Fisika Sekolah 3 Aplikasi Gelombang Bunyi dan Cahaya

Diajukan sebagai salah satu tugas mata kuliah Fisika Sekolah 3

Oleh : Eka Sugandi (057039) Siti Jenab

Jurusan Pendidikan Fisika
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Indonesia
2007 Standar Kompetensi : 1. menaerapkan konsep dan prindip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah. Kompetensi Dasar : 1.3 menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi Indikator : 1. Mengaplikasikan efek dopler untuk gelombang bunyi, misalnya sonar 2. Mengaplikasikan gelombang bunyi untuk industri-industri 3. Mengaplikasikan gelombang bunyi untuk medis, Misalnya USG

digunakan alat yang dinamakan sonar (sound navigation ranging).000 Hz. anda akan mendengar bunyi dan suara lebah. untuk menduga kedalaman laut. belalang atau jangkrik. Perbedaan antara gelombang ultrasonic dan gelombang bunyi biasa adalah frekuensinya. Bahakan jika lebih cermat.4. Getaran kuat pada gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menggugurkan ikatan antara partikel kotoran dan bahan kain serta menggetarkan debu yang melekat sehingga lepas. Sonar menghasilkan gelombang suara yang dikirim dari suatu piranti dan dipantulkan kembali oleh dasar samudra. Bunyi ultrasonic mempunyai frekuensi diatas 20. Selain dapat mendengarkan bunyi yang dapat didengar manusia. Aplikasi Gelombang Bunyi Jika suatu saat anda menyusuri suatu jalan desa di tengah musim kemarau. Menduga kedalaman laut Selain digunakan di dunia industri dan medis . Gelombang ultrasonic dimanfaatkan oleh para ahli dalam banyak hal. Alat ini juga digunakan untuk menemukanletak suatu benda di bawah permukaan laut. Penggunaan dalam industri Suatu alat yang bernama reflektoskopdigunakan untuk mendeteksi cacat yang terkandung dalam besi tuang. yang tidak tertangkap oleh telinga manusia. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi I. Bunyi tersebut dinamakan bunyi ultrasonic. Sistem pengujian itu banyak digunakan dalam dunia industri dan medis. seranggaserangga juga dapat mendengarkan bunyi-bunyi yang lain. Dibuat ulasan penerapan gelombang bunyi pada pengujian tak merusak 5. Alat diagnosis dengan ultrasonic digunakan untuk menemukan beberapa penyakit berbahaya di dada/payudara.Non Destructive Testing). Pengamatan ultrasonic pada seorang wanita hamil dapat memperlihatkan janin di uterus. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk mempercepat beberapa reaksi kimia. otak dan beberapa organ lainnya. Telinga manusia normal dapat menangkap bunyi yang mempunyai frekuensi 20 Hz -20. Penggunaan dalam medis Ultrasonic digunakan untuk mengamati cacat cacat dalam jaringan hidup.hati. anda dapat mendengarkan bunyi yang lebih lemah dan halus. gelombang ultrasonic digunakan pada dunia kelautan . Prinsip kerja sensor pizoelektrik pada alat uItrasonoraphy . diantaranya sitem pengujian tidak merusak (NDT .000 Hz. Cacat pada velg ban mobil diperiksa dengan menggunakan alat ini. Sifat reflektif jaringan normal dan jaringan abnormal cukup jelas untuk dibedakan secara ultrasonic.

Ian Donald. dan seismic mass. prinsip kerja USG memanfaatkan sistem kerja gelombang ultrasonik alias gelombang suara berfrekuensi tinggi. salah satunya adalah bidang obstetri ginekologi. Ekspansi dan lontraksi tersebut mengakibatkan lapisan tipis antara crystal dengan housing akan bergetar. anak saya laki-laki atau perempuan? Kondisijaninnya sehat-sehat saja. karena energi akustik tersebut dirtai oleh gaya luar sehingga crystal akan mengalami ekspansi dan kontraksi pada frekuensi tersebut. instrumen yang satu ini kerap ditemukan di setiap ruang praktik dokter ahli kandungan karena dapat mempermudah dokter menganalisis kondisi janin dengan tampilan dua dimensi atau tiga dimensi. Lazzaro Spallanzani. USG. seorang ahli fisika dari Swiss berhasil menggunakan sebuah alat yang dinamakan “underwater bell” untuk mendeterminasi kecepatan suara dalam air . Jean Daniel Colladon. Sehingga ia tidak akan menabrak sebuah benda atau sebaliknya dapat menentukan lokasi mangsanya. berawal dari ditemukannya cara mengukur jarak di dalam air menggunakan gelombang suara. Aplikasi pemakaian USG dalam bidang kebidanan dan kandungan/obstetri ginekologi diprakarsai oleh seorang ilmuwan asal lnggris.Sensor yang digunakan pada alat Ultrasonografi yakni sensor pizoelektrik. Kelelawar tersebut memanfaatkan pantulan suara ultrasonik yang dikeluarkannya setelah menumbuk suatu objek. aka cliptype spring yang terhubung dengan seismic mass akan menekan crystal. Sekarang. clip-type spring. Pelengkap Obstetri Ginekologi OK. seorang ahli biologi Italia. Sensor pizoelektrik terdiri dan bagian seperti housing. Pada saat itu dikenal istilah “sonar” atau Sound Navigation and Ranging. Awal tahun 1826. dapat dikatakan sebagai orang yang mengilhami penemuan tersebut. crystal. Pertanyaan yang hampir selalu ditanyakan oleh para calon ibu yang sedang memeriksakan kehamilan mereka Sang dokter kemudian akan menjelaskan keadaan janin dalam kandungan si ibu dengan menggunakan alat bernama ultrasonografi (USG). Sensor mi akan mengubah pergeseran frekuensi gelombang suara 1 — 3 MHz yang dipancarkan melalui transmitter pada jaringan tubuh dan kemudian gelombang tersebut dipantulkan (direfleksikan) oleh jaringan dan akan diterima oleh receiver dan selanjutnya diteruskan ke prosessor. Getaran dan crystal tersebut akan menghasilkan sinyal berupa tegangan yang nantinya akan diteruskan keprosesor. Sonar dan radar Perkembangan penggunaan USG dalam berbagai bidang ilmu kedokteran saat ini. Prinsipnya yakni ketika frekuensi energi akustikyang dipantulkan diterapkan. Sekira tahun 1794 ia mendemonstrasikan kemampuan seekor kelelawar menentukan arah terbang dan mencari mangsa dalam gelap dengan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tiriggi (ultrasonik). Sesuai dengan namanya. yang diletakkan pada komponen receiver yang menerima pantulan (refleksi) pola energi akustik yang dinyatakan dalam frekuensi. kan?” Pertanyaan tersebut sering terdengar di ruang praktik seorang dokter ahli kebidanan dan kandungan.

Cara kerja perlengkapan sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawab permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). Sistem deteksi suara dalam air kemudian dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan navigasi kapal selam selama perang dunia pertama berlangsung. di mana tidak ada sinyal yang dikirim keluar. keselamatan penyelaman. Persamaan mi membentuk dasar teori sistem kerja akustik. Alat mi juga memanfaatkan pantulan gelombang ultrasonik. khususnya setelah kejadian tenggelamnya kapal Titanic pada tahun 1912. juga aksinya (kecepatan atau senjata yang ditembakkan). keselamatan penyelaman. Pada sistem pasif maju. . Hanya pemanfaatannya saat itu lebih banyak digunakan untuk kepentingan pelacakan kapal musuh di udara. Tahun 1877 ia mengemukakan the Theory of Sound yang intinya menerangkan bahwa gelombang suara adalah sebuah persamaan matematika. Paul Langevin. Penemuan ini memacu para ahli fisika lainnya untuk meneliti dasar ilmu fisika mengenai getaran. dan komunikasi di laut. Seperti sonar. Sejauh mi sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan mendeteksi kedalaman. alat mi pun menjadi inspirasi digunakannya ultrasonik dalam bidang obstetri ginekologi kelak. Hal itu terjadi berkat penemuan alat hydrophone oleh seorang ahli fisika Perancis. Dua Jenis Sonar Alat sonar pertama digolongkan sebagai sonar pasif. alat hanya mendengarkan. Pada tahun 1918 Inggris dan AS membuat sistem aktif. penangkapan ikan komersial. Data suara dipancar ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditayangkan pada monitor. Karena tidak ada sinyal yang dikirim pada sistem pasif. di mana sinyal sonar aktif dikirim dan diterima kembali. Sejauh mi sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau. dan refraksi gelombang suara. ada bank data sonik (sumber bunyi) yang besar. penangkapan ikan komersial. Sistem komputer menggunakan bank data tadi untuk mengenali kelas kapal. Perkembangan pemakaian ultrasonik di bidang obstetri ginekologi berikutnya juga tak lepas dan peranan penemuan Sonar merupakan sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut. Salah satu ahli fisika yang turut andil dalam penelitian itu adalah Lord Rayleigh asal Inggris.di Danau Geneva. dan komunikasi di laut. Penemuan radar (radio detection and ranging) pada tahun 1953 oleh Robert Watson-Watt juga menerapkan sistem kerja gelombang ultrasonik. mendeteksi kedalaman. transmisi. Sonar merupakan sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut. Misalnya saja untuk mengetahui jarak satu obyek. petugas sonar mengukur waktu yang diperlukan oleh sinyal sejak dipancarkan hingga diterima kembali.

Cahaya dengan frekuensi di bawah 400 nm dan diata nm tidak dapat di lihat manusia dan di sebut ultraviolet pada batas frekuensi tinggi dan inframerah pada batas frekuensi rendah. dan de Broglie mengikuti jejaknya pada tahun 1929 untuk partikel-partikel yang lain B.Cara kerja perlengkapan sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawah permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). teori tersebut menjelaskan bahwa semua benda mempunyai sifat partikel dan gelombang. Warna dan Panjang Gelombang Panjang gelombang yang berbeda-beda diinterpretasikan oleh otak manusia sebagai warna. hall ini dapat menyebabkan kulit terbakat dan kanker kulit. Pertamakali di jelaskan oleh albert Einstein pada awall abad 20. C. II. Data suara dipancar ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditayangkan pada monitor. camera seprti ini disebut night vision camera Radiasi ultaviolet tidak dirasakan sama sekali oleh manusia kecuali dalam jangka paparan yang lama. Sifat partikel dapat lebih mudah di lihat apabila sebuah objek mempunyai massa yang besar. Beberapa hewan seperti lebah dapat melihat sinar ultraviolet. dan menyatakan bahwa cahaya adalah partikel dan gelombang. Teori Dualitas Partikel-Gelombang Teori ini menggabungkan tiga teori yang sebelumnya. Walaupun manusia tidak dapat melihat sinar Inframerah kulit manusia dapat merasakannya dalam bentuk panas. Einsiten mendapatkan penghargaan nobel pada tahun 1921 atas karyanya tentang dualitas partikel-gelombnaf pada foton. dan berbagai macam eksperimen dapat di lakukan untuk membuktikannya. Lebih general lagi. sedangkan hewan hewan lainnya seperti Ular Viper dapat merasakan IR dengan organ khusus. dan bahkan sifat sifat partikel secara umum . Aplikasi Gelombang Cahaya A. dengan merah adalah panjang gelombang terpanjang (frekuensi paling rendah) hingga ke violet dengan panjang gelombang terpendek (frekuensi paling tinggi). Tabung sinar katoda . Einstein menunjukan bahwa energi sebuah foton sebanding dengan frekuensinya. dan hasil dari penlitian Planck. pada tahun 1924 eksperimen oleh Louis de Broglie menunjukan elektron juga mempunyai sifat dualitas partikel-gelombang. Ada juga camera yang dapat menangkap sinar Inframerah dan merubahnya menjadi sinar tampak. berdasarkan dari karya tulisnya tentang efek fotolisktik. Ini adalah teori modern yang menjelaskan sifat sifat cahaya.

monitor video. Max Planck dengan teori kuantum. aman dan persediaannya tidak terbatas. Albert Einstein dan Louis de Broglie yang menyatakan bahwa cahaya adalah bentuk partikel dan gelombang dengan teori dualitas partikel-gelombang telah memberikan kontribusi yang besar dalam memanfaatkan gelombang elektromagnet dalam kehidupan sehari-hari. dan pancaran ini di"defleksi" oleh medan magnetik untuk men"scan" permukaan di ujung pandan (anode). mempunyai potensial yang sangat besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya sebagai alternatif batubara dan diesel sebagai pengganti bahan bakar fosil yang bersih. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922. Faraday dengan teori elektromagnetisme. kadangkala dipanggil tabung Braun. ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H. dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma. . Aplikasi Sel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif Gelombang yang timbul akibat medan listrik dan medan magnet disebut gelombang elektromagnet. sebuah modifikasi dari tabung Crookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor. Manusia telah banyak memanfaatkan energi yang terdapat pada gelombang elektomagnet sejak dahulu kala.Tabung sinar katoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT). Indonesia sendiri. Tapi pemahaman tentang gelombang ini sendiri baru dapat dianalisis oleh kita sekitar abad 10. Pemberdayaan energi cahaya matahari pada setiap zaman semakin meningkat seiring dengan pengetahuan yang kita dapatkan dan salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memanfaatkan energi foton cahaya matahari menjadi energi listrik. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini. sebuah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan menerima panas matahari yang lebih banyak daripada negara lain. D. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J. Nama-nama seperti Isaac Newton dengan Hypothesis of Lightnya. Gelombang diatas panjang gelombang 700 nm adalah inframerah dan dibawah 300 nm adalah ultraviolet. Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum. Cahaya matahari yang merupakan pancaran gelombang elektromagnet adalah salah satu contoh dari sekian banyak bentuk energi yang dapat kita rasakan di bumi dan telah kita manfaatkan sumber dayanya berabad-abad. televisi dan oskiloskop. elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran. Seiring perkembangan zaman. Gelombang elektromagnet yang terlihat oleh pancaindera manusia adalah cahaya dengan panjang gelombang berkisar pada 300-700 nm (nanometer).B. yang sebaris dengan bahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth.W. Christian Huygens dengan teori rambat gelombang. E. pemanfaatan gelombang elektromagnet oleh manusia semakin sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan pemahaman tentang gelombang ini sendiri. maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20. Penjelasan perangkat Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin. tidak berpolusi. merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer. LCD dan bentuk teknologi TV lainnya. James Clerk Maxwell yang berhasil memperbaiki teori rambat gelombangnya Christian Huygens. Dalam tabung sinar katoda.

Gaya tolakan antar bahan semi-konduktor. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. saluran awal dan saluran akhir (tebuat dari logam tipis) untuk mengirim elektron ke perabot listrik. terjadi perubahan sigma gaya-gaya pada bahan. Bahan dan cara kerja yang aman terhadap lingkungan menjadikan sel surya sebagai salah satu hasil teknologi pembangkit listrik yang efisien bagi sumber energi alternatif masyarakat di masa depan. Difraksi . Cara kerja sel surya sendiri sebenarnya identik dengan piranti semikonduktor dioda. Memberikan harapan kepada kita untuk mengelola alam secara lebih “alamiah”. Interferensi Interferensi adalah interaksi antar gelombang didalam suatu daerah. menyebabkan aliran medan listrik. material anti-refleksi untuk menyerap lebih banyak cahaya dan mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan. G. semi-konduktor P-type dan N-type (terbuat dari campuran Silikon) untuk menghasilkan medan listrik. sehingga kedua gelombang saling menghilangkan. F.Berbagai instalasi sel surya telah banyak dipakai walaupun hanya pada beberapa golongan masyarakat mampu. terjadi pelepasan elektron. Bahan sel surya sendiri terdiri kaca pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari keadaan lingkungan. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Dan menyebabkan elektron dapat disalurkan ke saluran awal dan akhir untuk digunakan pada perabot listrik. Apabila elektron tersebut bisa menempuh perjalanan menuju bahan semi-konduktor pada lapisan yang berbeda. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat. Ketika cahaya bersentuhan dengan sel surya dan diserap oleh bahan semi-konduktor.

Difraksi cahaya diterangkangkan oleh prinsip Huygens. Untuk menganalisa atau mensimulasikan pola-pola tersebut. contohnya cahaya. karena adanya halangan. Scanner . I. Semakin kecil halangan. dapat digunakan Transformasi Fourier atau disebut juga dengan Fourier Optik. Hal ini bisa diterangkan oleh prinsip Huygens.Prinsip Huygens. Difraksi adalah penyebaran gelombang. H. penyebaran gelombang semakin besar. Pada animasi pada gambar sebelah kanan atas terlihat adanya pola gelap dan terang. hal itu disebabkan wavelet-wavelet baru yang terbentuk di dalam celah sempit tersebut saling berinterferensi satu sama lain.

dokumen dan gambar. EPSON. Di antaranya scanner keluaran dari Canon. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text. . Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula.Scanner adalah suatu alat e lektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan. UMAX dan masih banyak lagi. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam. yang terjadi adalah : Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1. Scanner berukuran pena t ersebut dinamakan Quicklink. Data yang telah diambil dengan scanner itu. ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard. bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Cara kerja Scanner : Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning. Hewlett Packard ( HP ). bahkan yang terbaru. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.

Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah. Adobe dan lain. bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. 8-bit (256 warna). Warna-warna tersebut adalah merah. Misalnya dengan photoshop.asp http://id. pot scanned. Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu : Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja. Setelah nyala lampu sudah tidak ada.id/search?hl=id&q=cara+kerja+mesin+fotocopy&btnG=Telusuri&meta=cr %3DcountryID . hijau dan biru. Daftar Pustaka http://www.wikipedia. berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner).com/PNK/002/PNK0020001. Nah.org/wiki/ http://www.e-smartschool.lain. dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua. tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna.co.google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful