P. 1
PENGGUNAAN BOTOL LPG

PENGGUNAAN BOTOL LPG

|Views: 380|Likes:
Published by Yusar Cahyadi

More info:

Published by: Yusar Cahyadi on Jun 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

6/15/2010

1

BAGAN SILINDER / BOTOL LPG
‡ Silinder ELPJI terbuat dari besi baja, yang telah diuji oleh Dinas Pembinaan Norma-norma Keselamatan Kerja, sesuai standard test 4. B240 Interstate Commerce Commission (ICC). ‡ Berat botol ELPIJI tertera pada badan botol. Berat ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. ‡ Timbanglah membayar. botol ELPIJI sebelum anda

‡ Apabila semua petunjuk ditaati, maka penggu naan ELPIJI akan memberikan kesenangan, kebersihan, hemat dan aman, serta membawa kebahagiaan rumah anda.

6/15/2010

2

VALVE / KLEP

Valve / Klep adalah perangkat silinder / tabung gas ELPIJI. ‡ Pada saat membeli botol, valve harus tertutup dengan segel, untuk keaslian isi botol, terbuat dari aluminium (rain cap). ‡ Pastikan bahwa pada lobang valve terdapat ring karet, yang menga tur saluran gas melalui regulator, untuk mengamankan aliran gas. ‡ Bila tidak ada ring karet pada tabung ELPIJI, mintalah pada Dealer ELPIJI anda.

6/15/2010

3

UNTUK MENJADI PERHATIAN:
Pelanggan ELPIJI / Pemakai ELPIJI 1. Belilah EPIJI pada Dealer EPIJI yang resmi dengan identitas yang jelas; 2. Timbanglah selalu dan periksa segel aluminium, apakah dalam keadaan baik sebelum anda membayarnya; 3. Jangan menyerahkan botol kosong sebelum menerima botol isi; 4. Mintalah selalu kupon pembayaran / bukti pembayaran; 5. Botol / tabung ELPIJI yang tidak digunakan maupun yang digunakan, agar ditempatkan dan disimpan pada ruangan yang terbuka, berventilasi dan teduh. Botol harus dalam keadaan berdiri; 6. Botol jangan ditempatkan dekat nyala api yang terbuka, misalnya: lampu minyak, bunga api dll. Calon pelanggan / Pemakai ELPIJI: Calon pelanggan / Pemakai ELPIJI, selain dapat membeli botol ELPIJI di Dealer resmi, dapat juga membeli langsung pada Pertamina UPPDN atau depot-depot Pertamina yang ditunjuk.

6/15/2010

4

PETUNJUK TINDAKAN SEBELUM MENGGUNAKAN PERALATAN EPLIJI:
1. Teliti bahwa semua peralatan ELPIJI anda dalam keadaan baik; 2. Teliti bahwa tidak ada kebocoran pada peralatan, tidak ada bau gas ELPIJI), bila ada bau jangan menggunakan peralatan tersebut; 3. Letakkan botol pada posisi berdiri.

PEDOMAN PENGGUNAAN ELPIJI:
ELPIJI sebagai bahan bakar bagi rumah tangga dan industri mempunyai ciri-ciri khusus dalam penggunaannya. Pedoman pemakaian ELPIJI penting diketahui agar dapat menghin dari risiko-risiko yang tidak diinginkan. Gas ELPIJI yang dijual dipasaran termuat dalam kemasan tabung yang sudah terjamin keamanannya. Telah mendapat tanda ijin syah dari pihak berwenang dan berdasarkan norma-norma ICC. 4. B. 240, agar lebih yakin ikutilah prosedur pengaman ini: REGULATOR: Regulator merupakan alat pengatur takanan gas yang keluar dari botol / tabung. Dalam keadaan terpasang, gas dengan tekanan tinggi dalam botol sudah berhubungan dengan regulator. Gas akan keluar bila katup dibuka. Kapasitas jumlah gas yang keluar dari regulator sebesar ± 2,0 kg per jam. Konsumsi utnuk kompor rumah tangga berkisar antara 150 s/d 200 gram ELPIJI per jam.
6/15/2010 5

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMASANG REGULATOR

1. Lepaskan tutup plastik dari valve silinder dengan cara menarik tali plastik yang ada pada tutupnya, hingga terlepas dari valve. 2. Letakkan regulator pada kedudukan tidak terkunci pada valve silinder. 3. Putar arah regulator searah jarum jam (ke kanan) hingga tombol pada posisi mendatar (regulator dalam posisi tertutup dan terkunci pada valve silinder).

6/15/2010

6

MENYIMPAN DAN MERAWAT TABUNG ELPIJI:
1. Menyimpan tabung ELPIJI (isi atau kosong) harus pada ruangan yang mempunyai ventilasi cukup baik. 2. Tidak boleh terkena terik matahari, pengaruh panasnya oven, atau semacamnya yang dapat menaikkan suhu di sekitar tempat penyimpanan tabung ELPIJI. 3. Tabung harus dalam keadaan berdiri. 4. Hindari dari nyala api yang terbuka (lampu minyak, rokok, dsb).

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN:
1. Periksalah bahwa regulator yang dipasang pada mulut tabung masih dalam posisi tertutup. Demikian juga dengan peralatan lain. 2. Gunakanlah slang yang dianjurkan Pertamina. Slang tersebut harus dicegah dari gigitan tikus, sayatan benda tajam ataupun terkena nyala api. Selain itu, jangan sampai letak slang tertindih.

6/15/2010

7

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
3.

(lanjutan):

Periksalah secara rutin seluruh peralatan ELPIJI agar tetap yakin semua dalam keadaan baik. Bila terdapat kerusakan, segera hubungi ahli reparasi atau Dealer / Agen terdekat. Perhatikan seluruh petunjuk yang diberikan oleh petugas ELPIJI (Dealer Pertamina). Apabila terjadi kebakaran akibat ELPIJI, dampaknya tidak terlalu besar dibandingkan bahan bakar lain. Jangan panik dan yakinlah bahwa tabung ELPIJI tidak mudah meledak, karena telah mengalami pengujian oleh Jawatan Keselamatan Kerja Pemerintah dan oleh pabrik pembuatnya. Sikap waspada dan hati-hati tidak hanya untuk ELPIJI saja namun bersikaplah sama terhadap bahan bakar lainnya. Tidak hanya racun yang berbahaya, obatpun dapat berbahaya bila tidak mengikuti petunjuk penggunaannya.

‡ ‡

‡

6/15/2010

8

MENGENAL TABUNG ELPIJI
Kemasan ELPIJI dalam tabung, digunakan untuk memudahkan pendistri busiannya kepada konsumen. Selain itu, tabung ELPIJI dibuat sedemi kian rupa untuk membuat aman konsumennya. Maka anda perlu mengenal lebih dekat tabung ELPIJI itu sendiri. KODE PADA TABUNG ELPIJI Tabung ELPIJI yang dipergunakan pada operasi penyaluran, berupa tabung bejana bertekanan dengan kapasitas 12 dan 50 Kg. Dikeluarkan oleh Pertamina sesuai dengan standard yang telah ditentukan dengan sertifikasi oleh pihak yang berwenang. Tabung ELPIJI dilengkapi dengan kode sebagai berikut: 1. Logo Pertamina. 2. Label. 3. Tanggal pengujian ulang (bulan, tahun). 4. Berat kosong tabung. 5. Tanda pengesahan dari pihak yang berwenang (DEPNAKER) 6. Kode wilayah dan tanda lain yang dirasa perlu. Tabung yang tidak memuat kode-kode di atas, bukanlah produk Pertamina. Apabila tidak sesuai dengan mutunya tidak menjadi tanggung jawab Pertamina.

6/15/2010

9

PERSYARATAN TABUNG ELPIJI:
Tabung ELPIJI yang dilepas dipasaran,harus anda kenali dan pahami agar tidak tertipu dengan tabung palsu yang tidak terjamin keamanannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh tabung Elpiji Pertamina, sbb: ‡ Harus memenuhi persyaratan keselamatan bejana bertekanan dan mempunyai sertifikasi serta cap pemeriksanaan yang masih berlaku; ‡ Katub keselamatan diset pada 24,8kg/cm2; ‡ Bejana tekanan dilindungi terhadap karat, dengan melakukan pegecatan sesuai dengan ketentuan Pertamina; ‡ Pegujian pada tabung ELPIJI dilakukan setiap 5 (lima) tahun satu kali. Tabung yang terkena pengaruh panas, perubahan bentuk atau cacat goresan, akan diuji ulang segera walaupun belum lima tahun masa pemakaian.

6/15/2010

10

MEMELIHARA TABUNG ELPIJI
Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memelihara tabung ELPIJI anda agar awet dan tahan lama: ‡ Periksa Identitas Tabung. Catat Nomor Seri, Volume, Berat Jenis serta tahun pembuatan tabung; ‡ Periksa kembali tabung anda, beri tanda bila ada kerusakan, bila terdapat keretakan segera kembalikan ke Dealer terdekat; ‡ Timbang dengan cermat berat tabung kosong dengan tabung isi bila sesuai ketentuan artinya tabung dalam keadaan baik; ‡ Dalam menempatkan tabung jangan pada tempat basah apalagi terkena air laut; ‡ Sebaiknya dibuatkan tempat khusus untuk menaruh tabung ELPIJI, dengan syarat mudah diraih dan cepat terlihat; ‡ Dalam meletakkan tabung kosong ELPIJI janganlah dalam keadan terbalik. Hal ini dapat membahayakan kita semua dan merusak kondisi tabung.

6/15/2010

11

KEMASAN ELPIJI Kemasan merupakan pelindung hasil produksi dari pengaruh luar. Berfungsi pula sebagai wadah produk dan alat untuk memudahkan konsumen mengenali produk yang dicarinya. Gas ELPIJI di kemas dalam tabung baja yang kokoh. Tabungnya diberikan disain yang menarik dan berwarna, sebagai perlambang citra dan kualitas yang baik. GUNA KEMASAN Kemasan gas ELPIJI dirasa perlu dan dilakukan untuk: 1. Memudahkan konsumen mengenali produk yang dicari 2. Memudahkasn pendistribusian kepada konsumen itu sendiri 3. Guna memenuhi permitaan konsumen yang membutuhkan volume isi gas ELPIJI dalam jumlah yang diinginkan 4. Memberikan rasa aman kepada konsumen Pada kemasan tabung/tabung ELPIJI yang beredar di pasaran dicantumkan: 1. Nomor seri botol 2. Kapasotas Nominal 3. Berat botol Kosong 4. Berat Isi ELPIJI 5. Tahun Pembuatan 6. Logo ELPIJI 7. Tanda uji ulang tes pressure
6/15/2010 12

Tabung ELPIJI yang tidak memuat kriteria yang di atas, bukanlah tabung gas ELPIJI yang dikeluarkan Pertamina. Pertamina tidak menjamin kualitas tabung tersebut. Belakangan ini banyak beredar tabung palsu yang sepintas lalu sama seperti yang dikeluarkan Pertamina. Agar anda tidak tertipu perhatikanlah tanda-tanda dan petunjuk di atas. BENTUK KEMASAN: Kemasan gas ELPIJI berbentuk tabung besi yang kokoh dan telah ditest dengan tekanan 30 kg/cm2. Tabung besi ELPIJI sebelum di pasarkan telah diuji oleh: 1. Pabrik yang membuatnya, sesuai norma-norma ICC. 4. B. 240 (Interstate Commerce Commision); 2. Departemen tenaga kerja RI direktorat pembinaan norma-norma keselamatankerja. Setiap tabung ELPIJI mampu menahan tekanan sampai sebesar 80 ² 130 kg/cm2. Hal ini perlu, demi keamanan pemakai bahan bakar gas ELPIJI. Tekanan uap ELPIJI sebesar 4-9 kg/cm2, jadi tabung ELPIJI mempunyai kekuatan 9 kali lipat lebih besar dari tekanan uap ELPIJI sendiri. Ini artinya faktor keamanan terjamin sampai enam kali lipat. Pertamina memasarkan tabung ELPIJI yang dikemas dalam beberapa ukuran, yaitu: 1. Tabung berukuran 12 kg; 2. tabung berukuran 50 kg; 3. Skid Tank berukuran 1,4,7,8,9, dan 14 ton.
6/15/2010 13

LOGO ELPIJI
Tanda gambar atau simbol yang diberikan ELPIJI sebagai tanda identitas bahan bakar gas produksi Pertamina. Diharapkan logo ini dapat memberikan kesan tersendiri pada para konsumen ELPIJI. Logo ELPIJI beupa lidah api berwarna biru, kuning kemerahan, terdapat lambang kuda laut (sebagai lambang Pertamina). Pada bagian bawah terdapat tulisan ELPIJI berwarna putih dengan dasar biru.

SIFAT KHAS ELPIJI:
Perlu diketahui, gas ELPIJI bersifat FLAMMABLE (mudah terbakar). Dalam batas FLAMMABILITY, ELPIJI adalah sumber api yang terbuka. Sehingga letupan (percikan) api yang sekecil apapun dapat segera menyambar gas ELPIJI. Maka pastikan bahwa bau gas ELPIJI telah hilang sama sekali dari dalam rumah, walaupun membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini karena sifat gas ELPIJI yang sangat lamban berputar di udara.

6/15/2010

14

SIFAT UMUM ELPIJI:
Sebagai bahan bakar, gas ELPIJI mudah terbakar apabila terjadi persenyawaan di udara. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, perlu diketahui beberapa sifat umumnya, sbb: 1. Tekanan gas ELPIJI cukup besar, sehingga bila terjadi kebocoran ELPIJI akan membentuk gas secara cepat, memuai dan sangat mudah terbakar; 2. ELPIJI menghambur di udara secara perlahan sehingga sukar mengetahuinya secara dini; 3. Berat jenis ELPIJI lebih besar dari pada udara, sehingga cenderung bergerak ke bawah; 4. ELPIJI tidak mengandung racun; 5. Daya pemanasannya cukup tinggi, namun tidak meninggalkan debu dan abu (sisa pembakaran); 6. Cara penggunaannya cukup mudah dan praktis. Pada dasarnya tujuan penggunaan bahan bakar gas ELPIJI semata-mata untuk memudahkan pekerjaan rutin sehari-hari. Dengan konsep CEPAT, TEPAT dan AMAN, ELPIJI siap membantu angan-angan anda sekeluarga. Bila akan keluar rumah, pastikan peralatan ELPIJI dalam keadaan OFF. Tombol penyalur gas telah dimatikan, sehingga tidak ada lagi gas yang keluar.
6/15/2010 15

PETUNJUK PEMELIHARAAN
1. Pertama-tama pastikan bahwa pemasangan KLEM pada sambungan slang dengan kompor dan slang dengan regulator benar-benar ERAT, untuk menghindarkan kebocoran yang tidak kita inginkan; Adakan pemeriksaan minimal satu kali dalam enam bulan oleh ahli peralatan ELPIJI.

2. ( Periksalah slang, klem, valve (klep), dan regula tor, juga silinder (botol) ELPIJI anda; ( Hindarilah kebocoran pada slang dan pengatur aliran gas pada kompor anda, dan peralatan ELPIJI atau pemanas air anda; ( Apabila kompor gas anda rusak, segera perbaiki oleh ahli reparasi kompor.

6/15/2010

16

PETUNJUK PEMELIHARAAN

(lanjutan)

3. Sirkulasi udara dapur: ( Bila memakai kompor gas ELPIJI, dapur anda harus mempunyai sirkulasi udara yang sempurna. Usahakan pintu dan jendela terbuka lebar. ( Karena berat jenis gas ELPIJI lebih besar dari udara, akan lebih sempurna apabila anda membuat lobang angin pada dinding dapur anda, dekat dengan permukaan lantai; ( Jauhkan tabung gas dari sumber api, 4. ( Bersihkan kompor anda setiap hari dari tumpahan minyak dan sisa makanan yang tercecer;

( Bersihkan pula kompor dari kerak-kerak
bekas pembakaran.
6/15/2010 17

PETUNJUK PEMELIHARAAN (lanjutan)
5. ( Cegahlah slang dari gigitan tikus. Tumpahan makanan / masakan dapat mengundang tikus; ( Usahakan agar slang jangan tertindih, dan terkena benda tajam; ( Pakailah slang dari karet yang mendapat rekomendasi dari Dealer; ( Janganlah sekali-kali memakai slang dari plastik.

6/15/2010

6. ( Kompor gas, pemanas air dan oven yang tidak memakai pematik api otomatis, cara menyalakannya adalah seperti berikut: * Nyalakan korek api terlebih dahulu, kemudian bukalah tombol saluran gas; * Apabila korek api mati, tutuplah kembali tombol saluran gas, kemudian nyalakan korek api kembali baru bukalah tombol saluran gas; * Demikian juga seterusnya. Jangan sekali kali membuka saluran gas terlebih dulu, kemudian menyalakan korek api.

18

PETUNJUK PEMELIHARAAN (lanjutan)
7. ( Jauhkan kompor ELPIJI anda dari benda yang mudah terbakar, seperti: korden, kain lap, kertas, minyak yang mudah terbakar dan lain sebagainya. 8. ( Apabila anda akan meninggalkan rumah, pastikan tombol kompor dalam posisi OFF, dan pastikan tidak ada gas yang keluar; ( Tempatkan tombol regulator pada posisi tertutup (posisi OFF); ( Selagi anda mengerjakan pekerjaan lain, jangan lupa tetap memperhatikan kompor gas yang sedang menyala.

6/15/2010

19

PETUNJUK PENGHEMATAN ELPIJI
( Nyala api jangan melebihi permukaan yang dipanasi; ( Aturlah pengeluaran gas dari tombol ELPIJI dengan yang terdapat pada kompor sesuai kebutuhan; memutar tombol gas

( Setelah kompor tidak digunakan, harap tombol penyalur ELPIJI pada regulator diµOFFµkan (hentikan alirannya);

( Pada saat water heater setelah digunakan harap ´pilot-lightµ (untuk model lama) segera dimatikan; ( Perhatikan apabila ada suara berdesis sewaktu pemasangan reglator ke mulut botol ELPIJI, berarti ada kebocoran dan jangan teruskan pemasangan regulator tersebut, tetapi segera laporkan ke Dealer terdekat; ( Rain cap (penutup aluminium) pada botol harus selalu terpasang apabila tidak dibunakan.

6/15/2010

20

APABILA TERJADI KEBOCORAN

1. ( Gas ELPIJI diberi zat mercaptane yang berbau khas (seperti bau petai busuk), sebagai tanda atau peringatan awal, bahwa pada peralatan ELPIJI terjadi kebocoran.

2. ( Apabila tabung tersebut bocor, lepaskan regulator dari tabung, dan bawalah tabung tersebut keluar rumah. Bertindaklah dengan tenang.

6/15/2010

21

APABILA TERJADI KEBOCORAN

(lanjutan)

3. ( Bukalah jendela dan pintu selebar-lebarnya dan kipaslah udara sekitarnya keluar, kemu dian pastikan bau gas khas ELPIJI hilang dari ruangan rumah; ( Saat gas ELPIJI masih memenuhi ruangan, jangan sekali-kali mencoba menyalakan api dan menghidupkan aliran listrik, karena gas ELPIJI mudah terbakar oleh letupan / percikan api terkecilpun; ( Cegahlah anak-anak berada atau bermainmain di dapur anda.

6/15/2010

22

APABILA TERJADI KEBAKARAN

1. ( Apabila terjadi kebakaran, lepaskan segera reglator dari tabung gas, dan bawalah tabung ELPIJI anda keluar rumah.

2. ( Padamkan api dengan karung goni basah; ( Dapat pula anda gunakan tabung pemadam api CO2 atau BCF*) (lihat cara memadamkan api pada halaman berikutnya); ( Jangan menyiram dengan air secara langsung. *) Bromochlordifluoromethane

6/15/2010

23

CARA MEMADAMKAN API DENGAN:

1. KARUNG GONI BASAH
Ambil karung goni; masukkan / celupkan pada bak / pasu air, peras jangan sampai ada air yang menetes KEMUDIAN TUTUPKAN PADA SUMBER/ PANGKAL API. HINDARI MELAWAN ARUS ANGIN.

6/15/2010

24

CARA MEMADAMKAN API DENGAN:

2. TABUNG PEMADAM API
Jangan mengarahkan APAR jenis zat kimia (dry chemical) pada api yang menyala berkobar di atasnya, TETAPI ARAHKAN DI PANGKAL / SUMBER API.

6/15/2010

25

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->