P. 1
1.Kamus Istilah kimia

1.Kamus Istilah kimia

|Views: 14,622|Likes:
Published by Wawan Setiawan

More info:

Published by: Wawan Setiawan on Jun 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

KAMUS ISTILAH-ISTILAH PENTING KIMIA a

absorbsi Penyerapan seluruh bagian benda ( gas atau cair ) oleh benda lain ( padat atau larutan ). adsorbsi Penyerapan permukaan benda ( gas atau cair ) oleh benda lain ( padat atau larutan ). aerosol padat Sistem koloid dengan zat terdispersi padat dan pendispersi gas. aerosol cair Sistem koloid dengan zat terdispersi cair dan pendispersi gas. afinitas elektron Energi yang dibebaskan atom netral untuk menarik suatu elektron dan membentuk anion. air Cairan dengan rumus H2O ini tidak mempunyai warna, merupakan komponen paling utama dalam tubuh makhluk hidup dalam bidang kimia sering digunakan sebagi pelarut. air aki Larutan H2SO4 25% dalam air untuk mengisi aki. air kristal Zat yang terbentuk dari persenyawaan suatu molekul tertentu dengan air dengan komposisi tertentu. air murni Air yang tidak mengandung zat asing. air raja Campuran HCl dan HNO3 dengan perbandingan 3 : 1, sangat korosif. air sadah Air yang mengandung ion-ion Ca2+, Mg2+, dan HCO3– ( disebut air sadah sementara ) atau mengandung ion-ion Ca2+, Mg2+, SO42–, dan halida. air suling Air hasil penguapan atau pengembunan pada pendidihan air. alanin Asam amino tidak essensial dengan rumus CH3CH(NH2)COOH. albumen Protein pembangun utama pada hewan dan manusia dan tersusun dari karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen dan belerang. aldosa Suatu monosakarida yang mempunyai gugus –CHO.

alifatik Senyawa karbon yang atom-atom karbonnya terikat membentuk rantai terbuka. alkadiena Golongan senyawa hidrokarbon ikatan rangkap ( tidak jenuh ) yang memiliki 2 ikatan rangkap 2. alkali Senyawa yang menghasilkan ion OH– (bersifat basa). alkana Senyawa hidrokarbon jenuh dengan rumus umum CnH2n+2. alkanal Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2nO berisomer fungsi dengan alkanon, dan nama trivialnya aldehida. alkanol Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2n+2O berisomer fungsi dengan alkoksi alkana (eter), dan nama trivialnya alkohol. alkanon Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2nO berisomer fungsi dengan alkanal, dan nama trivialnya keton. alkena Golongan senyawa hidrokarbon ikatan rangkap ( tidak jenuh ) yang memiliki 1 ikatan rangkap 2. alkil Senyawa hidrokarbon jenuh dengan rumus umum CnH2n+1. alkil alkanoat Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2nO2 berisomer fungsi dengan asam alkanoat, dan nama trivialnya ester. alkoksi alkana Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2n+2O berisomer fungsi dengan alkanol (alkohol), dan nama trivialnya eter. alnico Paduan logam aluminium, nikel dan kobalt serta tembaga, mempunyai sifat magnet permanen yang cukup kuat. alotropi Sifat suatu senyawa yang sama rumus kimianya tetapi bentuk fisik berbeda, misal intan dan grafit adalah alotropi dari karbon. amilum Sering juga disebut pati, adalah suatu polisakarida yang merupakan hasil dari polimerisasi alami. amina Senyawa organik turunan amoniak.

amorf Satu zat padat yang tidak memiliki struktur menyerupai kristal. amu ( atomic mass unit ) Satuan massa atom besarnya = 1,6606 x 10–27 kg. anhidrat Istilah yang digunakan untuk menamai kristal hidrat yang kehilangan molekul airnya. anion = Atom bermuatan negatif Atom yang kelebihan elektron karena berpindahnya elektron unsur lain ke dalam atom tersebut. anoda Tempat berlangsungnya oksidasi, merupakan elektroda positif pada sel elektrolisis dan elektroda negatif pada sel volta. antibiotik Zat yang dihasilkan dari makhluk hidup dan dapat menghambat atau bahkan mematikan organisme tertentu. aqueous Zat yang dapat larut dalam air atau menggunakan air sebagai pelarut. aromatik Senyawa organik yang mengandung cincin benzena, senyawa tak jenuh yang sukar mengalami adisi. asam Zat yang berasa masam dan dapat mengubah lakmus biru menjadi merah mempunyai pH kurang dari 7. Menurut Arrhenius, asam adalah zat yang dalam air melepas H+. asam alkanoat Senyawa karbon yang mempunyai rumus umum CnH2nO2 berisomer fungsi dengan alkil alkanoat, dan nama trivialnya asam karboksilat. asam amino Suatu asam yang mengandung gugus –NH2 dan gugus –COOH, merupakan asam organik yang bersifat amfoter dan berguna untuk membentuk protein. asam monovalen Asam valensi 1 atau hanya memiliki 1 gugus H, misal : HCl, HNO3, dll. asam oksi Asam yang mengandung oksigen. aspirin Adalah asam asetil salisilat CH3COOC6H4COOH, merupakan obat sakit kepala. atom Partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi dari suatu zat, dan mempunyai sifat zat tersebut. atom netral Atom yang tidak bermuatan listrik.

b
bagian per juta = bpj Suatu kadar yang menunjukkan 1 bagian zat tertentu dalam 1 juta bagian campurannya. bahan Segala sesuatu sebagai obyek penelitian, atau materi yang memiliki fungsi tertentu dengan ciri tertentu, atau dapat juga dikatakan sebagai sesuatu yang dapat diolah menjdi sesuatu yang lebih berguna. bahan mineral Materi di alam yang mengandung logam maupun non logam. bahan organik Materi yang berasal dari makhluk hidup. baja Besi dengan kadar karbon kurang dari 1%, dan mengandung beberapa logam lain seperti krom dan nikel. baja tahan karat Sering disebut stainless steel mengandung carbon 0,08%, dan digunakan untuk keperluan industri dan alat rumah tangga. bakelit Nama dagang fenol formaldehid resin yang ditemukan oleh L. H. Backland. barit Mineral BaSO4 ortorombik, berwarna putih umumnya, tetapi ada juga berwarna kuning atau coklat. basa Senyawa yang bereaksi dengan asam menghasilkan garam, menurut Arrhenius basa adalah zat yang dalam air melepas OH–, mempunyai pH lebih besar dari 7 dan membuat lakmus merah berubah menjadi biru. basa amfoter Basa yang dapat berubah menjadi seperti asam pada lingkungan basa kuat. basa monovalen Basa valensi 1 atau hanya memiliki 1 gugus OH, misal : NaOH, KOH, dll basa konjugasi Pasangan suatu asam tertentu dalam suatu reaksi asm-basa sebagai misal; HCl + H2O ⇔ Cl– + H3O+ , HCl adalah asam, Cl– adalah basa konjugasi dari HCl, H3O+ adalah asam, H2O adalah basa konjugasi dari H3O+. baterai Alat yang digunakan untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. batu kapur Batu yang tersusun dari CaCO3 untuk pembuatan bahan baku semen.

batuan kimia Batuan endapan sebagai hasil akumulasi endapan kimia, seperti stalagtit dan stalagmit. batuan metamorf Batuan yang terjadi karena proses kristalisasi ulang berasal dari batuan beku atau endapan di bawah suhu tinggi dan tekanan tinggi. batuan organik Batuan endapan karena proses biokimia terhadp tumbuhan dan hewan yang sudah mati. batubara Batuan endapan karena proses biokimia terhadp tumbuhan dan hewan yang sudah mati, dengan proses yang sangat lama dalam ratusan juta tahun. bauksit Bijih logam Aluminium dengan rumus Al2O3.nH2O. benda cair Benda yang dalam suhu sekitar 25oC dan tekanan 1 atm berwujud cairan. benda gas Benda yang dalam suhu sekitar 25oC dan tekanan 1 atm berwujud gas. benda padat Benda yang dalam suhu sekitar 25oC dan tekanan 1 atm berwujud padatan. bensin Campuran antara isooktana dengan n- heptana pada komposisi tertentu. benzena Senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang merupakan senyawa aromatik yang paling sederhana dengan rumus C6H6. beril Bijih utama logam berilium, mineral dengan rumus kimia Be3Al2(SiO3)6 bi Suatu awalan dalam senyawa kimia yang berarti 2. bijih logam Mineral yang dalam pengerjaan lebih lanjut dapat menghasilkan logam tertentu. bilangan Avogadro Suatu angka atau tetapan yang terdiri dari 6,02 x 1023 partikel. bilangan kuantum Bilangan yang menentukan letak keberadaan elektron suatu atom. bilangan kuantum utama ( n ) Menyatakan nomor kulit tempat terdapatnya elektron, jenisnya : K ( n = 1 ), L ( n = 2 ), M ( n = 3 ), N ( n = 4 ), dst.

bilangan kuantum azimuth ( ℓ ) Menyatakan sub kulit tempat terdapatnya elektron. bilangan kuantum magnetik ( m ) Menyatakan orbital tempat terdapatnya elektron. Suatu orbital dapat digambarkan sebagai berikut :
s 0 –1 p 0 +1 d –2 –1 0 +1 +2 –3 –2 –1 f 0 +1 +2 +3

nilai m bilangan kuantum spin ( s ) Menyatakan arah elektron dalam orbital. Jenisnya : + ½ dan – ½ untuk setiap orbital ( setiap harga m )
= +½ = –½

bilangan oksidasi Bilangan yang menyatakan banyaknya elektron yang diberikan oleh atom positif atau yang diterima oleh atom negatif. biner Terdiri dari dua komponen atau 2 bagian. biokimia Cabang ilmu kimia yang mempelajari proses kimia atau zat kimia yang ada dalam tubuh makhluk hidup. bivalen Senyawa atau zat yang bervalensi atau bermartabat 2. blenda Mineral sulfida dari suatu logam. boraks Senyawa hidrat dengan rumus Na2B4O7.10H2O, atau sering disebut natrium tetra borat ini digunakan pada industri gelas. bromat Garam yang mengandung ion BrO3–. bromida Garam yang mengandung ion Br–. bromit Garam yang mengandung ion BrO2–.

busa Atau sering disebut buih ini adalah suatu sistem koloid dengan zat terdispersi gas dan pendispersi cair. busa padat Suatu sistem koloid dengan zat terdispersi gas dan pendispersi padat.

c
cahaya Gelombang elektromagnetik yang bersifat radiasi yang dapat dilihat oleh mata manusia dengan panjang gelombang sekitar 400 nm sampai 700 nm. cair Keadaan benda yang dapat mengalir (fluida) dan mempunyai gaya tarik antar partikel lebih kuat jika dibanding gas dan lebih lemah jika di banding padatan. campuran Zat yang terdiri lebih dari satu jenis materi. campuran heterogen Suatu campuran di mana antara zat yang satu dengan yang lain terdapat batas ( bukan merupakan satu fasa) campuran homogen Suatu campuran di mana antara zat yang satu dengan yang lain tidak terdapat batas (satu fasa). coulomb Satuan Internasional untuk muatan listrik. curie Merupakan satuan untuk laju peluruhan radioaktif.

d
dakron Suatu poliester di mana monomernya asam tereftalat dan etilen glikol, dibentuk secara kondensasi. darah Cairan dalam tubuh yang mempunyai tugas mengangkut oksigen, mineral, hormon dan lain-lain ke seluruh tubuh. DDT= dikloro difenil trikloroetana Senyawa kristal tidak berwarna, digunakan sebagai pestisida dan merupakan senyawa reaksi antara triklorometanal dengan klorobenzena.

degradasi Terurainya senyawa kimia organik yang berlangsung melalui tahap-tahap tertentu menjadi senyawasenyawa yang lebih sederhana. dehidrasi Pelepasan air dari suatu zat yang mengandung molekul air (hidrat) atau dari senyawa lain. dekomposisi Peristiwa penguraian suatu senyawa kimia menjadi molekul yang lebih sederhana atau menjadi unsur-unsurnya. densitas Sering juga disebut sebagi rapatan, adalah perbandingan antara massa suatu zat dengan volume zat tersebut, dalam Sistem Internasional mempunyai satuan kg/m3. derajat disosiasi Perbandingan mol zat yang bereaksi dengan mol mula-mula zat tersebut. derajat keasaman Tingkat atau ukuran keasaman suatu zat yang dapat ditentukan dengan indikator, jumlah ion H+ dalam penghitungan pH , atau sifat donor-akseptor elektron dari suatu zat. deret homolog Sering disebut deret sepancaran adalah suatu deret senyawa, dalam hal ini umumnya senyawa organik dengan rumus molekul maupun struktur sama, juga sama gugus fungsionalnya yang berbeda adalah jumlah unsur-unsur penyusunnya. Misalkan homolog alkanol, homolog alkoksi alkana, homolog alkana, dll. deret nernst Deret logam yang tersusun menurut berkurangnya kereaktifan logam. Penyusunannya berdasarkan potensial reduksi logam tersebut makin rendah potensial reduksinya dalam susunan letaknya di sebelah kiri logam yang potensial reduksinya lebih tinggi. desikator Alat yang digunakan untuk mengeringkan suatu zat. deterjen Suatu zat yang sukar terurai, dan digunakan untuk mencuci seperti sabun walau pembuatannya tidak sama dengan reaksi penyabunan. dialisis Pemisahan suatu koloid dengan unsur-unsur pengganggu dengan menggunakan selaput semipermiabel. diatomik Suatu molekul senyawa atau molekul unsur yang di susun oleh dua atom beda ( senyawa ) dan dua atom sama ( unsur ). difusi Pergerakan zat karena atom atau molekul penyusunnya bergerak dalam mediumnya. dimorf Sifat suatu senyawa yang mempunyai rumus kimia sama, tetapi bentuk kristal berbeda.

dipol Muatan listrik sama besar tetapi beda tanda. disakarida Zat gula yang terbentuk dari gabungan 2 monosakarida yang sama atau berbeda. disosiasi Peristiwa terurainya zat menjadi lebih sederhana. distilasi Proses pemisahan campuran (umumnya berwujud cair) dengan cara penguapan dan pengembunan dengan memanfaatkan perbedaan titik didih masing-masing cairan tersebut. disproporsionasi Peristiwa di mana suatu zat dapat mengalami reaksi reduksi maupun oksidasi (autoredoks). donor Zat yang memberikan elektron atau ion tertentu kepada zat lain.

e
EDTA = Etilen Diamin Tetra Asetat Asam yang digunakan dalam reaksi titrasi kompleksometri. efek Tyndall Pancaran cahaya oleh partikelnya melalui suatu medium, secara jelas terjadi pada medium yang bersifat koloid. eksitasi elektron Perpindahan elektron dalam suatu atom, molekul maupun ion dari tingkat rendah ke lebih tinggi dengan disertai penyerapan energi. eksoergik Peristiwa pelepasan panas pada suatu reaksi inti. eksoterm Peristiwa pelepasan panas pada suatu reaksi kimia. elastomer Bahan-bahan yang bersifat elastis seperti karet. elektroda Suatu bahan yang digunakan untuk mengendalikan aliran partikel bermuatan positif maupun negatif, macamnya ada anoda dan katoda. elektroda inert Suatu elektroda yang sukar bereaksi bahkan tidak bereaksi sama sekali dalam suatu sel elektrolisis ( elektrokimia ), contoh: platina (Pt), karbon (C), emas (Au).

elektroforesis Proses pengukuran perpindahan ion ataupun partikel koloid bermuatan dalam suatu cairan dan dipengaruhi medan listrik dari luar. elektrolit Zat yang dalam bentuk ion dalam air dapat menghantar listrik. elektrolisis Proses penguraian suatu zat karena energi listrik, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia. elektron Partikel dasar bermuatan listrik negatif yang terdapat pada kulit atom. elektron bebas Elektron yang tidak melakukan ikatan dalam molekul ataupun ionnya. elektron valensi Elektron yang berada di kulit terluar suatu atom dan jumlahnya umumnya untuk menentukan golongan suatu unsur dalam Sistem Periodik Unsur. elektronegatif Kecenderungan suatu unsur mengikat elektron membentuk ion negatif. elektropositif Kecenderungan suatu unsur melepas elektron membentuk ion positif. emulsi Suatu jenis sistem koloid di mana zat pendispersi maupun terdispersinya adalah cairan. endoterm Peristiwa pengikatan panas pada suatu reaksi kimia. energi Sesuatu yang memiliki kemampuan melakukan usaha. energi aktivasi Energi minimum yang diperlukan untuk melakukan reaksi. energi bebas Ukuran kemampuan suatu sistem untuk melakukan suatu kerja. energi dalam Energi total yang dimiliki oleh suatu sistem atau suatu benda. energi ikatan Energi untuk memutuskan ikatan antar atom zat (1 mol) dalam keadaan gas. energi ionisasi Energi yang diperlukan untuk membebaskan elektron suatu atom. energi kimia Energi potensial yang tersimpan dalam suatu zat dan dapat bebas melalui reaksi kimia menjadi bentuk energi lain.

f
farad Satuan kapasitansi listrik dalam Sistem Internasional. faraday Suatu tetapan yang bernilai 96500 coulomb tiap mol. fasa Bagian yang bersifat homogen dari suatu sistem, dan mempunyai batas yang jelas. feldspar Gugusan besar mineral alumino silikat yang ditemukan dalam granit. Di dalamnya mengandung logam natrium, kalium dan kalsium. fenol Golongan senyawa aromatik yang mengikat –OH dan bersifat asam. Kristal putih yang berubah warna menjadi merah muda jika terkena cahaya. fenoltalein Suatu kristal tidak berwarna dan digunakan sebagai indikator asam-basa, jika dalam larutan basa akan menimbulkan warna merah muda, jika dalam asam tetap jernih. ferit Besi dengan struktur BCC (Body Centered Cubic = Kubus berpusat badan) berupa unsur atau sebagai bagian baja. Bisa juga berarti suatu senyawa dengan rumus LFe2O4, dengan L adalah logam transisi bervalensi 2. fermentasi Reaksi kimia dengan katalisator enzim yang dibentuk oleh mikroorganisme. feromagnet Suatu sifat yang disebabkan adanya elektron yang tidak berpasangan. Menjadi magnet tetap jika terkena medan magnet. fibrinogen Plasma protein yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah. filtrasi Proses pemisahan campuran suspensi, berdasar adanya perbedaan ukuran partikel dengan menggunakan kertas saring (filter). filtrat Cairan jernih hasil dari proses filtrasi. fisi Proses pecahnya inti atommenjadi bagian yang lebih sederhana, dan disertai pemancaran partikelpartikel dasar. fluoresen Cahaya yang terpancar dari suatu benda setelah benda tersebut disinari langsung oleh sumber cahaya.

formaldehid Nama lazim dari metanal, adalah suatu gas yang berbau rangsang tinggi dan bersifat sangat beracun, jika dilarutkan dalam air proses pelarutannya sangat mudah. formalin Pengawet mayat yang berupa campuran 40% metanal dalam air. fosforit Suatu mineral yang mengandung kalsium fosfat. fotolisis Penguraian senyawa kimia menjadi zat lain karena radiasi elektromagnetik. fotometri Pengukuran intensitas sumber cahaya dengan fotometer. foton Sama dengan kuantum yaitu paket/unit energi yang diserap atau dipancarkan pada transisi elektron. fraksi mol Menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam jumlah mol total larutan atau menyatakan jumlah mol pelarut dalam jumlah mol total larutan.

Xt =

nt nt + np

Xp =

np nt + np

Xt + Xp = 1
Xt Xp nt np = = = = fraksi mol zat terlarut fraksi mol pelarut mol zat terlarut mol pelarut

freon Suatu senyawa fluorokarbon tidak berwarna berbau eter, umumnya digunakan sebagai pendingin, pelarut, pencuci. fruktosa Suatu jenis monosakarida yang terdapat dalam buah-buahan.

g
galaktosa Suatu jenis gula yang mempunyai rumus molekul sama seperti glukosa tetapi kemanisannya lebih rendah. galena Suatu mineral dengan unsur utama timbal dan berwarna kelabu-kehijauan.

garam Senyawa yang terbentuk dari asam dan basa (selain air), merupakan zat padat kristal. gas Keadaan benda yang dapat mengalir (fluida) dan mempunyai gaya tarik antar partikel lebih lemah dibanding cairan dan padatan, dapat mengembang memenuhi ruangan yang ditempati. gas ideal Suatu gas di mana kita abaikan volume molekul dan abaikan interaksi antar molekulnya. gas mulia Dalam SPU berada di golongan VIIIA yang meliputi helium, neon, argon, kripton, ksenon, radon, merupakan unsur-unsur stabil sehingga tidak bereaksi dengan unsur lain kecuali Xe ( ksenon ) dan Kr ( kripton ) itupun harus dalam kondisi tertentu. gaya van der Waals Gaya tarik antara molekul dan lebih lemah jika dibanding gaya yang timbul akibat ikatan valensi, gaya ini terjadi karena: Terjadi gaya tarik menarik antara molekul-molekul non polar yg terkena aliran elektron (dipol sesaat) dengan molekul non polar disebelahnya yang terpengaruh (dipol terimbas) yang berdekatan. Gaya tarik antara molekul-molekul kutub positif dengan kutub negatif. Gaya tarik antar molekulnya lebih kuat dari gaya tarik antara molekul dipol sesaat - dipol terimbas. gel Koloid liofil yang berkoagulasi membentuk ikatan yang kaku, cotoh silika gel dan gelatin. gelatin Suatu protein yang dibuat dengan mendidihkan kolagen sehingga pelarutnya menguap. Gelatin ini digunakan sebagai bahan makanan, lem, dan dalam bidang fotografi. gelombang elektromagnetik Gelombang yang menjalar dalam vakum dengan kecepatan sekitar 3 X 108 meter tiap detiknya. gerak Brown Gerakan dari partikel terdispersi dalam sistem koloid yang terjadi karena adanya tumbukan antar partikel tersebut, gerakan ini sifatnya acak dan tidak berhenti. Gerakan ini hanya dapat diamati dengan mikroskop ultra. glauber Suatu garam natrium sulfat dekahidrat Na2SO4.10H2O yang digunakan untuk membuat kaca dengan mutu rendah. glikogen Polisakarida yang tersimpan dalam tubuh manusia dan hewan yang dapat diubah menjadi glukosa jika diperlukan. glikol Suatu bahan anti beku dan pelarut yang sifatnya kental dan tidak berwarna mempunyai rumus CH2(OH)CH2(OH). gliserol Suatu bahan anti beku, pelarut dan plastisiser ini mempunyai sifat tidak berwarna, berasa manis, dan di alam dapat berupa gliserida.

globulin Suatu protein yang dapat larut dalam garam encer dan kurang larut dalam air jika dibanding albumen, mempunyai Mr lebih besar dandapat mengendap lebih cepat. glukosa Kristal putih manis yang terdapat dalam tumbuhan dan bersifat optis aktif. gom Getah yang keluar dari pohon tertentu dan membentuk kurang larut dalam air. grafit Suatu alotrop karbon yang ditemukan di alam merupakan penghantar listrik yang baik dan bertitik leleh tinggi. gugus Kelompok atom yang terikat secara kovalen dan berciri tertentu. gugus fungsional Kelompok atom organik yang paling menentukan sifat suatu senyawa.

h
hablur Suatu padatan homogen di mana antara ion/atom/molekul penyusunnya membentuk struktur atau susunan 3 dimensi dengan pola tertentu. Istilah hablur ini sama artinya dengan kristal. halida Senyawa tertentu yang mengandung unsur halogen sebagai anionnya (bermuatan negatif). haloform Senyawa dengan rumus umum CHX3, dengan X adalah halogen; flouroform (CHF3), kloroform (CHCl3), bromoform (CHBr3), dan iodoform (CHI3). heksosa Suatu gula monosakarida yang mempunyai 6 atom karbon dalam molekulnya di bagi menjadi aldoheksosa jika mengandung alkanal dan ketoheksosa jika mengandung alkanon. hematit Mineral besi yang digunakan sebagai bijih besi pada tanur tinggi dengan rumus Fe2O3. hemoglobin Protein konjugasi yang terbentuk dari bagian yang mengandung besi (heme) dan bagian protein (globin). hidrasi Suatu reaksi penambahan air pada suatu zat. hidrat Molekul air yang dapat dibebaskan dengan pemanasan, biasanya terikat sebagai air kristal.

hidrida Senyawa yang terbentuk dari unsur yang lebih elektropositif dengan hidrogen, sehingga hidrogen bertindak sebagai anion. hidrofilia Bersifat menyukai air. hidrofobia Bersifat tidak menyukai air. hidrokarbon Senyawa organik yang hanya tersusun dari atom C (karbon) dan H (hidrogen). hidroksida Gugus OH– yang bersifat basa. hidrolisis Reaksi senyawa kimia dengan air dan membentuk suatu kesetimbangan. homogen Komposisi yang serbasama dari suatu senyawa, atau fasa yang sama.

i
ikatan kimia Terjadi serah terima elektron dari satu atom ke atom lain (ikatan ionik); pemakaian bersama elektron oleh atom-atom (ikatan kovalen); ikatan antara atom H dengan atom yang mempunyai keelektronegatifan tinggi (ikatan hidrogen). ilmenit Bijih utama titanium, berupa mineral hitam dengan rumus FeO.TiO2. indikator Zat yang digunakan untuk menidentifikasi zat lain melalu adanya perubahan warna. inert Zat yang susah bereaksi. insektisida Bahan kimia yang berguna untuk membunuh serangga. insulin Protein yang berperan membantu metabolisme karbohidrat, serta mencegah diabetes. intan Merupakan alotrop karbon selain grafit. iodat Ion yang mempunyai rumus IO3–.

ion Partikel atom yang bermuatan positif disebut ion positif (kation) dan partikel atom yang bermuatan negatif (anion). ionisasi Proses pembentukan ion dari atom netral. isobar Nuklida yang mempunyai nomor atom beda tetapi massa atomnya sama. Contoh: isoelektronik Nuklida yang mempunyai jumlah elektron sama. isokhor Suatu kurva yang menunjukkan kesamaan volume. isolator Materi yang tidak dapat menghantarkan panas maupun listrik. isomer Senyawa organik yang mempunyai rumus molekul sama tetapi rumus strukturnya berbeda. isothermal Proses yang tidak mempunyai perbedaan temperatur. isoton Nuklida yang mempunyai jumlah netron sama tetapi nomor atom dan massa atomnya berbeda. Contoh: 9 Be dengan 10 B ; 13 C dengan 14 N 5 6 4 7 isotop Nuklida yang mempunyai nomor atom sama tetapi massa atomnya berbeda atau jumlah proton sama tetapi jumlah netron berbeda. Contoh: 1 H ; 2 H ; 3 H 1 1 1
14 6C
14 7N

dengan

Contoh:

23 + 11 Na

dengan

20 10

Ne.

j
jari-jari atom Jarak antara inti atom dengan kulit elektron terluar. jari-jari ion Jarak antara ion dalam inti atom dengan kulit elektron terluar. jembatan garam Pipa yang berisi gel kation-anion seperti NaCl, berfungsi mengembalikan arus elektron. jenuh Kondisi di mana suatu zat berada dalam keadaan setimbang atau senyawa yang sukar untuk di adisi.

k
Ka Tetapan ionisasi asam. Kb Tetapan ionisasi basa. Ksp Hasilkali kelarutan suatu senyawa. Kw Tetapan ionisasi air. kadar Jumlah zat yang terdapat dalam campuran secara keseluruhan. kalkogen Kelompok unsur golongan IV A dalam SPU. kalorimetri Pengukuran energi panas pada kapasitas panas, pembakaran, nilai kalori dll dengan menggunakan alat yang disebut kalorimeter. kaolin Tanah halus berwarna putih yang mengandung kaolinit untuk pembuatan keramik, bahan tahan api, dll. kapasitas panas Panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda sebesar 1 derajat. karbida Unsur karbon sebagai anion atau dalam senyawa sebagai unsur yang lebih elektronegatif. katalis Zat yang berfungsi mempercepat laju reaksi dan tidak ikut bereaksi secara permanen. kation = Atom bermuatan positif Atom yang kelebihan proton karena berpindahnya elektron. katoda Tempat berlangsungnya reduksi, elektroda bermuatan positif dalam sel volta dan bermuatan negatif dalam sel elektrolisis. keadaan standar Atau keadaan normal adalah keadaan di mana suhu 0oC dan tekanan 1 atmosfir atau 76 cmHg. kelarutan Kemampuan suatu zat melarut dalam suatu pelarut pada suatu keadaan tertentu.

keratin Protein yang berfungsi membentuk jaringan tanduk hewan, kuku, bulu, dll. kesetimbangan kimia Keadaan di mana laju reaksi maju sama dengan laju reaksi balik. koagulasi Penggumpalan yang terjadi pada sistem koloid. kodein Senyawa yang termasuk narkotika dengan rumus kimia C18H21NO3, kristal putih, bersifat racun, diolah dari opium. kokain Senyawa anestetik dengan rumus kimia C17H21NO4, kristal putih, diolah dari coca. kokas Bahan padat sebagai bahan bakar pada pembuatan besi baja. kolagen Protein yang berfungsi sebagai penyambung, terdapat pada 30% protein binatang menyusui. koloid Campuran yang bersifat heterogen, yang merupakan sistem dispersi dengan zat terdispersi berukuran antara 10–7 - 10–9 m. konfigurasi elektron Suatu gambaran/susunan mengenai penyebaran elektron suatu atom. korosi Peristiwa terkikisnya suatu logam karena zat lain. kuarsa Mineral yang paling melimpah yang terdiri dari silikon dioksida yang mengkristal secara trigonal.

l
laju reaksi Pada persamaan aP + bQ Laju reaksi adalah :
► ► ►

cPQ, maka; VP =

−Δ[P] atau, Δt −Δ[Q] berkurangnya konsentrasi Q tiap satuan waktu VQ = atau, Δt +Δ[PQ] bertambahnya konsentrasi PQ tiap satuan waktu VPQ = Δt

berkurangnya konsentrasi P tiap satuan waktu

lakmus Digunakan sebagai indikator asam basa diperoleh dari tanaman Roccella tinctoria, sejenis lumut yang mempunyai pigmen biru. laktosa Gula yang terdiri dari molekul glukosa dengan galaktosa ini adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar mamalia dalam susu. larutan Campuran yang bersifat homogen dan terdiri dari 2 komponen : pelarut (solven) dan zat terlarut (solute). lateks Getah karet menyerupai susu yang menghasilkan isoprena. lemak Golongan lipida berwujud padat pada suhu kamar dan dihasilkan dari hewan. ligan Gugusan senyawa yang terikat (ikatan koordinasi) pada logam tertentu. lipase Enzim yang mempercepat hidrolisis lemak menjadi gliserol dan asam lemak. lipida Senyawa organik yang berupa ester berfungsi sebagai makanan tubuh.

m
magnesit Magnesium karbonat dengan rumus kimia MgCO3, berwarna putih. magnetis Semua gejala yang berhubungan dengan medan magnet. magnetit Besi oksida dengan rumus kimia Fe3O4, beberapa jenisnya disebut magnet, mineral berwarna hitam. makromolekul Molekul besar (raksasa) ditemukan sebagai polimer, protein, karbon sebagai intan, dll. Sifatnya keras dan mempunyai titik leleh tinggi. makroskopik Zat yang cukup besar jika di lihat dengan mikroskop. maltosa Zat gula yang terbentuk dari dua buah glukosa yang dihasilkan dari enzim amilase pada pati. manganat Garam-garam yang mengandung ion MnO42–.

markovnikov Atau aturan Markovnikov menyatakan : adisi molekul organik tidak simetri pada ikatan rangkap, di mana atom positif mengikat C yang mengikat H terbanyak. marmer Batuan metamorf yang berupa kalsit dan dolomit ynag berkristalisasi. massa atom relatif (Mr) Perbandingan massa molekul suatu zat dengan satu per duabelas bagian massa satu atom karbon12. massa satu molekul senyawa AB Mr senyawa AB = 1 massa satu atom 12 C 12 medium Ukuran berarti tengahan atau suatu zat yang merupakan tempat perpindahan suatu gaya tertentu. melamin Suatu senyawa kristal putih dengan atom C dan N berselang-seling, mempunyai rumus C3N6H6. membran semipermiabel Suatu selaput tipis yang hanya dapat dilalui zat-zat tertentu. metil jingga Suatu indikator asam-basa berupa serbuk berwarna oranye, menyebabkan warna merah untuk zat dengan pH < 3 dan kuning untuk zat berpH > 4,4. metil merah Suatu indikator asam-basa berupa serbuk berwarna merah gelap, menyebabkan warna merah untuk zat dengan pH < 4,4 dan kuning untuk zat berpH >6,0. mika Mineral silikat yang mengandung hidroksil, alkali, dan aluminium. mikroskopik Berhubungan dengan benda-benda yang sangat kecil, dan hanya kelihatan dengan bantuan mikroskop. mineral Suatu zat atau campuran dengan padatannya berbentuk kristal, dari zat organik, memiliki sifat fisik yang khas, mempunyai komposisi tertentu dan merupakan bentukan alami. mol Jumlah partikel kimia sebanyak 6,02 X 1023. molalitas Menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 kg (1000 gram) pelarut.

m=

massat 1000 x Mrt massap (gram)

m massat massap Mr

= = = =

Molalitas massa zat terlarut massa pelarut massa molekul relatif zat terlarut

molaritas Menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter (1000 mililiter) larutan.

M=

massat 1000 x Mrt volume (mililiter)

M massat volume Mr

= = = =

Molaritas massa zat terlarut volume larutan massa molekul relatif zat terlarut

molekul Senyawa kimia yang terdiri dari 2 atau lebih atom. monel Paduan logam yang berupa 60% nikel, 33% tembaga,6,5% besi dan karbon sekitar 0,5%. monosakarida Karbohidrat yang paling sederhana penyusun karbohidrat ynag lebih kompleks. morfin Suatu senyawa yang diekstraksi dari opium berwarna putih, bersifat racun larut dalam metanol dan pirimidin, beracun dengan rumus C17H19NO3.H2O. O H MSG Na – O – C – CH2 – CH2 – C – COOH Monosodium glutamat dengan rumus

merupakan zat aditif sebagai penguat rasa pada makanan.

NH2

n
naftalena Suatu senyawa organik aromatis, yang mempunyai 10 atom karbon dan 5 ikatan rangkap yang berselang-seling (berkonjugasi) dan double siklik ( seperti 2 lingkaran ). H H C C CH C HC

HC C H

C C H

CH

netron Partikel dasar atom tidak bermuatan listrik dan terdapat pada inti atom bersama dengan proton.

nikotin Zat yang diekstraksi dari tembakau dan mempunyai sifat racun terdapat pada rokok dengan rumus kimia C5H4NC4H7NCH3. nomor atom Bilangan yang menunjukkan jumlah proton dan elektron pada atom netral. Biasa dilambangkan dengan Z. nomor massa Bilangan yang menunjukkan jumlah proton ditambah netron pada atom. Biasa dilambangkan dengan A. non elektrolit Zat yang tidak menghantarkan listrik, umumnya senyawa-senyawa organik. non logam Unsur-unsur yang tidak memiliki sifat logam normalitas Konsentrasi larutan yang didefinisikan sebagai banyaknya gram ekivalen zat terlarut tiap liter larutan, dinyatakan dengan N. nukleon Partikel satuan penyusun inti atom yan berupa proton dan netron. nuklida Inti atom suatu unsur yang mengandung proton dan netron. nuklir Susunan suatu inti atom, dan hubungannya dengan energi atom.

o
oksalat Garam yang mengandung ion C2O42–. oksida Senyawa suatu unsur yang mengikat oksigen. oksidasi Peristiwa pengikatan oksigen, atau pelepasan elektron atau kenaikkan bilangan oksidasi. oksidator Zat yang menyebabkan zat lain mengalami oksidasi. oktana Senyawa alkana dengan rumus C8H18 merupakan zat utama bensin. olefin Senyawa hidrokarbon tak jenuh rantai terbuka yang memiliki sedikitnya satu ikatan rangkap dua.

orbital Fungsi gelombang yang berhubungan dengan energi elektron dan suatu kemungkinan di mana elektron ditemukan. orde reaksi Bilangan merupakan hasil penjumlahan bilangan pangkat pada konsentrasi reaktan, dan ditetapkan dari suatu percobaan. osmosis Pergerakan molekul pelarut dari larutan encer ke pekat melalui membran semipermiabel. ozon Alotrop oksigen dengan rumus O3 berwarna biru muda dan tidak stabil.

p
parafin Suatu padatan sebagai campuran hidrokarbon dengan rentang titik didih 150-300oC, digunakan untuk bahan bakar pada kompor. partikel Benda padat yang relatif kecil seperti butiran. partikulat Benda padat yang relatif kecil seperti butiran yang tersebar pada suatu medium. pencemaran Masuknya suatu zat baik berjenis sama atau berbeda dan menyebabkan perubahan komposisi yang akhirnya mengganggu dan mutu suatu sistem menurun. pepsin Enzim yang terdapat pada cairan lambung dan merupakan hasil perubahan enzim pepsinogen karena adanya asam klorida. peptisasi Dispersi suatu zat /suspensi membentuk suatu koloid dengan menambah zat kimia untuk kestabilan sol. perioda Deret unsur pada SPU tersusun secara mendatar merupakan banyaknya kulit yang dipakai elektron unsur tersebut. permanganat Garam yang mengandung ion MnO4–. perunggu Campuran logam dengan komposisi tembaga 84% dan Seng 16%.

pigmen Pewarna organik yang sukar larut dalam air. pH Ukuran keasaman atau kebasaan suatu zat, zat dengan pH > 7 bersifat basa dan zat dengan pH < 7 bersifat asam. polimer Senyawa hasil gabungan monomer-monomer tertentu secara berulang. polimerisasi Proses pembentukan senyawa polimer, macamnya polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. polimorf Zat yang memiliki lebih dari satu kristal.

q
quadrivalen Bervalensi empat. quartz Lihat kuarsa

r
radiasi Gelombang atau partikel yang terpancar dari suatu sumber. radikal bebas Gugus atom bukan ion dengan ciri adanya elektron yang tidak berpasangan. reagen Bahan kimia yang berfungsi untuk analisis atau sintesis suatu zat. reagen Benedict Reagen yang berfungsi untuk menguji zat-zat reduktor. reagen Fehling Reagen yang berfungsi untuk membedakan alkanal dengan alkanon. reagen Tollens Reagen yang juga berfungsi untuk membedakan alkanal dengan alkanon. reduksi Peristiwa pelepasan oksigen, atau pengikatan elektron atau penurunan bilangan oksidasi.

residu Sisa dari suatu reaksi. rumus bangun Rumus kimia yang menggambarkan kedudukan atom dalam tiga dimensi. rumus empirik Rumus senyawa kimia paling sederhana dari suatu zat. rumus kimia Penggambaran suatu unsur atau senyawa dengan menggunakan simbol-simbol atom.

s
sabun Garam natrium atau kalium dari asam karboksilat bersuku tinggi. sakarin Senyawa kimia dengan rumus C7H5ONHSO4 yang rasa manisnya 500 kali gula. satuan massa atom Lihat amu satuan SI Sistem satuan yang dipakai untuk tujuan ilmiah sebagai kesepakatan internasional. sedimentasi Proses pengendapan partikel suatu cairan. sel Lihat baterai. selofan Selulosa tipis transparan seperti lembaran digunakan untuk pembungkus. seluloid Bahan termoplastik untuk film. selulosa Konstituen utama dari dinding sel tumbuhan yang merupakan senyawa karbohidrat warna putih. semen Serbuk halus yang merupakan campuran aluminium dengan kalsium silikat yang diolah dalam suhu yang tinggi di atas 1350oC. senyawa Zat tunggal yang dapat terurai secara kimia menjadi zat-zat yang lebih sederhana. senyawa amfoter Senyawa yang dapat berubah sifatnya menjadi asam ataupun basa.

senyawa ion Senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan ion. senyawa kompleks Senyawa di mana antar atom, gugus, atau ion, terikat dalam suatu ikatan yang disebut ikatan koordinasi. senyawa kovalen Senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan kovalen. senyawa organoklor Senyawa organik di mana satu atau lebih atam karbonnya mengikat klorin. sifat koligatif Sifat suatu larutan yang hanya bergantung pada jumlah partikel zat terlarutnya. siklik Senyawa yang mempunyai cincin atom. silika Silikon dioksida yang bersifat keras berbentuk kristal dengan rumus SiO2. solut Zat yang terlarut dalam suatu larutan. solvent Zat yang berfungsi sebagai pelarut dalam suatu larutan. spektrum Gambaran komposisi dari suatu pancaran atau emisi cahaya atau gelombang. spesi Partikel atau materi yang berupa atom, molekul, atau suatu radikal. struktur atom Sebaran partikel atom dalam susunan tertentu. sukrosa Sering disebut sebagai gula pasir dengan rumus C12H22O11. sulfonasi Proses pemasukan satu atau lebih gugus SO3 dalam senyawa kimia. surfaktan Zat untuk meningkatkan sifat merambatnya suatu cairan. suspensi Campuran yang bersifat heterogen, yang mempunyai ukuran partikel lebih besar dari koloid.

t
tautomeri Suatu keadaan di mana 2 buah isomer berada dalam keadaan kesetimbangan. tawas Suatu kristal yang merupakan kelompok garam rangkap hidart dan bersifat isomorf. tegangan permukaan Sifat yang menyebabkan terjadinya kapilaritas cairan, karena adanya tarikan antar molekul di permukaan. tekanan Gaya yang bekerja pada setiap satuan luas. tekanan osmotik Tekanan yang bersifat melawan pergerakan molekul-molekul pelarut yang bergerak dari larutan encer ke larutan lebih pekat. tekanan uap jenuh Tercapainya suatu kesetimbangan antara uap yang kembali atau meninggalkan larutan pada suhu tertentu. ter Suatu campuran yang sangat kental hasil penguraian senyawa organik dan berwarna hitam karena karbon yang dibebaskannya. termokimia Bagian ilmu kimia yang membahas kalor yang diserap maupun dilepas pada saat reaksi. terner Senyawa kimia yang terbentuk dari 3 unsur. terpentin Hasil ekstraksi kayu pinus yang digunakan untuk pelarut atau pengencer cat. tinktur Larutan dari suatu zat dalam alkohol. tio Awalan untuk senyawa yang mengikat belerang. Misal : S2O32– ( tiosulfat ) titik beku Suhu pada saat suatu zat mulai membeku pada tekanan tertentu. titik didih Suhu di mana tekanan uap cairan sama dengan tekanan udara. titik lebur Suhu pada saat suatu zat mulai meleleh pada tekanan tertentu.

toluena Zat yang mudah terbakar yang diperoleh dari pemurnian minyak bumi. Mempunyai rumus C6H5CH3. triosa Suatu monosakarida yang terdiri dari 3 atom C (karbon).

u
ultra mikroskop Mikroskop yang digunakan untuk mengamati sistem koloid. unsur Zat tunggal paling sederhana dan tidak dapat diuraikan secara kimia biasa. urea Senyawa dengan rumus CO(NH2)2, ditemukan dalam urin dan berguna sebagai pupuk maupun makanan hewan, mempunyai nama lain karbamida.

v
vakum Daerah gas dengan tekanan kurang dari 1 atm. valensi Daya ikat suatu unsur, atom ataupun ion terhadap atom hidrogen. Atau jumlah muatan ion pada senyawa ionik, dan pada senyawa kovalen valensi adalah benyaknya ikatan yang terbentuk: misal dalam CO2, oksigen bervalensi 2 dan karbon bervalensi 4. vinil Suatu gugusan dengan bentuk CH2CH–. viskometer Alat untuk mengukur kekentalan suatu zat cair. viskositas Ukuran kekentalan suatu zat berhubungan dengan hamabatan zat untuk mengalir yang dipengaruhi gaya alir molekul-molekulnya. volumetri Suatu proses analisis kuantitatif melalui pengukuran volume larutan yang terlibat.

w
waktu paruh Ukuran laju reaksi peluruhan zat radioaktif, atau waktu yang diperlukan zat radioaktif berubah jumlah menjadi setengah semula. witerit Mineral barium karbonat, merupakan sumber senyawa-senyawa barium.

x
xantat Ester yang mengandung gugus –SCS(OR), R adalah gugus organik. Digunakan untuk pembuatan rayon secara viskos. xylen Tiga buah isomer dengan rumus C6H4(CH3)2, bersifat racun adalah hasil distilasi bertingkat dari minyak bumi. Campuran dari ketiganya merupakan pelarut.

y
yoghurt Makanan kental yang berasa masam merupakan susu yang diberi 2 macam bakteri laktobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus.

z
zat Suatu materi tunggal bersifat homogen. zeolit Silikat alami atau sintetis dari unsur-unsur Na, K, dan Ca, yang digunakan sebagai campuran pemisah (penyaring). zirkon Mineral dengan rumus ZrSiO4 yang ditemukan di alam merupakan sumber unsur Zr. zwitter ion Ion yang dapat bermuatan positif (sebagai kation) maupun negatif (anion).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->