BAB I TEKNOLOGI INFORMASI

A. Definisi Teknologi Informasi Teknologi informasi (information technology) biasa disebut TI, IT, atau infotech. Teknologi informasi lahir sekitar 1947, yang ditandai dengan ditemukannya komputer sebagai komponen utama dimana mulai populer di akhir dekade 70-an. Teknologi Informasi yang diartikan secara harfiah Teknologi (Bahasa Indonesia) dan Technology (Bahasa Inggris), berasal dari bahasa yunani ”Techne” yang berarti adalah seni. Teknologi merupakan pembuatan benda-benda yang dapat diamati secara inderawi untuk melayani kebutuhan atau gagasan manusia. Sedangkan Informasi (Bahasa Indonesia) dan Information (Bahasa Inggris) berasal dari ”To-Inform” yang berarti adalah memberitahu. Berikut ini adalah berbagai pendapat mengenai teknologi informasi: • Kamus Oxford (1995) : Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar. • Martin (1999): Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Lucas (2000) :

1

Teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (spreadsheet), dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi. • Williams dan Sawyer (2003): Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Penjelasaan teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah

sebagai berikut :

Teknologi Komputer : Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah Data menjadi informasi.  Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.  Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

2

berhubungan dengan komunikasi Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon. telekomunikasi yang atau teknologi komunikasi jarak adalah jauh. Lingkup Teknologi Informasi Secara garis besar. teknologi informasi dikelompokkan menjadi 2 bagian: perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Perangkat keras menyangkut pada peralatan-peralatan yang bersifat fisik. yaitu: • Teknologi masukan (input technology) : Teknologi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. 3 . seperti memori.Gambar 1 : Komputer dikendalikan oleh program untuk memproses data menjadi informasi. dkk (2000) membagi teknologi informasi menjadi 6 kelompok. Haag. printer dan keyboard. dan Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. • Teknologi Komunikasi: Teknologi teknologi televisi. radio. Adapun perangkat lunak terkait dengan instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi-instruksi tersebut. A.

atau prosesor. antara lain adalah Pentium dan PowerPC. CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut.Peranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse. program. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. yaitu Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengingat sementara bagi data. • Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. • Mesin pemroses (processing machine) : Mesin pemroses lebih dikenal dengan istilah CPU (Central Processing Unit). Sesuai dengan namanya. sedangkan RAM (Random Access Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui. ROM (Read-Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca. • Teknologi penyimpan (storage technology) dibedakan menjadi dua kelompok. maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Pengertian permanen di sini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Penyimpan eksternal (eksternal storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpan sekunder. CPU mikroprosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini. Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpan eksternal. Penyimpan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang biasa digunakan sebagai peranti keluaran. Teknologi perangkat lunak (software technology) atau dikenal dengan sebutan program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer 4 .

Sebagai contoh.sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Data atau bahan keterangan adalah hal. Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi • Teknologi Perangkat Lunak (Software technology) Adalah teknologi yang merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Tentu saja untuk mengerjakan tugas yang berbeda diperlukan pula perangkat lunak tersendiri. Pengertian data Menurut The Lian Gie. 5 . Data ibarat bahan mentah yang melalu pengolahan tertentu lalu menjadi keterangan (informasi). BAB II PENDISTRUBUSIAN DATA A. peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yang mengandung sesuatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar. Microsoft Word merupakan contoh perangkat lunak pengolah kata. yaitu perangkat lunak yang berguna untuk membuat dokumen. Dapat dikatakan bahwa data adalah bahan baku yang merupakan sumber informasi dan merupakan bahan informasi. pembuatan kesimpulan atau pembuatan keputusan . • Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology) merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh.

Data Ekstern Yaitu data yang diperoleh dari sumber sumber diluar organisasi itu. Klasifikasi data menurut sifatnya : 1. Data hitung Yaitu perhitungan atau jumlah tertentu. Yang termasuk data hitung ialah prosentase dari suatu jumlah tertentu. klasifikasi data berdasarkan sumbernya dibagi menjadi 2 yaitu : 1. Klasifikasi data menurut jenisnya : 1. Dalam buku “Office Management and Control” GR. Data Primer Yaitu data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh organisasi yang menerbitkannya. Terry. 2. Data Kualitatif Yaitu data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan kualitas atau sifat sesuatu. Klasifikasi data menurut pengolahannya : 1.. untuk mengubah data menjadi informasi diperlukan proses ngolahan data. 6 . Data kuantitatif Yaitu data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan penjumlahan. 2. 2. Data Ukur Data yang menunjukan ukuran mengenai nilai sesuatu.Kom. MM. Klasifikasi data Menurut Tata Sutabri S. Data sekunder Yaitu data yang diterbitkan oleh organisasi yang bukan merupakan pengolahnya. Data Intern Yaitu data yang di butuhkan oleh suatu organisasi sebagai landasan pengambilan keputusan diperoleh dari catatan – catatan organisasi itu sendiri 2.B.

Transmitting (Pengiriman Data) 6. Reading (Pembacaan) 2. Sorting (Pemilihan) 5. Pengolahan data terbagi dalam 8 macam pengerjaan pokok yaitu : 1. Dokumen dapat disebut data 7 . Storing (Penyimpanan) A. Dokumen-dokumen tersebut selain berfungsi sebagai sarana komunikasi antar personal. Peranan teknologi informasi dalam pendistribusian data Perkembangan cara penyampaian informasi yang dikenal dengan istilah Teknologi informasi atau Information Technology (IT) bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat dalam kehidupan. karena dengan dukungannya membuat organisasi/instansi dan individu/perseorangan dalam kancah dunia bisnis merasa memiliki keunggulan kompetitif (daya saing) luar biasa khususnya dalam pendistribusian data yang berbasis pada komputerisasi guna membantu meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan dalam mengembangkan sistem yang ada maupun dalam menyusun suatu sistem yang baru menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada serta untuk perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan sehingga senantiasa memiliki sinergi untuk eksis dalam dunia bisnis. Writing (Penulisan) 3. Recording or Printing (perekaman atau Percetakan) 4. Calculating ( Perhitungan ) 7. unit. ataupun organisasi juga berfungsi sebagai bukti formal kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan (aspek legalitas). Comparing (Perbandingan) 8. Setiap kegiatan baik secara personal maupun organisasi perlu dituangkan dalam suatu dokumen dari mulai tahap rencana sampai dengan akhir kegiatan atau laporan.mengemukakan pengolahan data merupakan serangkaian pengerjaan yang terencana terhadap informasi agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk itu diperlukan teknologi informasi yang secara Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Aliran Proses Makin besar organisasi akan menyebabkan “bottleneck” serta alur birokrasi yang makin panjang sehingga proses dokumen akan menjadi makin lama. Untuk mengatasinya seringkali proses administrasi dokumen disederhanakan atau bahkan diabaikan akibatnya menimbulkan masalah dalam monitoring dan pencarian dokumen selain tentu saja mengurangi legalitas kegiatannya. form. Lalu lintas dokumen dapat berkembang menjadi sangat besar sehingga memerlukan suatu sistem pengagendaan. Di sisi lain. Gambar 3. unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai 8 . pengelolaan dokumen seperti : surat. nota. dan pengarsipan yang juga semakin besar (aspek effisiensi). pendistribusian. atau memo dinas sering menjadi permasalahan yang cukup menyita waktu dan tenaga.karena merupakan bahan baku yang merupakan sumber informasi dan merupakan bahan informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi.

Yang masih manual. BAB III 9 . Aliran proses dengan Teknologi Informasi sistem pengelolaan dokumen seperti : surat. Gambar 4. form. Aliran Proses dengan Teknologi Informasi Dapat dilihat pada gambar 4. atau memo dinas dapat lebih mempersingkat waktu dan lebih efisien dibandingkan dengan pengelolaan dokumen pada gambar 3.supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure. nota.

Gambar 5. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berati bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis. Menyatakan : “Informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan”. David “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang. Siklus Informasi 10 . (MCFadden dkk .1999). Jadi informasi adalah data yang telah diproses dalam suatu bentuk yang telah mempunyai arti atau memberikan pengetahuan bagi sipenerima atau masyarakat. Penulis lain.PENDISTRIBUSIAN INFORMASI A. Pengertian Informasi Ada beberapa definisi informasi : Menurut Gorden G. Burch dan Stater.1999). Informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian sehingga meningkatkan pengetahuan yang menggunakan data tersebut.

2. Arsitektur informasi menggunakan arsitektur teknologi yang dapat dibedakan menjadi tiga macam. hal yang terpenting untuk membedakan informasi dengan data. Arsitektur Tersentralisasi Arsitektur ini sudah dikenal semenjak tahun 1960-an dengan mainframe sebagai faktor utama. Desentralisasi (decentralized) dan Client/server. Pengertian makna disini merupakan hal yang sangat penting karena berdasarkan maknalah si penerima dapat memahami informasi tersebut dan secara lebih jauh dapat menggunakannya untuk menarik suatu kesimpulan atau bahkan mengambil keputusan. 5. Arsitektur Informasi adalah desain sistem komputer secara keseluruhan (termasuk sistem jaringan) untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi yang spesifik. 1992) : 1. data tidak. a.Gambar 5. yaitu : Tersentralisasi (centralized). memperlihatkan siklus informasi (Burch dan Grundnitski.1998) • Sebuah arsitektur informasi yang detail berisi perencanaan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut (Alter. Jadi. Mainframe adalah komputer yang berukuran relatif besar yang ditujukan untuk menangani 11 . B. (Laudon 1998). Arsitektur Informasi Ada beberapa definisi tentang arsitektur informasi : • Arsitektur informasi adalah bentuk khusus yang menggunakan teknologi informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuantujuan atau fungsi-fungsi yang telah dipilih. 3. hingga akhirnya dari tindakan hasil pengambilan keputusan tersebut dihasilkan data kembali. informasi itu mempunyai kandungan “makna”. 4. 1989) yang menggambarkan pengolahan data menjadi informasi dan pemakaian informasi untuk pengambilan keputusan. informasi Apa yang akan dikumpulkan? Dimana dan bagaimana informasi dikumpulkan? Bagaimana cara mengirimkan informasi? Di mana informasi akan disimpan? Aplikasi-aplikasi (program) apa yang akan menggunakan data dan informasi serta bagaimana aplikasi-aplikasi tersebut dihubungkan sebagai sebuah sistem yang utuh. (Zwass.

Kebanyakan perusahaan yang tidak mempunyai cabang menggunakan model seperti ini. Semua pemrosesan data dan informasi dilakukan oleh komputer yang ditempatkan didalam suatu lokasi yag ditujukan untuk melayani semua pemakai dalam organisasi. Gambar 7. Arsitektur Tersentralisasi Implementasi dari arsitektur terpusat adalah pemrosesan data dan informasi yang terpusat (biasa disebut komputasi terpusat). Arsitektur Desentralisasi c. Arsitektur Client/Server 12 .data dan informasi yang berukuran besar. Sistem pemrosesan data terdistribusi (atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar) sebagai sistem yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara mandiri. tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data dan informasi. Gambar 6. dengan ribuan terminal untuk mengakses data dengan tanggapan yang sangat cepat dan melibatkan jutaan transaksi. Arsitektur Desentralisasi Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemrosesan data dan informasi yang tersebar (atau terdistribusi). b.

maka untuk pengembangan aplikasi baru dapat menggunakan perangkat lunak Y. Setelah diterima client segera melakukan pemrosesan.1995) dapat dilihat pada table berikut : 13 .Pada arsitektur ini ada sebagian yang disebut client dan ada yang disebut server. Artinya .3 Arsitektur Client/Server (attachments 8) Model komputasi yang berbasis client/server mulai banyak diterapkan pada sistem operasi. Secara fisik sebuah server dapat berupa komputer (mainframe. Keuntungan arsitektur client/server menurut majalah byte. juni 1993 (Turban. Server adalah sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client. Client mempunyai kemampuan untuk melakukan proses sendiri. Gambar 3. jika pada awalnya sistem informasi dibangun dengan menggunakan perangkat lunak X. server akan segera menanggapinya dengan memberikan data yang diminta ke client bersangkutan. workstation. Dengan menggunakan arsitektur ini. ataupun PC) atau piranti lain (misalnya printer). Ketika sebuah client meminta suatu data ke server. mini-komputer. Tidak perlu ada migrasi sistem. sistem informasi ini dapat dibangun menggunakan perangkat lunak gado-gado.

1991) : alat untuk Mendistribusikan dan mempresentasikan informasi Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa. menyampaikan informasi dalam bentuk teks. audio. Definisi Multimedia Pengertian multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “MULTI” dan “MEDIUM”. grafik. banyak MULTIMEDIA MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary. Yang berarti : MULTI (Latin noun) bermacam-macam. animasi. video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut. 14 .BAB IV PENDISTRIBUSIAN MULTIMEDIA A.

Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang 15 . video. video secara kreatif dan inovatif. grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan. menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks. bukan multimedia. audio. berkreasi dan berkomunikasi. bukan multimedia. Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. Dari beberapa definisi diatas. maka namanya rak buku. Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan. 1996) Kombinasi dari tiga elemen : suara. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya. teks. 3. 2001) Multimedia dalam konteks computer Hofstetter. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. grafik. audio. 2001 adalah: Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks. Harus ada alat navigasi yang memandu kita. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film. video. yaitu : 1. 1996) Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.• • • • • Beberapa definisi menurut para ahli : Kombinasi dari computer dan video (Rosch. gambar dan teks (McComick. bukan multimedia. musik). maka bukan multimedia dalam arti luas namanya. animasi. 2. dapat disimpulkan Multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa. Media ini dapat berupa audio (suara. Harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita. animasi. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi. memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. 4. Misalnya jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran. Jika salah satu komponen tidak ada. dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi. grafik.

kamera. Melalui media apa informasi disajikan oleh computer ?  Output : kertas. audio sinyal dari sensor yang berbeda) 1. Aspek pada presentation medium : 1. Dari definisi diatas. layer. bukan multimedia. hard disk. Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan computer? Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran? Penerimaan informasi yang diterima manusia melalui indera “pendengaran” dan atau “penglihatan” tentunya akan mengalami perbedaan persepsi. banner. floppy disk. slide show. 16 . gerak tubuh 1. Aspek Representation Dimension • Ruang (space) • Waktu (time) : ○ Time independent (tidak bergantung terhadap waktu). speaker  Input : keyboard. ucapan. Representation Medium (media yang digunakan untuk mempresentasikan informasi) dalam hal ini dengan format apa informasi akan disajikan. poster dsb. Misalnya kertas. KLASIFIKASI MULTIMEDIA Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikasikan menjadi beberapa criteria : Perception Medium Perception media merupakan penggunaan media dalam membantu manusia untuk merasakan lingkungannya. layer. grafis) ○ Time dependent (bergantung terhadap waktu) continous media (video. 2.untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri. maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang offline (tradisional). VCD. 2. B. Dimanakah informasi akan disimpan (micro film. Aspek Representation space : sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata. Aspek Representation Values : nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi • self contained (isi presentasi itu sendiri) • Predifined Symbol set (makna dari symbol) misalnya teks. mouse. Presentation Medium (media penyajian) : Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi. SDCard dsb. Storage Medium (media penyimpanan) Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi. flash disk. microphone 1. DVD. discreet (text. maka namanya televisi. CD-ROOM.

Sebuah system dapat dikatakan system multimedia bila : 1. Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda dapat dipertukarkan? (melalui jaringan menggunakan kabel (coaxial. Information Exchange Medium (media penukaran informasi) Pembawa informasi untuk transmisi. teleconference. forum C. musik digital. Multimedia Communication (komunikasi multimedia) Multimedia komunikasi dapat diartikan penggunaan media untuk kegiatan komunikasi baik dalam bentuk audio. teks dan atau audio visual. Media tersebut tentunya juga beragam dan akan sangat mempertimbangkan untuk apa dan untuk siapa informasi tersebut disajikan.2. video dan sebagainya. 2. combined (storage dan transmission media). KATEGORI MULTIMEDIA BERDASARKAN MEDIUMNYA 1. Contoh : kegiatan chatting. e-book. Transmission Medium (Media Pengiriman) Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi (pengiriman) data secara kontinyu (tidak termsuk media penyimpanan). sms. special effect dsb. Bagaimana informasi yang berbeda saling dipertukarkan? (direct transmission dengan jaringan computer. film kartun. video conference D. 3. web yang berisi informasi. fiber optic) atau melalui udara terbuka (wireless). Kombinasi Media System disebut system multimedia apabila kedua jenis 17 . Multimedia Content Production (produksi konten multimedia) Multimedia content production dapat diartikan sebagai penggunaan media untuk penyajian produk-produk informasi berbasis kreatif. Misalkan animasi. Contoh : banner. iklan. SISTEM MULTIMEDIA System multimedia adalah sesuatu yang dapat mengatur terdukungnya penggunaan lebih dari satu media. contoh : media penyimpanan dan media transmisi. web. cd interaktif.

animation. semuanya adalah multimedia. Tidak cukup hanya dengan kemampuan teknis atau penguasaan software semata untuk terjun ke dalam bidang multimedia. Teknologi Multimedia dapat memberikan suatu sensasi atau pengalaman unik bagi mereka yang melihatnya. Pada awalnya istilah multimedia digunakan untuk presentasi atau pembelajaran yang dapat ditampilkan dalam banyak media dan dalam berbagai cara. 2. 3. video. media-media untuk menampilkan informasi sudah bertambah banyak seperti website. plasma tv dan laser performence. pda. Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antara media tersebut. menurut Riset Computer Technology Research (CTR) . System disebut system multimedia apabaila tingkat ketergantungan/keterkaitan antara media rendah. Ini yang kadang membuat rancu atau bingung sebagian orang sehingga sepertinya istilah multimedia harus dibagi kembali dalam berbagai kategori. System dapat deprogram oleh system programmer/user. Tetapi juga dituntut kepedulian terhadap lingkungan agar teknologi tersebut dapat berkomunikasi dan mendidik masyarakat. mencoba membuat dan menunjukkan sebuah flowchart bagaimana membuat data mentah (text. grafik dan media kontinyu adalah audio dan video. Dan informasi yang ditampilkan dengan teknologi multimedia dapat menghipnotis penonton sehingga apa yang ingin disampaikan dapat dipahami dan dicerna dengan mudah oleh mereka. handphone. Computer-Supported Integration System harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. Zeembry salah seorang pakar multi media. Dan sekarang. Peranan Multimedia Masih banyak orang yang bingung dengan istilah multimedia.(discreet/contnous) media dipakai. sejalan dengan berkembangnya teknologi. interaction) menjadi informasi yang kemudian dapat ditampilkan dalam berbagai format media. audio. Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya. E. Contoh media diskrit : teks. dan juga perasaan. Karena kalau dilihat sekarang. para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh 18 . Karena multimedia melibatkan indera manusia seperi penglihatan. didengar dan dilakukan Mengacu pada hasil penelitian tersebut. still images. pendengaran. • Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat • Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar • Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat • Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat.

Aplikasi dalam Bidang Produksi Penggunakan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju manufaktur teritegrasi berbasis multimedia.informasi yang diingininya dengan cara melihat. dll. mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya. Aplikasi dalam Bidang Travel Aplikasi berbasi web banyak digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk layanan informasi biaya perjalanan. game elektronik . radio interaktif. pemesanan on-line untuk lodging transportasi baik laut. Misalnya perusahaan installshield membuat perangkat lunak multimedia yang dikhususkan untuk training. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia. darat maupun udara. Jardiknas. televise interaktif. Aplikasi dalam Bidang Hiburan Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam pembuatan film. Aplikasi Multimedia dalam bidang Pemerintahan Aplikasi yang paling menonjol do bidang pemerintahan adalah E-Government. Profil Departemen dan Kios Informasi tentang kota Aplikasi dalam Bidang Pendidikan Aplikasi multimedia pendidikan antara lain belajar on-line. Contoh software yang mendukung teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting! Mengubah cara belanja. Contoh peranan teknologi informasi dalam pendistribusian multimedia antara lain . para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh lainnya adalah perusahaan L’OREAL membuat program recruitment tenaga kerja. Belajar on-line. Kemampuan multimedia diantaranya : • dalam memudahkan aktivitas manusia • • Mengubah tempat kerja. dll. e-learning dengan menggunakan ebook. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas internet Mengubah cara belajar. • Aplikasi dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Trainning (CBT). • • • • • 19 . musik. Dengan adanya teleworking.

perkembangan teknologi informasi mampu menyediakan kemudahan dalam mengakses dan mendistribusikan sebuah informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Dalam kehidupan sehari-hari. Pengambilan uang melalui ATM (anjungan tunai mandiri).BAB V KESIMPULAN Dewasa ini seiring dengan berkembangnya era globalisasi dan transisi dari era industrialisasi ke era informasi dan jasa sangat mempengaruhi gaya hidup dan rantai proses kerja pada negara-negara berkembang. perubahan dan penyajian terhadap suatu tugas atau proses. Hal ini sangat jelas terlihat pada proses birokrasi yang semula bersifat manual beralih menjadi berlandaskan sistem komputerisasi pada semua bidang. Kemajuan teknologi informasi juga. 20 . transfer uang melalui E-Banking yang dapat dilakukan dirumah merupakan sejumlah contoh hasil penerapan teknologi informasi. memberikan kontribusi besar terhadap perubahanperubahan yang mendasar pada struktur. transaksi melalui internet yang dikenal dengan E-Commerce atau perdagangan elektronik. baik dari segi pengumpulan data. Pengiriman data yang sebelumnya menggunakan media surat atau telegram kini dapat digantikan dengan media surat elektronik yang sudah tertentu lebih efisien dan memakan waktu yang relatif sangat singkat dibandingkan media sebelumnya yang memerlukan waktu cukup lama agar berita tersebut dapat sampai ditempat tujuan berita itu didistribusikan. Dalam bidang pendistribusian data. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Kejadian yang terjadi dibelahan dunia lain kini dengan mudah dapat kita ketahui dan kita akses beritanya pada waktu yang nyaris bersamaan. operasi dan manajemen organisasi. Berkat teknologi ini berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia. peran teknologi informasi pada aktifitas manusia memberikan andil yang sangat besar. perkembangan cara penyampaian informasi telah merasuki berbagai bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat dalam kehidupan khususnya dalam pendistribusian data yang berbasis pada komputerisasi guna membantu meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan dalam mengembangkan sistem yang ada maupun dalam menyusun suatu sistem yang baru menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. teknologi informasi melakukan otomatisasi. data entry hingga proses pendistribusian data. sangat memberikan kontribusi yang tinggi untuk lingkungan disekitarnya. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa teknologi informasi menggantikan peran manusia dalam hal ini. Dalam bidang pendistribusian informasi. Teknologi informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis.

Banyak hal yang kini secara tidak langsung menggunakan kemajuan teknologi multimedia. Sudah tentu hal tersebut sangat berkontribusi bagi kemajuan bisnis pertelevisian.google. perkembangan teknologi informasi sangat memberikan dampak yang besar. Begitu juga halnya dengan suatu produk yang dikeluarkan oleh sebuah vendor. DAFTAR PUSTAKA http://sites. Sebab tersedianya pilihan lain selain mengakses berita dari media cetak konvensional ataupun televisi dan radio seperti sebelumnya. sangat mendukung terciptanya teknologi yang ramah lingkungan dan juga menyukseskan program minimalisasi penggunaan kertas (nirkertas).com/site/tirtayasa/memahami-konsep-dasar-tik/gambaran-umumsistem-informasi-dan-teknologi-informasi 21 . vendor tersebut dapat menggunakan teknologi multimedia (website) untuk mempromosikan produknya dalam strategi marketingnnya. seperti provider telepon selulr dan games online yang sudah tentu menggunakan konten multimedia interaktif. Sebagai contoh. sebuah acara televisi. Dengan adanya teknologi multimedia yang berkesinambungan.dengan adanya pendistribusian informasi dan pemberitaan yang dapat diakses melalui situs internet. Dalam bidang multimedia. semua hal yang berkaitan dengan entertaiment dapat diakses dan didistribusikan dengan mudah. kini dapat mempromosikan acaranya demi menaikkan ratting acara tersebut melalui website yang dikembangan melalui internet. terutama dalam bidang entertaiment dan marketing (bisnis). . Pada intinya perkembangan teknologi pada proses pendistribusian data secara tidak langsung dapat mengevisiensi waktu dan meminimalisasi jarak pendistribusian itu sendiri.

Peranan Teknologi Informasi dalam Audit Sistem Informasi Komputerisasi Akutansi.php? option=com_content&view=article&id=79:tak-lengkap-tanpa-mengusai-teknologimultimedia&catid=29:the-cms http://hendrastation.com/2009/01/definisi-multimedia.id/luthfi/2009/06/11/teknologi-informasi/ http://sistem-multimedia.html http://www. 22 .unila. A (2003).wordpress. Kadir.http://blog. Bandung : Supriyati.id/index.sch.blogspot. Pengenalan sistem informasi.ac.smkn-13bdg.com/2009/03/11/pengantar-multimedia/ Supriyati (2008). Yogyakarta : Andi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful