P. 1
KELINCI

KELINCI

|Views: 4,537|Likes:
Published by Mohamed Daib

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Mohamed Daib on Jul 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

KELINCI

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili leporidae, yang dapat di temukan di banyak bagian bumi. Dulunya hewan ini adalah hewan liar yang hidup di daratan afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, th 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo lagomorpha, Ordo ini di bedakan menjadi 2 famili,yaitu ochtonidae (jenis pika) dan leporidae ( termasuk kelinci & terwelu)

Data Biologi Kelinci
• • • • • • • • • • • • • • • Masa hidup 5-10 tahun Masa produksi 1-3 tahun Masa bunting 28-35 hari umumnya 29-32 hari Masa penyapihan 6-8 minggu Umur dewasa 4-10 bulan Umur dikawinkan 6-12 bulan Masa perkawinan setelah beranak seminggu setelah anak disapih Siklus kelamin : poliestrus dalam 1 tahun bisa 5 kali bunting Siklus birahi sekitar 2 minggu Priode estrus : 11-15 hari Ovulasi terjadi pada hari kawin( 9-13 jam kemudian) Fertilitas:1-2 jam sesudah kawin Jumlah kelahiran 4-10 ekor rata-rata 6-8 ekor Volume darah : 40 ml/kgberat badan Bobot dewasa : tergantung pada jenisnya

Jenis- jenis kelinci
American chinchilla
Kelinci jenis ini di bedakan menjadi 3 macam : • Tipe setandart dengan bobot dewasa 2,5-3 kg • Tipe besar dengan bobot dewasa 4,5-5kg

• Tipe giant dengan bobot dewasa 6-7 kg Kelinci ini dikembangkan sebagai ternak dwiguna yaitu produksi fur & daging.Kelinci American chinchilla tipe standart diimport dari prancis oleh AS tahun 1919 dengan cirri warna abu abu(chinchilla), Panah penuh berisi, punggung ramping dan melengkung dari tengkuk sampai dengan pantat. Kelinci giant chinchilla adalah hasil persilangan antara setandart chinchilla dengan flames giant, penemunya adalah Ed Stalh dari Missouri amerika serikat.penampilan klinci besar ini mirip standart tapi bulunya lebih tabal dan dagingnya lebih baik.

CALIFORNIAN

Kelinci jenis ini di kembangkan di amerika serikat tahun1923. Californian adalah hasil persilangan keturunan hasil kawin silang Himalayan & chinchilla dengan new zeland white. Penemunya george west. Kelinci ini resmi diakui oleh ARBA th 1939. Saat ini kelinci ini dikembangkan di Dunia sebagaihewan penghasil daging yang baik. Ciri-ciri kelinci ini adalah sebagai berikut : • Bulunya putih dengan telinga, hidung , ekor dan kaki kelabu tua atau hitam. • warna hitam di hidung bisa mencapai separuh muka, • warna kelopak dan bulu mata pink. • Bobot dewasa jantan ideal 3,6-4,5 kg,betina 4,3-4,7 kg. • Punggung sedikit membulat, bagian samping dan bahu penuh berisi daging. Kelinci jenis ini adalah salah satu yang dapat merawat anak dengan baik dan tingkat kelahiran anak rata-rata 48 ekor pertahun, dengan bobot anakan umur 60 hari sekitar 1,8 kg.

SATIN

Satin adalah kelinci yang berasal dari amerika serikat di temukan pada th 1930-an. Bobot jantan 3,8-4,3kg sedangkan betina 4,2-5 kg . kelinci satin relative jinak dan penurut terutama betina. Kulit bulunya tebal sedang bulunya sendiri agak lebat lurus, hal ini di manfaatkan sebagai jaket penghangat. Warnanya pun bervariasi ada hitam , biru, California, chinchilla, coklat, perak merah, putih berwarna merah, siam dll. Warna berkilau indah menyababkan baris rambutnya lebih tipis, jarak bulu-bulunya padat berdekatan dengan bulu yang lembut dibagian perut. Rata-rata induk melahirkan antara 7-10 ekor. Tidak baik mengawinkan rex dengan satin pengalaman membuktikan keturunannya akan rentan fisik.

POLISH

Polish berasal dari belanda, tergolong kelinci paling tua karena ditemukan pada th 1884, Berat badannya lebih besar dari Nederland Dwarf yakni 1,3 kg. Produktifitasnya 4 ekor anak, umurnya bisa bertahan 5-7 tahundan bisa lebih panjang.

Ciri khas kelinci ini bulunya halus dengan berbagai warna, mata tajam dan telinga pendek bulat meruncing. TAN

Kelinci ini berasal dari Amerika serikat, Bulunya mengkilap, punggung hitam atau abuabu, sedangkan dibagian perut sampai dagunya berwarna coklat kemerah-merahan tajam. Berat badan tan 1,8-2,6 kg. Produktifitasnya melahirkan 6-8 ekor. Beberapa orang menggunakannya sebagai kelinci hias karena unik dan jinak. Tan juga bisa di manfaatkan bulunya karena mengkilap. HARLEQUIN

Jenis kelinci ini berasal dari francis. Kelinci ini memiliki corak yang unikberupa garis-garis belang di sekujur tubuhnya. Beratnya 2,7-3,6 kg. Masa hidupnya 5-7 tahun. Produktifitasnya 6-10 ekor anak.

Havana

Kelinci ini memiliki ciri2 sebagai berikut: * Memiliki tubuh yang kecil, pendek, namun kompak dengan bahu berotot. * Memiliki kepala kecil dengan leher hampir tak terlihat. * Memiliki warna yang solid ( warna seragam seluruh tubuh ) yaitu coklat, hitam, dan biru. * Memiliki bulu yang tipis, sangat lembut, dan mengkilap dgn panjang sekitar 1 inch. * Berat rata2 untuk kelinci jenis ini adalah 2,75 kg.Menurut sejarah.

ENGLISH SPOT

Kelinci ini berasal dari inggris cirri-cirinya badan besar dengan bulu dasar putih dengan totol hitam, coklat abu-abu atau kehijauan disekitar tubuh. Hampir sama dengan rex totol hitam yang membedakan kalau rex bulunya halus pendek seperti bludru, kalau English spotmemiliki bulu yang halus memanjang. Beratnya 2,5- 3,9 kg. Umur rata rata 5-8 th. Induk melahirkan 3-5 ekor , kadang-kadang 6-8 ekor. Pertumbuhan kuku kelinci ini sangat cepat dan sebaiknya disediakan bata atau kayu untuk mengarat. NETHERLAND DWARF

Kelinci ini berasal dari polandia dan berkembang di Belanda, karena berkembang di
belanda di namakan Netherland dwarf, ini salah satu kelinci yang langka di Indonesia karena harganya yang mahal. Ciri-cirinya: Bobotnya hanya berkisar 0,8-1,2 kg. Melahirkan 3-5 ekor anak. Penampilannya unik dengan bulu yang pendek dan mengkilap. Warnanya pun bervariasi.

HIMALAYAN

Mungkin dari namanya orang2 akan mengira bahwa kelinci ini berasal dari Pegunungan Himalaya, tapi sebenarnya tidak ada yang tahu pasti dari mana kelinci ini berasal. Memang, di Indonesia dan sebagian besar negara di dunia mengenalnya dengan nama

himalayan, namun tidak di sebagian negara lainnya. Di sebagian negara ini menyebutnya dengan nama The Russian, The Chinese, The Egyptian, The Black Nose, dll. Hal ini sangat wajar sekali, karena kelinci jenis ini memang salah satu jenis kelinci tertua dan penyebarannya yang lebih luas dari jenis kelinci lain di dunia. Namun uniknya, walaupun kelinci ini menyebar hampir ke seluruh dunia, faktanya himalayan adalah salah satu jenis terlangka itu di sebabkan karena produktifitasnya yg rendah yaitu beranak antara 2-6 ekor saja. Dan jenis ini juga bukan dari hasil persilangan dan tidak bisa disilangkan. Inilah yang menyebabkan harga kelinci ini lumayan tinggi di pasaran. Kelinci ini sangat mudah dikenali dari ciri2nya yaitu kepala panjang,warna hitam di hidung, telinga, ekor, serta kaki dan tubuhnya berwarna putih salju serta matanya berwarna mad pink. Namun selain warna hitam ada juga variasi warna lain yaitu biru, coklat, dan ungu. Himalayan merupakan jenis kelinci kecil dan sangat bersahabat, sehingga cocok untuk dihadiahkan kepada anak2 , tetapi perlu di perhatikan extra karena kelinci ini suka tempat yang sepi jauh dari keramaian. Dan saat mengawinkan kelinci ini harus dicari waktu birahi tinggi, karena perkawinan kelinci ini sering gagal, dan waktu yang baik yaitu 6.00-800 WIB. Berat dari jenis kelinci ini adalah 0,8kg – 1,3kg, namun idealnya adalah 1,5k. Kelinci Himalayan adalah salah satu kelinci yang suka memenjat, disarankan kandang dibuat agak tinggi supaya dapat berdiri.

LOP

Ciri khas kelinci ini adalah telinga panjang menjuntai ke bawah. Kelinci Lop ada beberapa jenis, diantaranya Holland lop, Fuzzy lop, Mini lop. Holland lop kelinci ini hidungnya pesek, panjang telinga antara 10-13 cm. nampak badung dan lucu karakternya tidak liar. Kelinci ini muncul tahun1949, dimana seorang peternak di Nederland, Adrian decock mengawinkan Nederland dwarf dengan Frenc lop yang hasilnya adalah Holland lop, kelinci ini dibawa oleh peternak amerika Aleck brooks III dan di kenalkan pada masyarakat amerika serikat pada tahun 1979.

Berat badannya rata-rata 2 kg. Ciri-ciri lain yaitu bahunya luas dan dada masuk ke dalam, kakinya pendek dan besar, sehingga nampak seperti anjing. Telinga yang menjuntai ke bawah dan umis yang khas membuat keunikan yang sulit di temukan pada jenis lain. Warna bulunya beragam antara lain : hitam, putih, coklat, kombinasi 3 warna , ada pula yang memiliki bulu seperti kura-kura. Fuzzy lop Kelinci ini pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan Holland lop perbedaannya pada bulunya yang lebih lebat di bandingkan dengan Holland lop. Mni lop Kelinci ini tergolong ras baru yang berasal dari jerman, hasil perkawinan Holland lop dengan Nederland dwarf tahun 1982. kemudian di kembangkan di amerika serikat sampai sekarang. Cirri khasnya adalah pada badannya yang kecil, dimana bobotnya sekitar 1,8 kg.

FLAMISH GIANT

Jenis kelinci ini dengan tubuh besar di dunia . ARBA (asosiasi peternak kelinci amerika) mengakui warnanya ada 7 variasi : hitam, biru, coklat, abu-abu muda, warna pasir, warna baja, dan putih. Berat induk pejantan 5,6 kg dan betina 6,7 kg dan yang luar biasa jenis ini bisa mencapai 8,5 kg-11 kg. kelinci ini di perkirakan berasal dari Argentina. pada abad 14-17 di Argentina ditemukan jenis kelinci Patagonia, dibawa oleh pelaut Belanda abad 16. Nama Flamish berasal dari jenis kelinci Flander di inggris karena memiliki jenis yang besar. Karena kelinci ini miripdengan kelinci jenis Patagonia, kebanyakan orang lebih percaya dari Argentina. Dalam penampilan kelinci ini menampilkan ukuran tubuh yang lebar,

bulu kasar dan tulang pinggul yang menonjol.saat berdiri tegak bisa tampil tak terlalu cantik. Flamish Giant menjadi hewan yang besar lugu dan kalem. Telinga panjang dan tebal menjuntai terkadang membentuk huruf V. Flamish giant mudah mendengarkan nama pemberian seperti jenis Rex, dalam beberapa bulan kita menyabut namanya, ia akan ingat dan mengerti nama itu di tunjukan pada dirinya. Dan jenis ini mengerti bagaimana membuang kotorannya. Usia kelinci ini tergolong telat mulai bisa kawin usia 8 bulan bahkan 10 bulan. Produktivitas beranak antara 6-8 ekor terkadang juga sampai 10 ekor.

NEW ZEALAND

Orang jawa menyebutnya kelinci Australi, jenis kelinci ini mudah perawatan dan tidak rewel soal makan. Beratnya rata-rata 4,5-5 kg, jadi cukup menyita pakan. Kelici jenis ini banyak di pelihara kalangan petani jateng dan jatim. Di America dan eropa kelinci jenis ini banyak di jadikan kelinci hias karena polahnya yang hamper sama dengan jenis Rex. Ia senang keramaian dan melompat-lompat di tempat girang di tanah yang luas. Produktifitas banyak melahirkan antara 8-12 ekor anak. Dagingnya tebal dan bagus untuk pedaging, selain itu bulunya bisa di manfaatkan untuk jaket dan aksesories. Cirri-ciri yang menonjol pada newzeland warnanya yang putih, matanya yang merah dan telinga merah muda.warna lain juga berwarna hitam atau kemerah-merahan. Kelinci ini pertama kali di kenal pada tahun 1912 di amerika serikat, di anggap silangan dari Belgian here kelinci putih,varietes putih berasal dari silangan turunan seperti flamish, American white dan angora.

REX

kelinci jenis ini pertama kali dikenal di sebuah desa di Perancis bernama Coulonge pada th. 1919. Selanjutnya kelinci jenis ini pertama kali mengikuti eksebisi utk diperkenalkan pada th. 1924 di Paris. Nama rex sendiri sebenarnya berasal dari ucapan sang peternak yang mengatakan bahwa kelinci yang dibawanya adalah raja kelinci ( rabbit king ) yang mana dalam bahasa Latin king adalah REX. Dalam perkembangan berikutnya kelinci ini terus-menerus disempurnakan baik itu untuk kualitas fur maupun proporsi dan bentuk tubuhnya. Sekarang kita mengenal ada banyak warna yang diakui untuk jenis kelinci ini namun secara umum yang dikenal adalah ermine ( putih polos ), hitam, biru, castor, otter, lilac, oranye, papilion gabungan dua warna,dalmation totol-totol hitam, dan tri colour. Awalnya kelinci rex sebenarnya dikembangkan untuk diambil furnya karena memang kualitasnya yang sangat bagus, namun belakangan kelinci rex juga menjadi binatang fancy ( kesayangan ). Setiap orang pasti akan senang berlama-lama membelai kelinci jenis ini karena bulunya yang pendek, padat, dan sangat halus sekali. Inilah sebenarnya keunggulan utama dari jenis kelinci rex disamping keunggulan yang lainnya. Kelinci jenis ini sangat cocok hidup di daerah yang bersuhu rendah, dimana semakin rendah suhunya maka semakin bagus dan indah pula mutu bulunya. Kelinci ini di populerkan di amerika serikat tahun 1924. banyak peternak yang mengembangkan untuk komoditi bulu sebagai jaket dan mantel, selain sebagai latar hiasan dinding seperti lukisan. Untuk mini Rex menurut breeder Rex di AS. Panjang bulunya antara 6-8mm hingga 1 cm. bobot antara 2-3 kg Berat ideal dari kelinci jenis rex adalah 3,6-4 kg, bisa beranak 6-12 . Rex betina lebih jinak dibandingkan Rex jantan , rex betina kurang suka bermain-main dengan kotoran, sedangkan rex jantan lebih suka bermain-main dengan kotoran. Rex ini sangat cocok di pelihara di dalam rumah sebagai taman bermain,selain penurut dan mudah berbaur dengan manusia kelinci ini suka disuapin dan si elus-elus sampai tidur.

DUTCH

Jenis kelinci ini sangat unik karena setruktur badanya dan tubuhnya yang anggun dan kombinasi bulunya yang terbelah di tangah, berat badan kelinci ini 1,7-2,2 kg ada juga yang lebih dari 3 kg. kelinci ini berasal dari Belanda dan dipopulerkan oleh peternak inggris pada tahun 1864. Warna kelinci ini unik,bagian belakan ada yang berwarna gelap, abu-abu agak hitam, hitam, coklat, coklat kemerah-merahan.sedangkan bagian perut kedepan berwarna putih, dan bagian kepala warnanya sama dengan perut bagian belakang. Pola makannya tidak rewel, relative asik dipelihara.kepalanya naik turun seiring lompatan kaki. Karakternya jinaknya terkadang hilang bila setres atau kurang minum. Dutch betina tidak mau di kawinkan dengan sembarang pejantan terutama bila masih saudara kakak atau adiknya. Dutch betina lebih suka di kawinkan dengan pejantan yang lebih tua umurnya, terutama dari jenis lain.

ANGGORA

Kelinci jenis ini dianggap mesterius asal usulnya, karena sebagian orang beranggapan bahwa kelinci ini berasala dari Perancis yang dibawa oleh Pelaut Inggris tahun 1923, lalu 1977 kelinci ini berkembang di Eropa Barat dan 1990 banyak di ternakan di Amerika Serikat. Lama kelamaan asal usul kelinci ini mulai terungkap dari TURKI, karena dikaitkan dari hasil penelitian bahwa kelinci jenis ini menyerupai jenis kucing dan kambing Anggora yang berasal dari Angkara- TURKI Jenis kelinci ini ada 3 macem ( sumber : www.animalworld.com ) : ~ Anggora Inggris : kelinci ini jenis anggora yang paling unik , karean hampir seluruh bulunya menutupi semua anggota badan, sehingga tidak dapat membedakan antara telinga dan wajahnya. Anggora Inggris sangat tenang pembawaannya, jenis kelinci

beratnya

kira-kira

3,5

kg,

untuk

dipeihara

bagusnya

2,7

kg.

~ Anggora Perancis : kelinci tidak memiliki buu pada kepala, wajah dan telinga atau bagian depan kakinya. Sisa tubunya memiliki bulu agak kasar dan mudah gimbal. Bulu jenis kelinci ini mudah dirawat, bobotnya bisa mencapai antara 2,8 - 4,5 kg. 4 Kg bobbot idealnya .

~ Anggora Satin : Jenis kelinci ini Bulunya berkilauan dan halus, tidak memiliki bulu pada bagian kepala, wajah, telingan dan bagian depan kaki seperti Anggora Perancis ~ Anggora Giant : Jenis kelinci sangat unik untuk ukuran bobotnya bisa lebih dari 4 kg. Untuk Kontes jenis ini harus benar-benar putih dan bulunya yang tebal.

Jenis kelinci Anggora banyak disukai orang karena bulunya yang tebal, dimana pertumbuhan buunya 2 cm tiap bulan. Kelinci ini agak lemah fisik, dicurigai karena hasil rekayasa genetika dengan jenis-jenis lain. Syarat memelihara kelinci ini harus menyisir dan memotong bulunya yang menggumpal. Pemberian makanan Hay wajib untuk mengurangi bulu yang menggumpal.

DWARF HOTOT

Kelinci jenis berasal dari Jerman yang banyak dikembangkan di Nederland, jenis ini sangat unit karena kebanyakan coraknya yang putih mulus dan bagian matanya dikelilingi warna hitam pekat. Matanya nampak seperti Ninja, sebagian tidak memiliki lingkaran hitam dibagian mata namun memiliki putih murni yang menggairahkan. Pada punggung terdapat warna hitam bergaris lurus dan beberapa titik hitam kecil disekitarnya.

Beratnya

umur

dewasa

hanya

1,4

-

1,8

kg.

Jenis ini tergolong agresif , larinya kencang, susah ditangkap dan cocoknya dipelihara sebagai hewan hias pada area kebun yang luas. Karena kelinci jenis ini suka melompatlompat dan memutar badannya di udara. Hotot jenis kelinci yang kurang jinak, namun jika dilatih dari kecil akan luluh juga. Saat masa kehamilan kelinci betina nampak galak dan gelisah. Kalau di pegang seringkali bunyi krukh....krukh.., ini tandanya takut dikawinkan lagi. Keunggulan Hotot adalah kondisi fisiknya yang kuat. Mereka lebih tahan dari kematan dibanding jenis lain seperti Lop dan anggora yang agak rapuh. Hotot seringkali lolos dari kematian sekelipun sering mencret. Dengan pengobatan yang baik , Hotot akan cepat sembuh adri biasanya. Kelinci ini sangat penyayang terhadap anaknya, pada beberapa kelinci saat melahikan anaknya, gagal merawat, tidak demikian dengan Hotot. Betina Hotot akan merawat anaknya penuh perhatian dan lebih pintar. Mereka sering kali menjilat dan mengelus-elus anknya menggunakan kaki depan. Kelemahan kelinci ini tidak suka berdekatan dengan manusia, bila kita ingin mengelus kelinci ini lari menjauh dan lebih suka ditonton dari kejauhan, karakter ini bertolak belakang dengan rek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->