P. 1
Sejarah

Sejarah

|Views: 65|Likes:
Published by Meidio Talo Prista

More info:

Published by: Meidio Talo Prista on Aug 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2012

pdf

text

original

Sejarah Arab : syajarotun yg artinya pohon, keturunan, silsilah atau riwayat.

Sama artinya dg pohon yg berkembang dari tingkat yg sangat sederhana,,,, ke tingkat yg lebih maju atau modern .. Inggris : history yg artinya masa lalu. Sejarah adalah ilmu pngetahuan yg mempelajari tentang masa lalu/peristiwa atau kejadian yg telah terjadi pada masa lampau dari manusia pertama kali muncul,,, hingga sekarang. Jerman : yaitu Geschichte berarti sesuatu yang telah terjadi.

(1) Menurut "Bapak Sejarah" Herodotus, Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban. 5. Taufik Abdullah : Menurutnya sejarah adalah kejadian masa lampau dan cerita tentang kejadian itu. 6. Sartono Kartodirdjo : Gambaran perkembangan dan kehidupan kebudayaan manusia.

Sejarah sbg peristiwa : sejarah objektif .. Merupakan suatu proses dari perkembangan kejadian2 sepanjang masa yg telah lampau. Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, aktualitas yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada masa lalu. Contoh : peristiwa proklamasi kemerdekaan, peristiwa kudatuli, peristiwa pemberontakan G30S/PKI dll . Sejarah sbg kisah : sejarah sbg subjek .. Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau kisah wali songo kisah si pitung . Dll Sejarah sbg ilmu : Sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di dalam masyarakat manusia pada masa lalu yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode yang didasarkan atas asas-asas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah. Contoh : pelajaran sejarah di sekolah2 a). Obyek yang definitif b). Adanya formulasi kebenaran yang dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya c). Metode yang efisien d). Menggunakan sistem penyusunan tertentu

Sejarah sbg seni : Sejarah sebagai seni merupakan cara bagaimana membuat pembaca sejarah tertarik atas informasi kejadian masa lalu yang disajikan karena unsur keindahan yang disertakan di dalam menyajikan informasi sejarah di masa lalu sehingga akan mencapai sasaran penyampaian informasi sejarah. Sejarah berperan sebagai seni sangat terkait sekali dengan cara penulisan sejarah itu sendiri. Contoh : kisah2 para pahlawan yg dikemas dlm buku cerita sastra ..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->