P. 1
Juknis Cipta & Baca Puisi

Juknis Cipta & Baca Puisi

|Views: 1,736|Likes:
Published by Santoso Bung

More info:

Published by: Santoso Bung on Jul 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

PETUNJUK TEKNIS

LOMBA CIPTA & BACA PUISI
DALAM RANGKA KEGIATAN GERAKAN ANTI NARKOBA DAN HIV-AIDS DI SEKOLAH (GANAS) TAHUN 2010
A. DASAR 1. Rencana Strategis (Renstra) Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kementerian Pendidikan Nasional (Pusjas-Kemendiknas) Tahun 2010-2014. 2. Program Pusjas-Kemendiknas Tahun Anggaran 2010. 3. Kesepakatan Bersama antara Kepala Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kemendiknas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran kegiatan GANAS Tahun 2010. 4. Panduan Pelaksanaan Pengelolaan Dana Block Grant GANAS Tahun 2010. 5. Petunjuk Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan GANAS Tahun 2010. TUJUAN 1. Untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditentukan dalam Juklak Kegiatan GANAS Tahun 2010. 2. Untuk menjaring minat dan bakat Kader Sebaya (KS) dan Siswa SMA/SMK yang telah dilatih maupun belum dilatih sebagai Pendidik Sebaya (PS)/Anggota Satuan Tugas (Satgas) GANAS, di bidang Cipta dan Baca Puisi. 3. Untuk mengkampanyekan GANAS melalui Lomba Cipta dan Baca Puisi. 4. Untuk mendapatkan Puisi hasil karya cipta KS dan Siswa SMA/SMK yang baik dan layak dipublikasikan untuk kepentingan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program GANAS. SASARAN Peserta Lomba Cipta dan Baca Puisi adalah Kader Sebaya dan Siswa/Siswi SMA/SMK, baik yang sudah dilatih maupun yang belum dilatih sebagai Calon Satgas GANAS. PERSYARATAN PESERTA 1. Peserta Lomba Cipta dan Baca Puisi ini berasal dari Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010 serta para Siswa SMA/SMK lainnya yang berminat dan memiliki bakat di bidang ini. 2. Memiliki kemampuan, minat, dan bakat di bidang Cipta dan Baca Puisi. 4. Sanggup dan bersedia mematuhi semua ketentuan yang dibuat oleh panitia pusat. 5. Peserta Lomba Cipta dan Baca Puisi ini adalah perorangan. 6. Membawa dan menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah kepada panitia. 7. Menyerahkan photo copy Kartu Pelajar kepada panitia.

B.

C.

D.

1

E.

PERSYARATAN LOMBA 1. Lomba Cipta dan Baca Puisi dapat dilakukan antar Kader Sebaya dan Siswa SMA/SMK di Kabupaten/Kota tersebut. 2. Lomba Cipta dan Baca Puisi ini terdiri dari 2 (dua) tahapan, yaitu “Tahap Penulisan/Pembuatan Naskah Puisi” dan “Tahap Pembacaan Puisi”. 3. Karya Puisi yang diciptakan harus orisinil dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia. 4. Karya Puisi dibuat dengan ketentuan sebagai berikut : a. Puisi di buat dan di tulis tangan, dengan menggunakan tinta hitam, pada lembar kertas folio bergaris. b. Panjang maksimum Karya Puisi yang dibuat adalah 2 (dua) lembar kertas folio bergaris. c. Karya Puisi yang dibuat disesuaikan dengan salah satu tema yang telah ditentukan. d. Penulisan Karya Puisi harus menggunakan huruf latin, jelas dan mudah dibaca, serta menggunakan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. e. Judul Puisi tidak harus sama dengan tema yang telah ditentukan, tetapi relevan dengan tema tersebut. f. Urutan penulisan Karya Puisi adalah : “Judul Puisi; Ciptaan (nama penciptanya); dan Isi Puisi”. 5. Lama waktu yang dialokasikan untuk penulisan naskah puisi ini ± 1-1,5 jam. 6. Setiap karya puisi dari masing-masing peserta harus melampirkan : a. Identitas Peserta Lomba dan Tema yang dipilih. b. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah masing-masing. c. Photo Copy Kartu Pelajar. 7. Setiap peserta hanya dapat membuat satu karya puisi. 8. Puisi langsung dibuat dihadapan juri Lomba Cipta dan Baca Puisi, untuk selanjutnya diserahkan kepada panitia. 9. Semua karya puisi yang diserahkan adalah menjadi milik panitia. 10. Karya Puisi yang terpilih sebagai pemenang, adalah menjadi hak milik panitia pusat dan/atau daerah, dan dapat diperbanyak serta dipublikasikan untuk kepentingan edukasi (non komersial) tanpa perlu mendapat izin dari sang pembuat puisi tersebut, serta tanpa kompensasi materi/uang. 11. Naskah Puisi yang sudah dibuat, selanjutnya akan dibacakan oleh masingmasing peserta dihadapan para juri, untuk dinilai dan ditentukan pemenangnya. TEMA LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI Peserta lomba dapat memilih salah satu dari tema utama pembuatan puisi di bawah ini : 1. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. 2. Pencegahan Bahaya Penularan HIV-AIDS. (Tema Utama tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi Judul atau Sub-Tema, selama relevan).

F.

2

G.

KRITERIA PENILAIAN/PENJURIAN Kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri adalah sebagai berikut : 1. Kesesuaian Tema dengan Isi Puisi. 2. Kekuatan Pesan. 3. Bahasa. 4. Orisinalitas. 5. Intonasi. 6. Ekspresi. Ketentuan Lain-lain : 1. Rentang nilai untuk penilaian juri adalah antara 60 s.d. 90. 2. Sistem penilaian adalah LANGSUNG menentukan pemenang/juara (tanpa melalui babak penyisihan). 3. Karya puisi yang sudah diterima panitia, akan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri dari daerah masing-masing. 4. Para juri berasal dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya masingmasing, sesuai dengan kriteria penilaian/penjurian di atas. 5. Penilaian dilakukan pada waktu dan tempat yang bersamaan. 6. Hasil penilaian dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 7. Pemenang tiap Kabupaten/Kota sebanyak 6 (enam) orang, terdiri dari : Juara I, II, III, dan Juara Harapan I, II, III. 5. Para pemenang akan diberi hadiah/penghargaan berupa : a. Piala b. Piagam c. Souvenir 6. Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari yang sama dengan kegiatan Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing, sekaligus pengukuhan Tim Satgas GANAS Tingkat Kab/Kota. 7. Panitia dapat menampilkan/mendisplay semua karya puisi dari peserta, serta menampilkan ke pentas bagi pemenang lomba cipta dan baca puisi, pada saat Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing. 8. Semua data peserta dan pemenang lomba, harus dicantumkan dengan lengkap dalam laporan kegiatan yang akan disampaikan ke Pusat, dilengkapi dengan photo-photo dokumentasi.

H.

JADWAL dan TEMPAT PELAKSANAAN LOMBA 1. Jadwal kegiatan lomba ditentukan oleh pihak panitia daerah (Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Guru Fasilitator) dengan mengacu pada rentang waktu/jadwal serta tahapan kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat. 2. Tempat pelaksanaan lomba di ibu kota kabupaten/kota masing-masing. LAIN-LAIN Hal-hal lain yang dianggap perlu/penting dan belum tercantum dalam Petunjuk Teknis (Juknis) ini, dapat dikoordinasikan langsung kepada Panitia Pusat. Jakarta, Mei 2010 Kabid. PPKH dan Kesehatan, Drs. Abdul Syukur Madjid NIP. 195611161986031001 3

I.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->