P. 1
Illegal Loging Dan Upaya - Copy - Copy

Illegal Loging Dan Upaya - Copy - Copy

|Views: 231|Likes:
Published by El Za Claudya

More info:

Published by: El Za Claudya on Aug 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2013

pdf

text

original

Illegal logging dan upaya penanggulangannya

SMPN 2 DUMAI

Februari -2010
ELZA CLAUDYA SMPN 2 DUMAI JLN.S.S. KASIM DUMAI-RIAU

TUGAS INI DIBUAT UNTUK PERSYARATAN MENGIKUTI UN dan UAS

1

Halaman pengesahan
y Judul Karya Tulis : Illegal Logging Dan Upaya Penanggulangannya : Elza Claudya y Nama Siswa : y Nis y Kelas : IX.3 : Smpn 2 Dumai y Sekolah
Karya Tulis Ini Telah Di Setujui Oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Hilmi Helen

2

Kata Pengantar
Assalamualaikum wr.wb Puji dan syukur saya panjatkan kepada allah swt, karna rahmat dan karunianyalah penulis bisa menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul ³illegal logging dan upaya penanggulangannya´. Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada guru pembimbing yakni ibu Hilmi Helen yang telah membimbing saya dengan baik, kepada kedua orang tua saya yang telah memberikan semangat dan dorongan untuk dapat menyelesaikan karya tulis ini, serta kepada temanteman sejawat yang telah memberi semangat kepada penulis. Saya menyusun karya tulis ini adalah untuk memenuhi syarat UN dan UAN, juga bertujuan agar menambah wawasan bagi pembaca. Dengan adanya karya tulis ini saya mengharapkan kepada pembaca agar dapat menambah ilmu dan wawasan dalam pengetahuan tentang masalah illegal logging. Saya menyadari karya tulis ini jauh dari sempurna oleh karna itu, saya menharapkan saran dan kritiknya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada semua yang telah membantu dalam menyelesaikan karya tulis ini. Wassalam. Dumai, 8 februari 2010

Elza claudya

3

Daftar Isi
Halaman pengesahan««««««««««««««..i Kata pengantar««««««««««««««««« Daftar isi«««««««««««««««««««.

Bab 1 pendahuluan««««««««««««««.. 1.1 1.2 1.3 1.4 latar belakang««««««««««««««.. perumusan masalah««««««««««««. Ringkasan«««««««««««««««« Tujuan penelitian

Bab II kajian reoritis 2.1 praktik illegal logging 2.2 Penyebab dan upaya penanggulangannya 2.3 Peran kita sebagai pelajar 2.4 Kesimpulan 2.5 Saran 2.6 Lampiran 2.7 Daftar pustaka RIWAYAT HIDUP

4

LOGING DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ILLEGAL LOGING

DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG:
Pada zaman sekarang sangat banyak terjadi praktik illegal loging dan masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan fungsi hutan yang begitu besar bagim kehidupan di bumi ini.

1. Indonesia khususnya daerah riau umunya memeliki hutan yang cukup luas 2. Masih kurangnya kesadaran diri diri masyarakat tentang fungsi hutan 3. Sangat bergunanya hutan sebagai paruparu dunia dan sumber oksigen

5

1.2

tujuan

Karya tulis ini disusun untuk memberi pengetahuan tentang illegal logging dan bagaimana cara menanggulanginya.

1.3 perumusan masalah
1. Mengapa praktik illegal logging sangat susah untuk di musnahkan?

2. bagaimana cara menanggulangi praktik illegal logging yang semakin menjamur ?

6

1.4

ringkasan

Tuhan menciptakan daratan laut dan udara tidak hanya untuk manusia saja. Negeri Indonesia sangat kaya akan bahan galian/tambang dan hasil bumi lainnya, ada juga berupa hutan yang luas. Berbagai jenis hutan bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, yaitu hutan rimba, hutan homogen, hutan bakau, hutan lindung, hutan heterogen dsb.

Hutan sangat mempengaruhi kehidupan makluk hidup baik manusia maupun makhluk hidup lain.Hutan yang memiliki berbagai fungsi, antara lain sebagai paru-paru dunia, tempat penyimpanan air dan untuk mempertahankan kesuburan serta habitat yang baik bagi satwa liar(binatang liar)

Tetapi hutan di Indonesia yang sangat luas lama-kelamaan semakin wilayahnya semakin mengecil atau rusak. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya kegiatan/praktik illegal loging dan pembakaran hutan. Tindakan licik manusia yang menginginkan kekayaan dengan cara yang instan, secara tidak langsung telah membuat nasib generasi penerus kita di masa datang menjadi tidak terjamin akan kehidupan mereka. Bisakah mereka melihat indahnya negeri mereka nan hijaunya hutan??

Beberapa dari masyarakat indonesia memang banyak yang sibuk menyimpan kekayaan untuk diri sendiri, dan seolah lupa dengan masa depan Negara dan anak cucunya. Sifat serakah menyebabkan mereka hanya memikirkan diri sendiri. pencurian kayu, penebangan liar,pemabalak

7

an liar ,pembakaran hutan dan hal lain yang menghancurkan hutan seakan akan tidak pernah habis-habisnya.

Bab II
2.1 ILLEGAL LOGING
illegal loging bukan hanya dilakukan oleh masyarakat biasa atau warga yang berada di sekitar hutan,tapi

hal ini juga di lakukan oleh para pejabat tinggi. Ada pula TNI dan POLRI pun diduga terlibat kegiatan ini. Menurut situs www.kompas.com, dari tahun 2005-2008 di duga banyak aparat TNI terlibat dalam kegiatan illegal loging di Kalimantan,Sumatra dan Papua. Sebagian besar dari mereka mendapatkan dana dari pengusaha negeri tetangga contohnya pengusaha asal Malaysia, Wong Tse Thung, yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang terbukti terlibat kasus illegal loging di Papua.(www.google.com)

Beberapa kasus yang terjadi, illegal loging tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja melainkan berulang kali dan aksi mereka aman-aman saja karna konon ada bisnis antara aparat dan pejabat daerah,. Kegiatan illegal loging dilakukan dengan cara bersama-sama atau secara berkelompok. Di sungai gaung(daerah riau) disana banyak terdapat kayu illegal logging yang akan di kirim ke negeri tetangga (www.riau.go.id). Pembalakan liar biasanya dilakukan pada petang sampai malam hari, agar tidak diketahui oleh polisi ,petugas patroli atau petugas-petugas hutan. Mereka meggunakan alat seperti gergaji mesin, bendo, dan kampak.

8

Kegaiatan proses berikutnya kayu-kayu yang sudah ditebang akan diangkut dengan cara menggunakan gerobak atau dipikul. Kemudian di kumpulkan ke dalam truk pengangkut. Kayu tersebut kemudian dijual kepada pengusaha, pengelola, dan penggergaji dan bisa di jual ke luar negri dengan cara illegal dan merugikan negara.

2.2

Penyebab dan Upaya Penanggulangannya

Di pendahuluan kita sudah bahas bahwa penyebab utama terjadinya kegiatan illegal loging adalah tidak adanya kesadaran dari sebagian masyarakat kita dan kurangnya penegakkan hukum di negri kita ini. Penyebabab ketidaksadaran itu bersal dari rasa egoisme, mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan nasib bangsa dan anak cucu mereka nasib mereka.Pembalakan liar bukan hanya mengakibatkan kerusakan hutan yakni hutan gundul, tapi juga bisa mengganggu keseimbangan ekosistem. fikirkan berepa banyak hewan yang tinggal di dalamnya tidak lagi memiliki tempat tinggal, kekeringan yang amat menyengsarakan saat musim kemarau lantaran persediaan air yang selama ini di hutan tidak ada lagi,terjadi kepunahan dan hewan-hewan pun marah hingga masuk desa seperti di daerah riau (duri) banyak gajah mengamuk karna mereka kehilangan tempat tinggalnya (www.riau.go.id).

Sifat egois dan keserakahan masyarakat Indonesia telah menimbulkan ke khwatiran terhadap nasib bumi kita. Masyarakat kecil yang tinggal di sekitar hutan juga tidak bisa berbuat banyak. Kebutuhan masyarakat yang tinggi dan ekonomi keluarga mengakibatkan mereka mau saja menerima rayuan para menebang hutan dan menjualnya kepada para cukong kayu.

9

Bagaimana pun hutan punya manfaat yang sangat banyak pada kita. Seharusnya, masyarakat jika ingin memanfaatkan kayu atau hasil hutan kita harus berhati-hati jangan sampai merusak hutan kita. Jika telah ditebangi seharusnya dilakukan kegiatan menanami kembali hutan baru atau menanam kembali.

Jika para pejabat atau para cukong kayu dibiarkan melakukan pembalakan hutan, berapa besar kerugian negara. Kayu tersebut mestinya dijadikan sebagai devisa tetapi hancur akibat para badut bergergaji yang tak punya hati.

Penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah semestinya lebih tegas dan tanpa pandang bulu. Dalam faktanya selama ini undang undang yang di buat hanya sebagai aturan yang wajib hukumnya untuk di langgar bagi para pembalak liar. Hukuman bagi tersangka pelaku praktik illegal loging berkisar 3 sampai 6 bulan penjara, tidak sebanding dengan kerusakan hutan yang diakibatkannya.(www.google.com)

Begitu rumitnya penegakan hukum terhadap para pelaku illegal loging ini yang menyebabkan pemerintah menceri cara lain. Cara itu misalnya dengan penggunaan Undang-undang Perlindungan Hutan dan Undangundang Lingkungan Hidup. Dengan menggunakan undang-undang ini, pelaku illegal loging setidaknya bisa dikenakan hukuman 5 tahun atau lebih. Di sisi lain, pemerintah terus mengupayakan undang-undang lainnya agar pelaku illegal loging bisa dibasmi.(www.google.com)

10

2.3

Peran kita sebagai Pelajar

Kita sebagai pelajar dan generasi penerus tentu juga harus memikirkan nasib kita nantinya jika hutan telah habis di babat oleh para pembalak liar. Betapa berbahayanya bumi kita ini apabila hutannya tidak dilestarikan bisa menimbulkan kesadaran kepada kita untuk tidak meniru ataupun mengikuti jejak para pencuri kayu. Di berbagai kegiatan di sekolah juga mampu memupuk rasa cinta kita kepada alam. Ada beberapa macan kegiatan pramuka, pecinta alam, dan berbagai upaya penanaman hutan lewat

kegiatan perkemahan merupakan contoh betapa kita sebagai pelajar bisa berperan aktif. Selain itu upaya penyadaran kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kita juga bisa kita lakukan.

Status kita masih pelajar yang masih duduk di bangku sekolah, maka peran kita dalam penanggulangan illegal loging adalah dengan belajar yang baik. Kita belajar bukan hanya di ruangan sekolah saja atau hanya di temapa bimbingan belajar. Kita bisa belajar dimana saja kita berada serta kapan saja ada waktu luang. Dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki sekarang ini, akan bermanfaat dalam pembangunan bangsa kita. Pada dasarnya belajar merupakan menuntut ilmu setinggi-tingginya agar tercipta sumber daya manusia berkualitas.

Terciptanya suatu negara yang maju membutuhkan kepribadian atau moralitas yang baik pada pribadi setiap pelajar yang ada di negrinya. Ini berlangsung sejak dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Rasa persatuan dan kesatuan perlu ditanamkan sebagai anak bangsa yang masih mengejar ketertinggalan dari bangsa lain. Hal ini akan sangat membantu terhindar

11

dari perselisihan antarpelajar. Dengan hal itu, kita akan merasa aman dan nyaman di dalam menuntut ilmu dimanapun dan kapan pun.

2. 4 Kesimpulan
Kegiatan illegal loging untuk jangka panjang jelas sangat merugikan bangsa dan negara. Indonesia yang kaya dengan hutan alami bukan saja menjadi kebanggaan kita, tetapi juga sebagai

salah satu paru-paru dunia. Melakukan pencurian kayu atau pembalakan liar (illegal loging) akan mengakibatkan hilangnya devisa negara,menghancurkan masa depan bumi ini sendiri dan menghancurkan kesejahteraan hidup generasi penerus negeri ini.

Oleh karena besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh kegiatan illegal loging, diharapkan kepada pemerintah agar tidak segan-segannya memberikan hukuman yang berat kepada para pelaku illegal loging . dan di samping itu upaya cara penyadaran terhadap masyarakat juga sangat perlukan dan harus nyata adanya bukan hanya sebagai slogan saja.

Propinsi Riau khususnya, yang memiliki wilayah yang hutan cukup luas sudah semestinya lebih diperhatikan oleh pemerintah pejabat daerah dan aparat. Karna tidak sedikit terjadi kegiatan illegal loging di daerah riau ini.

12

Dan untuk masa yang akan datang kita terutama diri saya sendiri sangat berharap, wilayah Indonesia umumnya dan Propinsi Riau khususnya bisa terbebas dari praktik illegal loging ini, sehingga tercipta keseimbangan ekosistem dan kesejukan yang alami.

2.5

Saran

Penulis mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar meningkatkan kesadaran dirinya bahwa hutan sangat penting bagi kehidupan dan merupakan paru-paru dunia. Dan jika ada masyarakat yang ingin menebang hutan mereka harus menanam kembali agar hutan dan bekerja dengan baik yakni sebagai paru-paru dunia

13

Ini adalah salah satu illegal logging yang terjadi di daerah riau tepatnya di sungai gaung

14

Ini adalah illegal loging yang terjadi di tanjung balai karimun kepulauan riau

15

Ini adalah gajah yang mengamuk di daerah riau

16

Ini adalah praktik illegal logging yang terjadi di daerah riau

17

18 Daftar Pustaka
³70 Truk Kayu Pinus Dirazia di daerah riau,´ Harian Pikiran Rakyat & ,www.google.com´

³Anggota TNI Diduga Terlibat Illegal Loging di riau,´ www.kompas.com & www.riau.go.id´

³Komnas Hutan Soroti Pencurian Kayu,´ laporan Harian Suara Merdeka & www.google.com´

³Perhutani Tangkap Dua Truk Pembawa Kayu Ilegal,´ www.kompas.com´

³Wilayah sungai gaung sbg tempat illegal loging di riau www.riau.go.id

³Undang-undang perhutanan ³www.google.com´

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->