P. 1
Perempuan Madura

Perempuan Madura

|Views: 369|Likes:
Published by Esti Doank

More info:

Published by: Esti Doank on Aug 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

original

PEREMPUAN MADURA

‡ Perempuan madura terkait dengan salah satu bentuk tanggung jawab perempuan dalam menanamkan nilainilai pendidikan dan budaya terhadap seorang anak dalam menghadapi dinamika perubahan jaman yang telah terjadi saat ini.Arus perkembangan informasi dan teknologi yang semakin deras, maka di butuhkan peranan orang tua khususnya seorang ibu dalam mengarahkan seorang anak agar anak-anak memiliki kepribadian. Maka dari itu,Peran perempuan madura mempunyai arti penting dalam membentuk kepribadian dan karakter generasi muda.

GENDER DAN STEREOTIPE PEREMPUAN MADURA
‡ Isu gender yang terjadi di Indonesia sudah lama mulai menggema. Kuatnya cengkeraman kultur patriaki, telah mempersempit gerak kesetaraan gender dalam berbagai kehidupan.dalam lingkungan keluarga misalnya anak laki-laki di paksa membunuh kepribadiannya yang feminim, lembut dan emosional. Seharusnya anak laki-laki mempunyai karakter yang kuat dan perkasa.sebaliknya, anak perempuan juga di paksa meninggalkan karakternya yang maskulin, rasional dan aktif.

‡ Secara mendasar, Gender merupakan pembedaan kategori sosial antara laki-laki dan perempuan oleh karakteristik psikologi atau peran-peran yang di harapkan. Gender dapat menentukan akses terhadap pendidikan, kerja, alat-alat dan sumberdaya yang di perlukan untuk industry dan ketrampilan. Gender bisa menentukan kesehatan, harapan hidup dan kebebasan gerak kita. Yang jelas gender akan menentukan seksualitas, hubungan dan kemampuan kita untuk membuat keputusan dan bertindak secara autonom.

‡ Pendiskriminasian gender yang terjadi di wilayah Indonesia juga terjadi diwilayah Madura. Hal tersebut merupakan akibat cara pikir manusia yang masih tradisional. Perempuan dianggap mempunyai kedudukan di bawah laki-laki dan selalu menjadi yang kedua,. Begitu juga dalam hal pendidikan, perempuan dianggap tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Dikarenakan setinggi apapun pendidikan yang ditempuh oleh seorang perempuan, pada akhirnya ketika berumah tangga mereka, akan tinggal diam di rumah untuk mengurusi persoalan rumah tangga termasuk mengurus anak.

PERANAN IBU DALAM KELUARGA
‡ Seorang ibu rumah tangga dalam keluarga memiliki beberapa peranan yang dapat di laksanakan dengan penuh pengabdian. Peranan-peranan tersebut sangat akrab dan menempel dalam diri seorang ibu secara alamiah. Tiga peranan ibu adalah :  Sebagai istri atau pendamping suami  Sebagai pengatur rumah tangga  Peranan sebagai ibu atau pendidik anak

HAMBATAN PEREMPUAN MADURA DALAM MENDIDIK ANAK
‡ Di wilayah pedesaan, budaya Patriakhis dan pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki pada umumnya masih sangat kuat dan kental. Berbagai jenis pekerjaan selalu di pekerjakan oleh kaum perempuan dan juga menjadi tanggung jawab perempuanhal ini yang membuat waktu mereka kini sebagian besar semakin tersita untuk melakukan berbagai pekerjaan. Karena terbatasnya waktu, maka mereka mengalami kesulitan dalam mengurus dan mendidik anak mereka masing-masing sehingga anak-anak menjadi telantar dan kurang mendapatkan perhatian dari ibunya.

‡ Di kalangan masyarakat desa, sudah lazim terjadi bila harus bekerja di luar rumah, tetapi para perempuan pada umumnya memilih pekerjaan yang tidak begitu jauh dari tempat di mana mereka tinggal. Berbagai jenis pekerjaan, seperti mencuci pakaian, membersihkan rumah, menyetrika dan menagasuh anak umumnya masih tetap menjadi tanggung jawab seorang perempuan.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->