YUSUF MANSYUR Informasi buat Anda (Harap dicatat!!

) Anda bisa update biodata Anda, dengan login menggunakan : Login Name :adlinux2001 Password : bismillah ID.Pendaftaran : 23102009050813

Pemberitahuan

Bagi Peserta Kuliah Online yang telah mendaftar dan telah membayarkan biaya registrasiselain wajib mengkonfirmasikan pembayaran tsb di modul konfirmasi pembayaran, juga wajib memfax bukti bukti pembayarannya ke Bukti pembayaran dapat di Fax ke 021.557434 99 (dapat juga diemailkan ke infokuliah_wh@yahoo.com, agar dapat segera kami aktif kepesertaan Anda. Bila ada pertanyaan sehubungan dengan pemberitahuan ini, kami mempersilahkan untuk menghubungi kami di 021 554 1800 (office hours). Terimakasih Apakah Kuliah Online Wisatahati itu? Kuliah Online Wisatahati adalah kuliah yang disajikan dan dibawakan oleh Ustadz Yusuf Mansur, dalam bentuk online; via web. Bentuk materinya: tulisan berseri, dengan pembahasanpembahasan menarik di setiap sajiannya dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Belajar tentang hidup dan kehidupan, sebagai bekal ketika hidup dan bekal ketika menghadap Allah nanti. Mengapa Kuliah Online? Belajar lewat web ini, seakan-akan belajar langsung secara fisik face to face dengan Ustadz Yusuf Mansur, insya Allah. Kuliah online ini dipilih untuk mengatasi persoalan waktu, tempat, biaya perjalanan, kemacetan, dan hal-hal lain yang seringkali menghambat satu niatan untuk belajar. Untuk melihat No.Rekening Pembayaran Kuliah, caranya : Klik menu diatas Tentang Kuliah Online Wisatahati, lalu pilih tab Info Pembayaran & Biaya Registrasi Kami menghimbau bagi yang telah membayar biaya registrasi untuk segera konfirmasikan pembayaran tersebut dengan cara login terlebih dahulu, lalu pilih "Menu Form Pembayaran/ Konfirmasi Pembayaran".
Hanya dengan biaya registrasi sebesar *Rp. 100.000,- Anda sudah bisa mengikuti Kuliah Dasar Wisatahati dan satu Modul Kuliah Pilihan yang Anda pilih termasuk bahan kuliah berupa tulisan berseri serta bahan materi kuliah lainnya berupa audio dan Video dari Ustadz Yusuf Mansur.

Biaya registrasi dapat Anda transfer langsung ke : Bank Mandiri Cabang Bintaro Sektor I no. rek : 128 00 211 211 21 a/n : Yusuf Mansur Bank Muamalat Cabang Kantor Pusat Arthaloka Sudirman Jakarta no. rek : 301 151 84 22 a/n : Yusuf Mansur

Pahala 10 Milyar Saban Hari updated : 2009-10-21
Assalamu’alaikum wr.wb Pernah ga kebayang, Allah begitu pemurah buat kita semua...??? Dan Sangat-sangat Pemurah. Kalimat Sangat-sangat Pemurah itu ga cukup untuk menggambarkan Kemurahan Allah. Lihat saja, hanya baca Surah al Ikhlas 3x saja, kita sudah dicatat sebagai orang yang baca 1/3 al Qur'an. Dan tidak diragukan sesiapa yang baca 3x maka dicatat berpahala sama dengan mengkhatamkan al Qur'an. Rugi buat yang banyak nanya, dan makin rugi bagi yang udah dapat jawabannya, malah ga baca-baca, he he he. Mendingan orang-orang yang sami'na wa atho'na. Hayooooo aja dia baca, ga mikir, ga nanya. Bersabda Rasulullah yang berasal dari Hadits Abi Ayyub: Man qoro-a Qul Huwawloohu ahad faqod qoro-a tsulutsal Qur'an. Sesiapa yang baca Surah al Ikhlas, maka ia sungguh telah membaca 1/3 al Qur'an. Dan Rasulullah pula yang mengatakan bahwa Qul huwawloohu ahad ta'dilu tsulus al Qur'an, Surah al Ikhlas sebanding dengan 1/3 al Qur'an (HR Abu Hurairoh). Sekarang hitung, jika sehabis shalat fardhu 5x kita baca Qulhu masing-masing 3x. Maka dalam sehari kita dicatat khatam al Qur'an 5x. Dan sebulan? 150x khatam al Qur'an. Dalam setahun? 1800x khatam al Qur'an. Belom lagi kalau bacanya berjamaah, maka pahalanya berlipat-lipat lagi sebanyak banyaknya jamaah yang baca! Wow! Senang sekali santri-santri dan asaatidz yang rajin membacanya dalam tiap kali usai shalat fardhu berjamaah di mushalla/masjid pesantren. Subhaanallaah. Terus, kalo yang 10 milyar pahala saban hari? Ya, pembahasan tentang Qulhu itu mirip mukaddimah pembahasan tentang Kemurahan Allah! Ya Allah, Engkaulah Wahai Yang Maha Pemurah, yang memberi kesempatan kepada kami mengejar keburukankeburukan kami yang tidak akan terkejar bila tiada Kemurahan-Mu. Saya akan bahas sedikit dari hal yang sederhana, enteng, tapi subhaanallaah pahalanya. Coba baca hadits berikut ini. Ada hadits di Shohiih al Jaami' nmr 6026 dengan sanad yang disebut berkategori "sangat baik": Qoola Rosuuluwlooh: Manistaghfaro lilmu'miniina wal mu'minaati katabawloohu lahuu bikulli mu'minin wa mu'minatin hasanatun. Masya Allah! Itu artinya kurang lebih: Bersabda Rasulullah, sesiapa yang memohonkan ampun buat orang-orang mukmin, maka ia mendapatkan satu kebaikan dari setiap jumlah orang-orang mu'min. Masya Allah kan? Ini kan namanya hasanaat biqodari 'adadil mu'minien; kebaikan-kebaikan dengan bilangan sebanyak jumlah orang mu'min. Cukup bagi kita berdoa dengan mengucap: Awloohummaghfir lil mu'miniena wal mu'minaat; ya Allah, ampunilah orang-orang yang beriman dari golongan laki-lakinya dan golongan perempuannya. Terkadang imam-imam, ustadz-

ustadz dan atau kita, masih menambah lagi dengan tambahan kalimat mil ladun aadama ilaa yaumil qiyaamah. Subhaanallaah... dan golongan mu'min dari sejak zaman Adam sampe hari akhirnya nanti. Masya Allah, Masya Allah. Cakep banget. Demikian luas samudera Ilmu dan Kemurahan Allah. Dan yang demikian tidak akan mengurangi Kerajaan dan Kekuasaannya Allah sama sekali. Ga akan. Terus, 10 milyar itu? Gimana? Ya begini, bila dalam 5x shalat fardhu kita mendoakan orang-orang mu'min dengan potongan doa tadi, lalu anggap saja orang mu'min di dunia ini sebanyak 2 milyar, maka kebaikan buat kita yang dihitung berdasarkan jumlah orang mu'min sudah akan berjumlah 2 milyar kebaikan setiap mendoakan mereka. Dikali 5 waktu? 10 milyar. Jumlah ini akan bertambah-tambah jika doanya masih terus ditambah dengan doa-doa lain, dan berjamaah pula. Macam: Awloohumajbur ummata sayyidinaa Muhammad, Awloohumarfa' ummata sayyidinaa Muhammad, Awloohumaghfir ummata sayyidinaa Muhammad, Awloohuma baarik ummata sayyidinaa Muhammad, yang akan dihitung setarikan nafas penciptaan manusia sampe orang terakhir nanti yang dicabut. Subhaanallaah. Oke deh. Saya coba bahas tentang "Ya Allah, Yang Maha Pemurah" ini nanti di website ya, di www.wisatahati.com, baik di KuliahOnline maupun di DhuhaaCoffee. Doain aja deh, biar mulai nyambung lagi KuliahOnline dan DhuhaaCoffee nya tersebut. Kita bahas hal-hal sederhana namun dilalaikan oleh orang: Shalat malam 2 rakaat lebih baik dari dunia dan seisinya. Itu misal tambahannya. Sehingga menunjuk kepada keanehan diri kita yang habis-habisan mencari dunia di siang hari lalu kecapean dan malah ga bisa bangun malam. Aneh. Sebab harga 2 rakaat shalat malam saja udah ga bisa dibandingin sama dunia yang kita cari habis-habisan. Tentu saja, banyak sisi yang harus kita bahas lebih lanjut lagi. Makanya doain ya. Tulisan yang kali ini, jalanin dulu. Banyakin baca Qulhu, di mana sekali baca 3x-3x. Supaya dapat pahala khatam Qur'an. Udah mah kemaren di Ramadhan, ga khatam, he he, masa ga tertarik dengan ShortCut amal dari Rasul ini. Dan jangan lupa pula rajin-rajin doakan sebanyak-banyaknya orang. Wassalamu'alaikum wr.wb

Salam Yusuf Mansur.

Doa supaya lunas hutang" Saat puasa Ramadhan, saat di mana segala doa dijabah Allah. Ayo, berdoa, berdoa, dan berdoa. Kalo mau lebih ampuh lagi, doa dimunajatkan setelah seluruh hajat dan persoalan dibawa dalam shalat hajat. Berikut ini berita menyenangkan buat saudara-saudara yang punya hutang. Jika hutang itu masih terbawa di Ramadhan ini, berbahagialah. Sebab jika doa dikabul Allah, maka setelah Ramadhan, akan lunas tuh hutang. Insya Allah. Berikut ini ada hadits cakep. Dari Anas bin Maalik beliau bercerita bahwa Rasulullah bersabda: Maukah engkau aku ajarkan dengan sesuatu yang jika dibaca, hutang sebesar gunung uhud bisa dibayarkan Allah? Rasul kemudian melanjutkan, bacalah qulillaahumma maalikal mulk... Qs. 3: 26. 'an Anas bin Maalik qoola, qoola Rosuuluwloohi shol'am alaa u'allimuka bikalimaatin yad'uu bihii law kaana 'alaika mitsla jabali uhudin dainan la-addawloohu 'anka. Berdasar hadits ini, saya kadang memakainya sebagai riyadhah. Saya shalat hajat dengan membaca ayat 26 surah 'Aaali 'Imroon ini sebagai bacaan shalat setelah faatihah. Share ini ke jamaah ya. Bagus lagi jika dilakukan saat shalat malam. Shalat hajat dilakukannya di saat qiyaamullail... Yang sudah witir saat tarawih, ga apa-apa shalat lagi. Witir lagi saja setelahnya.

Saatnya diomelin dan dicaci maki. Pas ruku dan sujud. Selebihnya ikutin aliran air mengalir. jadi ibadah hingga lunas itu hutang. "Hai hamba-Ku. dan baca al Qur'an. ya dengerin dan terimain dengan ikhlas. menjadi beban. Mudah-mudahan semua jamaah dalam kondisi sebaik-baiknya mental dan fisik menghadapi Ujian Kenaikan Tingkat Kehidupan. Lakukan saja. konsultan. kita minta saja agar Allah menjaga hati kita untuk tetap percaya pada-Nya. Sebab sejatinya. Dan tidak satupun hambaKu yang bersyukur.. 3. Dan insya Allah semua ikhtiar langit dan bumi kita. Allah tetap punya Kuasa untuk membangun itu serpihan jadi kaca cermin yang utuh lagi. Lakukan ini sampe datang pertolongan Allah. tetap bersemangat hidup. Sementara. Bahkan ia kelak lebih bersih.maka aku beristighfar kepada Allah. dan tetap percaya bahwa Allah betul-betul akan menolong kita. atau badan terasa sakit. ustadz. dan jangan banyak bertanya kapan lunasnya. psikiatris. tanpa ngeluh. kecuali Kunaikkan derajatnya. berhadapan seperti berhadap-hadapan dengan dokter. Sampe terasa nyata dan hangatnya kasih sayang Allah. Ketika gelisah menyerang. disapu sama orang serpihannya. Biarlah ia hancur dengan Kehendak-Nya. berdoa juga sama Allah agar dikasih ikhtiar yang bisa membuat hutang-hutang itu lunas. Amin. "Tidak ada satupun hamba-Ku yang ikhlas kuambil harta yg Kuberikan padanya. Sesungguhnya doa dan membaca al Qur'an.berarti dia telah membuat suatu perjanjian untuk keselamatan dirinya kepada-Ku".kadang-kadang terlintas dihatiku suatu persoalan yg sulit untuk aku pahami. tidak bersabar atas bala yang Kutimpakan. tetap mau berjuang keras memelihara ibadah dengan tauhid yang sempurna bersandar dan bergantung pada-Nya. kecuali Kuganti dengan yang lebih baik. ya kirim segala energi ke hati. Kalo terasanya di hati.maka kamu termasuk salah seorang dari pembesar hamba-Ku. 4.sehingga dadaku menjadi lapang dan persoalan itu . Tidak ada satupun hamba-Ku yang ridha dengan bala yang Kutimpakan padanya. ditumpuk sama sampah-sampah yang lain. (Hadits Qudsi) "Sungguh. 2. Berdoa sepenuh hati. Hingga satu cermin hancur berkeping-keping. dan dianggap sebagai pusatnya. dibuat lama. kecuali Kutambah nikmatKu padanya". Innamaa amruhuu idzaa arooda syai-an ay yaquulu lahuu KUN FAYAKUUN. Dan itulah kehidupan kita. lalu dibuang. Lakukan peregangan lwt shalat yg sempurna. layak dicoba sebagai berikut: 1. keluarlah dari langitKu dan carilah Tuhan selain diriKu". ya hadepin.Barang siapa telah memelihara zikir-Ku karena kebiasaan dirinya. Ga apa-apa. Di hadits qudsi yang lain Allah menyatakan: "Barangsiapa yang tidak bersyukur atas nikmatKu. apabila kamu hidupkan malammu untuk-Ku dan kamu aktifkan siang harimu untuk menuntut ilmu-Ku. Rileks kan pikiran dan badan.. doa bi doa ya. dan ridho terhadap keputusanKu. Asal kita tahu bahwa semua itu adalah Kehendak-Nya. dan curahkan perhatian bhw kita sdg konsul sama Allah. tidak ada ujian kecuali buat naik kelas.Ok. shalat saja. hingga seluruh otot-otot bergerak ke satu titik yang paling terasa sakit. doa saja. lebih terang. akan menenangkan hati dan menjadi obat segala obat. dan lebih bercahaya. dan bahkan diinjak-injak. Saatnya ditagih. yang istiqamah. Yang sabar.

dan "cuma" mendapatakn bala yang skrng dirasa.hingga aku memperoleh apa yg aku inginkan. Wuih. harusnya tidak terampuni.Masjid. sekali jalan puas. dan tetap istiqamah dalam taubatan nasuha. Jika kita pezina yang masih bujang. Lalu kita dibiarkan lepas. kita dihabisiNya. Sehingga tidak disebut zina. Kiranya. Artinya. Perbesar husnudzdzan sama Allah. Silahkan dipelajari lebih lanjut di DVD-DVD dan bukubuku Wisatahati yang bertebaran. maka sdh 80-120 tahun susahnya. keridhaan itu dicabut.hal itu tidak menghalangiku untuk mengucapkan istighfar. maka hukuman semestinya adalah hukuman mati. Kita langsung di-cut oleh Allah dari dunia. Jika kita meninggalkan 1 sholat shubuh saja. karena Allah itu Maha Pengampun lah kita benar-benar masih beroleh hidup dan masih diberi-Nya karunia. keberkahan yang dicabut. penyakit yang tidak kunjung sembuh. di balik smua kesusahan yang terasa. kepala-kepala itu ular di dunia. hingga kemudian terpuaskan. banyak banget. • • • . Melainkan ia berkali-kali. dan ini sama saja engga dianggep kita ini hidup oleh Allah. Rasul bersabda. updated : 200910-04 Karena Kemurahan Allah lah kita-kita yang berlumuran dosa ini masih panjang umur. tapi lihatlah kesempatan yang Allah berikan ini. kalo ga ada ridho-Nya. Allah saja bersabar dalam melihat hamba-hambaNya yang bermaksiat dan menanti hamba-Nya bertaubat. 40 tahun susahnya. ular dengan 16 kepala. dan tetap istiqamah dalam taubatan nasuha. dan itu sama saja dengan seumur hidup susah. Maka seyogyanya kita juga demikian. Jika kita durhaka sama orang tua. Jangan lihat kesusahan kita. mati langkah lah kita. Sebagai gambaran ya: • • Bila kita kena dosa syirik. maka Allah tidak ridho. Sedangkan bila pezina itu sudah berkeluarga. Salah satu karunia terbesar adalah diberi-Nya kita pengampunan dan kesempatan untuk memohon ampun dan mengejar keburukan dengan kebaikan-kebaikan. Terkadang aku berada di pasar. Dan sayangnya pezina-pezina itu selalu melakukan koitus berkali-kali. berhasil di urusan sesuatu. Insya Allah tetap ada percepatan bagi yang kepengen segera keluar dari keterpurukannya. Artinya apa? Jika 2-3x saja perlu keluar masuk. Sedang kita bisa mengerjakan sesuatu." (Ibnu Taimiyyah) Perbesar husnudzdzan sama Allah. Doa rizki haram? Mutusin silaturahim? Ninggal shalat sunnah? Wuih. bisa berkali-kali ukuran fiqih senggamanya. sebab ridho-Nya. Namun lihat. dan dilempar keluar untuk kita dipersilahkan Allah mencari perlindungan dari tuhan yang kita jadikan tuhan selain Allah. berkali-kali masukcabut-masuk (sekali lagi maaf).terpecahkan. bebas. dan tidak disebut berzina. kecuali kemaluan lelaki masuk di kemaluan perempuan (maaf).atau sekolah. Maka sesungguhnya kita sudah dianggap mati. neraka yang penuh dengan ular. Maka ketika kita durhaka. maka kita ditaroh di neraka selama 68 tahun yang perhitungan 1 hari nya minim-minim 1000 tahun di dunia. Termasuk ketika berusaha menyelesaikan urusan-urusan. dan masih banyak lagi rupanya itu ular. Sekali zina. berwujud hutang yang tidak terbayar. Gedebong pisang. Kalau tidak. ga akan beres. Di alam kuburnya. dan mulailah berkenalan dengan al Qur'an lagi. Dan itu masih ditambah sederet mampir-mapir di neraka saqor. sakses di urusan sesuatu. masih ditambah ketemu dengan ular syuja-ul aqro. Allah masih mngucurkan Karunia-Nya.

besarkan hati dengan Ampunan-Nya. maka Allah pun akan memberikan ampunan sebesar itu pula. hingga kemudian banyak orang bisa dikeluarkan dari kegelapan menuju Cahya-Nya. masalah kita bisa selesai. mudah-mudahan goretan ini bersambut gayung. berkah dari baca Yaasiin. dan seterusnya. tidak ada satupun mukmin dan mukminah yang tertimpa bala dan musibah. adik-adik saya. Supaya doa dan amal saleh jadi rahmat buat alam semesta. ibu saya. mencoba sabar dan tidak mengeluh sedikitpun? Setelah itu. Kalau manusia datang ke Allah dengan dosa sebesar gunung. Dan sebagai salam akhir. Bahkan masih bertambah-tambah lebih banyak lagi dengan Kasih Sayang-Nya. KuliahOnline dan DhuhaaCoffee pun digelar di web sebagai bentuk belajar setapak demi setapak. dan ampunan-Nya buat orang-orang tuanya yang barangkali ada salah dalam bersikap dan mencari rizki. Doakan sahabat-sahabat yang lain agar beroleh ampunan-Nya. Sesungguhnya. Ya Allah. dengan semakin banyak yang mengikuti saya dan istri saya. rasanya yang penting buat kita bukan lagi apakah hutang kita bisa selesai.. melainkan akan keluar jasadnya dalam keadaan bersih. Jika datang dengan dosa seluas daratan. khususnya haafidz dan kun.. maka Allah akan memberikan ampunan sebesar gunung juga. ke-4. buat anak-anaknya sodara-sodara kita. sedalam lautan. perubahan cuaca. maaf. kerusakan alam. panas demam. qumii. bukan buat urusan keluarga saya doangan.Mudah-mudahan DVD-DVD dan buku-buku bisa mulai sebagai teman belajar. apakah penyakit bisa sembuh. dan kiranya demikian pulalah kita semua. Allah beri rizki juga di balik penyakit.. hajat kita bisa kecapai. dan untuk sodara-sodara yang lain. tidak lagi seimbangnya alam. . Tapi buat semuanya. dan insya Allah pula saya do`akan. saling beramal untuk anak-anak orang lain. Segitu ngerinya hukuman di balik dosa-dosa kita. berkah dari baca al Faatihah. flu (dan mudah-mudahan tidak ada penyakit lain). saya coba rajinin shalat sunnah mendoakan anak-anaknya negeri saya ini dan anak-anaknya semua manusia di muka bumi ini. sebanyak butiran pasir di padang pasir. setahap demi setahap. Salam. akan sanggup menurunkan pertolongan Allah untuk anak-anak kita dan diri kita semua. Insya Allah. Ya Allah. dan setulus hati saya. Bahkan mungkin juga dengan saling doa mendoakan. dan baca Yaasiin khususnya. Bukan buat anak-anak saya doangan. adalah satu perbuatan terpuji yang akan mampu meredam sedikit dari pengaruh jelek angin. dan Allah berikan kebaikan sebagai balasan keridhaannya menerima takdir-Nya. ke-3. Saya coba rajinkan juga khatamin al Qur'an.. Saling menghadiahkan doa. Mari semangat tuk benar-benar berubah dan memperbaiki diri dan ibadah kita. Agar Allah angkat penyakitnya. serta wirda. lagi dihadiahi cacar air dan penyakit lain. Allah ampunkan dosanya. dan diberi-Nya selalu kesempatan ke-2. dan sekeluargalah (ga pake khususnya mestinya. kita terima segala kesusahan sebagai bentuk Kasih Sayang-Nya Allah yang bisa menghabisi semua dosa kita dan keluarga kita di sisa umur kita. dan malah bisa jauh lebih baik lagi. yang lebih penting adalah apakah kita bisa diampuni Allah? Apakah kita bisa meninggal dalam keadaan husnul khaatimah? Apakah kita bisa menyelamatkan anak keturunan dan keluarga kita agar tidak seperti kita? Apakah kita bisa menasihati diri kita dengan pengalaman bertuhannya kita? Apakah kita bisa memberi nasihat orang-orang yang belum terjebak dosa seperti kita? Apakah kita bisa mengajak serta pendosa-pendosa serupa dengan kita untuk sama-sama bertaubat? Apakah kita mau mendekatkan diri dengan Allah? Apakah kita mau menghiasi hidup dengan amal saleh. Allah sehatkan badannya. Waba'du Haafidz dan Abang Kun. Allah naikkan derajatnya. Namun. Allah kasih kesabaran dirinya dan orang-orang tuanya. Allah akan menolong hamba-hambaNya yang ikhlas menerima segala Ketentuan-Nya. Doa saya untuk semuanya. Salam Yusuf Mansur Doa dan Amal Saleh Untuk Anak-anak Kita dan Keluarga updated : 2009-09-30 Musimnya penyakit di musim-musim pancaroba kayak begini. saya memohon doanya untuk kami sekeluarga.

dengan bersedekah kita tambah lagi boleh meminta. pemikiran ini. Masa iya sih boleh sedekah supaya bisa punya mobil? Wuah. usianya masih muda. astaghfirullah. ya susah. Artinya. tanpa sedekahpun. dalam bahasa yang sederhana saya suka mengatakan: Engga sedekah juga boleh minta sama Allah. Jangan buru2 ditolak. Bahkan tidak mengharuskan kita untuk sedekah atau tidak. jika belom punya. ikuti penjelasan ini sebentar. Sekali lagi. meminta diperbolehkan dan menjadi ibadah tersendiri.. Tapi sekarang. Allah meminta kita untuk meminta kepada-Nya. Saya tahu. datang lebaran. Ingin memanjakan orang tua. saya memohon maaf jika kalimat-kalimat saya ini mengganggu sodara semua. Kepada Allah saya berharap doa dan amal saleh kami diterima dan dijabah. barangkali sang penanya tidak menduga jika candaannya ini dibawa ke penjelasan serius. Artinya. itu menjadi masalah. Sampe sini. dulu ketika orang tua saya gagah. Subhaanallaah. Ya Allah. Buat saya. niatnya apa? Sedekah supaya bisa punya mobil? Tanya yg bertanya sambil terpingkal-pingkal sendiri. berikanlah saya mobil.sebab semua). Pulang kampung macet2an di dalam bus. pulang kampung berhimpit-himpitan ga masalah ya Allah. ga ada masalah ya Allah. besok udah mau puasa. Coba. koreksi kalimat saya: "Ya Allah. SELUK BELUK SEDEKAH (1) updated : 2009-08-18 "Boleh ga pamrih sama Allah. Sebab ini bukan saja persoalan sedekah. Habis puasa. -Yusuf Mansur-. terus.. mestinya. dengan usianya yang senja. atau kereta.. seneng juga jawabnya jika memang ada waktu. Coba ya. dan membahagiakan orang tua. Buatlah . Ada yg kemudian nanya.?" Emang boleh sedekah dengan minta-minta sama Allah? Apa ga pamrih tuh? Bukannya harus ikhlas memurnikan sedekah karena Allah? Pertanyaan ini seriiiinnnnggg bener ditanyakan. Apalagi jika didahului sedekah. Ya Allah. tp juga persoalan tauhid dan keyakinan kepada Allah. Penjelasan yang bisa jadi membawa si penanya malah benar-benar bisa punya mobil beneran. Cobalah buka mata hati sebentar untuk gagasan ini. Jazaakumullaah. bila tanpa sedekah kita boleh meminta. Kalau dari awal udah nolak. pendapat ini. boleh.. Sebab permintaan kita disertai sedekah sebagai amal saleh. Saya kepengeeeeennn sekali memuliakan orang tua. saya mah istiqamah saja dengan jawaban saya. sekedar berdoa supaya bisa punya mobil saja. sekarang.

Hei. "Do'a. Sebab naik mobil sendiri. Saat saya berdoa ini. dengan amal saleh yang begitu indah. ga usah berpeluh2 keringatan. dibungkus. Berdoalah seperti biasa. mobil. melainkan untuk emak dan bapaknya.. sulit bagi dia untuk menjawab tidak boleh. Ya. Ketika saya menyeru kepada diri saya dan jamaah semua. ayo. terbayang bahwa emak dan bapak saya akan tidur terlelap tanpa khawatir copet. dan yakin seyakin-yakinnya. Saya kepengen melihat orang tua saya tersenyum bahagia melihat saya membawa mobil ini ke hadapannya dan mengatakan bahwa besok mobil ini akan mengantarkan emak dan bapak pulang kampung. Ya Allah. boleh ga saya berdoa seperti ini? Berdoa minta mobil? Rasanya.". untuk setiap hajat dan keinginan. Namun hantar doa itu dengan amal saleh. Bukan Mimpi (Bag. kesulitan dan permasalahan hidup. Ya. Sedang sedekah. sudah ada amal saleh loh. adalah bukan satu2nya amal saleh. Tentu saja terkandung di dalamnya kesantunan di dalam doa. maka sekarang inilah saya meminta kepada-Mu. pun beliau tinggal berbisik pula kepada ini supir. Doa itu dihantar. Ya Allah. Bahkan di dalam doa tadi. Alu sudah bersedekah kepadaMu. Begitu pun saya. (Bersambung) Pergi Haji dan Umroh. Tahukah saudara. Dia meminta mobil.3) . bukan untuk dirinya. adalah amal saleh dari sebuah niatan baik. lalu berkata kasar pula kepada Allah. Keyakinan & Perjalanan Do'a" updated : 2009-07-17 Kalau kita mau berdoa sepenuh keyakinan. Doa ini saya bacakan kepada yang bertanya. Dan insya Allah. Ada kesantunan tentu saja di dalam doa ini. Ya Allah. Engkau sudah memberikan saya kebahagiaan. apa amal saleh di dalam doa tadi? Nawaitu membahagiakan orang tua. Seakan2 Engkau sudah sungguhan memberikan saya dan orang tua saya. Saya kembali lagi ke Mekkah! Udah Bukan Mimpi Lagi . kabulkan lah doa saya ini.. keletihan. Agar saya persembahkan mobil itu kepada orang tua saya. berilah aku mobil. Allah yang akan mewujudkan doa kita. insya Allah. doa itu "tidak berdiri sendiri". Jika beliau ingin shalat di tengah perjalanan. Jika beliau mau singga sebentar ke rumah makan yg disukai. Makasih ya Allah. dan kemudian beliau-beliau bisa pulang kampung dengan nyaman dengan mobil itu. Ya Allah. sebelum dan setelahnya. juga berulang-ulang bahkan terus menerus. Bahagia. bila Engkau menyuruhku untuk meminta. Bukan seperti memberi dengan kasar kepada Allah. dan berdoalah kepada-Nya. dan mengatakan kepada dia. maling. Saudaraku semua. Engkau membuat diri saya ini tersenyum sendiri. beliau tinggal berbisik kepada supirnya ini mobil. kepada-Mu yang Maha Kaya lagi Maha Pemurah. Ia hanya satu dari sejuta amal saleh yang bisa dipilih oleh kita. Saya memohon kepadaMu agar mobil itu bisa saya beli sebelom hari raya tiba. tentu saja bukan doa seperti ini yang saya maksudkan.saya memiliki rizki untuk bisa beli mobil. belom lagi Engkau kabulkan doa ini. berziarah ke makamnya eyang. bersedekahlah. nawaitu membahagiakan orang tua.

Izinkan hamba-Mu ini berdoa di Mekkah ini. rasanya baru kemaren saya kembali dari Tanah Suci. Teringat peristiwa dua puluhan tahun yang lalu ketika saya masih kecil. dan jadikan kami beserta anak keturunan kami. dan bacalah dulu al Faatihah. Membaginya. Fabi-ayyi aa-laa-i robbikumaa tukadzdzibaan. ya apalagi pilihannya? Pilihannya adalah kufur nikmat. Allah Yang Maha Tahu. Amin. Subhaanallah. keluarga kami. Ya Allah. kecuali DIA. Kalau bukan menjadi orang yang bersyukur. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.Tidak ada yang pantas untuk disebut dan dipuji di balik semua ragam nikmat. kini sudah di Tanah Suci lagi. Engkaulah Pemilik Pintu dua kota suci. Na’uudzu billaahi min dzaalik. berangkatkan lagi semuanya ke Mekkah dan Madinah untuk menyempurnakan ibadah haji dan umrah yang terdahulu. melainkan bisa benerbener beribadah yang diterima. saya hentikan sejenak untuk membaca al Faatihah. sudah di sini lagi aja. Kami ingin bukan sekedar bisa ke Mekkah dan Madinah. Semoga aminnya doa saudara semua didengar oleh Yang Maha Mendengar.. ke Tanah Suci. agar Engkau bukan saja mengarunia rizki untuk saudara-saudara saya berangkat haji dan umrah. Mengaturnya. di awal Juli. Alhamdulillah. Terima kasih ya. Saya kembali lagi ke Mekkah. Hentikanlah dulu membaca tulisan ini. *** Saudara percaya kekuatan doa? Mudah-mudahan kisah saya di waktu kecil ini semakin membuat kita semua percaya kekuatan doa. aminkan doa saya: Ya Allah. Ya. atau Menyempitkannya. saya baru pertengahan Juni yang lalu ke Tanah Suci. Berikan berkah-Mu buat sesiapa yang memasuki dua kota suci-Mu ini ya Allah. Kini. istri (atau suami) kami. sahabat-sahabat kami. sungguh bukan perkara uang. kami percaya. Tinggallah saudara sendiri yang meyakini aminnya diri saudara sendiri. Kiranya demikian jugalah Saudara semua. Juli 2009 ini kembali saya ada di Mekkah dan Madinah. Sungguh. Engkau juga Yang Maha Memiliki Rizki. mudah-mudahan mengetahui bahwa doa yang saya tulis ini sungguh-sungguh saya panjatkan dengan keyakinan sesiapa yang mengamini akan betul-betul terjawab segala doanya.. Ketika saya menulis ini. Melainkan berangkat yang Engkau ridhai. Bukakanlah pintu Makkah dan Madinah untuk saudara-saudara saya yang belom berangkat.. al Faatihah. Ya Allah. puji syukur buat Allah. nikmat mana lagi yang kalian dustakan? Demikian Allah juga menyindir saya. Meluaskannya. . Allah ‘azza wa jalla.. Kami kepengen bukan sekedar berangkat. Tapi murni urusan Kehendak-Mu. Sedang yang sudah berangkat. Makkah dan Madinah. Ridha-Mu dan Izin-Mu. Sehabis baca Surah al Faatihah. pergi haji dan umrah. melainkan juga ada rizki untuk memberangkatkan kanan dan kiri kami untuk juga bisa sujud dan ruku’ di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi. semua termasuk yang diberkahi oleh-Mu.

“Koq doanya begitu melulu. Alhamdulillah. dijemput Bung Karno untuk menikahkan beliau. Saat saya menulis ini mendadak saya kangen sama ibu saya yang beloman saya berkhidmat kepadanya sepenuh hati. Sesungguhnya urusan-Nya jika menghendaki sesuatu cukup bagi-Nya mengatakan jadi. Kalo Allah udah punya kemau. Kayak Ayah Mamad. kemudian saya menemukan diri saya bener-bener bisa bolak balik Mekkah dan Madinah. Yusuf Mansur kecil dulu pernah sedikit protes. kemudian masuk Mekkah untuk umrah.. Bisa keluar negeri semudah pergi keluar rumah. Doanya saja sudah luar biasa. Bung Karno sempet mandi sebelum berangkat menikah dengan Bu Fat. maka jadilah. Sambil mengeringkan badan saya.. ibu saya mengeringkan badan saya dari air bekas mandi. Se-kapan-nya. Asli. rahasia koq ya dibuka). Masya Allah. Tiba sekitar jam 00 waktu Saudi. Saya mandi di dekat bale ini.. Semoga Allah kumpulkan kami semua dalam surga-Nya.. ibu saya mendirikan saya di bale kayunya bekas almarhum Kyai Haji Muhammad Mansur (Guru Mansur) Jembatan Lima. Maha Suci Allah yang di Tangan-Nya segala kekuasaan berada. Konon kata nenek saya (dan ini saya ga bisa membuktikan. kemudian shubuh berjamaah di Masjidil .. Kesibukan dakwah sudah menjauhkan saya dari ibu saya. “Innamaa amruhuu idzaa araada syai-an ay yaquula lahuu kun fayakuun. saya punya adik-adik yang 24 jam menjaga ibu saya. Kudu jadi orang besar. “Emangnya ga mau didoain supaya gampang ke Mekkah dan bolak balik?” “Tapi kan ke Mekkah itu susah.” Dan doa ini hampir senantiasa berulang-ulang. (Qs. dulu tuh kalo mandi sore. Semuanya bener-bener jadi nyata. ga ada yang susah. begitu saya katakan kepada ibu saya. saya sampe kelas 6 Ibtidaiyah (setara SD) masih dimandikan ibu saya. Tapi saya dulu senang dengan cerita ini.. Hajjah Humrif’ah binti KHM Mansur Jembatan Lima. Istirahat menjelang shubuh. Sambil berdiri di bale tersebut. bapaknya nenek saya. Saya malah pernah hanya 8 jam saja di Mekkah. Nemuin jamaah sebentar di Jeddah. Kerjaannya saban pagi jemur kasur! Ha ha ha. Dan bener-bener bisa disebut “semaunya”. Kalimat ini kan kalimat Kun Fayakuun. ya Guru Mansur tersebut. Wallaahu a’lam.. “Eeeehhh. Di sanalah kata nenek saya. dan kepada-Nya lah kalian semua dikembalikan”. kudu punya uang banyak. saya kembali mengingat peristiwa tersebut. Di kamar mandi dekat bale ini.. he he he.?”. sebenernya bale bersejarah. saya sampe kelas 3 Tsanawiyah (setara SMP) masih ngompol. Yaasiin: 82-82). Sambil menulis. *** Saudaraku yang mengimani Kekuasaan Allah. he he he). Fasubhaanal ladzii biyadihii malakuutu kulli syai-in wa-ilaihi turja’uun. Bale yang sangat tua yang sampe sekarang masih ada.Saudaraku semua. Nah. Doa ibu saya menjadi kenyataan.”. Hampir tiap mandi sore. ibu senantiasa dan berulang-ulang berdoa begini: “Ibu doain mudahmudahan Kamu bisa bolak balik ke Mekkah seperti ke pasar.. Bahkan ini rahasia ya (he he he. Apalagi keluarnya dari mulut ibu saya.”. Ibu saya menjawab enteng. Alhamdulillah..

Tapi karena Kehendak pergi haji itu punya Allah. Jangankan untuk orang dulu. meski tinggal di keluarga emas. Saya besar dan tumbuh di lingkungan keluarga besar Al Mansuriyah Jembatan Lima. Beda dengan kondisi sekarang. beliau akan mengutamakan circlenya dulu. Bersiap-siap mengantar jamaah haji yang harus berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede. Kemudian jamaah satu per satu masuk bus yang sudah disiapkan. Rumah betawi kuno yang Masjid tuanya diberi nama Masjid Al Mansuriyah. dan kembali ke Jeddah untuk kemudian bertolak kembali ke Jakarta. maka beliau berdua (ibu saya dan kakaknya) ya santai aja. Ada juga madrasahnya. Tentu saja. tapi beda cabang. Rada-rada ga mungkin. Tapi sekedar melengkapi tulisan. sehat saja. semuanya. dengan pengantar yang berjumlah ribuan. Ga elok bicara turunan. Alhamdulillah. shalawat diperdengarkan. Dibangun di tahun 1777M. doa itu masih rasanya kurang lazim. Jamaah tumpah ruah. dengan bangga. Kenapa menyenangkan? Sebab sehabis dari mengantar jamaah haji ke Pondok Gede. Baik sekali keluarga kakaknya ibu ini. Ibu saya. kapan giliran itu datang. Senang sekali dah. Deretan pedagang oleh-oleh Arab bisa ditemukan dengan gampangnya. ahli falak dan kyai tua Betawi pada masanya. Suaminya. Sehabis azan dikumandangkan. ditempel kertas: Rombongan Haji al Mansuriyah. iya. ibu saya. almarhum Ayah Mamad punya jatah untuk memberangkatkan orang-orang yang dikehendakinya untuk pergi haji. mestilah kami yang kecil-kecil ini. wajar ibu saya senantiasa berdoa seperti itu. doa dibacakan.Haram. Subhaanallaah. Obsesi ke tanah suci beliau tumpahkan dalam bentuk doa untuk anak sulungnya ini. KH. dan kakaknya (Hajjah Hurul ‘In) termasuk yang menanti. muacet total kalo musim haji. Mansur di Jembatan Lima. Lantaran Allah hadirkan kakaknya itulah. Ahmadi Muhammad. sangat menyenangkan sekali buat kami para buyut Guru Mansur. tawaf wada’. Saya generasi ke-empat. Apalagi dengan Ayah Mamad ini beda nenek. Selepas shubuh. Untuk orang sekarang juga. Membawa ratusan jamaahnya. Sebagai ketua KBIH. Tapi berharap banyak. Saya mengerti. seputaran Pondok Gede. Memenuhi jalanan Kampung Sawah hingga keluar luar jalan raya Jembatan Lima. madrasah dan masjid itu dipimpin oleh almarhum KH. Dulu. alhamdulillah. saat saya kecil. . Betul-betul pemandangan yang mengharukan zaman dulu mah. tidur sebentar. bukan punya Ayah Mamad. isak tangis sahut-sahutan. Sepohon. beda cabang. *** Dulu. masuk ke mobil masing-masing. maka ada nama jalan KHM. Berharap. Hampir saban tahun beliau berangkat haji. Namanya: Almarhum KH. Seasal. Nah. Jika saudara melintas dari Roxy menuju Stasiun Kota. maen-maen ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau ke Ancol. namun secara finansial tergolong engga mampu. Di kaca mobil. ibu saya. kemudian dhuha. Tidak kurang 500-an jamaah saban tahunnya. Apalagi dulu di mana transportasi begitu sulit. Dulu. Bagi seorang Humrif’ah. adalah orang yang merawat saya sejak kecil. ada seorang kyai. Dulu di pohonnya keluarga besar Guru Mansur. Sanusi Hasan. kalo musim haji. engga. saat itu pergi haji bener-bener menjadi barang mimpi. Dulu. Ratusan mobil berbaris di luar masjid. Beliau ini punya KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). Di rumah beliaulah saya lahir. Beliau turunan ketiga dari Guru Mansur. Ahmadi Muhammad atau yang biasa dipanggil ayah Mamad (almarhum). Sedang keluarga demi keluarga pengantar. masih bisa makan minum dan hidup normal.

Ungkapan saya hanya untuk menunjukkan. Ia bukan saja perlu keyakinan. Selain doa tentang bulak balik ke Mekkah seperti ke pasar. Ini pun dikabulkan Allah... Ga kebayang bakal seperti saya. berpangkat. Melainkan milik semua yang percaya bahwa Allah akan mengabulkan doa. dan memerlukan pupuk lagi bila mau kabul lebih cepat. dan amal saleh sebagai pupuknya.Wuah. Alhamdulillah. Sayat ini saya kalau mau pergi keluar negeri. *** Keajaiban ini tentu saja bukan milik saya semata. keyakinan. Berdoa. tinggal menyebar imel: “Saya ada waktu nih. perlu baik sangka. Ini yang saya sebut sebagai perjalanan doa. Barangkali dulu yang terlintas oleh ibu saya adalah seperti Ayah Mamad itu. Cerita seorang tukang becak dan tukang nasi yang bisa pergi haji plus berdua. Coba saja. dari ibu saya.. sekali ia sudah dilepaskan dari lisan dan hati yang yakin. Bener-bener. Ya itulah. dan berkedudukan. Siapa yang mau nerima kedatangan saya. yakinlah saudaraku semua. paman. menjadi seperti meluapkan obsesinya kepada Allah Tuhannya. Begitu saya kirim ke kawan-kawan di KBRI-KBRI maupun di perhimpunan muslim-muslim di luar negeri. doa lainnya ibu saya adalah saya bisa pergi keluar negeri seperti keluar pintu rumah. bahwa kalau saudara mau berdoa dan yakin. Bahkan lebih mulia daripada itu. *** Berikut tips buat saudara semua: . kesabaran. Subhaanallaah. Dari sini.. Jarang-jarang kan ya? Di DVD MDN seri ke-8 atau ke-7 kalo ga salah. Mudahmudahan saudara-saudara semua sudah memiliki DVD MDN ini. Bagi ibu saya dan kakaknya. jauh melampaui Ayah Mamad sendiri. yang menggambarkan bahwa benar-benar pergi haji bukan saja milik mereka yang berduit.”. Wuah. bibi. kita masih akan bercanda tentang kekuatan doa. koq jadi cerita masa kecil ya? Ga apa-apa dah. para guru dan keluarga. spontan akan ada yang menyambut itu imel dan merancang perjalanan ke sana. bahwa doa. maka Allah yang akan membuatnya menjadi mungkin. *** Doa mengalir ke saya. Ia juga perlu kesabaran. pergi haji jadi bukan perkara gampang. agar pergi haji bisa bolak balik dan keluar negeri semudah keluar rumah. dibuat mungkin oleh Allah. Dan bukan hanya milik ibu saya saja. Ini berkah doa ibu. Sesuatu yang dulu nampaknya tidak mungkin. Sungguh. saya beriwayat tentang kehidupan saya ini. Bisa sebulan 2-3x bulak balik. maka ia pasti akan dikabulkan Allah. Bolak balik saban tahun. Tinggal soal waktu saja. Di Pergi Haji Bukan Mimpi edisi-edisi selanjutnya. Pergi haji dan umrah milik siapa saja yang dikehendaki Allah untuk menjadi tamu-Nya. Ada di antaranya cerita seorang merbot yang berangkat dengan kekuatan doa saja selama 2 tahun berturut-turut. doa itu seperti anak panah yang dilepaskan Arjuna atau Kresna.

. kita pun seringnya berdoa secara borongan. Tengoklah diri kita. Dah. ibu berdoa begitu terus. Tapi berangkat bersama orang-orang yang dikasihinya. Tidak mendoakan satu-satu. Bu Hajjah Misi bercerita kepada saya. Yang bisa dengan shalatshalat sunnah. diterima oleh Allah. “Berdoa itu bermanfaat bagi sesuatu yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi. dimudahkan. Bill sang kakak lalu bicara pelan kepada mamahnya. maka doa itu kembali lagi kepada yang mendoakan. melainkan menjadi ibadah yang diterima. he he he. Bangun malam buat kami. Bahkan tidak pula meminta doa dari anaknya. percaya Allah kan? Cobalah titip saya dan Bella kepada Allah. # Banyakin husnudzdzan sama Allah. tidak ada satu doa pun yang dipanjatkan kecuali ia menjadi simpanan kebaikan bagi yang berdoa. bersama disayanginya. Amin. mamah dhuha. # Rajin-rajin doakan orang tua. Yang bisa dengan baca al Qur’an. Sampai sini. Jangan gampang putus asa. mamah berdoa. “Mah. Masya Allah. “Alhamdulillah Ustadz. saya banyak-banyak beristighfar kepada Allah dari dosa lalai mendoakan orang tua. Satu saat. Jalani dengan sabar kehidupan setelah doa. Bill dan Bella gerah melihat sang ibu begitu khawatir terhadap mereka. termasuk mendoakannya. Amin. Kayak kaset yang diputar terus menerus. Pergi Haji dan Umrah Bukan Mimpi (Bagian 4): updated : 2009-07-23 Banyak yang kepengen berhaji dan umrah. tapi juga memberangkatkan orang lain. # Doakan anak keturunan. ya shalat sunnah. Beliau tidak mengerti bahwa doanya itu bekerja! Beliau berdoa betul-betul berdoa. Perjalanan kami diringankan. Tapi dari belakang. Ga mengerti bagaimana Allah kelak akan mewujudkannya. Insya Allah dah semua akan baik-baik saja”. amin. Di sekolah sebelumnya. Saya pernah bicara-bicara dengan Ibu Hajjah Misi. Kami belajar. Mohon doa dari semua sahabat di tanah air dan manca negara yang mengikuti tulisan ini. Bahkan sabda Rasul. Selama dimandikan sama ibu (sepanjang SD). Tugas saya belajar di sini yang benar. melainkan jadi ibadah. Bill itu selalu juara satu.. Seperti ibu saya. sedekah. namun tidak melayangkan permintaan dan doa . Maka hendaklah kalian banyak berdoa. Kami pun mendoakan semua yang belom berangkat. Kitanya saja yang kudu banyak ingatnya sama orang tua. Kami puasa. mamah puasa. Dan bukan pula sekedar ibadah. menyebutnya sesuai keadaannya. Yang bisa sedekah. itu dulu tipsnya. Insya Allah. Kemaren waktu bagi raport alhamdulillah rangking 3!”. Bahkan bukan sekedar berangkat. Berlapis. Bukan setahun dua tahun. dan diridha. Mudahmudahan umrah kami dan umrahnya semua orang yang umrah dari seluruh dunia. Sesiapa yang mendoakan. Jalanin dah. # Pupuk doa dengan amal-amal saleh. Coba jajal sebut satu-satu. Kami dhuha. Seberapa rajin kita mendoakan anak-anak kita? Bahkan ketika kita mendoakan anak-anak kita. Istiqamahin. walimurid santri Daarul Qur’an. Rajin. Mamah tenang saja di rumah mendoakan kami. Dan bukan sekedar berangkat. Pokoknya berdoa. he he he. Orang tua pastilah tidak meminta apa-apa dari anaknya. Perjalanan doa itu seperti perjalanan takdir. ya baca al Qur’an.# Betul-betul banyak berdoa dan rajinkan berdoa. amin. Apa saja.” (al Hadits). Berangkat bukan sekedar berangkat. Tapi sampai saya lulus SD. mudah-mudahan bisa berangkat. ya sampai ga dimandikan lagi. Ia serius menceritakan keajaiban doa dari beliau untuk anaknya: Bill dan Bella. Ternyata nyampe tuh doa. dan dawamin (lakukan terus menerus). Sebab doanya orang tua kepada anaknya itu seperti doa seorang nabi buat ummatnya.

niscaya Allah akan berangkatkan. Ya Allah. Supaya semua saudara-saudara kita bisa dan pernah sujud di depan Ka'bah beneran. Dan tidak ada satupun bahaya menimpa kami jika Engkau juga tiada mengizinkannya. Jangan sampai dosa kami menyengsarakan kami dunia akhirat. kami pahami semua kesulitan kami adalah sebuah bentuk Kasih Sayang-Mu terhadap kami. Wahai yang maha pengasih dan yang maha peyayang. Allaahumma shalli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammadi. Tidak ada selain Engkau yang mampu menolong kami. Ba'da shubuh. setelah sekian minggu misalnya. betapa kami-kami ini sudah menjadi hamba-Mu yang lalai dan lalai terus. duduk baca Yaasiin sepulangnya dari masjid. Sebut sama Allah supaya bisa pergi haji dan umrah sekeluarga. dan kemudian berbagi pengalaman setelahnya. pergi haji dan umrah. Layangkan sedikit doa bersama sebelomnya sarapan. Penuhi hati kami dengan kesabaran. jika bukan kepada-Mu. Jika ada dosa kami. bimbinglah kami agar kami bisa menemukan mutiara di balik semua kesusahan kami. Ya Allah. Rutinkan ini. Ya Allah. insya Allah. Syukur-syukur mau ngegedein maslahat Yaasiin. dan kemudian berbagi ceritalah tentang apa yang terjadi di kemudian hari. Selamatkanlah dari kehinaan dan permaluan. Yang Memiliki Ka'bah. yang karenanya jadilah ga istiqamah sebutannya. Kalau bisa doanya jangan tanggung-tanggung. Astaghfirullahal a'dzhiim wa atuubu ilaih. Hanya kalo Jum'at itu jadi sayyidul ayyam. Ya Allah. Kepada siapa lagi kami bersandar jika bukan pada-Mu. Saya pengen sekali kita ngadain seminar-seminar gratis tentang pergi haji dan umrah bukan mimpi. Engkau yang menahan sesuatu dan menjaganya. tetapkan hari mulainya (boleh bukan Jum'at. terlalu kecil semua urusan kami buat-Mu. Sesiapa yang baca Yaasiin akan dimudahkan Allah urusan hajatnya. Dan jika ada kebaikan dari diri kami. mudah-mudahan ia mencukupi buat diri kami mendapatkan rahmat-Mu. Ya Allah. Kemudian lengkapi dengan sedekah Jum'at: misal memberi sarapan kepada orang lain. Hanya Engkau ya Allah. Mari kita berdoa supaya bisa pergi haji dan umrah. dengan mengundang aja jamaah shubuh plus anak-anak yatim dan miskin sekitar untuk mampir ke rumah sarapan di rumah. kesulitan kami. Ya Allah. Engkau jugalah pemilik segala pertolongan yang kami-kami butuhkan. hanya Engkau yang mampu mengatasinya. Tiadalah salah kami yang lemah ini bener-benar bergantung kepada-Mu. sudah lari kami menjauh dari diri-Mu. Diberi sedikit nikmat saja. Jangan lupa. Adalah pantas jika kemudian kesusahan dan kesulitan kembali Engkau hidangkan di kehidupan kami. Engkau tidak menghendaki kami susah di negeri yang kami tidak bisa lagi kembali. kepada siapa lagi kami mengadu jika bukan pada-Mu. Pasti mereka seneng mendengar doa yang membawa mereka juga. atau membagikan amplop kepada yatim-yatim dan fakir miskin. sungguh kami sangat berhajat akan pertolonganMu. ada maupun ga ada duit. sejengkal tangan. sama keluarga. Ya Allah. Semua beban kami. membagi sedekah kepada masjid-masjid sekitar rumah atau kantor. Asal benar-benar rajin meminta sama Allah (berdoa). pergi haji dan umrah. Kepada siapa lagi kami berlindung dari segala ketakutan dan kegelisahan kami. Tunjukkan segala jalan buat kami untuk . Bahkan semua urusan manusia jika dikumpulkan dan dihadapkan pada-Mu. Engkau menghendaki kami bertaubat dan meniti jalan lagi kembali menuju diri-Mu. seutama-utamanya hari). Yusuf Mansur Munajat updated : 2009-06-26 Bismillaahirrahmaanirrahiim. demi Allah. coba jajal memohon kepada Allah saban Jum'at pagi. dan bisa pula membiayai orang berhaji dan umrah. sertakan mereka yang ikut sarapan agar juga diberangkatkan Allah haji dan umrah. Ada sedikit tips: Jika berdoa saban hari ga bisa dan belom tentu bisa. keikhlasan menjalani hidup. bener-bener hak semua orang. Salam. Supaya tahu apa perkembangannya (baca: hasilnya). Tidak ada satupun pertolongan manusia bisa menolong kami jika Engkau tiada menghendakinya. Penting untuk saudara memulai. kesusahan kami. dan mencatat. Waba'du.kepada Allah. Mudah-mudahan dah ya kesampaian. Bila saudara mau. Selamatkanlah dari fitnah dunia dan segala apa yang membahayakannya. selamatkanlah kami semua dari semua dosa dan perbuatan kami sendiri. dan niatan yang kuat untuk memenuhi hidup kami dengan ibadah kepada-Mu. Kemudian catat grafik perkembangannya seputar rizki. juga teramat kecil. maka ampunilah ya Allah.

Apalagi katanya. Artinya. Beliau juga biarkan semua terjadi dan terjadilah. Padahal mah. Sesiapa yang membaca doa ini. Hanya emang . dan beliau berdua sedekahkan. dua-duanya sudah berhasil merampungkan hafalan al Qur’an. Sewaan sih. lalu ia menambahinya dengan apa-apa yang menyesakkan dadanya. Tidak ada yang tidak mungkin bagi diri-Mu. bahwa sedekahnya biar bagaimana. dibahas pula kajian tafsir dari ayat-ayat yang dipelajari di Kuliah Tauhid. Sebagai doa juga buat beliau berdua.. Beriringan dengan itu. disekolahkan di Daarul Qur’an. Wong testimoni begini udah sering juga terjadi. Saat itu. Ada sepasang suami istri yang mendapatkan berkah memiliki anak-anak yang menghafalkan al Qur’an. bahwa insya Allah mungkin saja terjadi. Luar biasa. saya mengiyakan juga. dan lain sebagainya. tapi kan ga ada yang tahu juga bahwa ini sewaannya. Terima kasih. Dengan yakinnya mereka bilang. Tapi saya juga meyakini. Dua dari anak-anaknya. saya mohon munajat ini untuk disebar/diteruskan lagi baik via email. dan dengan apa yang menjadi hajatnya. Hingga kemudian keduanya memutuskan sedekah besar. Engkau betul-betul Maha Kuasa atas segala sesuatu. Laa hawla walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adzhiem. Kekuasaan-Mu tiada berbatas dan tiada bertepi. bahwa keduanya berhak mendapatkan yang lebih besar dari sekedar rumah dan tanah tersebut. jamaah sekalian. keduanya belom mendapat jawaban. Yth. kabulkanlah ya Allah. Di Daarul Qur’an tinggal penyempurnaan saja. Ketika kisah ini saya angkat di DhuhaaCoffee. Seratusan Kasus Sedekah. dari sisi ini saja. Seratusan Kasus Tauhid updated : 2009-06-25 Ada banyak pertanyaan yang kita ajukan kepada Allah. kabulkanlah.wisatahati. Keajaiban-keajaiban kecil terjadi ketika sepasang suami nan berkah ini menjalankan sedekah. “Kami sedekahkan mobil kami agar Allah berikan kepada kami rizki agar rumah dan tanah tersebut bisa kami bayarkan. mestilah diganti sama Allah. Kembar. dia berdua kini pake mobil kijang baru. masih dan sedang berlangsung perkuliahan seratus kasus sedekah. si kembar ini. Sebelum masuk di SLTP Daarul Qur’an udah hafal 20-an juz duluan. Berikut ini salah satu kisah yang saya cuplik dari KuliahOnline. posting blog. dan kemudian ia menambahi dengan apa yang memusingkannya. Ya Allah. Tepat pada waktunya”. Beliau punya doa kepada Allah. Ibu dan ayahnya si kembar ini kemudian berkenalan lebih dalam dengan sedekah. ya sudah. sudah bersyukur banget. yang sekaligus menjadi pembelajaran tauhid lewat pembelajaran seratus kasus kehidupan. Sedangkan dia bisa. Mobilnya dia jual. washallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii ajma'iin. Mereka berdua masih menyimpan keyakinan. Hingga saatnya pemilik rumah ini memberi tenggat waktu. Bahwa dia berdua sudah menyedekahkan kijangnya.mendapatkan ridha-Mu dan Pertolongan-Mu. sesiapa yang membaca doaku ini. Yakni agar rumah dan tanah yang sedang dijual di dekat kediaman mereka bisa mereka beli. walhamdulillaahi robbil 'aalamiin. Beliau banting kepada “bahwa belomlah cukup berterima kasih diberi anak-anak yang semuanya menghafal al Qur’an”. Tapi emang husnudzdzannya sama Allah minta ampun besarnya. hati ini membatin. Namun sedikit pertanyaan yang kita ajukan kepada diri kita. Innova.com. Tidak semua orang juga kan bisa menyedekahkan mobil satu-satunya. komunitas facebook. Di Kuliah Tauhid di KuliahOnline di www.

Pergi Haji dan Umroh. sehingga begitu sewaan selesai. Oceh? Nah. namun bersama-sama dengan gagahnya memakain kain ihram. direnovasi. mbok ya puasa Daud (sehari puasa sehari tidak). yang bahkan tidurnya bersama kambing piaraannya. Bukan Mimpi (Bag. Yang 100jt nya yang sudah dia dp-kan. Pasang saja mimpi dulu. saking miskinnya. jangan tanya. Meminta mah meminta aja terus. Pergi Haji dan Umroh. Wong Allah koq yang punya kuasa. entar-entar aja bayarnya. orang ini kemudian menghibahkan kepada si suami istri ini untuk dijadikan pesantren! Bisa saja. disajikan untuk diri saya dan saudarasaudara semua. Rumah yang sudah bagus itu dijual. Dan oleh si pembeli tanah. klik di sini). Totalnya 300jt. Oleh si pembeli rumah. Biar saja. husnudzdzan teruuuus dan jangan pernah mempertanyakan keadilan dan jawaban janji Allah. bermimpi saja saat itu ga berani. tanah yang diincar tersebut. Dan ke tanah suci. Lalu.2) updated : 2009-06-21 Muhammad memandangi Vespanya. tanah itu dibangunkan kontrakankontrakan.Allah lah yang tahu kapan-kapannya penggantian itu dan pegimana bentuknya. Muhammad kemudian bergerak pasti. dan tawaf bersama mereka-mereka yang bayar! Ada di antaranya Mbah Kemi. Saya kemudian bilang ke mereka. Insya Allah semuanya mungkin. supaya bisa hemat. Masih banyak kisah lainnya. asli bukan urusan duit dan bukan hanya haknya mereka yang kaya. Beliau masih sanggup jalan kaki 15 kilo. juga dijual. dan tanah yang sudah dibangun kontrakan. Ada hamba-Nya Allah yang Allah gerakkan untuk beli itu rumah. dengan membawa beban 30kg! Sesuatu yang bahkan Yusuf Mansur ga bisa lakukan. Sepenuhnya sebab Kehendak dan Ridha Allah SWT. mengucapkan talbiyah. bisa jadi juga dua-duanya ada kesulitan. kisah demi kisah sedekah. begitu banyak orang-orang yang hitungan ekonomi lemah.1) updated : 2009-06-16 Pergi Haji dan Umrah itu bukan mimpi. Saya pernah mengatakan bahwa untuk bisa bersedekah. Saya tidak bosan mengingatkan semua jamaah untuk ikutan daftar dan menyiarkan KuliahOnline. mobil baru sudah diberi Allah. Dijualnya sama satu orang. malahan dibelikan karpet buat mushalla kampung dan dipanggul sendiri lagi karpetnya. Dan ada yang lain yang digerakkan untuk membeli tanahnya. rumah itu dibagusin. Belum diberi tapi jangan sampe kemudian kita ini berhenti meminta. Kita-kitanya saja yang harus sering-sering mempertanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang diri kita. Sudah di-DP-in 100jt. Mbah Kemi ini malahannya memilih makan makanan basi (ga lazim memang). Siapa tahu ada Rencana Allah yang begitu indah. Beliau bisa berangkat umrah. lunasin saja 2 bulan lagi. lalu dijuallah keduanya. Dan saudara mungkin kaget bila mengetahui umurnya Mbah Kemi ini di atas 100 tahun! Gagahnya. tetap saja ga usah maksain. Dikasih 800rb oleh satu lembaga amil zakat. Dikasih uang. Semoga bermanfaat. Bisa jadi. Terus saja meminta kepada Allah. Tapi kemudian beliau ngabarin bahwa tanah tersebut ditawarkan ulang. Saat tulisan ini diturunkan. Saya terus memompa beliau supaya makin kuat husnudzdzannya sama Allah. Lah. supaya jatah makannya bisa ia sedekahkan. Selebihnya sempurnakan dengan doa dan sedekah. sebab banyak keutamaannya yang luar biasa.. kasus demi kasus sedekah. dan kejar dengan amal nyata dan ibadah. dibelikan kambing untuk dibesarkan. Mana mungkin ia berani bermimpi bisa pergi haji dan umrah. Buruan daftar buat yang belom daftar ya. (daftar kuliahonline. Nantikan di DhuhaaCoffee edisi pekan depan dst. Setelah besar. Yang penting. Hingga kemudian ia percaya bahwa hidup manusia itu bisa berubah. sudah dibeli kawannya. Bukan Mimpi (Bag. belum seukuran rumah dan tanah yang diincar. Jangankan pergi haji dan umrah beneran. Melainkan mobil pengganti dulu. Ia kayuh hidupnya dengan membekali dirinya dengan amalan- . Kemudian. Katanya.. dijadikan kurban di kampungnya di saat idul adha. Di dalam 120-an orang di rombongan Al Amin Mulia Lestari (Wisatahati).

Sambil terus memperbaiki shalat-shalat fardhu kita. saya pasrahkan. dhuha. termasuk bayi mereka. Allah menyelamatkan mereka. dan sedekah. Dengan 400 anak buahnya. ayo ntar malam ikut ayah ke masjid! Muhammad Munawwaroh bertanya. nyeselnya setengah mati. Kenapa milih jalan ini bukan itu. loh koq ke masjid? Ternyata ayahnya mengajaknya sujud di keheningan malam dan memintanya memperdengarkan keinginannya kepada Yang Maha Kaya. ada kejayaan. Kalo dulu Engkau tidak memberiku kesusahan. yang bisa dicapai olehnya dalam hitungan tidak sampe 1 dasawarsa. malamnya mereka tahajjud. Mereka sadar. Kenapa ketemu si ini kenapa ketemu si itu. Thanks ya Allah. istiqamah. Terngiang kisahnya di Masjid Nabawi. dan amat sangat teramat baik. Di balik sunnah. bangun malam. dan sedekah. Muhammad Munawwaroh bercerita. Yaitu Jalan Allah.4 trilyun setiap tahunnya! Sungguh suatu prestasi yang luar biasa. paginya mereka dhuha dan bersedekah sebelomnya jalan. Saya kalo nengok dulu. selamat tanpa satu kurang apapun. Lalu sekarang diri ini meminta kepada Allah agar memberiku kesempatan bersyukur dan bersabar serta memiliki lebih lagi husnudzdzan kepada Allah. hingga kemudian bukan saja ia bisa berangkat umrah sendiri. Muhammad. Muhamamd yang sudah berbeda. yang mahal adalah bukan ketika bisa memberangkatkan umrah. Persis seperti yang dikumandangkan Wisatahati dan Daarul Qur'an. Ayahnya bertanya. nama yang barangkali jadi inspirasi sang ayah menamakannya. Ia hanya memerlukan kemauan dan niat yang besar. Mobil hancur berguling-guling. Tulisan ini tidak sanggup melukiskan kebahagiaan beliau bisa hidup di dalam ajaran-ajaran Sunnah. Satu ketika. Banyak jalan bisa ditempuh semua manusia. DIA teramat baik. bisa dijadikan lecutan buat kita semua untuk mampu shalat malam. niscaya tidak akan bisa kudapat berkah seperti sekarang ini. Tentu saja. dhuha dan sedekah. ia butuh uang. Don't Give Up! updated : 2009-09-12 Jangan pernah give up dengan keadaan sekarang. bukan lagi mudah sekarang ini untuk ke tanah suci. Jabatan Direktur Marketing Indo Farma pun disandangnya. plus pendapatan istri. Tapi tidak akan ada yang . Tradisi ini ia teruskan... bahwa ia pertama kali belajar dari ayahnya. Seorang tentara biasa dengan 10 orang anak. yang punya nama asli separuh nama perempuan ini. menjadi salah satu peserta umrah edisi Juni 2009. sudah menyelamatkannya dari kecelakaan fatal di jalan raya. Dari gaji 2 juta. beliau bahu membahu mengelola omzet 1. Mobil dinas Camry terbaru sudah jadi tunggangannya. dhuha. tapi juga mudah memberangkatkan orang ke Mekkah dan Madinah! Vespanya sudah di-say-good-bye-kan. dan seterusnya. namun mudah-mudahan secuplik kisahnya. Tapi Muhammad yang sekarang. Muhammad Munawwaroh mengatakan. sama Allah yang maha mengatur. kini gajinya sudah 60 juta rupiah. Tapi yang mahal adalah ketika kita bisa memberikan pengajaran dan motivasi kepada seseorang untuk mengikuti jejaknya. dan kemudian mengajarkannya kepada yang lain. Nawaitu memperbaiki beribadah meletup-letup manakala bertemu dengan limpahan karunia. namun juga bisa memberangkatkan umrah orang lain! Di lain tempat di Madinah al Munawwaroh.. Kenapa begini kenapa begitu. saya bisa tersenyum dan malah berterima kasih dengan keadaan dulu. Buat dia. Muhammad Munawwaroh. bahwa shalat malam.. beliau cerita. bener butuh uang? Kalo bener. dan relatif jalan-jalan itu tidak memerlukan biaya. Banyak lagi ragam kisahnya Muhammad Munawwaroh. namun seluruh isi keluarga. Kenapa dibohongin si ini dan bisa dibohongin si itu.amalan sunnah. Semua dicapai karena Karunia Allah. nyaris bisa menyentuh 100 juta rupiah sebulan. Tapi setelah saya redhokan.

Semua ajaran ustadz udah saya lakukan dari sholat 5 waktu. silahkan kirim imel ke yusufmansur_wh@yahoo. Saya sampe ga makan demi bales sms antum. Maaf ya. sedekah tos-tosan. tahajjud. Di sini sampe maghrib acara. ini sms saya tadi pagi. Kepasrahan Diri updated : 2009-05-29 (T) 08132570xxxxx: Ustadz. saya punya hutang 300 juta. tahajjud. semoga Allah memaafkan saya. tertidur sampe ashar. semoga antum dimudahkan Allah segala urusannya. saya sempat baca memang. (Bila ada jamaah yg punya kisah senada. sehingga sedekah yang terkumpul hanya untuk kepentingan kelompok atau yayasan yang anda dirikan dan untuk menghidupi orang-orang yang mau hidup dalam yayasan anda. Saya pake buat makan. atau langsung di modul Kirim Testimoni Uswatun Khasanah). Banyak-banyak pasrah saja. Maaf ya. Be strong. tapi juga memberikan kita kekuatan. Mudah-mudahan ada Keajaiban. . Maaf ya. Masya Allah. (J) sms Saudara yang mana ya? Maaf. Mudah-mudahan dia bisa nolong saya. Sampe jam 13. hajat. Malam ini.menyangka DIA amat sangat teramat baik hingga memiliki hati yang bersyukur dan penuh baik sangka kepada seluruh kehendak-Nya. (T) Kalo ustadz ndak bisa bantu. Sedari jam 3 saya udah "on". tapi ada kurangnya apa ya salah saya. istikharoh. sholat tepat waktu. dhuha. Saya tidak bisa memberitahu nomor nya beliau. udah dari bulan januari saya riyadhoh sholat taubtat. (T) Ustadz. Besok pagi sedekah dah. Habis ashar sampe di tempat acara.30 saya jalan ke tempat acara di Parung. dan siap-siap tahajjud. hingga terserah DIA mengatur apa untuk kita. dhuha. shalat hajat. sedekah pagi. saya sudah putus asa apa yang harus saya kerjakan anak dan istri sudah ndak tahan dan depkolektor sering datang kerumah. Kita hanya bisa berdoa agar Allah bukan hanya menguji kita.30 acara boleh dibilang tiada putus. shalat taubat. saya di bantu no hp ustadz lihan yang ustadz ajak ceramah waktu di TPI hari selasa kemarin. Yusuf Mansur. Ternyata percuma anda cuma bisa ceramah nyuruh sedekah tapi ternyata ndak mau nolong orang yang punya hutang seperti saya. berarti anda seperti punya dendam terhadap masa lalu anda. dan mendampingi setiap jengkal kehidupan kita. Untuk solusi hutang.com. ustadz ada solusi? (J) Oh iya. puasa daud. puasa daud. With love. Dunia ini milik DIA. Jam 13. Tutup malam dengan nawaitu sedekah. bisa sms lagi? (T) Ustadz. jatuh tempo tgl 25 mei besok senin. (J) Saya doakan. qabliyah ba'diyah. anda kok nggak jawab sms saya padahal kemarin dulu anda tanya berapa hutang saya. hadepi saja dengan gagah. Ini baru jeda.

Gimana ni ustadz? (J) Antum ga bakal tau pasrah. Saya benahi kesibukan dakwah panggung. bubar anak bini ya bubar. Akhirnya obat-obatan saya tinggal. berjamaah. ikhtiarnya orang mukmin untuk berobat dan jaga kesehatan. dan ga pake terapi. istri minta pisah ya di kembaliin ke ortunya. apa itu merupakan bagian dari hukuman Allah kepada kita yang punya hutang? (J) Saya dulu juga gitu. ga jadi ustadz. Nanti Allah akan mengembalikan lagi hidup antum. apa perjalanan hidup orang yang punya hutang dan terpuruk harus sampai pisah ama anak istri. sampe ya pasrah sepasrah-pasrahnya. Shalatnya dilamain. sungguh juga . ga minum vitamin. ini sms jawaban saya ke kawan yang sakit-sakitan akhir-akhir ini.3x makasih waktunya ustadz. Alhamdulillah. Jajal aja besok sepasrahpasrahnya. kalo mau disita ya biar disita. tahajjud.. qabliyah ba'diyah. he he he. melayani orang sakit. Vitaminnya. Vitamin Hidup updated : 2009-05-12 Penikmat DhuhaaCoffee. Sebagaimana ikhtiarnya para medis. Kalo ga dipenjara. dan olahraga. adalah ibadah. Sempet mengkonsumsi obat-obatan.. Kami-kami bantu doa ya.sehingga Allah belum kasih petunjuk dan jalan keluar? Kalo pasrah memang belum total apalagi kalau hati galau pikiran kacau jadi belum bisa pasrah total. (T) Ustadz di majelis anda tidak ada tho yang mau bantu orang yang terlilit hutang? Supaya orang seperti saya bisa bebas menghirup udara segar dan dapat beribadah dan bekerja tanpa tekanan dari depkolektor. he he he. Sehatan Haj. Allahu Akbar. (J) Ya. Alhamdulillah. (J) Ga ada. Dhuha 12 rakaat. Melainkan pake program. biarpun rumah milik ortu. sedekah. baca Qur'an. Insya Allah saya doakan. Kemudian saya benerin pola makan. Mohon tanggapannya di Forum Dhuha: Dulu saya sakit-sakitan. Ga apa-apa. di penjara.. dikucilkan keluarga dll. (T) Berarti mulai sekarang saya harus pasrah total. (T) Ustadz. Rasulullah ga minum obat. pola istirahat. Tidak lagi jadi ustadz panggilan. Belum tentu juga terjadi kalo benar-benar pasrah. Penjara ya penjara. Tapi banyak yang berhasil koq dengan kaki dan doanya sendiri. zikir. wuah. Saya benerin strategi dakwah. dibanyakin. Semua yang akan terjadi biar terjadilah.

Saya kerjakan. Doa itu permintaan dan harapan. Masa sama Allah jadi ga boleh minta? Sedang kita malah disuruh minta sebagai sarana ibadah juga sama DIA. ikhlas. dan jalankan. Jangan karena pengen kaya. tandanya perlu. dan atau menjanjikan keutamaan dhuha bisa begini dan begitu. saya mah mengerjakan dengan "isi". Masa janji yang dijanjikan oleh Yang Maha Benar kita sia-siakan? Iya ga? Sambut. Semakin banyak mintanya. Tunduk. dengan doa." begitu kita dengar dari orang-orang yang kepengen memurnikan ibadah agar semata ikhlas karena Allah. doa mah ga dhuha juga ga apa-apa. yang lain yang tidak meminta sama Allah. Malu". jangan karena pengen pintu rizki dibuka. Kita percaya sama Allah. Adalagi yang mengatakan. karena pengen rizki. Meminta itu kan. Apalagi kalau mau mbarengi dengan dhuha sebagai amal saleh pengiring doa. percaya. Tapi saya benar-benar ga mau pake kalimat itu. Ikhlas dalam bahasa Indonesia. akan pulang dengan membawa pahala dhuhanya saja. tauhidnya. lah ya saya kerjakan. Di dalam buku The Miracle of Giving yang saya tulis. Siapa yang minta sama Allah.4) updated : 2009-02-18 "Shalat dhuha itu sing ikhlas. Serta tidak menipu di jualan obat. Bahasa entengnya: Nurut. Itu kalau mereka ga semata (ga semata: artinya. yakini. Percaya. akan pulang dg membawa pahala dhuha. Bukan kosongan model pengertian ikhlas dalam bahasa Indonesia. maka .adalah pekerjaan ibadah. panggungnya adalah kehidupan). Maksudnya. Ini kan gila. Ketika yang lain menamakan pamrih dan atau tidak ikhlas. boleh. maka seorang da'i tentu agak-agak ga bisa menjadi dokter. Ikhtiar para medis. kata-kata ikhlas panjang artinya. dan pahala doa. sama apa yang Allah gariskan. saya menyebut tidak mengapa kita melakukan ibadah dan mengejar apa yang Allah janjikan. manut. Maksudnya sih pasti bagus. shalat berjamaah. Jika dia bisa memerankan diri sebagai da'i (ga perlu panggung ceramah. Karena saya percaya sama apa yang diseru Allah dan Rasul-Nya. Dalam bahasa arab. Sepenuh hati. Saya mah ga mau denger omongan orang yang ngomong begini: "Jangan minta terus sama Allah. Jangan karena pengen banyak duit. tetapi ibadah di pas waktunya dhuha. Doa juga ada pahalanya loh. saya menyebutnya: Iman. mengajak pasiennya berdoa dan ke Allah. Tapi jangan cuma) nyari duit dari orang-orang sakit. Ga usah pake dhuha. Sedang saya dan jutaan orang yang meminta kepada Allah dengan mendahului dhuha. Ini juga namanya Ikhlas. Mukhlishiena lahud dien. ibadahnya. Diperbaiki." Dhuha Coffee (bag. Saya lebih suka make: Minta terus sama Allah. Tapi jangan lupa amal salehnya. sungguh kadang jauh lebih berharga dari tugas seorang da'i. nurut. semakin bagus. Ketika Allah dan Rasul-Nya menyuruh dhuha agar rizki terbuka. ya saya sambut. Apa lagi yang utama selain begini? Ketika yang lain shalat dhuha kosongan (tak berharap apa-apa). Manteb. apalagi bahasa agama. doa. percaya. Sering-sering. keyakinan. sesiapa yang dhuha karena masalah. Kalau dalam bahasa Indonesia kan kesannya jadi kayak kagak boleh minta apa-apa. menegakkan qabliyah ba'diyah. jangan samain dengan Ikhlas dalam bahasa Arab.

pasti insya Allah ada kebaikan. melainkan saya taruh di Dhuha Coffee. Juga buku-buku. sedekah. dan terbuka. Bilamana tidak tembus hajat dan tidak selesai masalah.ketika sudah dibuka rizki. Apa ini salah? Kalau kemudian orang tersebut behenti dhuhanya. Wong mestinya tambah ingat. Banyak CD yang di dalamnya sudah saya bahas tentang ini..w. akan selesai juga dhuhanya. deket sama Yang Punya Harta. apalagi kalau kemudian orang yang menjalankan dhuha itu kemudian jatuh blangsat sebab ga mengerjakan lagi dhuha. tahajjud. Kemaren. Perbanyak husnudzdzan sama Allah ya. ga ada yang sia-sia. berlaku juga untuk penjelasan tahajjud. Atau kena bala. perjalanan doa. Coba dicari ya.. qabliyah ba'diyah. Tapi lebih dikarenakan dia ga bersyukur. Jangan salahin keyakinan yang pertama. bukan sabab niatan yang salah. bahwa dhuha itu benarbenar pintu rizki dan jalan kalau masalah mau ditolong Allah. Kejar terus amal ibadah yang kurang-kurang. Baarokawloohu fiikum. maka turunlah rizki dan selesailah masalah. setelah masalahnya selesai. kejatuhannya. 14 hari. Atau malah lebih hina. Apakah memang sunatullahNya harus begini ya. Padahal itu semua adalah dosa dan memiliki pengaruh positif negatif tersendiri. Insya Allah naik senaik-naiknya. dibukakan jalan. Mestinya kan kalau sdh dibukakan rizki. dua tesis dijadikan jadi satu prasa. Ini membingungkan. biasanya yang bersangkutan pernah melakukan 1 dari 10 dosa besar. kita tiada bagus ibadah. kita harus mengalami situasi 'drop' dalam arti kekurangan harta. wuah. Jangan malah berhenti. dan bukanlah dosa tidak berjamaah dalam shalat wajib. Cara pandangnya saja yang diubah. Padahal kita tentu maunya meningkat. dan 100 hari. ustadz. ada orang yang beranggapan bukanlah dosa tidak tepat waktu. Nih ya. ya jangan salahin "sistem" nya. Di angka-angka hari ini. Sebagai ilmu yg lbh gampang diaksesnya. maka berarti ada maksud Allah untuk manjangin umur. Btw.5) updated : 2009-02-19 Pertanyaan dari 08562160xxxx: Assalamualaikum w. Met dhuha. Salah satunya: CD Wasiat Terakhir Rasulullah dan Benahi Shalat Kita. Waba'du. 21 hari. pengarahan fadhilahnya diarahkan Allah lebih kepada dosa dan maksiatnya. Ya terang saja dihabisin lagi sama Allah. Apa yang saya jelaskan. Dan percayalah. Ditetepin dong. dan bukan juga berdosa tiada tertegak sunnah-sunnah muakkadah. Perjalanan riyadhah. Kejar terus ketertinggalan kita dalam ibadah dhuha. mengerjakan dhuha bukan karena Allah! Bagi saya. kita terusin lagi nanti ya. Itu malah jadi salah satu keutamaan tambahan. ya istiqamahin dong. Ini melebihi apapun. Maka Allah panjangin dulu umurnya. omongannya akan bertambah: Situ sih. Kemudian diulangi saja lagi dengan stamina yang lebih dari yang kemaren. Balanya yang disingkirkan. dan dibalikin lagi ke posisi semula. dan witr. ini koq jadi lupa. Maka. Kenapa dia ga bersyukur. Sedang Allah sendiri yang bilang. ini dari siapa? Sengaja sms ini tidak saya taruh di sms tanya jawab. dhuha.. Jika tiada ada dosa yang berarti. Ketika kita coba memperbaiki diri. Mari kita percayai janji Allah. Dhuhanya. Dhuha Coffee (bag. Btw. mahabbah sama orang tua.. Waba'du. Saya rabu kemarin genap 40 hari dhuha ustadz.. dan ibadah-ibadah lainnya. dengan zikir 'ya fattahu ya rozzaqu' yang ustadz ajarkan. kita lumayan ajeg ibadahnya. Salahin dia dong. Saya selalu make tahapan-tahapan : 3 hari.. 40 hari. Lah. sementara itu. Bahkan di KuliahOnline juga sudah tak bahas. Jawaban Ustadz Yusuf Mansur: Selama 40 hari. Barangkali takdir umurnya nyampe. Lalu kita datang menyambut. . untuk menggenapinya. 7 hari. Sekarang. ada juga yang ga melihat bahwa sesungguhnya perjalanannya sudah nyampe. Bukan.

agar ia sungguh-sungguh beriyadhah (istiqamah di ibadahibadah sunnah dan wajib). lihat. permintaan dan harapan akan hadirnya pertolongan Allah. Mari kita sama benahi yang wajib. Ya Allah. ukuran di bawah 40 hari. membebani pundakku. dan 100hr.7) updated : 2009-02-23 Yth. akan membawa kepada Keajaiban-Keajaiban Pertolongan Allah. agar kiranya kita bisa mengukur ibarat kita cek laboratorium/cek medis berkala untuk mengukur keberhasilan. Semoga ini berguna sebagai Dhuha Coffee yang menenangkan hati kita semua. Hilangkan kalimat ini. dan seyogyanya tentu saja terus menerus dan tidak berhenti di 3hr pertama. Engkaulah ya Allah Yang Maha Mengasihi tanpa sebab amalku. Saya mendorong diri saya. menodai kepercayaan akan janji-janji. dan orang-orang yang punya masalah dan hajat. ketimbang apa yg kita minta. 40 hari. dan ngidupin yang sunnah. Ga usah punya niat-niatan gitu. maka tiadalah mengapa Engkau segerakan. apapun takdir yang Engkau tetapkan untukku". Tahapan-tahapan ini hanya sebagai terminal saja. ga berasa. Akhirnya. Atau dengan halus setan mengatakan. Engkaulah ya Allah Yang Maha Menolong tanpa melihat amalku. betapa kesungguhan menjalani riyadhah.Cuma. bisa selesai satu demi satu urusan kita. Kepada-Mu ya Allah Engkau menjaga hatiku u/ tetap bisa tersenyum kepada-Mu. Dan akhirnya. apalagi di kuburku. sebagai selayaknya aku terima.Mu. Saya meyakini. Supaya kawan-kawan kita. lalu ujian datang bertubi-tubi? Jangan. yaitu ketika kejadiannya seolah-olah membenarkan kalimat tersebut. Hanya izinkan aku terus mempersembahkan ibadah terbaik untuk-Mu setelah hanya kemaksiatan yang lbh menghias catatan amalku. sepi juga dari berdoa. lanjutkan ke 7hr. Kalau kurang. tidak ketakutan. Demikian ya. saudara-saudara kita. yang kadang ia berbisik kepada kita: Tuh. Dan saya katakan dengan gagah namun tetapi tawadhu di hadapan Kuasa dan Kebesaran-Nya: "Ya Allah. ya ibadah saja. yang lagi berniat berangkat ke Allah. Riyadhah saya minta dijalankan sungguh-sungguh di 3hr pertama. Ya Allah. Doakan juga saya dan semua kawan yang sedang belajar menuju Allah. Saya sendiri menikmati situasi ini. Kamu mendekat.. malah Allah menambah bebanmu. sebagai Penjagaku. dan kemudian membuatku putus asa. kecuali Engkau melindungiku dari keletihan ibadah kepada-Mu. dan akhirnya tenggelamlah ibadah kita lantaran tak ada semangat. Sepilah kita dari motivasi. 21hr. saya bicara-bicara dengan istri. andai Engkau menganggap tidak cukup amal-amalku untuk menahan agar tidak ada dosa yang menghimpit diriku. Sebagai jalan untuk mendorong doa. maka cukuplah Engkau sebagai Pelindungku. Hanya memang yang Allah beri itu lebih ke apa yang kita butuhkan. kalau dosa kita ga gede-gede amat mah. Salam. Selamat menegakkan shalat dhuha dan amalan-amalan sunnah lainnya. bila amal2ku tidak cukup u/ melindungiku. Namun segera saya banting ke percaya sama Allah. Saya berdoa agar kita semua tidak tertipu daya setan. Tinggalkan kalimat-kalimat sesat seperti yang saudara ajukan: Mengapa ketika kita mendekat kepada Allah. sepilah kita dari spirit. namun Kuliah Tauhid di KuliahOnline sangat bagus untuk pondasi iman dan amal saleh. Namun jangan ada yang Engkau segerakan. 14hr. makanya ibadah. sebagai Penolongku. Sempurnakan terus ilmunya ya. Meski saat sms ini saya jawab Kuliah Tauhid belumlah lagi rampung. Ketimbang Engkau tunda dan baru kemudian diberikan di akhir hayatku. Tar ga murni. Dhuha Coffee (bag. Seperti dialog saya . Sebab biasanya Allah ga mungkin menyia-nyiakan. aku terima semua kesusahan ini. Penikmat DhuhaaCoffee.

di mana orang 'alim ini adalah muridnya keturunan kyai tersebut. Saya tawarkan Riyadhah 40 hari. "sudah shalat?". Maksudnya. Kini. Wisatahati mengeluarkan dua CD berkait dengan ini: CD Wasiat Terakhir Rasulullah dan CD Benahi Shalat Kita. Saya minta beliau dan istrinya disiplin seperti layaknya mematuhi dokter.dengan Ust Farouq. yang istrinya kena lupus. Hasilnya. Dia berkata. Terselenggara bukan dengan hati. Hutang buanyak buanget. Dan belom pada selesai. namun juga iman: Benahi Shalat Kita (Bag. "Barusan". dan pelajari dengan seksama. Anak muda ini diam sesaat. "Shalat zuhur itu delapan". itu tanda sebagian ikhtiar kita akan menjadi ikhtiar yang diridhai-Nya. keturunan kyai tersebut yang belajar pada murid kyai. delapan. Maksudnya mencari di atas sajadah adalah benahi sajadah kita. Beliau lalu bilang. "Jam berapa?" tanyanya. "Sudah". Ukurannya apa? Kalo shalat wajibnya udah bener. udah bener belom? Begitu kira-kira kata orang 'alim ini. sekarang pake sunnah. "Coba cari di kamar. Benahi Shalat Kita (Bag. kenapa juga ditanya shalat zuhur berapa rakaat? Rupanya orang 'alim ini tidak menunggu jawaban. "Bukan empat". totalnya. Hutang anak muda ini kelar. kini di masjid.30. berulang. Jika sebelumnya hanya senang di rumah. Amin. sebagai jalan kesembuhan. berjamaah. Salah ..2) updated : 2009-03-26 Sudah cari kemana saja? Tanya seorang 'alim kepada anak muda yang kemaren diceritakan. Ke Allah nya. dua qabliyah. Kata orang 'alim. dan sunnah-sunahnya udah hidup. carinya di atas sajadah". Jika sebelumnya tiada ada sunnahnya. Robbij'alnaa muqiimash sholaah. tanyanya lagi. dan menebak bahwa anak muda ini baru shalat jam 13 seperampat. "Jarak kamu ke Allah. Orang 'alim ini menjelaskan. Jika sebelumnya tanpa berjamaah. Anak muda yang punya latar belakang agama yang benar ini mengamini. Kalau sudah diridhai. Ga lurus. nanti hidup juga banyak beresnya. ada seorang anak muda datang mengadu pada seorang 'alim. Beresin shalatnya. Dia ditanya. adalah dengan maksud agar mencari pertolongan Allah. Dikerjakan dengan penuh kemalasan dan apa adanya. Sebab orang 'alim yang didatanginya mestilah tahu bahwa dia ini keturunan seorang ulama besar. maka insya Allah akan turun pertolongan-Nya. nanti hidup terbenahi. "Tidaklah disebut shalat wajib tertegak. Orang 'alim ini kemudian mengangguk-ngangguk sejenak. sudah kemana-mana. tanpa mengerjakan sunnah-sunahnya". jadikanlah kami dan anak keturunan kami orang-orang yang menegakkan shalat. Siklus sejarah. Dapet? Engga. Coba saja benahi shalatnya. dan dua ba'diyah. bukan saja kesembuhan. dijadikan tepat waktu. Ga lempeng. Sebab datangnya jam 13. Dia pusing bukan kepalang. wa min dzurriyyatinaa. Tidak seperti mereka yang datang kepada Allah dengan penuh harap akan pertolongan-Nya. Jika sebelumnya tidak tepat waktu. Jadi. yang selama ini boleh jadi ga bener tergelar.1) updated : 2009-03-25 Tahun 2003. "Berapa rakaat shalat zuhurnya?". Dia tahu. Anak muda ini disuruh mencari di atas sajadah. Silahkan cari di BelanjaOnline di web ini. Tapi anak muda ini heran. boleh dibilang salah satunya dengan upaya keras memperbaiki shalat. ini bukan pertanyaan. Banyak belang belentang belentongnya. sudah cari kemana saja untuk solusi persoalan hidup yang sedang dihadapi? Anak muda ini menjawab. Benahin shalat. Ya Allah. sejauh jarak kamu memenuhi shalat"..

. Saya sedang kerja. adik kita tiada hormat? Pegimana rasanya? Bagaimana seorang jendral jika . Tunggu yaaa. Allahu akbar. dan apa juga urusan kita? Kalau bisa.. itu mah bukan perentah.3) updated : 2009-03-31 Perintah Tunggu.. koq kemudian kita malah ga menghormati dan menghargai DIA. adalah rizki dari Allah. Saya sedang makan. insya Allah menjadi jalan. itu sama saja dengan kita menyuruh Allah menunggu kita. Sedang yang dimaksud dengan "perintah tunggu" adalah memberi perintah kepada Allah agar Allah menunggu kita.. Saya sedang ngejamu client. Tunggu yaaa. tapi hak-hak Allah dibelakangkan.. bahwa malu lah sama Allah. udah baca kan esai DhuhaaCoffee sebelumnya? Dengan kita tidak bergegas menyambut panggilan Allah (azan). Jangan sampe kita yang ditunggu Allah. minta rizki...4) updated : 2009-04-02 Kita-kita ini memang aneh. Sedang di pesta kawinan. Jangan sampe ditunggu Allah. Tunggu yaaa.. Kita tiada mengistimewakan Allah. Kita mencari rizki. Kalau kita jadi bos. Kadang kita-kita ini memang ga mengerti Allah. minta dikabul do'a. Udah keburu diterima pimpinan. Udah keburu diterima orang penting. Tapi do'a. Benahi Shalat Kita (Bag... Permohonan. Tunggu yaaa. Tunggu yaaa. kalimat ini menjadi populer ketika berbicara tentang ngebenahin shalat. Gitu. tunggu yaaa.. Merentah gimana coba? Banyak yang menjawab.. Allahu akbar.. Saya sedang nonton tv. Saya sedang masak. Saya sedang usaha. gimana coba rasanya? Kita jadi kakak. Udah pake pakaian adat. Yang kita cari adalah rizki yang ada di Genggaman-Nya.. Jadilah kita-kita ini punya doa pun tidak diistimewakan pengabulannya. kita tidak dihargai bawahan. Azan berkumandang.. Ga ada tuh perhatian-perhatiannya dari kita. Saya sedang di mall. Saya sedang di pasar. Kita-kita ini seringkali memberi perintah kepada Allah SWT. udah terlanjur pake make-up. udah keburu diterima orang kaya... Saya lagi di tol. Ga elok rasanya. Saya lagi di angkot. Saya sedang nerima tamu... kitalah yang menunggu Allah. dan sebagainya.. Loh koq bisabisanya kemudian kita menyuruh Allah menunggu kita? Ya. Ya. Saya sedang meeting. mencari solusi. Kita lalu "menjawab".jalan dalam mencari solusipun. Padahal. Demennya merentah Allah. Saya sedang sekolah. Saya sedang tanggung. Saya sedang ngajar. Memangnya siapa kita. Benahi Shalat Kita (Bag. udah pakai pakaian rapih. Inilah di antara wujud perintah tunggu. Yang kita cari selama sebulan bekerja. Saya sedang kuliah.

Itu kalimat di awal. Istiqamahkan Saja updated : 2009-04-14 (+) 0856972xxxxxx: . Ya terang aja ga bisa shalat tepat waktu. Ya Allah. malah membawanya jauh dari Allah. Ringankan kami shalat di awal waktu.". Ketika Allah. Bahkan bilamana perlu. kita. "Ya Allah. Maka "menjawablah" ruh kita: "Maaf ya Allah. saya di tol. Tapi ya jujur saja." Benahi Shalat Kita (Bag. begitu barangkali "ruh" kita bersuara. tolonglah kami. berontak. urusan-urusan kami. tiada menyadari hal ini.5) updated : 2009-04-06 "Maaf ya Allah. kepengennya menyambut dan deket.. Baik itu gelisah sebab masalah. dunia kami. adalah ketika Allah datang. dan masuk tol. kita bisabisanya malah jalan ke parkiran dan ngidupin mobil. Jangan salahkan Allah.. kenapa nyalain mobil. Atau tenggelam dengan sendirinya dalam kesibukan yang tak berujung. jadikan kami-kami ini bisa datang kepada-Mu. lalu kita ada di tol. Ruh kita kan sejatinya adalah sesuatu yang mau nya dekat terus sama Allah. Majikan kita punya ruh. Jangan salahkan jika kemudian ada saat di mana kita gelisah ga juntrungan. dan menjauh? Istilahnya.. jam sudah menunjukkan 11. Sebabnya satu. Harusnya segera kita sambut. Alhamdulillah. DIA datang. maka keringlah yang ada. sebagai yang ketempatan itu ruh. Tapi juga kehidupan kita sendiri. Ga lucu. jauh dari Allah. Tapi sayang. malah melalaikan kami dari-Mu. pastilah kita terluka. jika kemudian kita-kita ini lalu ditenggelamkan dalam kesibukan. kalau shalat kami tiada beres. Ya. Memanggil. Tapi malah kita terlena. Ga kenapa-kenapa. Terus-terusan begini keadaannya. kitalah yang rugi. Udah tahu Allah mau datang. Lalu kemudian keluar dari pelataran parkir perkantoran. Jangan masukkan kami ke golongan orang-orang yang lalai dari menyambut-Mu. kita "bawa lari" ruh kita dan jadilah jauh dari Allah.. kita mah ga begitu. pekerjaan utama kami adalah shalat. Ada.". Ga mungkin juga terluka sebab ga diperhatikan sama kita. sudah di atas sajadah. Di mana tidaklah beres segala urusan dunia dan akhirat kami. jadikanlah kami-kami ini orang yang senantiasa selalu menyambut-Mu datang. Sedang "si badan yang ketempatan". Jangan sampai pekerjaan-pekerjaan kami. Jika Allah. Namun. sebagai kekasihnya datang. saya di tol. atau justru gelisah ketika berlimpah. Ruh kita. sebelum Engkau memanggil melalui para muadzdzin kesayangan-Mu. jiwa kita. turun ke langit dunia. Bukan hanya ruhnya yang kering. tapi bagai tanpa nyawa. Sungguh. kita masih belajar tentang fokus Benahi Shalat Kita. lewat azan para muadzdzin. DIA mah Sang Maha.45.dipecundangi seorang letnan? Meskipun kita bilang.

beli mobil. Termasuk untuk lahiran. anak keturunan. pengen disayang Allah.. yang dikerjakan oleh karyawan-karyawannya.. Insya Allah selama melakukan apa yang saya sms. Mengasyikkan. Walau tetap saja banyak kekurangannya. ikhlas. Ok. Apa yang saya tulis ini bukan sesuatu yang sulit dikerjakan. (-) Istiqamahkan saja. Taqorrub Ilallaah updated : 2009-04-21 Yth. saya baru menikah 6 bulan yang lalu dan alhamdulillah kini saya sedang hamil 5 bulan. bicaralah baik-baik. (+) Alhamdulillah dengan baca nasehat dari ustadz hati saya jauh lebih tenang. saya doakan semoga istiqamah. Selama ini saya masih nurut-nurut saja sama suami. pekerjaan. maaf saya selang dengan dialog sms di bawah ini. Minta Allah kasih rizki yang besar sekali. Maaf. Ini saya sebut dengan Perjalanan Taqorrub Ilallaah / Proses Mendekatkan Diri Ke Allah. Adukan ke Allah. pengen kaya.Assalamu’alaikum. kehormatan dan kemuliaannya. tapi mertua dikampung menganggap bahwa kita dijakarta hidup enak. Inti dari semua sms ini adalah bagaimana mengejar Allah dan fokus ke pertolongan Allah. penuhi saja orang tua. Sebab banyak banget pertanyaan kayak begini. Jika tidak bisa. Saran saya. Saya pribadi melakukannya. untuk keluarga yang dikerjakan oleh anggota keluarga yang lain. ini saya masukkan tidak di kolom tanya jawab via sms. Allah akan jamin makan minum hariannya. keselamatan. hingga akhirnya final dan hadiah-hadiah setiap perjalanan yang dilalui. jadi sering kali mertua telpon minta kiriman uang yang ga sedikit. Bungkus semua ini dengan ridha. insyaAllah saya akan lebih istiqomah shalat dhuha dan baca waqi'ah. bahwa situ berdua malah mau nambahin lebih besar lagi. dan bisa pribadi sifatnya. pengen dicintai Allah. jodoh. Alhmdulillah suami bulan kemaren sudah diangkat sebagai pegawai tetap disebuah PT di jakarta. dan lain sebagainya. Tolong dibalas ya! (-) Dibawa shalat aja. bisa dikerjakan untuk orang lain fadhilahnya. pengen senang. penyakit. saya tetap saja merasa masih kurang maksimal dalam pengerjaannya. meskipun kita susah tapi apakah saya berdosa jika sedikit mengurangi permintaan mertua demi biaya lahiran dan anak nanti. Selamat memasuki gerbang amaliyah dan ibadah. karir. beli rumah. Sungguh pun ini soal hutang. mohon kasih amalan yang laen ustadz. mohon dengan amat sangat nasehatnya ustadz. yakin. dll. Maaf sebelumnya saya mohon nasehat ustadz. ongkos harian. Tapi di kolom dhuha. Bilang sama Allah. ustad. .. Subhaanallaah. dll. penikmat DhuhaaCoffee. Gaji suami masih pas-pasan buat makan sama ngontrak di jakarta. untuk perusahaan. Hampir dalam kurun waktu 7th yang boleh dibilang berturut-turut. tapi bisa digunakan untuk semua keperluan. pasrah. dan penuh spirit dalam pengerjaannya.

Rapihin shalat berjamaah. waaqi'ah. yang semuanya dilakukan di malam hari. Sedekah sisa uang dan barang. 100hr. maaf ustad kalau saya mengganggu. cerai. dan sebagainya. Saat ini saya sedang terlilit hutang yang cukup besar dan saya bingung cara melunasinya. rasa malu diketahui tetangga. judi. al mulk. sekurang-kurangnya 111x ba'da dhuha. Insya Allah kekejar semua hutang. Dhuha saban hari. Terima resiko terburuk dengan lapang dada. mentokin sampe 12 rakaat/6x salam/2-2 rakaat. kikir. Kejar dengan shalat taubat dari dosa-dosa: syirik. hajat. 7. 5. istighfar. istri. mutusin silaturahim. tapi bagi saya ini sangat besar dan saya tidak tau harus bagaimana? Saya kasihan dengan istri dan anak-anak. Jazakalloh khoiron katsiro. zina. 2. dipenjara. Terjemahkan kepasrahan yang dimaksud seluas-luasnya. Mohon bantuannya. 8. terima itu semua dengan segala resiko. minum-minuman/obat-obatan. Saya sudah keluarga dengan 2 anak.30 s/d akhiri dengan shubuh berjamaah di masjid. Variasikan dengan baca al Qur'an. kemungkinan hilang aset. 14hr. Kejar dengan shalat malam dari jam 02. makan rizki haram. Baca 3 surah ini masing-masing 1x/hari: yaasin. Rapihin semua ini dalam 3hr. Baca asmaa-ul husnaa yaa fattaahu yaarozzaaqu. doraka sama orang tua. dan jaga wudhu nya. dan anak-anak. 9. karena ibarat lebih besar pasak daripada tiang. ninggalin shalat (termasuk ga beres shalat wajib/sering telat dan meninggalkan shalat sunnah muakkadah). Saya minta bantuan dan do'a nya agar saya keluar dari masalah besar yang sedang saya hadapi. Bangun kepasrahan di awal.(+) 0815840xxxxxxx: Ass. 21hr. siap dengan resiko terburuk. mertua. . kemungkinan menghilangkan aset orang lain yg kita jaminkan barangkali. qabliyah ba'diyah. shalat-shalat tasbih. dihina. 10. 4. Minta maaf sama orang tua. 3. ghibah. karena belum bisa membahagiakan mereka. 7hr. 40hr. 6. Mungkin bagi ustad ini masalah biasa. (hamba Alloh) (-) Ikuti tahapan-tahapan ini: 1.

sepatunya sampai copot. Banyakin husnudzdzan. saya mau tanya mengenai shalat dhuha kalau mau 4 rakaat itu dilangsungin 4 apa 2 2 ya?. Jangan lupa pula berdoa di setiap awal dan akhir setiap poin di atas.Jangan ada keluhan. aku ikhlasin aja ustadz." Rakaat Dhuha updated : 2009-05-11 (T) 081288xxxxxxx: Ustadz.. Saya lagi ada sedikit musibah kecil. khususnya yang terkait dengan Riyadhah 40hr. tapi juga bakal melesat dah jadi kaya. taat.wisatahati. dan penuh hikmah hidupnya sebab pernah pahit. motornya yang nabrak jungkir balik. tawadhu'. kayaknya si kesakitan. pas dia lihat lecet dia bilang ya sudah bu ga apa-apa. sholat taubat. Insya Allah semua akan baik-baik saja. Lakukan sepenuh hati. saya minta mengamati sms berikut ini: Apa yang menjadi pandangan kawan-kawan? Saya sengaja jawab tidak panjang. Kenapa ya Ustadz. Aku bingung. Saya bagi-bagi tuh baca al Waaqi'ah di sepanjag dhuha saya tersebut. tapi memang si ajaib aja cuma lecet dikit. Ikuti tuh dengan seksama. MAKA SHARE SMS INI. Kalo saya. lah wong saya lagi diem dan sudah pake sen. dia kan marah-marah. dengan memberikan pandangan-pandangan. Husnudzdzan updated : 2009-05-08 Yth. Insya Allah bukan hanya bakal selesai. Silahkan berpartisipasi ya. kesian. 2 salam. " . Terus yang paling diutamakan banyak bacain apa. insya Allah subuh gak telat. dari yang mestinya tronton/truk. jelajah isi website www.. jangan ada pertanyaan lagi. pas seudah Fatihah (Shalat Dhuha)? (J) baiknya 2-2 saja. baca alqur'an. gak tau nih kayaknya belakangan ini aku lagi berusaha semakin memperbaiki ibadah ku. (-) Bencana itu ditukar dengan nyawa. tapi gak tau ni jadi rada agak sulit dan tiba-tiba tadi pagi tiba-tiba mobil ku lagi berhenti di tabrak motor kenceng banget. Jangan ada bolongnya. Suruh anak-anak dan istri siap-siap untuk semua perkara yang terburuk sambil memasrahkan semuanya kepada Allah. ya saya marah dikit. Kenapa ya padahal malam aku tahajjud. Kalau berkenan. 8 atau 12. wawasan-wawasan. Jalanin aja. SHARE ILMU INI. atau mobil kecepatan tinggi. bagus. dah niat mau langsung dhuha tapi malah dapat bencana. tambah enak tuh.. Baca surah-surah yang kaitannya dengan dhuha. yang insya Allah sangat berguna: (+) 0813988xxxxx: Aww. Allah tukar dengan motor. kawan-kawan DhuhaaCoffee. Umpama kata nanti sampe di penjara. JIKA DIRASA KURANG POWERFULL. Allah tukar yang nabrak. sukses. SUPAYA DAPAT PAHALA MULTILEVEL AMAL. insya Allah sedekah juga insya Allah aku perhatikan. Bisa konsentrasi melakukannya. ilmu-ilmu.com. KEPADA YANG LAIN. ustadz.

)رواه الترمذي والمام‬ ِ ِ َ َ َ (‫أحمد‬ Artinya: Ma'qil bin Yassar meriwayatkan dari Nabi saw bahwasanya beliau bersabda: "Siapa saja yang membaca pada pagi hari a'uudzubillaahis samii'il 'aliim minasy syaithaanirrajiim sebanyak 3X kemudian membaca 3 ayat terakhir dari surah al-Hasyr niscaya Allah akan kirimkan 70.Keutamaan membaca ismullaahil a’zham ّ َ ّ ‫عن معقل ب ْن ي َسار عن الن ّب ِي صلى الله‬ ُ ِ ِ ْ َ ْ َ ِ َ ٍ ّ ِ َ َ َ َ َ ِ َ ‫عل َي ْه وسل ّم قال : من قال حي ْن ي ُصب ِح ث َل َث‬ َ ُ ْ َ ِ َ َ ْ َ ‫مرات : أ َعوذُ بالله السمي ْع العل ِي ْم ِ من‬ ِ ٍ ّ َ َ ْ ِ ِ ّ َ ِ ِ ْ ُ ّ ‫الشي ْطان الرجي ْم ِ ، ث ُم قرأ َ ث َل َث آيا َت من آخر‬ َ ِ ّ َ َ ّ ِ َ ِ ِ ْ ِ ٍَ َ َ ِ ْ َ ‫سورة ال ْحشر، وك ّل الله ب ِه سب ْعي ْن أل ْف مل َك‬ ِ َ ْ ُ ٍ َ َ َ ِ َ ِ ُ َ ‫ي ُصل ّون عل َي ْه حتى ي ُمسي ، وإ ِن مات في ذَل ِك‬ ِ َ َ ْ َ ّ َ ِ َ َ ْ َ ِ ْ ‫ال ْي َوم ِ مات شهي ْدا ، ومن قال َها حي ْن ي ُمسي‬ ِ ْ َ ِ َ َ ْ َ َ ً ِ َ َ َ ْ َ ‫كان ب ِت ِل ْك ال ْمن ْزل َة .000 malaikat yang akan selalu mendo'akan si pembaca .

Yang Mengaruniakan Keamanan. Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang Mengadakan. (HR. Yang Maha Suci.ardhi wahuwal ‘aziizul hakiim Artinya: Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk. Huwallaahul khaaliqul baari ul mushawwiru lahul asmaa ul husna yusabbihu lahu maafis samawaati wal . Yang Maha Perkasa. Yang Maha Memelihara. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia. Seandainya ia meninggal dunia pada hari itu maka ia meninggal dalam keadaan syahid. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Yang Maha Sejahtera. Yang Maha Kuasa.hingga sore hari. Raja. Yang Memiliki segala Keagungan. Huwallaahul ladzii laa ilaaha illaa huwal malikul qudduusus salaamul mu`minul muhaiminul ‘aziizul jabbaarul mutakabbiru subhaanallaahi ‘ammaa yusyrikuun. Yang . Tirmidzi dan Imam Ahmad) Bacaannya adalah sebagai berikut: ّ ‫أ َعوذُ بالله السمي ْع ال ْعل ِي ْم ِ من الشي ْطان‬ ِ َ َ ِ ِ ْ ُ ِ َ ِ ِ ّ ِ ّ ُ ّ ُ َ َ ُ ّ َ َ َ ِ ّ َ ُ ِ ‫ الرجي ْم‬X3 ۞ ‫هو الله الذي ل إ ِله إ ِل هو عال ِم‬ ‫ال ْغي ْب والشهادَة هو الرحمن الرحيم ۞ هو الل ّه‬ َ ّ ُ َ ْ ّ ُ ُ ِ ّ َ ُ َ ُ ِ َ ِ َ َ ُ َ ‫ال ّذي ل إ ِل َه إ ِل هو ال ْمل ِك ال ْقدوس السلم‬ ِ ّ ُ ُ َ ّ ُ َ ُ ّ َ ‫ال ْمؤمن ال ْمهي ْمن ال ْعزيز ال ْجبار ال ْمت َك َب ّر‬ ُ ِ َ ُ ِ َ ُ ُ ِ ْ ُ ُ ُ ُ ّ َ ‫سب ْحان الل ّه عما ي ُشركون ۞ هو الل ّه ال ْخال ِق‬ َ َ ُ ِ ْ َ َ ُ ُ ُ ّ َ ِ َ ُ ُ ِ َ ‫ال ْبارئ ال ْمصور ل َه ال َسماءُ ال ْحسنى ي ُسب ّح ل َه‬ َ ْ ُ ُ ُ َ َ ْ ْ ُ ُ ّ َ ُ ‫ما في السماوات وال َرض وهو ال ْعزيز ال ْحكيم‬ ِ َ ُ ِ َ ُ ِ َ َ ُ َ ِ ْ ْ َ ِ َ َ ّ ۞ A’uudzu billaahis samii’il ‘aliim minasysyaithaanir rajiim 3X. Demikian pula bagi orang yang membacanya pada sore hari". Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Huwallaahul ladzii laa ilaaha illaa huwa ‘aalimul ghaibi wasysyahaadati huwarrahmaanur rahiim. Dialah Allah Yang Menciptakan.

Membentuk Rupa. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki.langit dan bumi. Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana Katakanlah: `Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Bertasbih kepadaNya apa yang di . Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. . Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful