P. 1
MODALITAS BELAJAR

MODALITAS BELAJAR

5.0

|Views: 624|Likes:
Published by MichaelHo

More info:

Published by: MichaelHo on Jun 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2013

pdf

text

original

MODALITAS BELAJAR

Oleh Ester Prasetyowati

Ada tiga kecenderungan tipe/gaya belajar, yaitu:
VISUAL : Belajar dengan cara melihat AUDITORIAL : Belajar dengan cara mendengar KINESTETIK : Belajar dengan cara bergerak,bekerja, dan menyentuh

TIPE VISUAL 
       



Rapi dan teratur Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik Teliti terhadap detil Pengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang katasebenarnya dalam pikiran mereka Mengingat apa yang dilihat, dari pada yang didengar Mengingat dengan asosiasi visual Biasanya tidak terganggu oleh keributan Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang lain untuk mengulanginya Pembaca cepat dan tekun Lebih suka membaca dari pada dibacakan.

STRATEGI PEMBELAJARAN 
     

Gunakan kertas dengan tulisan berwarna daripada papan tulis. Gantungkan grafik berisi informasi penting di sekeliling ruangan. Gambarkan informasi dengan menggunakan peta, diagram dan warna. Amati gambar-gambar informasi tersebut dengan gambarseksama. Salinlah kata-kata kunci yang dijelaskan dan sisakan katakertas kosong untuk catatan. Beri kode warna untuk bahan pelajaran dan buatlah susunan pelajaran dengan aneka warna. Gunakan bahasa ikon atau simbol visual dalam catatan.

TIPE AUDITORIAL 
        

Berbicara kepada diri sendiri saat bekerja Mudah terganggu oleh keributan Menggerakkan bibir dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca Senang membaca dengan keras dan mendengarkan Merasa kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita Berbicara dalam irama terpola Biasanya pembicara yang fasih Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat Suka berbicara , suka berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu panjang lebar Lebih suka mengeja dengan keras dari pada menuliskannya.

STRATEGI PEMBELAJARAN 
 

 

 

Gunakan variasi vokal dalam belajar. Tulislah informasi dalam urutan atau format tertentu. Gunakan pengulangan sesuai konsep. Beritahu pada teman satu hal yang telah dipelajari. Buatlah lagu dari konsep/catatan. Buatlah jembatan keledai untuk menghafal konsep kunci. Gunakan musik untuk kegiatan rutin.

TIPE KINESTETIK 
Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak  Belajar melalui memanipulasi dan praktik  Menghafal dengan cara berjalan dan melihat  Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca  Banyak menggunakan isyarat tubuh  Tidak dapat duduk diam dalam waktu lama  Menyukai buku-buku yang berorientasi pada plot buku Mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca  Ingin melakukan segala sesuatu

STRATEGI PEMBELAJARAN 
      Gunakan alat bantu untuk menimbulkan rasa ingin tahu. Buatlah simulasi konsep. Buatlah konsep yang akan ditanyakan. Cobalah berbicara yang mendatangkan pujian sebagai semangat belajar. Pelajari langkah demi langkah konsep yang diberikan. Belajar sambil melakukan gerakan/berjalan. Carilah contoh orang-orang yang berhasil dalam orangbelajar.

UNTUK DIRENUNGKAN
TEMUKAN TIPE BELAJARMU DAN GUNAKAN SEMAKSIMAL MUNGKIN UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG MEMUASKAN

SELAMAT BELAJAR TUHAN MEMBERKATI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->