P. 1
elastisitas

elastisitas

|Views: 2,073|Likes:
Published by lilyvebrina

More info:

Published by: lilyvebrina on Jul 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

KOTA TANGERANG SELATAN DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN

Standar Kompetensi : 1.Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar 1.3Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan

PENYUSUN : LILY VEBRINA, S.SI

MATERI AJAR

A. Elastisitas B. Getaran Pegas

A. Elastisitas
1. Sifat-sifat Elastis Bahan
E L A S T I S I T A S Apa yang terjadi jika sebuah kawat atau batang logam ditarik oleh gaya? Jawabannya dapat kalian lihat pada Gambar 3.1(a). Batang yang panjang mula-mula l0 menjadi l saat ditarik gaya F, berarti terjadi pertambahan panjang l. Sifat seperti ini dinamakan elastis. Jika pemberian gaya tidak melebihi sifat elastisnya maka penambahan panjang itu akan kembali lagi seperti pada Gambar 3.1(b).

Ada tiga besaran yang perlu diperhatikan pada sifat ini yaitu seperti penjelasan berikut.

a. Regangan atau strain Regangan adalah perbandingan antara pertambahan panjang batang dengan panjang mula-mula

(3.1)

b. Tegangan atau stress Tegangan atau stress adalah besarnya gaya yang bekerja tiap satu satuan luas penampang.

(3.2)

c. Modulus elastisitas Modulus elastisitas adalah besaran yang menggambarkan tingkat elastisitas bahan. Modulus elastisitas disebut juga modulus Young yang didefinisikan sebagai perbandingan stress dengan strain.

3.3

C O N T O H S O A L

QUIZ 1

Pada Gambar 3.1 kalian telah belajar tentang elastisitas bahan termasuk pada pegas. Sifat elastisitas pegas ini juga dipelajari oleh Robert Hooke (1635- 1703) 2 . H u k u m H o o k e

3.4

Mencari Hubungan Gaya dan Pertambahan Panjang Pegas

P R A K T I K U M

A. Dasar Teori Jika sebuah pegas ditarik dengan gaya tertentu, maka panjangnya akan berubah. Semakin besar gaya tarik yang bekerja, semakin besar pertambahan panjang pegas tersebut.Ketika gaya tarik dihilangkan, pegas akan kembali ke keadaan semula. Jika beberapa pegas ditarik dengan gaya yang sama, pertambahan panjang setiap pegas akan berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh karakteristik setiap pegas. Karakteristik suatu pegas dinyatakan dengan konstanta pegas (k). Hukum Hooke menyatakan bahwa jika pada sebuah pegas bekerja sebuah gaya, maka pegas tersebut akan bertambah panjang sebanding dengan besar gaya yang bekerja padanya. Secara matematis, hubungan antara besar gaya yang bekerja dengan pertambahan panjang pegas dapat dituliskan sebagai berikut.

B. Tujuan Percobaan Setelah melakukan eksperimen ini, kalian diharapkan mampu : 1. menentukan konstanta pegas, 2. menentukan hubungan antara gaya yang bekerja pada pegas dengan pertambahan panjang pegas, 3. membuktikan hukum Hooke.

C. Alat dan Bahan 1. dua buah pegas yang terbuat dari bahan yang berbeda 2. anak timbangan dengan massa berbeda 3. mistar 4. statif D. Langkah Kerja 1. Gantunglah sebuah pegas pada statif, seperti pada gambar. 2. Ukurlah panjang pegas sebelum diberi beban sebagai panjang mula-mula (l 0). 3. Gantungkan anak timbangan 100 g. Kemudian, ukurlah panjang pegas ketika beban masih tergantung (l1) dan beban tidak bergerak lagi. 4. Ukurlah pertambahan panjang pegas (x = l1 l0). 5. Ulangilah langkah 3 dan 4 dengan mengganti anak timbangan menjadi 200 g, 300 g, 500 g, 600 g, 700 g, 800 g, dan 1 kg. 6. Ulangilah langkah 1 sampai 5 dengan menggunakan pegas yang lain. 7. Masukkan data hasil percobaan kalian ke dalam tabel berikut.

E. Pembahasan 1. Bagaimanakah pengaruh berat beban dengan pertambahan panjang pegas? 2. Buatlah grafik hubungan antara berat beban (w) dengan pertambahan panjang (x ). 3. Berbentuk apakah grafik berat benda dengan pertambahan panjang pegas? 4. Berdasarkan grafik yang kalian buat, konstanta pegas ditunjukkan oleh kemiringan (gradien) grafik. Hitunglah konstanta pegas yang kalian gunakan. 5. Berikan contoh penggunaan pegas yang dapat kalian jumpai dalam kehidupan seharihari. Buatlah laporan hasil eksperimen kalian dan tulislah sebuah artikel tentang eksperimen kalian untuk dipublikasikan di majalah dinding sekolah.

CONTOH SOAL

QUIZ 2
Dua pegas A dan B panjangnya sama 25 cm. Pada saat pegas A ditarik gaya 13,5 N panjangnya menjadi 28 cm. Sedangkan pegas B yang ditarik gaya 13,5 N ternyata panjangnya menjadi 30 cm. Tentukan perbandingan konstanta pegas A dan pegas B!

3. Susunan Pegas a. Susunan seri

3.5

b. Susunan paralel

3.6

CONTOH SOAL

CONTOH SOAL

SELESAI

B. Getaran Pegas 1. Persamaan Getaran

a. Simpangan getar

3.7

b. Kecepatan getar

Analisa persamaan 3.8 ????????

3.8

c. Percepatan getar

3.9

3.10

CONTOH SOAL CONTOH SOAL Beban bermassa 300 gr digantungkan pada ujung pegas. Kemudian setelah seimbang beban ditarik sejauh 10 cm dan dilepaskan sehingga mengalami getaran. Periode getarannya 6 s. Pada saat t = 1s. Tentukan: a. simpangan getar, b. cepat getar, c. percepatan getar!

QUIZ 2

2. Periode dan Frekuensi Getaran

3.11

CONTOH SOAL

Empat pegas identik, disusun seri dan dua paralel seperti pada Gambar 3.9. Kedua susunan pegas diberi beban m yang sama kemudian digetarkan. Jika susunan pegas (a) memiliki periode 8 s, maka tentukan periode susunan pegas (b)!

QUIZ 3

3. Energi Getaran

3.12

3.13

3.14

SELESAI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->