P. 1
Kasus Wal Mart

Kasus Wal Mart

|Views: 524|Likes:
Published by muhmaulana777

More info:

Published by: muhmaulana777 on Jul 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

Kasus Wal-Mart yang akan dibahas adalah Wal -Mart dalam kaitannya mengenai tantangan untuk mengelola

hubungan dengan Stakeholder (Supplier dan pegawai) . Leverage Wal-Mart terhadap Stakeholder : Seperti yang diketahui Wal-Mart merupakan jaringan toko retail terbesar di dunia tetapi sekaligus yang paling kontroversial di Amerika. Secara rata ± rata Wal-Mart

Penjualan Wal-Mart pada tahun 2006 melebihi $312.000 billion dan memiliki 1.7 juta pegawai di seluruh dunia. Strategi bisnis yang dipakai Wal-Mart adalah service at every day low price (EDLP), tersedianya bermacam-macam barang yang berkualitas Oleh karena itulah Wal-Mart dikenal di dunia karena orientasi mereka kepada pasar, yang berfokus pada konsumen, mengalahkan kompetitor, dan meningkatkan nilai bagi shareholder (pemegang saham). Akibatnya, etika bisnis dilanggar karena para stakeholder diperlakukan tidak adil untuk tetap menjaga harga murah ini.

Adapun beberapa isu etika bisnis yang terkait dengan stakeholder Wal-Mart dalam kaitannya menekan biaya:
y

Menekan biaya COGS (Cost of Goods Sold) dari Supplier dengan memberikan target penurunan harga dari tahun ke tahun sebesar 5%. Apabila supplier tidak mampu memenuhi persyaratan ini, maka mereka tidak akan bisa memasukan produk mereka ke Wal-Mart ; Menurunkan biaya SDM dengan cara menggunakan tenaga kerja imigran untuk melakukan pekerjaan bersih, Wal-Mart memberlakukan ketentuan jam kerja adalah minimum 28 jam, menghilangkan asuransi kesehatan bagi lebih dari 60% karyawannya, Terjadinya pembedaan upah antara karyawan laki ± laki dan perempuan, Untuk meningkatkan efisiensi dalam bekerja, maka Wal-Mart pada beberapa tempat melakukan pengurangan jam istirahat, bahkan manager Wal-Mart secara sengaja mengubah waktu di mesin sehingga mencegah terjadinya jam lembur Melarang Pembentukan Serikat Pekerja Untuk mengurangi biaya Dalam pembangunan toko ± toko Wal-Mart, mereka tidak mematuhi regulasi EPA ( Environmental Protection Agency) seperti mengenai konstruksinya dan pembuangan limbahnya.

y

y

y y

Dengan tindakan Wal-Mart melanggar etika bisnis ini mengakibatkan terjadinya tuntutan ± tuntutan hukum kepada Wal-Mart yang membuat nama Wal-Mart ternyata menjadi buruk di mata konsumen. Menyadari pengaruh dari tindakan mereka terhadap image Wal-Mart di mata konsumen, maka mereka melakukan beberapa kegiatan untuk perbaikan image tersebut, yaitu :
y

Mengeluarkan peraturan ´Global Statement Ethics´ untuk mengkomunikasikan standard etika bisnis Wal-Mart mereka kepada seluruh fasilitas Wal-Mart dan para stakeholder. Mengatasi isu lingkungan hidup dengan membuat toko percobaan yang ramah lingkungan, melakukan konservasi habitat yang kritis untuk masa depan, melakukan penghematan listrik untuk penerangan, pendingan ataupun pemanasan, membuat program tantang re-cycling untuk anak sekolah dan bekerja sama dengan Rocky Mountain Recycling dengan inovasi yang dinamai plastic sandwich bale, yaitu dengan memadatkan limbah plastik untuk memudahkan pendaur ulangan plastik dalam toko; Memuat surat dari CEO Wal-Mart mengenai hal ± hal yang dirahasiakan oleh mereka dan komitment Wal-Mart untuk memperbaiki kehidupan dari karyawannya. Selain itu, mereka juga menyewa jasa spesialis komunikasi untuk memperbaiki image mereka bahwa Wal-Mart akan berkontribusi kepada organisasi komunitas lokal dan juga cara mereka memperlakukan karyawan; Melakukan bantuan terhadap korban badai Katarina dengan kontribusi $17 juta untuk upaya penanggulangan, lebih dari $3 juta berupa barang bantuan dan $1 juta melalui PMI.

y

y

y

Kegiatan tersebut mengindikasikan bahwa Wal-Mart bersedia untuk berubah dalam meningkatkan hubungan dengan para stakeholder.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->