P. 1
PEMANFAATAN SAMPAH

PEMANFAATAN SAMPAH

|Views: 512|Likes:
Published by Wanto Kece

More info:

Published by: Wanto Kece on Jun 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

PEMANFAATAN SAMPAH

Jutaan ton sampah dari kota-kota besar tiap hari dibuang. Bahkan ditempat-tempat umum, misalnya seperti jalan raya, masih saja melihat banyak sampah-sampah yang berserakan disepanjang jalan. Menurut hasil pengamatan, hampir sebagain besar dari sampah-sampah dikota-kota besar dihasilkan oleh rumah tangga atau yang biasa sering kita sebut dengan istilah sampah rumah tangga. Apalagi jika kita memperhatikan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang didalamnya berjuta-juta ton sampah hanya dikumpulkan kemudian dibakar begitu saja. Manusia tidak pernah menyadari bbahwa tumpukan sampah bisa menjadi pencemaran dan penyakit. Secara tidak langsung, sampah-sampah yang ditumpuk secara terus menerus dapat menyebabkan sumber pencemaran lingkungan, bahkan menyebabkan terjadinya bencana alam. Misalnya seperti menjadi sumber bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Misalnya seperti bibit penyakit diare yang dapat mengganggu saluran pencernaan, lahir dan tumbuhnya nyamuk demam berdarah dan lain sebagainya. Jika seandainya manusia dapat memanfaatkan sampah dengan baik, maka manusia akan memeperoleh keuntungan dan manfaat, misalnya sampah dapat diolah menjadi energi. Energy yang dimaksud disini ialah energi listrik. Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mendapatkan energi listrik, pertama ialah memilih sampah yang dapat digunakan sebagai bahan utama, contohnya seperti besi kemudian sampah tersebut dibakar agar menghasilkan panas, setelah itu panas yang dihasilkan dimanfaatkan untuk memutar turbin, setelah itu turbin dihubungkan kegenerator, kemudian generator menghasilkan listrik dan listrik siap dialirkan kerumah-rumah penjuru dunia. Selain dapat diolah menjadi sumber energy listrik, ternyata sampah juga bisa sebagai bahan pupuk organis. Sampah yagn dimaksud ialah sampah dedaunan, karena sampah dedaunan sangat mudah sekali mengalami proses penguraian ketika berada didalam tanah. Langkah-langkah yang harus kita lakukan agar mendapatkan pupuk olrganis yang baik, pertama memilih sampah, kemudian buat lubang sedalam 10 meter, setelah itu beri plastic putih berukuran besar sebagai lapisan dasar, kemudian letakkan sampah dedaunan di atasnya setelah itu tutup dengan plastik. Pupuk organis baru dapat digunakan setelah mengalami proses pembusukan dan penguraian sekitar kurang lebih 3 bulan.

Dengan menggunakan sampah, manusia dapat menuangkan segala kreatifitas dan keterampilannya, dengan cara mendaur ulang. Mendaur ulang adalah suatu peoses mengubah barang atau benda yagn tidak layak pakai menjadi layak pakai kembali dengan cara menambah nilai guna suatu barang atau benda tersebut. Sudah saatnya sampah tidak dibuang, tetapi didaur ulang. Berbagai macam jenis sampah yang dapat didaur ulang, misalnya sampah gelas plastic yang dapat didaur ulang menjadi hiasan jendela. Kalengkaleng bekas yang dapat didaur ulagn menjadi tempat sampah yang unik dan masih banyak lagi contoh-contoh sampah yang dapat didaur ulang kembali. Dari uraian diatas, dapat menulis simpulkan bahwa sampah ternyata banyak menmiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Hanya saja itu semua tergantung oleh manusia tersebut bagai mana cara dia memanfaatkan ssampah. Banyak hal yang dapat dihasilkan oleh sampah misalnya sebagai bahan sumber energy listrik, bahan utama pembuatan pupuk organis dan sampah dapat didaur ulang kembali menjadi barang atau benda yang layak dipakai.

MENGARANG “PEMANFAATAN SAMPAH”

Disusun Oleh :
R.PRADYA RIZKY.P

Kelas :
X AK 1

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TENGGARONG 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->