P. 1
Reaksi Antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat

Reaksi Antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat

|Views: 1,950|Likes:
Published by GudangMateri.com

More info:

Published by: GudangMateri.com on Jul 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

Makalah Kimia Reaksi Antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat

tautan :
http://www.gudangmateri.com/2009/12/reaksi-ion-pemanganat.html

Reaksi antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat

Di susun oleh : Kelompok 6 Achmad Zulfikar ( 260042/07) Sabila Nadhirah Yunita Purnamasari Harmi Yunesti Moh. Ali Hasan

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat limpahan rahmat dan karynia-Nyalah sehingga laporan Kimia ini dapat penulis selesaikan dengan lancar Laporan ini di susun oleh penulis setelah menghimpun data data dari buku. Tujuan penulisan laporan ini adalah sebagai tugas yang diberikan kepada penulis pada mat pelajaran Kimia. Penulis a berharap mudah mudahan dengan adanya laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dalam penulisan laporan ini penulis banyak mengalami kesulitan. Namun, berkat peran serta berbagai pihak dengan memberikan masukan ataupun sa ran yang sangat membantu guna penyempurnaan laporan ini. Akhirnya, laporan ini dapat diselesaikan walaupun masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terimah kasih kepada pembimbing pembimbing serta teman teman yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu. Akhir kata, perkenankanlah penulis mengutip sebuah pepatah yang berbunyi Tak ada

gading yang tak retak . Demikianlah yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca. Khairul kalam, saran, kritik maupun segala umpan balik dalam bentuk apapun yang bersifat membangun dari pembaca akan penulis terima dengan tangan terbuka demi penyempurnaan laporan ini di masa yang akan datang.

Makassar, 11 Februari 2009

Penulis Kelompok IV

DAFTAR ISI

Kata Pen antar ................................................................................. Daftar Isi ........................................................................................... Bab I : Pendahuluan A. Judul ...................................................................................... B. Tujuan .................................................................................... C. Landasan Teori ................................................................ ....... Bab II : Pembahasan A. Alat dan Bahan ................................ ...................................... B. Lan ah Kerja ........................................................................ C. Hasil Pegamatan .................................................................... D. Pertanyaan ............................................................................ Bab III : Penutup A. Kesimpulan ............................................................................ B. Saran ...................................................................................... Daftar Pustaka ..................................................................................
¢ ¡

 

1 2

3 3 3

5 5 6 7

8 8 9

BAB I PENDAHULUAN
A. Judul :
Reaksi antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat

B. Tujuan Percobaan :
Setelah melakukan Percobaan ini siswa diharapkan dapat mengamati sendiri peristiwa Oksidasi dan Reduksi antara Ion Permanangat dan Ion Oksalat dalam suasana Asam.

C. Landasan Teori
Sebelum kami memaparkan , yang perlu kita ketahui bersama bahwa, Ion Permanganat dan Ion Oksalat mengalami peristiwa Oksidasi dan Reduksi antara keduanya dalam keadaan asam , oleh karena itu cara pengerjaan reaksi untuk suasana asam adalah : * * * * Menyetarakan Menyetarakan Menyetarakan atom, oksigen hidrogen selain dengan dengan oksigen menambahkan menambahkan dan molekul ion hidrogen. air. hidrogen.

Menyetarakan muatan dengan menambahkan elektron.

Lalu, yang perlu kita pahami juga, bahwa reaksi ion berlangsung dalam larutan elektrolit. Satu hal yang perlu diingat pada penulisan reaksi ion, bahwa hanya elektrolit kuat yang dituliskan sebagai ion-ion yang terpisah, sedangkan elektrolit lemah, zat padat, zat gas dan zat nonelektrolit ditulis sebagai molekul tak terionkan.

Untuk mengetahui reaksi hasil dari reaksi ion berikut ini , maka diperlukan metode setengah reaksi dimana, metode ini didasarkan pada pengertian bahwa jumla electron yang dilepaskan h pada setengah reaksi oksidasi sama dengan jumlah electron yang diserap pada setengah reaksi reduksi. Maka , untuk suasana asam seperti yang telah disebutkan diatas. Maka reaksi yang terjadi antara Ion Permanganat dengan Ion Oksalat adalah :

MnO 4 ( aq )  H  ( aq )  C 2 O 4

2 ( aq )

p Mn 2  ( aq ) H 2 O( l )  CO 2 ( g )

Reduksi : MnO4 + 5e > Mn2+ Oksidasi Maka, : C2O4 > 2CO2

OH   MnO 4  5e p Mn 2   4 H 2 O

C 2O4 p 2CO2  2e

Sehingga :

2 MnO 4  15 H  10e p 2 Mn  8 H 2 O

5C 2 O4 p 10CO 2  10e

Hasil Akhir :

2 MnO 4  16 H  5C 2 O p 2 Mn  8 H 2 O  10 CO 2

BAB II PEMBAHASAN

A. Alat dan Bahan
Alat Tabung Reaksi Pipet Tetes Silinder Ukur 10ml Alat pengukur waktu (detik)

Bahan

Larutan Kalium Permanganat 0.001 M Larutan Asam Oksalat 0,05 M Larutan Asam Sulfat 0,5 M Larutan Mangan (II) Sulfat 0,2 M

B. Langkah Kerja
1. Masukkan 2 tetes larutan H2C2O4 0,05 M dan 2 tetes H2SO4 0,5 M kedalam suatu tabung reaksi. Tambahkan larutan KMnO4 0,001 M kemudian diguncangkan dan catat waktu sejak penambahan itu sampai warna larutan menghilang. Selanjutnya, tambahkan lagi 1 tetes larutan KMnO4 dan catat waktu seperti tersebut diatas. Lanjutkan penambahan larutan KMnO4 tetes demi tetes hingga jumlahnya 14 tetes. 2. Dalam tabung reaksi yang lain masukkan 2 tetes larutan H2C2O 0,05 M, 2 tetes 4 larutan H2SO4 0,5 M dan 1 tetes MnSO4 0,2 M. Tambahkan, 1 tetes larutan KMnO4 0,001 M dan catat waktu yang diperlukan hingga warna larutan hilang.

C. Pengamatan

1. Reaksi ion

MnO4- dengan C2O42- dalam lingkungan asam

Jumlah Tetes Waktu (detik) tetes

1 42,31

2 19,07

3 17.21

4 14

5 13.02

6 12

7 11

Jumlah Tetes Waktu (detik) tetes

8 10,03

9 7

10 6

11 5.27

12 4.09

13 3

14 2

2. Reaksi Ion MnO4- dengan C2O42- dalam lingkungan asam yang ditambah larutan MnSO4 waktu 2,49 detik

D. Pertanyaan
1. Pada penambahan setiap tetes larutan KMnO4 larutan pereaksi menjadi encer. Apakah waktu reaksi sesuai dengan harapan kita bahwa konsentrasi semakin kecil maka reaksi akan berlangsung lambat? Jawab : Ya, karena , semakin kecil konsentrasinya maka akan semakin lambat reaksi yang berlangsung 2. Bandingkan waktu reaksi untuk kedua tetes yang berurutan . Partikel mana yang menyebabkan perbedaan itu ? Jawab : I. II. 42,31 19,07

Partikel yang menyebabkan pervedaan adalah tingkat konsentrasi KMnO4 pada tiap reaksi tersebut, sehingga reaksi I lebih lama disbanding reaksi II yang merupakan lanjutan penambahan KMnO4 dari reaksi I. 3. Bandingkan waktu yang diperlukan untuk tetes pertama cara pertama dan carakedua. Partikel manakah yang menyebabkan perbedaan itu ? Jawab: A.I.. 42,31 detik B.I. 2,49 detik Hal yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah pada penambahan MnSO4 0,2 M pada cara B.I sehingga reaksi tersebut lebih cepat bereaksi disbanding reaksi A.I.

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan Hal yang dapat kita simpulkan dari percobaan diatas adalah semakin besar konsentrasi suatu reaksi makan semakin cepat reaksi berlangsung , begitu pula sebaliknya semakin kecil konsentrasi maka semakin lambat reaksi berlangsung.

B. Kritik dan Saran Hal yang dapat saya sampaikan, ucapan Terima Kasih kepada guru pembimbing Praktek Kimia kami, yang telah mendampingi dalam melakukan percobaan, disamping itu alat yang sudah cukup memadai , walaupun masih perlu diperbanyak dan dirawat.

DAFTAR PUSTAKA

Purba, Michael.2006. Kimia untuk SMA Kelas XII Semester 2 Jakarta : Erlangga Pub. Internet : www.chem-is-try.com . Reaksi redoks pada campuran reaksi 08 Februari 2009.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->