P. 1
ANALISIS KEBAHASAAN

ANALISIS KEBAHASAAN

|Views: 552|Likes:
Published by logam54

More info:

Published by: logam54 on Jun 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/09/2012

pdf

text

original

ANALISIS KEBAHASAAN SURAT-SURAT RESMI YANG DIKELUARKAN DESA SIRNASARI PERIODE 2008 s/d 2009

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan masyarakat yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa indonesia untuk menggimbangi percepatan ilmu dan teknologi kemampuan seseorang menjadi sangat penting. Menulis sebagai kegiatan menyerap informasi tertulis adalah kegiatan yang komplek. Kegiatan ini bukan hanya memandangi lambang-lambang semata lebih dari pada itu penulis harus mengerahkan segenap kemampuannya. Pada hakikatnya ejaan merupakan konpersi grapis perjanjian diantara anggota masyarakat pemakai suatu bahasa untuk menulis bahasanya.ejaan juga mengatur cara penulisan kata dan penulisan kalimat beserta tanda-tanda bacaannya. Ejaan merupakan bagian yang sangat penting dalam penulisan baik itu penulisan karya ilmiah ataupun yang lainnya Oleh karena itu ejaan ini tidak dapat diabaikan,dalam penggunaan ejaan ini kita dapat berpedoman pada ejaan yang disempurnakan (EYD). Ejaan sesungguhnya tidak untuk dihapalkan melainkan harus diterapkan dan digunakan dalam setiap kesempatan menulis sehingga kita dapat terbiasa menggunakan ejaan yang benar. Ejaan ialah penggambaran bunyi bahasa dengan kaidah tulis menulis yang standarisasikan.Yang lazimnya mempunyai tiga aspek yakni aspek fonologis yang menyangkut penggambaraan fonem denga hurufdan penyusunan abjad,aspek morpologis yng menyangkut penggambaran satuan-satuan morpemis,aspek sintaksis yang menyangkut penandaan ujaraan tandabaca (Badudu,1994).

Kesalahan penggunaan ejaan yang banyak di temukan dalam penulisan diantaranya yaitu penggunaan kata depan (preposisi),pemenggalan,dan penggunaan hurup besar.kesalahan kesalahan semacam ini semestinya tidak terjadi,apalagi bagi mereka yang belajar bahasa indonesia khususnya mengenai ejaan. Kalimat yang secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan penulis dan sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang di pikirkan oleh penulis. Masih banyaknya penulisan yang tidak sesuai dengan ejaan,untuk itu penulis mencoba menganalisis surat surat Resmi yang dikeluarkan oleh Desa Sirnasari periode

2008 s/d 2009 dari segi kebahasaan.

B. Batasan Masalah
Agar masalah ini lebih terarah, maka penulis membatasi masalah penelitian ini pada penganalisisan tanda baca dan penggunaan kalimat pada surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh Desa Sirnasari periode 2008 s/d 2009 .

C. Rumusan Masalah
Untuk meempermudah penelitian ini penulis mencoba merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Bagaimanakah cpenggunaan tanda baca pada surat-surat resmi di Desa Sirnasari periode 2008 s/d 2009? 2. Bagaimanakah penggunaan kalimat pada surat-surat resmi di Desa Sirnasari periode 2008 s/d 2009?

D. Tujuan Penelitian
Sejalan dengan pembtasan dan rumusan masalah di atas penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui penggunaan tanda baca pada surat-surat resmi di Desa Sirnasari periode 2008 s/d 2009?

2. Untuk mengetahui penggunaan kalimat pada surat-surat resmi di Desa Sirnasari periode 2008 s/d 2009?

E. Manfaat penelitian
Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaatbagi para peminat sastra,umunya bagi masyarakat luas. Bagi pembaca khususnya mahasiswa dapat menjadikan penelitian ini sebagai modal dasar untuk penelitian selanjutnya mengenai penggunaan bahasa.

F. Anggaran dasar
1. Tanda baca merupakan bagan penting dalam bahasa surat 2. Penggunaan tanda baca yang tepat.berpengaruh terhadap isi dan kualitas sebuah surat. 3. Kalimat yang digunakan dalam surat harus mengacu pada kaidah bahasa Indonesia yang baku.

G. Metode dan teknik penelitian
1. Metode penelitian Penelitian menggunakan metode deskriftif analitik yaitu suatu metode yang d mulai dari proses pengumpulan data dan dilanjutkan pada proses Analisis dan penafsiran data. 2. Teknik penelitian Penelitian yang digunakan: a. Study pustaka,untuk mempelajari teori tentang menulis surat. b. Analisis surat,yaitu menelaah isi surat resmi ditinjau dari tanda baca dan kalimat yamg digunakan.

ANALISIS KEBAHASAAN SURAT-SURAT RESMI YANG DIKELUARKAN OLEH DESA SIRNASAR PERIODE 2008 s/d 2009 diajukan untuk pembuatan skripsi oleh: Ai Reni NIM 07214411

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUT 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->