah disebutkan di atas. Kesimpulan yang dapat diambil , tanda hubung pada intinnya berfirngsi untuk menyambung suku-suku kata dasar, awalan dengan bagan kata di belakangny4 unsur-unsur kata ulang,pengejaan, imbuhan dan unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa asing. Penggunaan yang benar dan relevan sangat berpengaruh pada kedisplinan kita dalam berbahasa yang baik dan benar. Seseorang tidak diperbolehkan menganggap remeh tanda baca apapun. Dalam karya ilmiah, penggunaan tanda baca apapun perlu diberi perhatian seutuhnya, khususnya pengguftnn tanda hubung seperti yang telah dibahas. Dengan dibuatnya risalah ini, sekiranya dapat membantu pembaca agar lebih mengerti dengan penggunaan tanda hubung yang baik dan relevan. Risalah ini tidak menutup diri untuk diadakannya perkembangain agar lebih mendekati sempurna. Semoga risalah yang sederhana ini dapat membantu pembaca. Amin .

Daftar Pustaka
Pembinaan , Pusat dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2001. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah.Bandung:YRAMA WIDYA. Wikipedia. 2010. Tanda Baca. www.wikipedia.com. Indonesia Diakses 1-5-2010. Polisieyd. 2010, Tanda Hubung dan Tanda Pisah. www.oolisieyd.bloesome.com. Indonesia. Diakses 1 -5-201 0.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->