P. 1
Tahapan Design

Tahapan Design

|Views: 121|Likes:
Published by mangepul9070

More info:

Published by: mangepul9070 on Jun 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2015

pdf

text

original

.: The Official Politeknik Negeri Jakarta Site :.

http://www.pnj.ac.id/warta/index.php?id=162&topik=alumni

Pentingnya Proses Design Sebuah Produk “ KOMPONEN AUTOmotive ”
WHAT’S THE DESIGN ?

Design adalah sebuah proses yang dibuat sesuai kebutuhan customer yang di transformasikan ke dalam sebuah produk yang dituntut oleh kebutuhan customer. Sebuah Design biasanya di buat seorang design engineer tetapi juga harus memerlukan bantuan orang lain yang ada di sebuah perusahaan. Pengembangan sebuah produk baru mempersyaratkan adanya sebuah pengembangan prototype. Hal ini untuk membuktikan kemampuan teknologi baru sebelum menjadi produk skala massal di manufaktur/industri.

WHAT’S THE AIM OF DESIGN ?

Hasil Produk design yang sesuai keinginan cutomer Hasil Produk design yang tidak sesuai keinginan cutomer Tujuan design produk , adalah untuk membantu pemahaman masalah dengan benar, sehingga seorang design dapat menyelesaikan adanya potensi terjadinya masalah sejak awal pembuatan design.

WHO’S THE MAKING THE DESIGN ?

Sebuah Design di buat oleh seorang design engineer tetapi juga harus memerlukan bantuan dari orang lain yang ada di sebuah perusahaan.

1. Secara proses manufaktur – Dapatkah produk ini di buat dengan fasilitas yang ada? 2. Penjualan – Apakah kita membuat sebuah produk yang diinginkan oleh customer? 3. Harga – Apakah pembuatan design memerlukan biaya yang mahal 4. Pembelian – Apakah part/komponen ditempatkan tepat kedalam stok, atau kenapa harus order ? 5. Transportasi – Apakah produk telah sesuai dengan ukuran untuk metode transfortasi. 6. Pembuangan – Bagaimana produk pada akhirnya dapat dimusnahkan atau tetap ada / tidak bisa di buang?

STAGES OF NEW PRODUCT DESIGN

Sebuah uraian design seharusnya menjelaskan secara mudah dan jelas apa yang harus di design. Design tidak boleh yang samar – samar, banyak contoh masalah dan uraian design.

Spesifikasi design produk berfungsi untuk meneliti masalah dan menganalisa kompetisi produk dan semua hal yang penting seharusnya terkandung di dalamnya.

Ketika mendesign sebuah produk bahwa tidak hanya mempertimbangkan spesifikasi design produk saja, tetapi juga mempertimbangkan aktifitas yang berkaitan dengan tahapan design. Aktifitas yang terkait tersebut adalah, manufaktur, penjualan, transportasi, dll.

Dalam tahapan proses design, pilihan konsep design di design secara detail dengan semua dimensi ukuran dan spesifikasi yang di butuhkan di sebuah design gambar detail.

Sebuah proses manufaktur, di design sejak awal untuk mengetahui potensi masalah dalam setiap proses produksi, sehingga dapat menghindari kegagalan produk. Dan testing dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan, fungsi kerja dan life time sebuah produk yang di design. Apakah kita membuat sebuah produk yang di inginkan oleh customer?

2 of 3

6/18/2010 2:54 PM

.: The Official Politeknik Negeri Jakarta Site :.

http://www.pnj.ac.id/warta/index.php?id=162&topik=alumni

3 of 3

6/18/2010 2:54 PM

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->