P. 1
Teknologi Informasi Komunikasi

Teknologi Informasi Komunikasi

|Views: 150|Likes:
Published by romadhonbyar

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: romadhonbyar on Jun 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr . wb . Dengan mengucap syukur alhamdulillah bahwasannya kami murid MAN 6 Jakarta telah dapat menyelesaikan makalah yang berjudul MANFAAT PERANGKAT TEKNOLOGI walaupun tidak sedikit hambatan dan kesulitan yang kami hadapi , tiada daya dan upaya kecuali dengan petolongan Allah SWT . Walaupun demikian , sudah barang tentu makalah yang kami buat ini masih terdapat kekurangan dan belum dikatakan sempurna karena keterbatasan kemampuan kami dalam menyempurnakan makalah ini . oleh karena itu kami yang membuat makalah ini mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca yang bersifat ingin pembuatan makalah di waktu yang akan datang bisa lebih baik lagi . Semoga makalah ini berguna bagi siapa saja yang ingin mambacannya . Wasalamualaikum wr . wb .

Jakarta , 10 Agustus 2009

Penyusun
1|Page

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI

....................................................................................................... 1

................................................................................................................... 2 ....................................................................................................... 3 .......................................................................................................4

BAB I PENDAHULUAN BAB II PEMBAHASAN

1. Unit Masukan ................................................................................................................... 4 2. Unit Proses ........................................................... ........................................................5

3. Unit Keluaran ..................................................................................... ........................... ...7 4. Unit Penyimpanan .............................................. ................... ......................................7 ........................................... ........................... .........8

Alat ± alat Teknologi dan Komunikasi 1. Telepon

............................. ...................... ................................................................8

2. Radio ........................ ............................... ........................................................................9 3. Televisi 4. Komputer ...................................................................................................................9 .................................................................................................................10 ................................................. ....................................................10

Jaringan Telekomunikasi 1. Wireless 2. Modem

................................ ....................... ..........................................................10 ......................... ........................................................................................11

3. Satelit ................................ .............................................................................................11 4. Wireline .................................................................................................................11

BAB III PENUTUP ................................................................................................................. 12 1. Kesimpulan ................................... ..............................................................................12

2. Saran ...................................................................................................................... .......12 DAFTAR PUSTAKA .............................. .......................................................................12

2|Page

BAB I

PENDAHULUAN

Komputer berasal dari kata computer yang artinya menghitung . komputer merupakan alat yang di rancang untuk menerima data untuk kemudian diolah melalui suatu proses sehingga menghasilkan suatu keluaran .Teknologi sangat berguna dalam kehidupan sehari ± hari . Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala hal . Teknologi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari berbagi pengirim ke penerima . Manfaat Teknologi , Informasi dan Komunikasi yaitu :

1.

Untuk mendukung perbaikan keamanan dan mempercepat perkembangan kesejahteraan sosial dan ekonomi .

2.

Mengatasi berbagai kesenjangan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dalam mendukung suatu sistem yang lebih adil dan merata .

3. 4. 5. 6.

Meningkatkan akses Informasi dan pengetahuan . Meningkatkan kmampuan SDM ( sumber daya manusia ) . Mendukung proses demokrasi dan transparansi birokrasi . Membentuk masyarakat mengerti Teknologi , Informasi dan Komunikasi .

Komputer sudah digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan aktivitas manusia , seperti penelitian , kedokteran , pendidikan , dan perbankan .

3|Page

BAB II

PEMBAHASAN
1. UNIT MASUKAN
Unit masukan adalah alat untuk memasukkan data ataupun program untuk diolah oleh komputer sehingga menjadi sebuah informasi . Contoh sebagai berikut :

a.

Keyboard Keyboard merupakan peranti masukan yang terdiri atas kumpulan huruf dan angka . pada keyboard juga terdapat tombol ± tombol khusus yang memiliki fungsi khusus . Jenis ± jenis keyboard yang digunakan , yaitu serial , Port serial 2 ( PS2 ) , dan Universal serial Bus ( USB ) .

b.

Mouse Mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor dan

menunjuk perintah atau program pada layar monitor . Jenis ± jenis mouse , yaitu serial , PS2 , USB .

c.

Scanner Scanner adalah alat untuk mengubah teks atau gambar menjadi gambar digital .

d.

Floppy Disk Drive Floppy Disk Drive adalah alat untuk menulis , membaca data , dan merekam data .

4|Page

e.

CD-ROM dan CD-RW Compact disc-read only memory adalah alat untuk membaca Compact Disc ( CD ) atau Video Compact Disc ( VCD ) pada komputer . Compact Disc ± read and write ( CD-RW ) , yaitu alat serupa CD-ROM , namun selain dapat membaca CD , dapat juga merekam data ke CD .

f.

DVD-ROM dan DVD-RW DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD , VCD , atau DVD pada komputer . selain DVD-ROM , ada juga DVD-RW , yaitu alat serupa DVD-ROM , namun selain dapat membaca CD , DVD , dan DVD , dapat juga merekam data ke keping DVD .

g.

Voice Input Voice input adalah alat untuk merekam suara manusia dan mengubahnya menjadi file digital untuk dimasukkan kedalam komputer .

2.

UNIT PROSES
Unit proses adalah Central Processing Unit ( CPU ) . CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah data sehingga menghasilkan suatu informasi . Contoh , pentium III , pentium IV , dan Athlon . Perangkat ± perangkat alat proses beserta perlengkapnnya , yaitu sebagai berikut :

a.

Casing Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan .

5|Page

b.

Power Supply Power supply gunanya untuk mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan oleh komputer . Kualitas Power supply menentukan kualitas kinerja komputer .

c.

Motherboard Motherboard adalah papan rangkaian utama komputer untuk memasang processor , memory , dan perangkat lainnya .

d.

Processor Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer .

e.

Memory Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi . Semakin besar kapasitas memory yang digunakan , semakin banyak dat maupun perintah yang dapat disimpan .

f.

VGA card VGA card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor .

g.

I/O card I/O card adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran .

6|Page

h.

Sound card Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer .

3.

UNIT KELUARAN
Unit keluaran yaitu alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU .

a.

Monitor Monitor adalah alat yang berfungsi menampilakn data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik .

b.

Printer Printer adalah alat untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer .

c.

Speaker Speaker adalah unit keluaran untuk menghasilkan suara .

4.

UNIT PENYIMPANAN
Unit penyimpanan atau storage adalah suatu media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangka waktu panjang sehingga suatu saat data tersebut dapat diambil atau dibaca kembali . antara lain :

7|Page

1.

Hard Disk Hard disk adalah perangkt komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar .

2.

Disket Disket adalah unit penyimpanan data yang berbentuk disk ( cakram ) .

3.

USB Flash Drive USB flash drive adalah unit penyimpanan data yang dapat menyimpan data hingga 1 Gb . USB terhubung ke komputer menggunakan port USB .

4.

Compact Disk CD adalah media berbentuk piringan yang berfungsi menyimpan data hingga 700 Mb .

ALAT ± ALAT TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI

1.

TELEPON Telepon adalah salah satu dari teknologi yang sangat berguna dalam berkomunikasi jarak jauh . Telepon termasuk dalam manfaat dari perangkat teknologi . Seratus tahun yang lalu , seorang ilmuan Amerika bernama Alexander Graham Bell percaya bahwa aliran listrik dapat digunakan untuk membawa suara ke tempat ya ng sangat jauh . Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi . Semua gelombang bunyi berbeda dengan yang lain . Ada yang keras , lembut dan ada yang bergetar sangat

8|Page

cepat dari pada yang lainnya . Oleh karena itu , setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melewati kabel .

2.

RADIO Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik . Gelombang ini dapat merambat melewati udara dan ruang hampa udara . Marconi adalah penemu komunikasi radio . Gelombang radio adalah suatu bentuk dari radiasi elektomagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio ( RF ) pada spektrum elektromagnetik . Gelombang radio memiliki jangkauan 10 hertz hingga beberapa gigahertz . Radio pertama kali digunakan untuk mengirimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode Morse oleh angkatan perang . Salah satu pengguna awal radio , yaitu Angkatan Laut Jepang yang digunakan untuk memata ± matai armada Rusia ketika perang Tsushima pada tahun 1901 . Salah satu pengguna radio yang paling populer , yaitu pada saat tenggelamnya kapal RMS Titanic pada tahun 1912 . Dengan populernya pesawat radio , siaran mulai dilakukan pada tahun 1920-an , terutama di Eropadan Amerika Serikat

3.

TELEVISI Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi menagkap siaran bergambar . Kata televisi berasal dari kata tele dan vision , yang memiliki arti jauh dan tampak . Jadi , televisi berarti melihat dari jarak jauh . Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda karena mampu mengubah peradaban dunia .

9|Page

Penemuan televisi tidak dapat dipisahkan dari penemuan dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday ( 1831 ) .

4.

KOMPUTER Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi , menyimpan dan meghitung data . Pada awalnya , kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat bentu . Akan tetapi , kini komputer banyak digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan matematika .

JARINGAN TELEKOMUNIKASI Alat yang dapat menghubungkan suatu alat komunikasi ke alat komunikasi lainnya disebut jaringan . Ada beberapa macam jaringan yang digunakan dalam bidang telekomunikasi , yaitu sebagai berikut :

a.

Wireless Wireless biasanya disebut sebagai jaringan komunikasi nir kabel ( tanpa kabel ) , yaitu jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio / frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi . jaringan komunikasi ini

menggunakan alat pemancar , penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut . Wireless sering digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi ke komputer lainnya .

10 | P a g e

b.

Modem Modem merupakan kependekan dari modulator demolator . Modem ini berfungsi mentrasfer data dari bentuk data komputer menjadi data dalam bentuk elektromagnetik .

c.

Satelit Satelit merupakan jaringan komunikasi yang berfungsi sebagai pemancar , penerima , dan penguat gelombang . Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengirim datanya . Biasanya satelit di tempatkan di luar angkasa .

d.

Wireline Wireline merupakan sebuah jaringan yang mirip dengan wireles . Bedanya , wireless merupakan jaringan tanpa kabel , sedangkan wireline merupakan jaringan yang menggunakan kabel . Contohnya : telepon . Telepon yang menggunakan kabel ( wireline ) , dapat juga digunakan mengakses internet , yaitu dengan cara menghubungkan kabel telepon ke port komputer . Akan tetapi , ada juga telepon yang menggunakan jaringan wireless atau jaringan tnpa kabel , seperti Telkom Flexi .

11 | P a g e

BAB III

PENUTUP
KESIMPULAN Perangkat teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari ± hari . Dan manfaatnya pun banyak sekali dalam kehidupan manusia .

SARAN Kita sebagai pelajar harus tau benar manfaat dari teknologi , informasi dan komunikasi . Dan kita harus menguasai atau mengetahui sebagian kecil dari teknologi , karena teknologi , informasi dan komunikasi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari ± hari .

DAFTAR PUSTAKA
Kuswayatno , lia . 2006. Teknologi informasi dan komunikasi kelas X SMA

12 | P a g e

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->