P. 1
Pengertian Hidrolik

Pengertian Hidrolik

1.0

|Views: 6,028|Likes:
Published by Rudolf Pasaribu

More info:

Published by: Rudolf Pasaribu on Jun 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

Pengertian Hidrolik

Hidraulika berasal dari kata hydro dalam bahasa Yunani yangberarti air. Dengan demikian ilmu hidraulika dapat didefenisikan sebagaicabang dari ilmu teknik yang mempelajari perilaku air baik dalamkeadaan diam maupun bergerak. Hidraulika dapatdibedakan dalam duabidang yaitu hidrostatika yang mempelajari zat cair dalam keadaan diam,dan hidrodinamika yang mempelajari zat cair bergerak. Ilmu hidraulikamempunyai arti penting mengingat air merupakan salah satu jenis fluidayang sangat penting bagi kehidupan manusia. Air sangat diperlukanuntuk kebutuhan sehari-hari seperti air minum, irigasi, pembangkit listrikdan sebagainya. Dalam kehidupan sehari ± hari kita sering melihataplikasi sistem hidraulik sepeperti pompa yang menggunakan sistemtersebut, apabila diamati perinsip pompa hidrolik adalah perinsip yangpaling sederhana dalam fisika. Menurut hukum Pascal yang dikatakanbahwa tekanan pada suatu fluida akan diteruskan kesegala arah. Hal inimengakibatkan kesetimbangan tekanan yang diberikan sebagai fungsidari aksi reaksi didalam suatu bejana berhubungan yang diisi sejeniscairan kental (fluida) sehingga tekanan pada kedua peghisap menjadisama (P1 =P2 ) 2. Hydraulic machinery adalah mesin dan alat-alat yang menggunakan daya fluida untuk melakukan

kerja. Alat berat adalah contoh umum. Dalam jenis mesin, cairan tekanan tinggi disebut hidrolik fluida ditransmisikan seluruh mesin ke berbagai hidrolik motor dan silinder hidrolik. Fluida dikontrol secara langsung atau secara otomatis oleh katup kontrol dan didistribusikan melalui slang dan tabung. Popularitas mesin hidrolik adalah karena jumlah yang sangat besar kekuasaan yang dapat ditransfer melalui tabung kecil dan selang fleksibel, dan kekuatan tinggi kepadatan dan berbagai macam aktuator yang dapat memanfaatkan kekuatan ini.

Mesin hidrolik dioperasikan dengan menggunakan hidrolik, di mana cairan adalah media powering. Pneumatics, di sisi lain, didasarkan pada penggunaan gas sebagai medium untuk transmisi listrik, generasi dan kontrol.

1. Filters Filter adalah bagian penting dari sistem hidrolik. Partikel logam terus -menerus dihasilkan oleh komponen mekanis dan perlu dihapus bersama dengan kontaminan lain .

2. Tubes, Pipes and Hoses Tabung hidrolik presisi seamless pipa baja, khusus dibuat untuk hidrolika. Tabung memiliki ukuran standar untuk rentang tekanan yang berbeda, dengan diameter standar hingga 100 mm. Tabung disediakan oleh produsen dalam panjang 6 m, dibersihkan, diminyaki dan dipasang. Tabung yang saling berhubungan oleh berbagai jenis flensa (terutama untuk ukuran yang lebih besar dan tekanan), pengelasan kerucut / puting (dengan o-cincin meterai), beberapa jenis koneksi dan flare cut-cincin. Ukuran yang lebih besar, hidrolik pipa yang digunakan. Langsung bergabung dengan mengelas tabung tidak dapat diterima karena interior tidak dapat diperiksa.

3. Seals, fittings and connections Secara umum, katup, silinder dan pompa memiliki bos threaded perempuan untuk sambungan fluida

4. Basic calculations Daya Mesin hidrolik didefinisikan sebagai Arus x Tekanan. Kekuatan hidrolik yang diberikan oleh sebuah pompa: P dalam [bar] dan Q dalam [menyalakan / min] => (P x Q) ÷ 600 [kW]. Ex. Pompa memberikan 180 [menyalakan / menit] dan P sama dengan 250 [bar] => Pompa daya output = (180 x 250) ÷ 600 = 75 [kW].

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->