P. 1
Latar Belakang

Latar Belakang

|Views: 366|Likes:
Published by arumtirta
latar belakang
latar belakang

More info:

Published by: arumtirta on Aug 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang

Seiring Perkembangan zaman dan era globalisasi dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi komputer berdampak positif, sering digunakan dan dibutuhkan oleh masyarakat luas, misalnya dalam bidang keuangan, pendidikan, administrasi, telekomunikasi dan lain – lain. Perkembangan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi juga dimanfaatkan oleh dunia pendidikan. Didalam dunia pendidikan sekarang ini banyak sekali yang menggunakan kemajuan teknologi untuk melakukan proses belajar mengajar. Di Sekolah Dasar juga telah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan kemajuan teknologi tersebut. Pendidikan merupakan pondasi dari seseorang untuk menjadi pintar, bermartabat dan sukses. Untuk itu pendidikan perlu diberikan sejak dini. Adapun pendidikan yang perlu diberikan sejak dini yaitu pendidikan agama, sopan santun, bahasa, dan pengetahuan umum. Sekolah Dasar merupakan tahap awal anak – anak untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Karena merupakan tahap awal dalam kegiatan belajar mengajar, maka untuk menarik minat belajar murid sekolah dasar guru – guru harus memiliki ide mengajar yang kreatif. Karena di usia sekolah dasar anakanak juga perlu mendapatkan pengetahuan umum yang banyak dan mudah dimengerti. Pendidikan tentang pengetahuan umum sangatlah perlu diberikan sejak dini, 1

2 agar bisa menjadi bekal saat dewasa nanti. Salah satu contoh yang simple yaitu belajar tentang lalu lintas. Pembelajaran tentang berlalu lintas untuk Murid Sekolah Dasar harus dirancang dan dibuat untuk memberikan pengetahuan umum yang bermanfat terhadap murid sekolah dasar untuk mengetahui pentingnya belajar berlalu lintas sejak dini, sehingga paham dan bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan umum serta menjadi bekal saat dewasa nanti. Untuk saat ini masih banyak orang dewasa yang masih tidak mengerti dan paham tentang lalu lintas, sehingga saat ini masih banyak pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang tata tertib lalu lintas yang baik. Maka dari itu pendidikan tentang pengetahuan umum tentang tata tertib lalu lintas sangatlah perlu diajarkan pada anak-anak sejak dini terutama pada anak yang belajar di tahap awal seperti murid sekolah dasar. Dengan berkembangnya teknologi pembelajaran yang menggunakan gambar, audio, video dan animasi diharapkan anak-anak untuk belajar tidak akan menjemukan lagi seperti dulu. Karena perkembangan otak anak lebih cepat mengingat jika menggunakan gambar. Metode pembelajaran sekarang ini diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang lebih atraktif, variatif, dan efisien dengan menggunakan gambar, audio, video dan animasi. Sehingga murid Sekolah Dasar lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar dan akan lebih mudah mengerti atau memahami dengan materi yang disampaikan. Metode pembelajaran seperti inilah yang sangat disukai dari anak-anak sekolah dasar dijaman sekarang. Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan umum murid sekolah dasar tentang pentingnya belajar lalu lintas yang harus diterapkan sejak dini. Dengan itu diharapkan dapat memperbesar atau menambah pengetahuan umum yang perlu untuk dipelajari. Dari beberapa permasalahan diatas penulis tertarik mengangkat topik dengan judul “Rekayasa Perangkat Lunak Program Bantu Pembelajaran Lalu Lintas untuk Murid Sekolah Dasar”.

3 1.2 Rumusan Masalah Dari uraian yang telah dikemukakan diatas maka penulis merumuskan tentang “Bagaimana merancang dan membuat metode pembelajaran yang bisa memberikan wawasan dan pengatahuan umum tentang pembelajaran lalu lintas untuk murid sekolah dasar yang dengan mudah dimengerti, bermanfaat, efektif dan dapat diterapkan untuk selamanya”. 1.3 Batasan Masalah Dalam Tugas Akhir ini penulis membatasi masalah agar tugas akhir ini tidak menyimpang dari tujuan semula. Untuk menghindari kerancuan dan pelebaran masalah penulis membatasi pokok permasalahan pada : a) Pembuatan dan perancangan program bantu pembelajaran ini agar bisa memberikan pengetahuan umum tentang lalu lintas untuk murid sekolah dasar. b) Penggunaan Software pendukung Adobe Flash CS3 untuk pembuatan program bantu pembelajaran ini. c) Memberikan materi dan soal mengenai tata tertib lalu lintas dengan menggunakan gambar, audio, dan animasi. 1.4 Tujuan Penelitian Tujuan Tugas Akhir yang ditulis oleh penulis adalah sebagai berikut : a) Untuk memberikan pengetahuan umum atau wawasan mengenai pentingnya belajar lalu lintas pada murid sekolah dasar yang mudah untuk dimengerti dan bermanfaat. b) Memberitahukan bahwa belajar berlalu lintas sangat penting diterapkan sejak dini.

4 c) Menciptakan rekayasa perangkat lunak program bantu pembelajaran lalu lintas untuk murid sekolah dasar. d) Dapat memberikan metode pembelajaran yang lebih atraktif dan variatif dengan menggunakan gambar, audio, dan animasi. e) Membuat metode pembelajaran yang bisa memberikan wawasan dan pengatahuan umum tentang rambu-rambu lalu lintas, isyarat lalu lintas, marka jalan dan tata tertib lalu lintas untuk murid sekolah dasar yang dengan mudah dimengerti, bermanfaat, efektif dan dapat diterapkan untuk selamanya. Sehingga dapat mencapai tujuan – tujuan diatas (a, b, c, d). 1.5 Manfaat Penelitian Dari penulisan laporan tugas akhir ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis, akademik, murid sekolah dasar, orang tua murid dan guru. 1. Bagi Penulis a). Dapat mengetahui metode pembelajaran yang tepat, efektif dan mudah dimengerti untuk murid sekolah dasar. b). Program bantu pembelajaran lalu lintas yang dibuat bisa digunakan secara umum. 2. Bagi Akademik Hasil dari laporan Tugas Akhir ini diharapkan berguna bagi aktivitas akademik serta dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan akademik dalam melakukan pendidikan dan ilmu yang diberikan sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat. Diharapkan juga dapat menjadi bahan acuan dalam menambah pengetahuan dan literature perpustakaan. Serta meningkatkan kualitas pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang untuk dapat dikenal masyarakat secara lebih luas.

5 3. Bagi Murid Sekolah Dasar a) b) c) 4. Dapat menambah pengetahuan umum tentang belajar berlalu lintas. Dapat menerapkannya dikehidupan sehari-hari. Mengerti tentang pentingnya mematuhi tata tertib lalu lintas.

Bagi Orang Tua Murid dan Guru a). Tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak di jalan raya. b). Orang tua dan guru hanya mengawasi anak-anaknya saja. c). Orang tua dan guru tidak diwajibkan untuk mempratekkan secara langsung dilapangan atau dijalan raya kepada anak-anaknya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->