P. 1
MODUL 1

MODUL 1

|Views: 247|Likes:
Published by EpoQres Van Qres

More info:

Published by: EpoQres Van Qres on Jul 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

MODUL 1: Larutan Kegiatan Belajar 1: Larutan Rangkuman Secara fisik campuran ada yang homogen dan heterogen.

Campuran yang homogen disebut larutan. Komponen larutan yang jumlahnya sedikit disebut zat terlarut, dan komponen yang jumlahnya lebih banyak disebut pelarut. Bila jumlah zat yang dilarutkan (zat terlarut) banyak dikatakan larutan pekat, sedang bila zat terlarutnya sedikit disebut larutan encer. Air disebut pelarut universal sebab air dapat melarutkan bermacam-macam zat. Sifat melarutnya zat-zat dikenal dengan sebutan "partikel sejenis melarutkan partikel sejenis atau like dissolves like", artinya pelarut yang polar akan lebih mudah melarutkan zat yang polar, sedangkan pelarut yang nonpolar lebih mudah melarutkan zat yang nonpolar juga. Larutan-larutan padat seperti aliase dibuat karena sifat-sifatnya yang menguntungkan diantaranya titik leburnya, kekerasan, hantaran listrik dan tahan korosi. Kegiatan Belajar 2: Konsentrasi Larutan Rangkuman 1. Molaritas (M) = jumlah mol zat telarut dalam 1 liter larutan 2. Molalitas ( m) = jumlah mol zat terlarut dalam 1000 g pelarut 3. Persen massa = jumlah gram zat terlarut tiap 100 gram larutan 4. Persen volumeume = jumlah mL zat terlarut dalam 100 mL larutan Kegiatan Belajar 3: Sifat Koligatif Larutan

MODUL 2: Kinetika Kimia Kegiatan Belajar 1: Laju Reaksi Rangkuman Laju reaksi adalah ukuran dari laju berkurangnya konsentrasi pereaksi atau laju terbentuknya hasil reaksi (produk). Ada 2 macam laju reaksi yaitu laju rata-rata yaitu laju reaksi dalam interval waktu tertentu dan laju sesaat yaitu laju pada saat tertentu. Laju reaksi sesaat tidak sama besar dari waktu ke waktu, pada awal reaksi laju ini paling besar dan selama reaksi berlangsung terus berkurang sampai akhirnya mencapai harga nol di akhir reaksi. Ada beberapa cara untuk menentukan laju reaksi yang tidak terlampau cepat. Analisis kimia secara volumetri merupakan cara yang paling sederhana baik dari segi prosedur maupun peralatannya. Persamaan laju reaksi ditentukan dengan 2 cara yaitu cara laju awal dan cara integral.

Orde reaksi merupakan bilangan yang menyatakan hubungan konsentrasi dengan laju reaksi. Reaksi yang umum dan sederhana biasanya mempunyai orde pertama, selain itu kita kenal reaksi orde kedua dan ketiga dan beberapa reaksi yang berorde nol bahkan orde pecahan. Kegiatan Belajar 2:Waktu Paruh Reaksi Rangkuman Waktu paruh yaitu waktu yang diperlukan agar konsentrasi pereaksi berkurang menjadi setengah dari semula. Untuk reaksi orde pertama waktu paruhnya tidak ditentukan oleh konsentrasi awal zat pereaksi tetapi untuk reaksi yang berorde dua, tiga dan sebagainya ditentukan oleh konsentrasi awal pereaksi. Reaksi kimia umumnya melalui beberapa tahap, dimana setiap tahap disebut reaksi elementer yang merupakan akibat tumbukan atom, ion atau molekul. Laju reaksi elementer sama dengan hasil kali konsentrasi pereaksi dipangkatkan koefisiennya. Mekanisme reaksi merupakan perincian serangkaian reaksi elementer. Mekanisme reaksi rantai terdiri dari tiga rangkaian reaksi elementer, yaitu tahap inisiasi, tahap propagasi dan tahap terminasi. Kegiatan Belajar 3:Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Rangkuman Dasar teoritis dari kinetika kimia (laju reaksi, mekanisme reaksi dan sebagainya) mencakup pemikiran penting yaitu reaksi kimia terjadi sebagai akibat tumbukan antara molekul-molekul pereaksi. Hanya tumbukan yang mempunyai energi yang cukup efektif menghasilkan reaksi. Peningkatan suhu reaksi dapat meningkatkan fraksi molekul yang mempunyai energi aktivasi sehingga reaksi dipercepat. Untuk mempercepat terjadinya reaksi dapat juga dilakukan dengan meningkatkan konsentrasi dari pereaksi dan penambahan katalis. Katalis dalam peranannya sebagai pemercepat reaksi dapat menurunkan energi aktivasi, selain itu katalis juga berperan dalam menyajikan reaksi alternatif sesuai dengan yang diharapkan terutama dalam industri-industri. Katalis yang dapat memperlambat terjadinya suatu reaksi, katalis semacam ini dinamakan inhibitor. MODUL 3: Kesetimbangan Kimia Kegiatan Belajar 1: Keadaan dan Hukum Kesetimbangan Kimia Rangkuman

Kegiatan Belajar 2: Asas Le Chatelier dan Sistem Kesetimbangan dalam Industri Rangkuman

M ODUL 4: Kesetimbangan Larutan Dalam Air Kegiatan Belajar 1: Larutan Asam dan Larutan Basa Rangkuman

Kegiatan Belajar 2: Hidrolisis Rangkuman

Kegiatan Belajar 3: Kesetimbangan Kelarutan Rangkuman

Kegiatan Belajar 4: Titrasi Asam Basa Rangkuman 1. Titrasi adalah prosedur untuk menentukan kadar suatu zat dengan pengukuran volume larutan zat kedua yang konsentrasinya sudah diketahui (larutan standar). Titik ekivalen adalah keadaan dimana jumlah mol asam sama dengan jumlah mol basa titik akhir titrasi : keadaan dimana terjadi perubahan warna indikator yang menjadi tanda berakhirnya titrasi tersebut.

2. 3.

4.

5.

Indikator asam basa adalah zat yang dapat memberikan perubahan warna dalam suasana asam maupun basa. Rentang antara 2 nilai pH dimana terjadi perubahan warna indikator disebut trayek pH indikator. Dalam titrasi meskipun reaksinya merupakan reaksi penetralan tetapi hasil reaksi tidak selalu merupakan larutan yang netral. Larutan akan bersifat basa bila yang bereaksi adalah asam lemah dan basa kuat. Demikian juga sebaliknya larutan akan bersifat asam bila yang bereaksi adalah asam kuat dengan basa lemah. ODUL 5: Koloid Kegiatan Belajar 1:Koloid dan Sifatnya Rangkuman Berdasarkan ukuran partikelnya, dikenal tiga macam sistem yaitu (a) larutan, (b) koloid dan (c) suspensi. Fase dispersi adalah zat/ partikel-partikel yang sangat halus yang menyebar keseluruh medium dispersinya.

6. 7. 8. 9.

Beberapa sifat fisik dari koloid adalah luas permukaan, gerak Brown, efek Tyndall, adsorbsi dan muatan listrik sistem koloid. Gerak Brown adalah gerakan yang disebabkan tumbukan antara partikel-partikel dalam sistem koloid. Efek Tyndall adalah gejala pemantulan dan penghamburan cahaya oleh sistem koloid. Adsorbsi adalah peristiwa penyerapan suatu molekul atau ion pada permukaan suatu zat.

10. Kegiatan Belajar 2:Penggolongan Koloid
Rangkuman Berdasarkan wujud fasa dispersi dan mediumnya, ada delapan macam sistem koloid (bukan 9), karena semua gas bisa bercampur dengan gas membentuk campuran yang homogen atau larutan. Sol adalah sistem koloid dimana fasa dispersi-nya berupa zat padat dan mediumnya berbentuk cair. Ada dua macam sol yaitu sol liofob dan sol liofil. Liofob artinya tidak suka cairan medium sedangkan liofil suka cairan mediumnya. Bila medium yang dipakai adalah air dinamakan hidrofob dan hidrofil. 11. Aerosol adalah sistem koloid yang berkenaan dengan gas sebagai salah satu komponennya.

12. Kegiatan Belajar 3:Pembuatan dan Pemurnian Koloid
Rangkuman Pembuatan koloid ada dua macam yaitu cara kondensasi dan cara dispersi. 13. 14. 15. 16. Cara kondensasi dilakukan dengan cara mengubah partikel yang kecil menjadi partikel yang berukuran koloid. Sedangkan cara dispersi dilakukan dengan menghaluskan partikel-partikel yang besar menjadi partikel yang berukuran koloid. Ada 3 macam pembuatan koloid dengan cara kondensasi adalah reaksi pengendapan, reaksi hidrolisis dan reaksi redoks Yang termasuk cara dispersi adalah cara mekanik, peptisasi dan cara Bredig. Pemurnian koloid dilakukan dengan mengambil ion yang berlebih yang disebut dialisis. Untuk mempercepat proses pemurnian dilakukan dengan proses elektrodialisis.

MODUL 6: Elektrokimia Kegiatan Belajar 1: Penyetaraan Persamaan Reaksi Redoks Rangkuman Dalam reaksi redoks, reaksi oksidasi dan reduksi terjadi bersamaan. Reaksi redoks terdiri dari dua reaksi yaitu oksidasi dan reduksi yang masingmasing disebut setengah reaksi. Pada reaksi oksidasi selalu terjadi pelepasan elektron yang diikuti dengan kenaikan bilangan oksidasi, sedangkan pada reaksi reduksi terjadi penerimaan elektron yang diikuti dengan penurunan bilangan oksidasi. Apabila pada reaksi redoks unsur yang mengalami oksidasi sekaligus juga mengalami reduksi maka reaksi redoks itu disebut reaksi autoredoks atau disproporsionasi. Penyetaraan persamaan redoks terdiri dari dua macam setengah reaksi, yang diselesaikan melalui 6 tahap. Tahap terakhir merupakan penjumlahan dari kedua setengah reaksi dengan cara menghilangkan jumlah elektron pada kedua setengah reaksi. Bobot satu ekivalen oksidator atau reduktor adalah jumlah banyaknya zat tersebut yang dapat menerima atau melepaskan 1 mol elektron. Dalam reaksi redoks 1 ekivalen oksidator bereaksi dengan 1 ekivalen reduktor. Kegiatan Belajar 2: Sel Elektrokimia Rangkuman Ada 2 jenis sel elektrokimia, yaitu : 1. Sel Galvani atau sel Volta, pada sel ini terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik. 2. Sel Elektrokimia, pada sel ini terjadi perubahan dari energi listrik menjadi energi kimia. Sel elektrokimia mempunyai dua elektroda yaitu anoda dan katoda, anoda tempat berlangsungnya reaksi oksidasi dan katoda tempat berlangsungnya reaksi reduksi. Pada sel Volta, anoda adalah elektroda negatif dan katoda adalah elektroda positif. Sel Volta yang menggunakan elektroda Zn-Cu disebut sel Daniel. Listrik terjadi karena adanya aliran elektron. Pada sel Volt, elektron dapat mengalir karena adanya perbedaan potensial listrik antara kedua elektroda. Jembatan garam pada sel Volta berfungsi untuk menyetimbangkan muatan listrik. Potensial elektroda yang diukur pada suhu 25°C dan konsentrasi larutan 1 Molar disebut Potensial Elektroda Standar. Ada 2 jenis potensial elektroda yaitu potensial Oksidasi dan potensial Reduksi. Untuk setiap harga dari E° oksidasi = E° reduksi.

Potensial listrik yang dihasilkan oleh suatu sel disebut potensial sel atau GGL (Gaya Gerak Listrik). Untuk mengukur GGL suatu sel dapat dilakukan dengan menggunakan Voltmeter dan Potensiometer. Pengukuran potensial sel atau GGL suatu sel dengan potensiometer dapat dilakukan dengan menggunakan sel weston sebagai sel standar. Suatu reaksi redoks dapat berlangsung apabila harga E° sel positif. Elektrolisis adalah peristiwa penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik searah. Berbeda dengan sel Volta, pada sel elektrolisis anoda adalah elektroda positif dan katoda adalah elektroda negatif. Reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda pada sel elektrolisis tergantung pada jenis elektroda dan jenis kation dan anion yang terdapat dalam larutan elektrolit. Hubungan antara massa zat yang terjadi dan jumlah listrik yang mengalir dalam larutan selama elektrolisis dinyatakan dengan hukum Faraday : 1. 2. Massa zat yang terbentuk pada katoda berbanding lurus dengan jumlah listrik yang digunakan dalam sel elektrolisis. Massa zat yang dihasilkan oleh arus listrik yang sama dari beberapa sel yang berbeda sebanding dengan bobot ekivalen masing-masing zat.

Aspek termodinamika terdapat hubungan antara energi bebas Gibbs dengan potensial sel dan kespontanan proses dalam elektrokimia. Dari energi bebas Gibbs dapat diturunkan persamaan Nernst dan dapat ditentukan tetapan kesetimbangan elektrolit. Kegiatan Belajar 3: Aplikasi Elektrokimia Rangkuman Dalam sel elektrokimia dapat terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia dan perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik. Pada prinsipnya ada dua model sel yaitu sel primer dan sel sekunder. Sel primer yaitu sel yang bersifat tidak reversibel, artinya zat-zat yang digunakan untuk menghasilkan listrik tidak dapat dibentuk kembali menghasilkan zat semula sehingga sel tidak dapat digunakan lagi, misalnya baterai dan sel merkuri. Sel sekunder yaitu sel yang bersifat reversibel, artinya zat-zat yang digunakan untuk menghasilkan listrik dapat dibentuk kembali sehingga sel dapat digunakan kembali, misalnya sel aki (sel timbal dan sel nikel kadmium). Proses penyepuhan menggunakan prinsip elektrolisis, terjadi pemindahan atom logam dari anoda ke katoda. Untuk melapisi benda dengan logam yang diinginkan, maka sebagai anoda dipakai logam tersebut dan sebagai elektrolit adalah larutan garamnya.

Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita. Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu. Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya. Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya. Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya. Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya. Saya datang untuk mengasihi tidak dengan mencari orang yang sempurna, tetapi dengan belajar untuk melihat orang yang tidak sempurna menjadi sempurna. Cinta bukanlah cinta yang berubah ketika menemukan perubahan. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelumbertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. kekasih standar berharap kamu berubah demi dia… namun kekasih sejati kan berubah demi kamu… kekasih standart mengharapkan doamu agar dia bahagia… namun kekasih sejati kan berdoa demi kebahagianmu hidup ini terlalu indah untuk di tangisi..apa lagi menangis hanya karna cinta cinta tidak akan datang jika kamu menunggu orang yang sempurna, tetapi cinta akan datang jika kamu dapat menerima ketidaksempurnaan seseorang dan mencintainya dengan cara yang sempurna Jarak TERJAUH yang pernah di tempuh demi CINTA, adalah dari SURGA ke BUMI dan pengorbanan TERBESAR yang pernah dilakukan demi CINTA, adalah DISIKSA sampai MATI.. Aku tak peduli kau cinta padaku atau enggak, yang penting aku berharap kau tau, kalo kau selalu tersenyum, dan agar hidup kau bahagia selalu, jadi aku bisa ninggalin kau tanpa sesal, karena ketika kau bahagia, aku pun berbahagia untuk kau. Update: 26 Juni 2010 Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan. (Mahatma Ghandi) Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta. Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Kamu siapa?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu saja.” Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu. Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita. Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya. Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi, jika kamu mau berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan. Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi dia masih didunia. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelumbertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu. Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat. (Hamka) Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat. Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya. Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi. Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping. Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut. Tuhan ciptakan 100 bagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya karena takut anaknya terpijak. Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehingga kamu kehilangannya. Pada saat itu, tak adda guna penyesalan karena dia pergi tanpa mengucapkan kata – kata. Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya. Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah kekuatan cinta ! Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya. Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlainlainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji. (Hamka) Kata-kata cinta yang lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati segala luka di hati orang yang mendengarnya. Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya. Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya. Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu. Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. Update: 4 Juli 2010 Kebahagiaan itu nyata ketika itu dibagi…. from: rizh Tinggalkan kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yg di idamkan. Dan berhati-hatilah,karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan. from: ‘Lina Chan -luoph- Feby’ Soalan ini juga ada terkandung soalan di dalam nya……pantun pertanyaan tentang cinta….. Sejak pertama melihat mu terpana ku melihat mu sejak beberapa hari mengenalimu kau juga mencintai ku tetapi ketika ku mengetahui suatu rahsia rahsia tentang dirimu…….. rupa-rupanya engkau mencintai orang lain dan bukan aku…. betapa sakit nya hati ini kerana mengetahui yang cintamu bukan untuk ku apa kesalahan ku sehingga kau memutuskan cintaku menghilangkan aku dari pandangan matamu tanpa pengetahuan ku…..???? from: Si Perempuan cinta ku k padamu mngkin tk sebesar rsa cinta ku kpd sang khaliq,,, tp cinta ku ini tulus kpd mu,,, from: Wawan setiawan Terkadang,cinta membuat kita tertawa, terkadang cinta juga membuat kita mengeluarkan air mata, yang namanya jalannya cinta tak akan selamanya lurus, tapi inilah yang dinamakan cinta….. from: Hendra Pratama jika kamu mau tau seberapa besar’y aku mencintaimu,,, lihatlah matamu dgn membuka hatimu.. I LOVE U . from: dyah

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->