P. 1
Ips ekonomi

Ips ekonomi

|Views: 1,204|Likes:
Published by Pandan Pandun

More info:

Published by: Pandan Pandun on Aug 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2012

pdf

text

original

Nama:Dhiannya Pandan Arum Kelas : VII.A A.

Manusia sebagai makhluk sosial
1. uraikan kembali ciri-ciri makhluk hidup sosial yang anda ketahui dengan mengisi tabel berikut. Ciri-ciri Hidup berdampingan dengan orang lain Selalu membutuhkan orang lain Uraian Keinginan untuk dapat membantu meringankan beban orang lain. Selalu membutuhkan teman untuk berbicara dan tidak dapat melakukan segalanya sendiri. Saling tolong menolong antara satu sama lain.

Tidak bisa hidup sendiri

2. menurut pendapat kalian apa perbedaan manusia sebagai makhluk ekonomi dengan makhluk egois? Jelaskan y Makhluk ekonomi adalah makhluk yang saling berinteraksi dengan orang lain,baik secara individu maupun secara kelompok. y Makhluk egois adalah makhluk yang hanya mementingkan dirinya sendiri. 3.bagaimana pendapat kalian tentang kondisi kehidupan bila manusia homo,homini,socius? y manusia menjadi kawan bagi manusia lainnya. 4.bagaimana pula kondisi jika manusia menjadi homo,homini,lupus y manusia menjadi serigala bagi manusia lainnya (maksudnya manusia merugikan /membuat kelicikan/ kejahatan terhadap manusia lainnya) 5.jelaskan dan berikan contoh makna manusia sebagai makhluk sosial!

y Manusia sejak lahir sampai mati selalu hidup dalam masyarakat, tidak mungkin manusia di luar masyarakat. Aristoteles mengatakan: bahwa makhluk hidup yang tidak hidup dalam masyarakat ialah sebagai seorang malaikat atau seorang hewan. 6.apa makna kata bersifat rasional dan tidak pernah puas pada ciri-ciri manusia sebagai homo economius? y Selalu memperhitungkan sebab (untung-rugi) dalam mengambil suatu keputusan dalam rangka memenuhi kebutuhannya sehingga tidak merugikan diri sendiri. 7.Tuliskan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral 1. Cenderung melakukan tindakan ekonomi atas dasar kepentingan sendiri 2 .Cenderung melakukan tindakan ekonomi secara efisien. (selalu memikirkan perbandingan antara apa yang dikorbankan/ dikeluarkan dengan apa yang akan dicapai / hasilnya) 8.menurut kalian,mengapa manusia sebagai makhluk hidup sosial dan ekonomi harus bermoral? y untuk menghadapi persaingan dengan bangsa lain, manusia bermoral khas Indonesia harus mampu melawan pengaruh-pengaruh negatif yang terus menghadang di masa-masa mendatang. 9.uraikan bentuk-bentuk hubungan harmonis antara manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral y tidak melakukan kecurangan dalam transaksi jual belinya. Seperti mengurangi timbangan atau transaksi dengan menggunakan sebagian uang palsu dan berbagai bentuk kecurangan lainya. Bila terjadi kecurangan kecurangan tentunya hubungan antar manusia tidak akan harmonis. 10.jelaskan pengertian ilmu ekonomi,oikos,nomos,ekonom?

y Ekonomi berasal dari bahasa yunani Oikonomia yang berarti rumah tangga.oikos artinya rumah,nomos artinya aturan.jadi secara etimologi ekonomi berarti aturan rumah tangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->