P. 1
Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah Dengan Word

Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah Dengan Word

|Views: 693|Likes:
Published by oski_unlam

More info:

Categories:Types, Research
Published by: oski_unlam on Jul 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2013

pdf

text

original

Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah dengan Word

Jika anda seorang mahasiswa, suatu saat pasti akan dihadapkan pada kegiatan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah, yang salah satunya adalah jurnal. Jika anda meilhat jurnal-jurnal yang ada, baik di internet maupun di perpustakaan kampus anda, maka anda akan menemukan adanya sebuah format standard dalam cara penyajian sebuah jurnal. Biasanya pada bagian pertama paling atas akan terdapat judul jurnal yang bersangkutan berikut nama sang penulis jurnal. Pada sebelah nama sang penulis jurnal biasanya terdapat tanda angka kecil yang sedikit ke atas (superscript), dan pada bagian bawah halaman akan terdapat sebuah keterangan yang menjelaskan keberadaan angka tersebut atau biasanya disebut dengan catatan kaki (footnote). Setelah itu biasanya akan ada abstrak dari jurnal tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan isi dari jurnal tersebut. Judul, nama penulis, dan abstrak biasanya di sajikan dalam satu kolom, sedangkan untuk isi jurnal biasanya disajikan dalam dua kolom, dan keduanya masih di halaman yang sama. Untuk keperluan 2 hal tersebut yaitu membuat catatan kaki, dan membagi 1 halaman menjadi 2 bagian yang terdiri dari: 1 kolom dan 2 kolom, anda akan menggunakan 2 feature yang ada di Word, yaitu [Footnote] dan [Break]. Kedua opsi tersebut dapat anda temukan pada menu [Insert].

Untuk membagi 1 halaman menjadi 2 bagian yang terdiri 1 kolom dan 2 kolom, pertama ketikan judul, nama, dan abstrak jurnal anda dengan format 1 kolom, selanjutnya pillih menu [Insert] > [Break], pada jendela [Break] yang muncul pilih opsi [Continuous] pada bagian [Section break types], kemudian tekan tombol [OK]. Setelah itu untuk mebagi halaman menjadi 2 kolom pilih menu [Format] > [Columns], pada jendela [Columns] yang muncul pilih opsi [Two] pada bagian [Presets] atau masukan nilai 2 pada bagian [Number of columns]. Anda dapat mengatur lebar kolom dan jarak spasi antar kolom pada bagian [Width and spacing], kemudian tekan tombol [OK]. Setelah itu anda dapat mengetikan isi jurnal anda pada halaman dengan 2 kolom yang baru anda buat.

Sedangkan untuk membuat catatan kaki, pertama letakkan pointer pada tempat dimana anda akan meletakkan tanda catatan kaki anda, kemudian pilih menu [Insert] > [Footnote]. Pada jendela [Footnote and Endnote] yang muncul pilih opsi [Footnote] pada bagian [Insert], pada bagian [Numbering] pilih saja opsi [AutoNumber] atau pilih opsi [Options] untuk pengaturan tambahan, kemudian tekan tombol [OK]. Setelah itu isikan keterangan catatan kaki anda.

Jika anda memberikan footnote pada bagian halaman dengan format 1 kolom, footnote anda pun akan berformat 1 kolom, sedangkan jika anda memberikan footnote pada bagian halaman dengan format 2 kolom, maka footnote anda akan berformat 2 kolom. Pada Word 2000, jika anda membuat footnote pada halaman yang terdiri dari 2 bagian (1 kolom dan 2 kolom), ketika anda memberikan footnote pada bagian dengan format 1 kolom, maka biasanya akan timbul masalah, teks anda yang terletak pada bagian dengan format 2 kolom akan lari ke halaman selanjutnya. Untuk mengatasi masalah ini pilih menu [Tools] > [Options], pada jendela [Options] yang muncul pilih tabs [Compatibility], pada bagian [Recommended options for:] pilih opsi [Microsoft Word 97] atau anda cukup memberi tanda centang pada opsi [Lay out footnotes like Word 6.x/95/97] pada bagian [Options:], kemudian tekan tombol [OK]. Kini format tulisan anda sudah siap, selamat menulis jurnal ilmiah anda. (wp)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->