P. 1
Pengertian Software & Hardware

Pengertian Software & Hardware

|Views: 956|Likes:
Published by Anur Yusufa

More info:

Published by: Anur Yusufa on Aug 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.

Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. Hampir sama dengan mouse soal interfacenya. Mouse Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalamkomputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekortikus. Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputerkomputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupunbluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Media Penyimpanan Masa Depan Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD ± persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak. Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan 4.600 ± 11.900 jam menjalankan video menggunakan MPEG4. Floppy Disk Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun

Satu GB sama dengan 1000 Megabyte. Word processor. Perangkat keras komputer tidak dapat bekerja tanpa adanya perangkat lunak. FLASH DISK FLASH DISK sebagai media penyimpan data yang bersifat removable atau mudah untuk dipindahkan serta menjadi bagian penting sebagian besar pengguna IT. Hard Disk Hard Disk memiliki prinsip kerja yang sama dengan Floppy Disk dan juga memiliki fungsi sebagai penyimpan data. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit.2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB.kemudian. maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Besarnya bervariasi. Windows Vista akan dirilis versi final pada pertengahan bahkan akhir 2006 tepatnya pada 30 November 2006 akan diluncurkan semua versinya. Yang membedakan antara Hard Disk dan Floppy Disk adalah bentuk fisik dan kapasitas penyimpanan data serta kecepatan aksesnya. Jika hardisk dibuka. atau biasa disebut juga Zip disk. dll. sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Kapasitas penyimpanan hard disk rata-rata adalah 120 MByte sampai dengan 100 Gbyte. Windows ( Windows Vista ) Dengan codename Longhorn. Pengertian Software & Brainware Software Software merupakan bagian dari system komputer yang bentuk fisiknya tidak dapat dilihat nyata. Perkembangan selanjutnya. begitu sebaliknya. programming language. Sangat besar kan ? Kita bisa menyimpan semua data kita pada hardisk ini. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Jadi tidaklah mengherankan jika perkembangan teknologiUSB FLASH DISK terus berkembang pesat. memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. sebab dengan adanyaFLASH DISK ini sangat membantu para pengguna IT. Selain itu. Windows ini sedang di kembangkan dan akan melewati tahap beta kedua pada akhir 2005. Sesuai dengan namanya (Hard yang berarti Keras). Kecepatan putarannya bervariasi. Beberapa versi Windows Vista : ‡ Windows Vista Sarter ‡ Windows Vista Home Basic ‡ Windows Vista Home Premium . contoh : Operating System.Contoh Software : 1. pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB. ada yang 1. media penyimpanan data dalam hard disk menggunakan media logam dan dapat terdiri dari beberapa plat sehingga mampu menyimpan data yang lebih banyak. Terlebih dengan system PLUG & PLAY di produk FLASH DISK serta dengan colokan UNIVERSAL SERIAL BUS dimana di setiap PC atau Notebook pasti telah ada colokan ini. floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB.

Pada waktu itu. Pada tahun 1991. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap kompiler. Linux Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU. atau disingkat Mac. Teknisi. System Analist.‡ Windows Vista Business ‡ Windows Vista Enterprise ‡ Windows Vista Ultimate 2. 3. Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU. proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal. programmmer. adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Oleh karena itu. proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini kecuali kernel. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh. tanpa brainware maka Hardware & Software tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. dll. utiliti aplikasi. dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis. Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). . jenis apel yang disukai Jef Raskin. utiliti pembuatan dan seterusnya diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Macintosh Macintosh. Web Master. Brainware Brainware merupakan tenaga/keahlian manusia dalam mengoperasikan komputer. contoh : Data Entey Operator.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->