MAKALAH

MUNAKAHAT
Diajukan untuk memenuhi tugas remedial Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Disusun oleh : 1)NUR AFRIATUN 2)NURHAENI 3)PRIYANDI 4)RATNA KELAS XII IPA 1

Jl. Soekarno-Hatta No. 110 Losari Cirebon

SMA NEGERI 1 LOSARI

oleh karena itu kita mengharapkan saran dan kritiknya guna penyempurnaan makalah selanjutnya. serta kepada teman . Adapun isi makalah tersebut meliputi ketentuan hukum islam tentang pernikahan. Tidak lupa kita ucapkan terimakasih kepada guru mata pelajaran yang telah memberikan tugas dan membimbing kita dalam pembuatan dalam pembuatan makalah tersebut. yang telah memberikan rahmat dan petunjuknya sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah pendidikan agama islam tentang MUNAKAHAT. karena hal tersebut merupakan suatu ibadah yang hubunganya sang pencipta. April 2010 Tim penyusun . hikmah pernikahan dan kompilasi hukum tentang hukum pernikahan yang memang perlu di perhatikan baik syarat rukun ataupun lainnya. sehingga kita sebagai mahluk harus berusaha menyempur nakannya.Tahun Pelajaran 2009/2010 KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa.teman sekalian yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Kita menyadari bahwa dalam makalah ini tidaklah sempurna. Losari. Dan kami harap makalah ini dapat bermanfaat baik sekarang ataupun di kemudian hari.

2 B.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………………………….. i DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. KETENTUAN HUKUM SIALM TENTANG PERNIKAHAN …. ii BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………… 1 BAB II MUNAKAHAT A.. 8 BAB III KESIMPULAN ………………………………………………………. 10 . HIKMAH PERNIKAHAN ……………………………………….. 9 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………….

. Mereka ditugaskan oleh Allah SWT di bumi menjadi manusia pertama yang kemudian mempunyai keturunan yang bertambah banyak dan berlipat-lipat jumlahnya seperti sekarang ini.BAB I PENDAHULUAN Allah SWT menciptakan manusia telah berpasang . Pernikahan atau munakahat dalam islam memiliki syarat serta hukum tertentu karena pernikahan adalah sesuatu yang sakral dalam hidup kita dan seharusnya hanya sekali di lakukan dalam hidup.baiknya. sehingga kita perlu memperhatikan dengan sebaik . seperti halnya manusia yang pertama di turunkan pertama di bumi yaitu nabi Adam dan Siti Hawa mereka di turunkan dari surga ke bumi karena kesalahannya sendiri yang telah memakan buah Quldi.pasangan. janganlah kita hanya menjadi sebuah pernikahan tanpa kita mengetahui ketentuan-ketentuannya. apalagi kita sebagai kaum muslim. Untuk selanjutnya ikuti pembahasan yang lebih lanjut dalam makalah ini. hendaknya kita mendambakan sebuah keluarga yang sakinah mawadah warahmah melalui sebuah pernikahan oleh karena itu langsungkanlah sebuah pernikahan dengan syarat dan syariat yang telah ditentukan oleh hukum negara maupun agama. karena mereka telah melalui jalur perkawinan/pernikahan karena perintah Allah SWT. Dan jadilah keluarga yang bahagia baik di dunia dan di akhirat.

Rasulullah bersabda. Meskipun demikian. Penjelasanya sebagai berikut: 1) Sunah Bagi orang yang ingin menikah.Bukhari dan Muslim) 2.R. berpuasa . Dalam hal ini disebutkan dalam hadist Rasullulah SAW yang artinya. "Dari Anas bin Malik r. "(H. Nikah termasuk perbuatan yang telah di contohkan oleh nabi Muhammad SAW. maka dia bukanlah dari golongan ku.barang siapa yang tidak suka perbuatanku. Atau sunah rasul. Hukum Nikah Menurut sebagian ulama hukum nikah pada dasarnya mubah. jika diantara kamu sudah memiliki kemampuan untuk menikah .dan barang siapa tidak mampu menikah. bahwasanya Nabi SAW memuji Allah SWT dan menyanjung nya. di tinjau dari segi kondisi orang yang akan melakukan pernikahan. yang di ridhoi oleh Allah SWT. atau haram.BAB II PEMBAHASAN KETENTUN HUKUM ISLAM TENTANG PERNIKAHAN 1. tidur. hendaklah ia menikah. hendaklah ia . "Wahai para pemuda. dan mampu pula mengendalikan diri dari perzinahan walaupun tidak segara menikah maka hukum nikah adalah sunah.. nikah itu berarti melakukan suatu akad atau perjanjian untuk mengikatkan diri antara seorang laki-laki dan seorang perempuan demi terwujudnya keluarga (rumah tangga) bahagia. mampu menikah.a. karena pernikahan itu dapat menjaga pandangan mata dan lebih memelihara kelamin (kehormatan).makan .dan menikahi wanita . hukum nikah dapat berubah menjadi sunah. makruh. Sedangkan menurut istilah yaitu syari'at. Menurut bahasa nikah berarti berkumpul atau bersatu. wajib. Akan tetapi aku salat. beliau bersabda. Pengertian Munakahat berarti pernikahan atau perkawinan.

. Tujuan Pernikahan  Untuk memperoleh rasa cinta dan kasih sayang Allah SWT berfirman dalam surat Ar Rum ayat 21:                        Artinya : Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri. 3. sebab puasa itu jadi penjaga baginya. supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. 4) Haram Bagi orang yang bermaksud menyakiti wanita yang akan ia nikahi. mampu menikah. dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.berpuasa. dan ia khawatir berbuat zina jika tidak segera menikah. "(H. maka hukum nikah adalah wajib . 3) Makruh Bagi orang yang ingin menikah. maka hukum nikah adalah makruh. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. tetapi belum mampu memberi nafkah terhadap istri dan anak-anaknya.RBukhari dan Muslim) 2) Wajib Bagi orang yang ingin menikah. hukum nikah adalah haram.

karena hartanya. (HR. calon istri.niscaya kamu akan bahagia". keturunannya. kecantikannya dan karena agamanya. maka hendaklah memenuhi rukun dan syarat . maka pilih lah berdasarkan agamanya . Nabi bersabda yang artinya: "Dinikah wanita itu karena empat perkara. atau lelaki yang muhrim. yaitu bapak dari calon istri. Rukun dan Syarat Nikah Rukun Nikah Untuk sahnya pemikahan dan dapat berlangsung dengan baik. damai dan sejahtera lahir batin bukan hanya untuk mengesahkan hubungan laki-laki dan perempuan saja. mawadah dan warohmah yaitu tentram.syaratnya. wali. dan ijab qabul yang berarti ijab adalah ucapan penyerahan dari wali sedangkan qabul berarti ucapan penerimaan atau jawaban calon suami. atau yang di tunjuk serta memenuhi syarat sebagai berikut : • • • • Laki-laki dewasa Beragama islam Saleh Adil dan bijak . dua orang saksi. yaitu adanya calon suami. Tujuan pernikahan adalah untuk menciptakan keluarga sakinah. Syarat Nikah 1) Syarat Calon suami dan calon istri • Beragama islam • Bukan muhrim • Tidak terpaksa atau dipaksa • Baligh • Tidak sedang ibadah haji dan umrah 2) Syarat Wali Wali adalah orang yang menikahkan.Bukhari dan Muslim) 4.

Saudara laki-laki bapak seibu sebapak h. Saudara laki-laki sebapak e. Saudara laki-laki seibu dan sebapak d. Anak laki-laki dari saudara laki-laki sebapak g. Wali nasab. Kakek dari bapak kandung c. Saudara laki-laki bapak sebapak i. adalah yang berdasarkan pertalian darah atau turunan. seperti di sebutkan di bawah ini : a. karena wali nasab tidak ada atau berhalangan hadir. atau karena wewenang yang di berikan oleh nasab. 3) Syarat Dua Orang saksi • Beragama islam • Laki-laki dewasa • Saleh adil dan bijak • Baligh dan mukalaf • Berakal sehat • Merdeka . Anak laki-laki dari saudara bapak seibu sebapak j. Bapak kandung b. yaitu wali nasab dan wali hakim.• • Baligh dan mukalaf Tidak sedang ibadah haji dan umrah Dalam pernikahan wali itu ada dua macam. menurut urutan terdekat dari calon istri. Anak laki-laki dari saudara bapak yang sebapak Wali hakim adalah wali yang di angkat atau ditunjuk oleh calon pengantin atau atas persetujuan bersama. Anak laki-laki dari saudara laki-laki seibu sebapak f.

sandang..Syarat Ijab Kabul Ijab di ucapkan oleh wali yang berisi persyaratan menikahan.ialah orang-orang yang haram dinikahi yang perinciannya di jelaskan dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 23. Rasulullah bersabda yang artinya: "Perbuatan yang halal.... Perceraian Perceraian berarti memutuskan ikatan perkawinan antara suami dan istri. 7) Anak perempuan dari saudara perempuan dan seterusnya 6.... dengan maskawin... pangan. sebapak atau seibu saja 4) Saudara perempuan dari bapak(bibi atau uak) 5) Saudara perempuan dari ibu(bibi atau uak) 6) Anak perempuan dari saudara laki-laki dan seterusnya.. dengan putri bapak yang bernama.. yaitu : 1) Ibu dan nenek dari ibu dan dari bapak dan seterusnya ke atas 2) Anak.... .... Kewajiban seorang Suami dan kewajiban seorang Istri Kewajiban Suami • Memberi nafkah.. Qabul ialah ucapan dari calon suami yang berisi pengakuan atau penerimaan nikah misalnya :"Saya terima nikah dengan putri bapak yang bernama. tetapi paling di benci Allah SWT " 7. terutama apabila suami istri yang bercerai itu sudah mempunyai anak... dengan maskawin (mahar)... Muhrim ini ada tujuh. Pada dasarnya perceraian merupakan perbuatan yang tidak terpuji karena dapat menimbulkan akibat-akibat yang negatif..... Salah satu penyebab perceraian adalah perselisihan /pertengkaran suami istri yang sudah tidak dapat didamaikan lagi. cucu dan seterusnya ke bawah 3) Saudara perempuan seibu sebapak. dan tempat tinggal kepada istri dan anaknya...... berbentuk.. Muhrim Mahram atau muhrim . ! 5.. misalnya : "Bapak nikahkan ananda.

Talak yang di maksud adalah melepaskan atau memutuskan ikatan pernikahan dengan menggunakan lafal talak atau perkataan lain yang maknanya senada dengan maksud talak. tetapi paling di benci Allah ialah talak "(HR-Abu Darda dan Ibnu Majah) Rujuk adalah mengembalikan statushukumpernikahan secara penuh setelah terjadi talakyang di lakukan oleh mantan suami terhadap mantan istrinya yang masih dalam masa iddahnya dengan cara-cara tertentu.• Memimpin serta membimbing istri dan anak-anak agar menjadi orang yang berguna bagi ndiri sendiri. dan mendidik anak agar menjadi anak yang saleh. 8. masyarakat serta bangsa dan negara. • Hormat dan sopan terhadap suami dan keluarganya • Memelihara. agama. • Memelihara diri serta kehormatan dan harta benda suami. serta mencukupkan nafkah yang di berikan suami. Hukum asal talak adalah makruh (sesuatu yang di benci atau tidak di senangi)."Perbuatan yang halal. Kewajiban Istri • Taat kepada sumi dalam batas-batas yang sesuai dengan ajaran islam. baik di hadapan/di belakang • Membantu suami dalam memimpin kesejahteraan dan keselamatan keluarga. keluarga. Talak menurut bahasa Arab artinya melepaskan ikatan.Rasulullah SAW bersabda yang artinya. • Bergaul dengan istri dan anak-anak dengan baik • Memelihara istri dan anak-anak dari bencana • Membantu istri dalam tugas sehari-hari terutama dalam mengasuh dan mendidik anak-anak agar menjadi anak yang saleh. mengasuh. • Menerima dan menghormati pemberian suami walaupun sedikit. Talak dan Rujuk Talak dan rujuk dalam hukum islam juga memiliki aturan khusus. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 228: .

khusus bagi laki-laki yang beristri lebih dari satu jika salah seorang ditalak sebelum gilirannya disempurnakannya. cinta kasih. • Makruli. apabila diketahui bahwa rujuk lebih bermanfaat dibanding meneruskan perceraian. • Sebagai wadah pembinan tanggung jawab dalam keluarga. suami dari perempuan yang ditalak berhak kembali kepada mantan istrinya pada masa iddah apabila suami tersebut bermaksud memperbaiki ikatan pernikahanya dengan baik clan membawa kemaslahatan bagi semua pihak. kemudian berlaku hukum haram. Hukum rujuk pada dasarnya adalah jaiz (boleh). B. HIKMAH PERNIKAHAN 1. apabila diketahui bahwa meneruskan perceraian lebih bermanfaat bagi keduanya di banding jika keduanya rujuk • Sunah. Hikmah Pernikahan bagi masyarakat • Dengan adanya pernikahan berarti menyelamatkan masyarakat dari kemungkinan maraknya perzinaan. Hikmah Pernikahan bagi yang Menjalaninya • Menyelamatkan diri dari penyalahgunan nafsu seksual • Sebagai wadah bagi ketentraman jiwa. khususnya dengan istri dan anak-anaknya.          Artinya :"Dan suami-suaminya berhak merujuk dalammasa iddah (menanti)itu." (QS Al Baqarah:228) Rujuk hanya boleh di lakukan dalam masa iddah talak raj'i (talak satu atau dua) dan tidak diperlukan akad nikah baru karena akad lama sebenarnya belum seutuhnya terputus . . 2. dan sayang. jika mereka(para suami)itu menghendaki islah(perdamaian). • Wajib. sunah. apabila dengan rujuk si istri dirugikan seperti si istri lebih menderita dibanding sebelum rujuk. dan wajib menurut keadaan sebagai berikut: • Haram.

tanpa harus memikirkan orang lain. dan tanpa memikirkan kehidupan keluarganya. Maka dari itu kita yang masih jauh perjalanan hidupnya untuk bisa menghadapi peristiwa tersebut kita harus memahami serta mempersiapkan untuk hal itu dari sekarang. tanpa beban tanggung jawab. tetapi setelah menikah seorang laki-laki tersebut harus menjalankan syariat dan syarat pernikahan dalam agama islam dan mau tidak mau harus menjalankannya. syiar islam akan semakin berkembang. seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW. Dengan adanya pernikahan. kaum perempuan memperoleh kewajaran dalam derajatnya di masyarakat. Menyemarakan pernikahan memang dianjurkan oleh syariat.Bukhari dan Muslim). "(HR.• • Dengan adanya pernikahan. karena dimana seorang laki-laki sebelum menikah yang biasa hidup sendiri. BAB III KESIMPULAN Munakahat atau menikah merupakan suatu peristiwa yang akan di lalu manusia dengan penuh persiapan dan pemikiran yang benar-benar. Kepada Abdurrahman yang artinya. "Adakanlah walimah (kenduri) walaupun hanya dengan memotong seekor kambing. .