P. 1
TA - Tata Letak Pabrik dan Fasilitas

TA - Tata Letak Pabrik dan Fasilitas

|Views: 257|Likes:
Published by Laurent Rengy

More info:

Published by: Laurent Rengy on Jul 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang CV.

SUNDAG AGRO FERTILIZER adalah perusahaan yang berlokasi di Desa Wadeng Sidayu Gresik yang memproduksi pupuk. Berdasarkan survey perusahaan yang telah dilakukan selama ini dalam tata letak perancangan fasilitas awalnya dilakukan secara sederhana. Tata letak fasilitasnya tanpa menggunakan analisis hubungan aktivitas sehingga terlihat dari penyusunan mesin-mesin atau fasilitasnya yang kurang tertata rapi, hal itu dapat terlihat dari posisi mesin lasser yang terlalu jauh dalam penataan ruang dengan mesin granulator dan mesin driyer. Proses produksi pada perusahaan tersebut membutuhkan waktu yang agak lama yaitu kurang lebih 20 menit per proses operasi karena alur Work In Process (WIP) yang kurang tertata dengan baik ada di beberapa stasiun kerja, yaitu di mesin lasser dan driyer sehingga hal ini banyak menimbulkan backtracking pada proses produksinya. 1.2.Permasalahan Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan yaitu bagaimana menganalisis Tata Letak Fasilitas Pada CV. Sundag Agro Fertilizer di Ds Wadeng Sidayu Gresik guna meminimalkan backtracking. 1.3.Batasan Masalah Ada beberapa batasan masalah yang harus dipenuhi agar permasalahan yang diamati tidak melebar adalah sebagai berikut : 1. Tidak membahas biaya untuk redesain fasilitas. 2. Metode yang digunakan adalah metode From to chart, Activity relationship Chart ( ARC ) 3. Layout yang dianalisa adalah layout fasilitas di lantai produksi.

1

2 1.4.Asumsi - Asumsi Asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1. Fasilitas mesin dan kegiatan karyawan berjalan dalam kondisi normal pada saat proses produksi. 2. Kondisi perusahaan dalam bagian produksi memungkinkan dilaksanakan analisis. 3. Luas area tidak bermasalah. 1.5.Tujuan penelitian Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tata letak fasilitas pada CV. Sundag Agro Fertilizer untuk meminimalkan backtracking di lantai produksi. 1.6.Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap : A) Bagi Perusahaan Sebagai bahan pertimbangan bagi CV SUNDAG AGRO FERTILIZER untuk mempertimbangkan perusahaan dalam menggunakan lay-out perusahaan yang masih kurang tertata dengan baik. B) Bagi Peneliti 1. Peneliti dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat dibangku kuliah. 2. Peneliti dapat mengintegrasikan teori-teori yang telah di dapat untuk di terapkan ke dalam penelitian atau di lapangan. 1.7.Obyek penelitian Dalam menyusun laporan ini yang dijadikan obyek penelitian adalah bagian lantai produksi pada PT. Sundag Agro Fertilizer di Desa Wadeng Sidayu Gresik”.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->