P. 1
Tugas Keylogger

Tugas Keylogger

|Views: 75|Likes:
Pengertian Keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas
Pengertian Keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas

More info:

Published by: Tities Jendrayu Sarasati on Jul 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2011

pdf

text

original

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Nama / NISN : Dwi Aryo Febrian / Tugas No Judul Website Kata Kunci : XII TKJ B / 01 / 20100716 : Keylogger : http://litbang.smkn8mlg.sch.id : Keamanan Informasi, Perangkat, Tools, Pengawasan Anak - Anak

A. 1.

Abstraksi
Pengertian Keylogger

Keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata). Apapun yang anda tuliskan atau ketikkan akan tampil dan tersimpan dalam keylogger tersebut. Ada dua jenis keylogger, yaitu hardware keylogger dan software keylogger. Untuk mengetahui keylogger yang berbentuk hardware, anda dapat mengetahuinya dengan melihat apakah ada alat khusus yang terhubung pada port usb atau port ps/2 pada komputer yang anda gunakan. Tetapi cara ini tidak menjamin anda dapat dengan mudah mengetahui hardware kelogger. Untuk keylogger berupa software, anda dapat menggunakan software seperti anti-spyware ataupun antivirus, tetapi cara ini tidak akan efektif yang mana kelogger versi terbaru sudah dapat menonaktifkan anti-spyware dan antivirus.
2. Manfaat Keylogger

Manfaat buruk keylogger adalah digunakan untuk mencuri password dan username atau bahkan bisa juga untuk mencuri nomor credit card. Beberapa keylogger juga dilengkapi untuk mengirim hasil tangkapanya ke email tertentu. Akan tetapi keylogger bisa juga digunakan sebagai sarana back up data. Maksudnya anda bisa saja ketika mengetikkan sesuatu tiba-tiba software ketikan anda rusak atau not responding dan anda kehilangan hasil ketikan anda. Anda sudah mencoba merecovery, tetapi tidak semuanya bisa berhasil anda selamatkan. Dengan keylogger anda bisa mengembalikan hasil ketikan susah payah anda. Anda juga bisa menggunakan keylogger untuk mengawasi aktivitas orang lain ketika menggunakan komputer. Misal situs-situs tertentu yang anda larang untuk dibuka. Hal ini berguna bagi para orang tua yang ingin mengawasi anak-anaknya dari pengaruh buruk internet.

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 3. Studi Kasus

Dalam percobaan kecil saya menginstal beberapa keylogger tertentu dikomputer saya. Ternyata banyak juga yang sebelum diinstal saja, alias baru diliat foldernya, keylogger tersebut langsung dikenali oleh antivirus Norton Saya dan langsung didelete. Namun ada juga beberapa buah keylogger yang sukses terinstal dan tidak bisa dideteksi oleh Antivirus saya. Dengan demikian, antivirus sebenarnya bukanlah jaminan utama komputer bisa bersih dari software yang memiliki sifat “mencuri informasi ini”. Saya gunakan software keylogger killer juga tidak mempan untuk mematikan semua keylogger. Tidak ada jaminan 100% bahwa sebuah komputer bisa bebas dari kegiatan illegal. Dalam situasi penting dan kadang riskan anda sering kali membutuhkan password dan koneksi internet untuk melakukan sesuatu transaksi atau aktivitas. Internet yang untuk publik atau bisa dipakai siapa saja komputernya akan sangat rawan pada kegiatan “illegal”. Misalnya komputer di warnet (atau kantor) dipasangi keylogger sehingga aktivitas anda terpantau dan tidak lagi rahasia. Password anda bisa dicuri dan disalahgunakan. Seberapa komplex dan rumitnya password anda pasti bisa diketahui dengan software ini. Saya terkadang lebih aman bermain di warnet yang dilengkapi dengan perangkat deepfreeze atau cleansheat atau norton goback or ghost, dari pada warnet yang tidak dilengkapi dengan engine ini, karena dengan adanya mesin ini saya tahu bahwa keylogger dan virus dapat diatasi atau minimal dikurangi dan dihilangkan sementara, (kecuali jika admin warnetnya menginstal keylogger duluan sebelum deepfreeze diaktifkan) asal kita restrat dulu komputernya, walaupun tentunya saya juga kerepotan jika pengen mengintal software tertentu dan menggunakan kembali. Keylogger kadang tidak bisa mendeteksi copy paste. Dengan demikian anda bisa mengakali keylogger dengan mengcopypastekan password anda. Ini berguna jika anda tidak begitu percaya pada komputer yang anda gunakan. Lebih aman lagi jika anda membuat suatu kumpulan kata atau huruf yang banyak yang di dalamnya terdapat kata untuk username anda sekaligus paswordnya. Bisa juga anda pecah-pecah passwordnya menjadi beberapa bagian. Dengan cara ini keylogger pasti tidak bisa mendeteksi password anda. Akan tetapi keylogger kadang kala dilengkapi dengan screen shot tertentu yang bisa disetting kapan waktu mencaptur image dari screen komputer kita. Nah dengan cara ini password kita juga bisa diketahui jika kita menyimpannya tidak dalam bentuk yang komplek atau mudah dikenali. Cara mengatasinya sisipkan atau lebih baik pecah-pecah kata password dan username anda menjadi beberapa bagian dan baru kemudian anda kopi pastekan bagianbagian password maupun username satu per satu.

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI B. Instalasi

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI C. Penggunaan Software

Pertama download REFOG Keylooger. Software yang dapat di golongkan sebagai spyware ini memiliki fungsi yang lengkap. Selain mencatat apa saja yang diketikan, software ini juga mampu mengambil screenshot dengan interval waktu yang dapat diatur, dapat mencatat program apa yang di jalankan dan aktifitas apa saja yang di lakukan dengan program tersebut, bisa juga mencatat clipboard sehingga anda dapat mengetahui apa saja yang di copy kan oleh pengguna, dapat juga mencatat situs apa saja yang dikunjungi, Aktivitas komputer, dan Juga Mencatat Kegiatan Chat/IM. Fitur lain yang cukup bagus adalah option untuk menyembunyikan diri, jadi anda bisa menyembunyikan software ini sehingga hilang dari Desktop, Startmenu, Systray, bahkan dari task manager sekalipun (CTRL + ALT + DEL), software ini pun juha tidak tampil dalam Add/Remove program pada control panel. jadi si korban tak kan tahu jika sedang di matamatai. Terus bagaimana kalau kita mau buka programnya kalau hilang dari mana-mana? caranya dengan menekan kombinasi hotkey, standarnya adalah [crtl][alt][shift][k] namun anda dapat menggantinya Di bagian Invisibility. selain itu refog keylogger menyediakan fungsi proteksi dengan password sehingga program tidak dapat di buka tanpa memasukan passwod yang telah di tentukan. Hebatnya lagi keylogger ini memiliki kemampuan mengirimkan hasil pencatatan yang dilakukan secara teratur melalui email dan FTP. Anda juga dapat melihat hasil pencatatan yang dilakukan dengan membuka software ini (dengan menekan kombinasi hotkey dan memasukan pasword jika ada). di bagian User anda tingal memilih nama user dan anda dapat melihat seluruh aktifitasnya. untuk menampilkan karakter non print (seperti panah, shift, enter, dll) ,anda hanya perlu mengklik show non printing characters di bagian bawah tampilan log atau di bagian setting/ keystrokes typed.

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

D. Kesimpulan

Keylogger digunakan untuk mengetahui aktifitas yang terjadi di keyboard computer. Keylogger memiliki banyak sekali versi. Keylogger juga memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk mengetahui password seseorang, untuk menngetahui aktifitas yang dilakukan oleh orang lain terhadap computer anda. Jadi anda tidak perlu khawatir jika computer anda digunakan oleh orang lain. Saran saya jika anda menggunakan keylogger jangan digunakan untuk hal-hal yang bersifat merugikan orang lain.

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DAFTAR PUSTAKA

1. http://www.home-cd.co.cc/2010_01_17_archive.html 2. http://www.google.com

DEPARTEMEN LITBANG SMKN 8 MALANG

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->