P. 1
tokoh kimia 1

tokoh kimia 1

|Views: 710|Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

Penemu Pembelahan Uranium

Otto Hahn adalah seorang Ilmuwan pemenang hadiah Nobel dalam bidang kimia tahun 1944. Sang penemu pembelahan Uranium ini dilahirkan pada tanggal 8 Maret 1879 di Frankfurt, Jerman. Mekipun secara pribadi Hahn tidak menghendaki hasil temuannya digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai denan kemanusiaan, tetapi pada kenyataannya justru penemuannya tersebut dipakai sebagai salah satu dasar perakitan bom atom yang dibuat dengan dalih demi perdamaian dunia. Masa kanak-kanak dan pendidikan dasarnya dilaluidi kota kelahirannya. Ayahnya seorang seniman ahli peniup gelas yang berhasil dan juga menjadi anggota parlemen di kotanya. Sang Ayah mengirimkan Hahn ke Marburg setelah Hahn menyelesaikan pendidikan SMA. Di Marburg dan Munchen Hahn mempelajari Ilmu Kimia yang merupakan mata pelajaran paling disukainya. Berkat kerajinannya Hahn mendapat gelar Doktor untuk bidang Kimia Organik pada usia yang relatif muda. Pada tahun 1907 Hahn mendapat gelar Profesor untuk bidang yang sama. Hasil penelitian Hahn adalah zat Mesothorium yang mempunyai daya radiasi yang sama seperti radium tetapi lebih murah harganya daripada uranium. Hahn kemudian bekerjasama dengan Ilse Meitner seorang ahli fisika dari Australia dan berkat jasanya Hahn dan rekannya Fritz Strassman menemukan Uranium yang dapat dibelah yang pada waktu itu penemuan ini merupakan hal yang mustahil. Otto Hahn sebagai Bapak Pembelahan Uranium ini merasa bersyukur bahwa ia tidak dipilih sebagai salah satu sarjana yang harus mengembangkan persen jataan modern bagi negaranya. Hahn merupakan seorang pejuang yang gigih melawan persenjataan atom bagi negaranya. Ia seorang peneliti, pekerja keras juga seorang pencinta kedamaian.

Maria Sklodowska Marie Curie

Maria Sklodowska. Marie Curie lebih masyhur dari banyak ilmuwan, tetapi kemasyhurannya tidaklah bertolak dari arti penting ilmiah yang sudah diperbuatnya, tetapi lebih banyak disebabkan karena dia seorang wanita. Kariernya menunjukkan, dalam jenis jenis pekerjaan yang mungkin, seorang wanita sanggup melakukan penyelidikan ilmiah yang punya kualitas tinggi. Atas dasar ini dia menjadi amat gemerlapan, sehingga banyak orang yang punya kesan bahwa dialah orang yang menemukan radioaktif. Tetapi nyatanya radioaktif diketemukan oleh Antoine Henri Becquerel. Tak perlu dipersoalkan lagi bahwa prioritas jatuh pada Becquerel, karena baru sesudah Marie Curie membaca laporan penemuan Becquerel barulah dia dan suaminya Pierre, yg juga ilmuwan berbakat mulai penyelidikan masalah itu. Sesungguhnya hasil karya Marie Curie yang mengesankan adalah penemuan dan pemisahan elemen kimia radium. Sebelum ini dia sudah menemukan elemen radioaktif lain yang dijulukinya "polonium," diambil dari nama negeri asalnya, Polandia. Ini memang betul-betul karya yang mengagumkan, tetapi tidaklah terlalu mempunyai arti penting yang menonjol dalam teori ilmiah. Tahun 1903, Marie Curie, Pierre Curie dan Antoine Henri Becquerel secara bersama-sama peroleh Hadiah Nobel untuk bidang fisika. Dan tahun 1911 Marie Curie dapat lagi Hadiah Nobel, kali ini untuk bidang kimia. Ini membuatnya orang pertama yang peroleh Hadiah Nobel dua kali. Menarik untuk dicatat bahwa Marie Curie punya anak kecil tatkala dia menyelesaikan penyelidikan ilmiah paling pentingnya. Puteri tertuanya, Irene, juga menjadi ilmuwan yang berhasil gemilang. Irene kawin dengan pria yang juga ilmuwan berbakat, Jean Frederic Joliot. Sepasang suami istri itu bersama-sama menemukan radioaktif buatan (artifisial). Untuk penemuan ini (yang bisa dianggap "keturunan" dari penemuan radio-aktif alamiah!) menyebabkan Joliot dan Curie membagi Hadiah Nobel tahun 1935. Puteri kedua Marie Curie, Eve, menjadi musikus terkenal dan pengarang. Betul-betul sebuah keluarga luar biasa! Marie Curie meninggal dunia tahun 1934, kena leukemia. Besar kemungkinan akibat berulang kali berhadapan dengan benda-benda yang mengandung radioaktif.

Penemu Radio Aktivitas

Penemu radio aktivitas Antoine Henri Becquerel ini lahir di Paris tahun 1852. Pendidikannya baik, dapat gelar doktor tahun 1888. Tahun 1892 dia jadi guru besar fisika praktis di Musium Sejarah Alam (Musee d' Histoire Naturelle) di Paris. Menarik untuk dicatat, baik kakek maupun bapaknya bukan saja sama-sama ahli fisika tetapi juga pernah menempati kedudukan yang sama. Anehnya, anaknya pun begitu. Di tahun 1895 Becquerel jadi guru besar fisika di perguruan tinggi politeknik. (Ecole Polytechnique) di Paris. Di sinilah pada tahun 1896 dia membuat penemuan besar yang membuat namanya kesohor. Tahun sebelumnya Wilhelm Rontgen menemukan sinar X, satu penemuan yang menggemparkan masyarakat ilmiah. Rontgen memprodusir sinar X dengan menggunakan tabung katoda sinar, Becquerel berpikir apakah sinar X tidak bisa diprodusir dengan kegiatan sinar matahari biasa di atas substansi non-metal. Becquerel memiliki di laboratoriumnya beberapa kristal "Potasium uranium sulfate" (satu campuran yang dia tahu non-metalik) dan dia memutuskan melakukan percobaan dengan itu: Pertama dia menempelkan beberapa kertas hitam tebal di sekeliling lembaran fotografis untuk meyakinkan tidak ada cahaya yang bisa tampak dapat mencapai lembaran itu. Lantas dia letakkan kristal non-metalik di atas lembaran yang tertutup itu dan menyodorkannya ke bawah sinar matahari. Cukup meyakinkan tatkala kemudian dapat menemukan film fotografis, satu bayangan kristal muncul di atasnya. Mulanya Becquerel yakin bahwa dia sudah berhasil menemukan sumber sinar X baru. Kemudian, secara kebetulan dia menemukan bahwa campuran uranium akan memasukkan radiasi meskipun tidak disodorkan kepada cahaya yang terbuka. Memang ada hari-hari di mana buat Becquerel masih samar-samar dan bimbang mengulangi percobaannya sebagaimana mestinya. Karena itu dia letakkan barang barangnya --kristal dan lembaran fotografis yang terbungkus rapi dan hati-hati-- jauhjauh di lacinya, tanpa terlebih dulu menampakkan kristalnya di bawah cahaya matahari. Beberapa hari kemudian tak urung dia memutuskan mencuci lembaran fotografis yang tak terpakai itu. Dia terkejut, lembaran itu menampakkan bayangan kristal!

Tokoh Penemu Dinamit Nobel
Alfred Nobel ahli kimia ini dilahirkan di Stockholm 21 Oktober 1833. Immanuel Nobel bapaknya adalah pencipta dan insinyur yang membangun bangunan dan jembatan di Stockholm. Dalam hubungan dengan Immanuel Nobel pekerjaan konstruksinya juga mengadakan percobaan dengan teknik yang berbeda untuk meledakkan batu karang. Ibu Alfred, Andriette Ahlsell, datang dari suatu keluarga yang kaya. Di tahun 1837. Immanuel Nobel meninggalkan Stockholm dan keluarganya untuk memulai suatu karier yang baru di Negara Finlandia dan Rusia. Untuk mendukung keluarga, Andriette Nobel yang dimulai suatu toko bahan makanan. Immanuel Nobel sukses di perusahaan barunya di St. Petersburg, Rusia. Ia memulai suatu peralatan tempat kerja mekanis yang disajikan untuk Angkatan perang orang Rusia dan ia juga meyakinkan Tsar. Ranjau laut yang dirancang oleh Immanuel Nobel adalah alat yang sederhana terdiri dari tong kayu diisi dengan serbuk mesiu. Immanuel Nobel adalah juga suatu pelopor siap bertempur membuat dan dalam merancang mesin uap. Sukses di industrinya dan bisnis berspekulasi, Immanuel Nobel di 1842, membawa keluarga nya ke St. Petersburg. Disana, para putra nya diberi sebagai suatu pendidikan kelas utama oleh para guru. Ilmu pengetahuan alam pelatihan yang diajarkan, literatur dan bahasa. Dengan umur 17 Alfred Nobel lancar berbahasa Swedish, Rusia, Perancis, Inggris dan Jerman. Minat yang utama nya adalah di puisi dan Literatur bahasa Inggris seperti halnya di ilmu fisika dan ilmu kimia. Bapak Alfred yang ingin para putranya untuk bergabung dengan

perusahaannya ketika insinyur, Alfred yang dibenci tertarik akan puisi dan menemukan putra nya yang agak senang mikir diri sendiri.. Untuk tujuan melebarkan wawasannya, bapak Alfred mengirim dia luar negeri untuk latihan lanjutan di rancang-bangun kimia. Selama dua tahun di Sweden, Alfred Nobel yang dikunjungi, Jerman, Perancis dan Amerika Serikat. Di Paris, kota yang ia suka terbaik,, ia bekerja di laboratorium pribadi dari Professor T.T. J. Pelouze, suatu ahli kimia yang terkenal.

Penemu Hukum Faraday
Michael Faraday Ahli kimia ini lahir tahun 1791 di Newington, Inggris. Berasal-usul dari keluarga tak berpunya dan umumnya belajar sendiri. Di usia empat belas tahun dia magang jadi tukang jilid dan jual buku dan kesempatan inilah yang digunakannya banyak baca buku. Tatkala umurnya menginjak dua puluh tahun dia mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan Sir Humphry Davy. Ditulisnya surat kepada Davy dan pendek ceritera untung baik diterima sebagai asistennya. Hanya dalam tempo beberapa tahun, Faraday sudah bisa membikin penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya sendiri. Meski dia tidak punya latar belakang yang memadai di bidang matematika, selaku ahli ilmu kimia dia tak terlawankan. Banyak tokoh penyumbang dalam hal kelistrikan : Charles Augustine de Coulomb, Count Alessandro Volta, Hans Christian Oersted dan Andre Marie Ampere. Mereka orang-orang terbaik di bidang listrik. Namun puncak dari semuanya adalah ilmuwan Inggris Michael Faraday dan James Clerk Maxwell. Walaupun kerja kedua orang itu berkaitan satu sama lain dan saling lengkapmelengkapi, tetapi mereka bukan berada dalam satu tim, masing-masing mencipta secara pribadi. Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnit kompas biasa dapat beringsut jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Ini membikin Faraday berkesimpulan, jika magnit diketatkan, yang bergerak justru kawatnya. Bekerja atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnit sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat. Sesungguhnya dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Betapapun primitifnya, penemuan Faraday ini merupakan "nenek moyang" dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini. Ini merupakan pembuka jalan yang luar biasa. Tetapi, faedah kegunaan praktisnya terbatas, sepanjang tidak ada metode untuk menggerakkan arus listrik selain dari baterei kimiawi sederhana pada saat itu.

Penemu Teori Atom
John Dalton dilahirkan tahun 1766 di desa Eaglesfield di Inggris Utara. Sekolah formalnya berakhir tatkala umurnya cuma baru tujuh tahun, dan dia hampir sepenuhnya belajar sendiri dalam ilmu pengetahuan. Dia seorang anak muda yang senantiasa memahami sesuatu lebih dulu dari rata-rata orang normal dan ketika umurnya mencapai dua belas tahun dia sudah jadi guru. Dan dia menjadi guru atau pengajar pribadi hampir sepanjang hidupnya. Ketika umurnya meningkat lima belas tahun dia pindah ke kota Kendal, umur dua puluh enam ke Manchester dan menetap di situ hingga wafat tahun 1844. dan dia tak pernah menikah. Dalton menjadi tertarik dengan meteorologi di tahun 1787 tatkala umurnya dua puluh satu tahun. Enam tahun kemudian dia terbitkan buku tentang masalah itu. Penyelidikannya tentang udara dan atmosfir membangkitkan minatnya terhadap kualitas gas secara umum. Dengan melakukan serentetan percobaan, dia temukan dua hukum yang mengendalikan perilaku gas. Pertama, yang disuguhkan Dalton tahun 1801, menegaskan bahwa volume yang diisi gas adalah proporsional dengan suhunya. (Ini umumnya dikenal dengan "hukum Charles" sesudah ilmuwan Perancis yang menemukannya beberapa tahun sebelum Dalton, tetapi gagal menerbitkan hasil penyelidikannya). Kedua, juga disuguhkan tahun 1801, dikenal dengan julukan "hukum Dalton" tentang tekanan bagian per bagian. Menjelang tahun 1804, Dalton sudah merumuskan teori atom dan menyiapkan daftar berat atom. Tetapi, buku utamanya A New System of Chemical Philosophy baru terbit tahun 1808. Buku ini membuatnya termasyhur, dan dalam tahun-tahun berikutnya, bunga penghargaan ditabur orang di atas kepalanya. Secara kebetulan, Dalton menderita sejenis penyakit buta warna. Keadaan ini malah membangkitkan keinginan tahunya. Dia pelajari masalah itu, dan menerbitkan kertas kerja ilmiah tentang buta warna, suatu topik yang pertama kalinya ditulis orang!

Pendiri Ilmu Kimia Modern
Ilmuwan Perancis Antoine Laurent Lavoisier merupakan tokoh terkemuka di bidang perkembangan ilmu kimia. Pada saat kelahirannya di Paris tahun 1743, ilmu pengetahuan kimia ketinggalan jauh ketimbang fisika, matematika dan astronomi. Sejumlah besar penemuan yang berdiri sendiri sudah banyak diketemukan oleh para ahli ilmu kimia, tetapi tak satu pun kerangka teori yang dapat jadi pegangan yang dapat merangkum informasi yang terpisah-pisah. Pada saat itu tersebar semacam kepercayaan yang tak meyakinkan bahwa air dan udara merupakan substansi yang elementer. Lebih buruk lagi, adanya kesalahfahaman mengenai hakekat daripada api. Kepercayaan yang berkembang saat itu bahwa semua proses pembakaran benda mengandung substansi yang disebut "phlogiston" dan bahwa selama proses pembakaran, substansi barang yang terbakar melepaskan phlogistonnya ke udara. Dalam jangka waktu antara tahun 1754 - 1774, ahli-ahli kimia berbakat seperti Joseph Black, Joseph Priestley, Henry Cavendish dan lainnya telah mengisolir arti penting gas seperti oxygen, hydrogen, nitrogen dan carbon dioxide. Tetapi sejak orang-orang ini menerima teori phlogiston, mereka tidak mau memahami arti penting substansi kimiawi yang telah mereka ketemukan. Oxygen, misalnya, dipandang sebagai udara yang semua phlogistonnya telah dialihkan. (Sebagaimana diketahui bahwa serpihan kayu lebih sempurna terbakar dalam oxygen ketimbang dalam udara; mungkin ini akibat udara lebih mudah menghisap phlogiston dari kayu yang terbaru). Jelas, kemajuan nyata di bidang kimia tidak bisa terjadi sebelum dasar-dasar utamanya dapat difahami. Adapun Lavoisier yang berhasil dan menangani bagian-bagian yang menjadi teka-teki menjadi satu kesatuan yang dapat dibenarkan dan menemukan arah yang tepat dalam teori ilmu kimia. Pada tahap pertama, kata Lavoisier, teori phlogiston sepenuhnya meleset: tidak ada benda yang namanya phlogiston. Proses pembakaran terdiri dari kombinasi kimiawi tentang terbakarnya barang dengan oxygen. Kedua, air bukanlah barang elementer samasekali melainkan satu campuran antara oxygen dan hydrogen. Udara bukanlah juga substansi elementer melainkan terdiri terutama dari campuran dua jenis gas, oxygen dan nitrogen.

JABIR IBNU HAYYAN

Bidang kimia yang di pelopori orang Islam mencapai kemuncaknya dengan cepat dalam abad ke-8 dengan kemunculan Jabir Ibn Hayyan. Beliau menghasilkan banyak penulisan yang kemudiannya ditambah lagi oleh penuntut-penuntutnya yang menulis mengikut doktrin Jabir. Himpunan hasil penulisan ini dikenali sebagai Korpus Jabir . Di ntaranya termasuklah Kitab al- Sab in dan kitab al-Mizan yang merupakan asas

kepada Kimia Latin yang mula berkembang pada abad ke -15. Jabir ibnu Hayyan lahir tahun 721 dan di Barat dikenal dengan nama Geber. Sampai akhir abad 17, ia -- bersama dengan Zakaria Razi -- sangat menonjol sebagai ahli kimia termasyhur yang dihasilkan abad pertengahan. Anak seorang penjual obat di Kufah (Irak) ini juga merupakan seorang sufi. Dalam penemuannya, Jabir membuat instrumen pemotong, peleburan dan pengkristalan. Ia menyempurnakan proses dasar sublimasi, penguapan, pencairan, kristalisasi, pembuatan kapur, penyulingan, pencelupan, pemurnian, sematan (fixation), amalgamasi, dan oksidasi-reduksi. Jabir pula menyiapkan tekniknya, mirip semua 'technique' kimia modern. Ia membedakan antara penyulingan langsung yang memakai bejana basah dan tak langsung yang memakai bejana kering. Dia pula yang pertama mengklaim bahwa air hanya dapat dimurnikan melalui proses penyulingan. Dalam setiap karyanya, Jabir melaluinya dengan terlebih dahulu melakukan riset dan eksperimen. Dalam bidang kimia, karya Jabir ibnu Hayyan mencapai lebih 500 buah, tapi hanya beberapa yang sampai pada zaman Renaissance. Di antara bukunya yang terkenal adalah Al Hikmah Al Falsafiyah, diterjemahkan ke dalam bahasa Latin berjudul Summa Perfectionis. Ide-ide eksperimen Jabir sekarang lebih dikenal/dipakai sebagai dasar untuk mengklasifikasikan unsur-unsur kimia, utamanya pada bahan metal, nonmetal dan penguraian zat kimia. Jabir Ibnu Hayyan wafat. tahun 815; ahli kimia dengan berbagai eksperimennya, penemu sejumlah perlengkapan alat laboraturium modern, system penyulingan air, identifikasi alkali, asam, garam, mengolah asam sulfur, soda api, asam nitrihidrokhlorik pelarut logam dan air raksa (jauh sebelum Mary Mercurie), pembuat campuran komplek untuk cat. Jabir al-Hayyan mengemukakan kaedah percobaan sains.

ABU ZAKARIYYA AL-RAZI

Muhammad Abu Zakariyya al-Razi lahir tahun 865 menghasilkan Kitab al-Asrar dan kitab Sirr al-Asrar serta al-Madkhal al-Thalim yang masih digunakan oleh para

ahli kimia terkemudian kerana al-Razi masih mengekalkan bahasa simbol kimia di dalam penulisannya. Sumbangan terpenting al-Razi termasuklah pengkelasan benda-benda kepada logam, tumbuh-tumbuhan dan haiwan. Beliau juga memberikan penerangan yang lebih teliti tentang proses pemejalwapan, penyulingan, penghabluran, penurasan dan sebagainya. Al Razi juga menerangkan berbagai alat radas pegujian kimia seperti bikar, kelalang, lampu nafta, relau pelebur, dan berbagai lagi. Perjumpaan dan penerangan proses pengasingan dan penceraian ini adalah sangat penting kerana tanpa pengetahuan kepada proses ini adalah amat sukar untuk menyediakan bahan bagi sesuatu pengujian. Al-Marrakusyi dari Magrib menulis proses kimia dalam bentuk mimpi dalam Risalat al-Ruhawiyat. Al Razi wafat tahun 925 sebagai pengarang kitab Sirr Al Asrar (rahasianya rahasia) tentang penyulingan minyak mentah, pembuatan ekstrak parfum/minyak wangi (sekarang Perancis yang terkenal), ekstrak tanaman untuk keperluan obat, pembuatan sabun, kaca warna-warni, keramik, tinta, bahan celup kain, ekstrak minyak dan lemak, zat warna, bahanbahan dari kulit, Mengembangkan penelitian tentang penyakit wanita dan kebidanan, penyakit keturunan, penyakit mata, penyakit campak dan cacar. Dapat disimpulkan bahwa kedua nama besar tersebut adalah insan berjaya dalam kajian kimia.

ALFRED WERNER

Alfred Werner (1866-1918) adalah seorang kimiawan Swiss. Menerima Penghargaan Nobel Kimia 1913 untuk penemuan struktur molekul organik olehnya. Werner merupakan orang pertama yang mengajukan struktur sesunggunya dari senyawa koordinasi yang mengandung ion kompleks, di mana sebuah atom logam transisi pusat dikelilingi oleh ligan netral atau anion. Ia juga mempersiapkan kompleks itu dengan isomer optik, dan pada tahun 1914 ia melaporkan senyawa chiral sintetis pertama yang kekurangan karbon, dikenal sebagai heksol dengan rumus kimia [Co(Co(NH3)4(OH)2)3]Br6. Alfred Werner, anak dari mandor pabrik J.A. Werner dan istrinya Jeanne, née Tesche, dilahirkan pada tanggal 12 Desember 1866, di Mulhausen di Alsace, tempat ia pergi ke sekolah. Ketika ia berada di sekolah, dia menunjukkan minat d alam bidang kimia dan lakukan, ketika ia hanya 18, yang pertama penelitian kimia independen. Sejak tahun 1885 sampai 1886 ia dinas militer di Karlsruhe dan, selama ini, menghadiri kuliah -Engler di Sekolah Tinggi Teknik di kota itu. Pada tahun 1886 ia menghadiri kuliah di Federal Technical High School di Zurich dan pada tahun 1889 yang diperoleh di sana Diploma Teknik Kimia. Selama studinya di sana ia banyak dipengaruhi oleh Profesor A. Hantzsch. Pada tahun 1889 ia diangkat menjadi Asisten di laboratorium Profesor menyergap di Sekolah Tinggi Teknik Zurich dan dia kemudian mulai bekerja sama dengan Profesor Hantzsch dalam penelitian. Pada 1890 ia memperoleh gelar sarjana di University of Zurich dengan tesis mengenai tata ruang dari atom dalam molekul yang mengandung nitrogen. Dari 1890 hingga 1891 ia melakukan pekerjaan lebih lanjut mengenai hal ini dan mengunjungi Paris, di mana ia bekerja di bawah Profesor Berthelot di Collège de France. Pada 1892 ia kembali ke Zurich sebagai dosen di Sekolah Tinggi Teknik, dan pada 1893 ia diangkat sebagai Associate Professor di University of Zurich, untuk berhasil Victor Merz dan kemudian memberikan kuliah di Universitas kimia organik. Pada tahun 1895 ia menjadi profesor kimia di University, memberikan kuliah pada kimia organik sampai, pada 1902 dan ia mengambil kuliah pada kimia anorganik. Pada tahun 1895 ia memperoleh kewarganegaraan Swiss dan meski ia ditawari pos di Wina, Basel dan Wurzburg, ia menolak ini, lebih memilih untuk tetap di Zurich.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->