P. 1
Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

|Views: 494|Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

Universitas Bina Nusantara

Yoserizal

Binus 
Universitas Bina Nusantara adalah salah satu universitas swasta di Jakarta, Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

Sejarah 
Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.  AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Institusi ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika. 

Pada 9 November 1987 AMIK Bina Nusantara bergabung dengan STMIK Bina Nusantara membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi diploma (D3) dan strata 1 (S1). STMIK Bina Nusantara memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992. STMIK Bina Nusantara kemudian membuka program studi pascasarjana manajemen sistem informasi, pertama di Indonesia pada 10 Mei 1993.  Universitas Bina Nusantara kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996. STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998.

ISOISO-9001 Certification 
Sebuah organisasi, yang memiliki kualitas tinggi, selalu berusaha untuk mencoba memuaskan para pelanggan mereka. Komitmen manajemen puncak tidaklah cukup untuk menghadirkan layanan/produk yang berkualitas. MasingMasing-masing organisasi harus menerapkan manajemen kualitas yang terintegrasi dan melibatkan setiap personil dalam organisasi tersebut. Pada awalnya, standar ISO 9001 dibentuk sebagai parameter bagi pabrik industri. Kemudian, kebutuhan akan penerapan manajemen kualitas dalam pelayanan industri, yang mengacu pada standar ISO 9001, menjadi berkembang, termasuk dalam institusi pendidikan. 

BINUS berasumsi bahwa penerapan manajemen kualitas pada perguruan tinggi amatlah mendesak. Proses penerapannya lebih sulit dibandingkan pada pabrik-pabrik karena ditangani secara pabrikvirtual. Proses pembentukan kualitas bahkan jauh lebih sulit apabila organisasi tersebut ternyata belum memiliki sistem manajemen kualitas.  Sistem manajemen kualitas pada universitas, dimulai oleh BINUS UNIVERSITY sejak tahun 1996, telah diakui secara internasional pada tahun 1997. BINUS meraih Sertifikat ISO 9001 pada tanggal 17 November 1997 karena kontribusi dan penerapan sistem manajemen kualitas pada lingkup perancangan kurikulum dan materi perkuliahan, proses pelaksanaan perkuliahan, pengajaran dan penelitian. 

BINUS UNIVERSITY menjalani 6 tahap proses: persiapan, kumpulan dokumen, implementasi dan audit, peningkatan dan pencegahan, dan terakhir adalah sertifikasi. Proses tersebut dimulai dengan pembentukan Info Plan, yang berisi mengenai informasi berupa strategi yang digunakan dalam institusi manajemen.  Sertifikasi tersebut diperbaharui pada tanggal 10 Februari 2005. Lebih jauh lagi, BINUS UNIVERSITY sukses meningkatkan Sistem Manajemen Kualitas menjadi ISO 9001:2000 pada tanggal 13 November 2001.

INTERELASI 8 PRINSIP MANAJEMEN MUTU 
       Mengutamakan Pelanggan Kepemimpinan Keterlibatan Personel Pendekatan Proses Pendekatan Sistem Untuk pengelolaan Peningkatan berkesinambungan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta Hubungan Saling Menguntungkan Dengan Pemasok

Mengutamakan Pelanggan 
Dalam hal mengutamakan pelanggan, dalam perkembangannya Binus selalu mengembangkan bentuk dan pola pendidikannya dari tahun ke tahun yang selalu melihat kebutuhan dari para calon pelanggannya,salah satu hal dalam usahanya berusaha lebih dekat kepada para calon mahasiswanya adalah dengan mempermudah akses informasi melalui website

Kepemimpinan 
Visi dan misi  Visi :  Melestarikan budaya seni dan teater dalam lingkungan kampus Binus University yang membangun mahasiswanya agar peduli akan kebudayaan nasional.  Misi :  Membagun mahasiswa yang memiliki kreatifitas dan inovasi dalam berkarya khususnya pada bidang seni and teater.

Keterlibatan Personel 
Dalam peningkatan kualitasnya, Binus didukung oleh para staf dan dosen yang sangat kompeten, dengan misi membagun mahasiswa yang memiliki kreatifitas dan inovasi dalam berkarya khususnya pada bidang seni and teater. Binus dan para personelnya berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkantercapainya misi universitas, dan tak lupa juga peran para mahasiswa dan para alumnus Binus yang mempunyai hubungan yang kuat dalam memajukan kampus mereka

Pendekatan Proses 
Kita ambil contoh Fakultas Ilmu Komputer yang memiliki beberapa jurusan diantaranya :  Teknik Informatika  Sistem Informasi  Sistem Komputer  Komputerisasi Akuntansi Pada semester 4, mahasiswa dan mahasiswi IT BiNus diharuskan untuk memilih peminatan pada semester 5. Peminatan ini berfungsi untuk membuat mahasiswa IT lulusan BiNus akan mempunyai skill yang lebih mendalam di satu bidang. Tidak ada syarat nilai untuk masuk dalam peminatan ini, kecuali jika peminat melebihi kapasitas, nilai akhir matakuliah Rekayasa Piranti Lunak akan dirangking.

Pendekatan Sistem Untuk pengelolaan 
Hubungan antar karyawan dan dosen serta petinggi kampus di Binus

Peningkatan berkesinambungan 
pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974.  Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981.  13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta.  Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi  AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.  AMIK mendapatkan penghargaan akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986.  membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986 

 

  

kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) di bidang manajemen informatika dan teknik informatika. Pada 9 November 1987 AMIK Bina Nusantara bergabung dengan STMIK Bina Nusantara membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi diploma (D3) dan strata 1 (S1). STMIK Bina Nusantara memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992 STMIK Bina Nusantara kemudian membuka program studi pascasarjana manajemen sistem informasi, pertama di Indonesia pada 10 Mei 1993. Universitas Bina Nusantara kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996 STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada 20 Desember 1998.

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta 
Dalam memperolah ISO 9001 universitas Bina Nusantara menjalani 6 tahap proses: persiapan, kumpulan dokumen, implementasi dan audit, peningkatan dan pencegahan, dan terakhir adalah sertifikasi. Proses tersebut dimulai dengan pembentukan Info Plan, yang berisi mengenai informasi berupa strategi yang digunakan dalam institusi manajemen.

Hubungan Saling Menguntungkan Dengan Pemasok 
Dengan adanya fasilitas lengkap yang memadai dan sudah mempunyai standar internasional, sepertinya Binus berusaha memberikan dan mengusahakan fasilitas terbaik bagi mahasiswanya, karna dari awal pun Binus selalu mencoba untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan pola pendidikannya, terbukti pada peningkatan yang sangat pesat dari awal berdirinya, dan juga dengan didapatkannya sertifikat ISO 9001 yang tentu saja bukanlah hal yang mudah.  Dan sertifikasi tersebut diperbaharui pada tanggal 10 Februari 2005. Lebih jauh lagi, BINUS UNIVERSITY sukses meningkatkan Sistem Manajemen Kualitas menjadi ISO 9001:2000 pada tanggal 13 November 2001.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->