P. 1
makalah

makalah

|Views: 645|Likes:
Published by novarissa

More info:

Published by: novarissa on Aug 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

TEORI AKUNTANSI EMPAT RIBU TAHUN SEJARAH AKUNTANSI

1.

Latar Belakang Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai

informasi yang akan membantu manager dan pengambil keputusan lainnya untuk mengambil keputusan alokasi sumber daya. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan. Audit, satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat/opini - yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya - mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Praktisi akuntansi dikenal sebagai akuntan. Akuntan bersertifikat resmi memiliki gelar tertentu yang berbeda di tiap negara. Di Indonesia, akuntan yang bersertifikat disebut BAP atau Bersertifikat Akuntan Publik. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manager, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Jantung akuntansi keuangan modern ada pada sistem pembukuan berpasangan. Sistem ini melibatkan pembuatan paling tidak dua masukan untuk setiap transaksi: satu debit pada suatu rekening, dan satu kredit terkait

Kritik mengatakan bahwa standar praktik akuntansi tidak banyak berubah dari dulu. Cara ini diketahui pertama kali digunakan pada abad pertengahan di Eropa. hal ini tidak mengubah prinsip-prinsip dasar akuntansi. C. karna aspek mekanis dari pembukuan mengandung adanya serangkaian perhitungan sederhana. Cara ini akan memudahkan pemeriksaan jika terjadi kesalahan. karena tidak akan ada dorongan untuk membuat catatan apa pun jika seluruh pertukaran dilakukan di tempat saat . Sejarah dan Perkembangan Akuntansi Sejarah awal akuntansi Berbagai percobaan telah dilakukan untuk menyatakan lokasi dan waktu dari lahirnya sistem pencatatan berpasangan yang telah menghasilkan berbagai skenario.pada rekening lain. walaupun ada pula yang berpendapat bahwa cara ini sudah digunakan sejak jaman Yunani kuno.000 tahun sebelum masehi. karena pembukuan pada intinya adalah sebuah catatan. A. Littleton membuat daftar tujuh prasyarat bagi munculnya pembukuan yang sistematis : Seni Penulisan ( The Art of Writing). 2. Reformasi akuntansi dalam berbagai bentuk selalu terjadi pada tiap generasi untuk mempertahankan relevansi pembukuan dengan aset kapital atau kapasitas produksi. Jumlah keseluruhan debit harus selalu sama dengan jumlah keseluruhan kredit. karena pembukuan hanya berkepentingan dengan pencatatan fakta-fakta mengenai harta benda dan hak miliknya. yang memang diharapkan tidak bergantung pada pengaruh ekonomi seperti itu. Walaupun demikian. Uang (Money) yaitu transaksi yang belum selesai. Milik Pribadi ( Private Property). Aritmetika (Arithmetic). Kebanyakan skenario tersebut mengakui adanya kehadiran suatu bentuk pelaksanaan pencatatan di sebagian besar kebudayaan sejak sekitar 3.

yang kini dikenal dengan sebutan pembukuan Italia. yang menurut cara perdagangan yang umum. . Masing-masing kebudayaan kuno yang disebutkan diatas telah mencakup prasyaratprasyarat tersebut. Bisnis perdagangan. kita secara alamiah akan menganggap pertemuan pertamanya akan berasal dari para pedagang yang pertama. sekaligus menjelaskan mengapa telah terdapat semacam pembukuan didalamnya. sebagai konsekuensinya. Perdagangan ( Commerce). ikut pula memperkenalkan metode mereka dalam pencatatan rekening. Modal (Capital). melalui penggunaan pencatatan berpasangan. dan tidak ada seorang pun yang layak mengklaim hal itu tersebut pada masa itu selain orang-orang Arab. memperoleh pemikiran melakukan perdagangan tersebut melalui interaksinya dengan bangsa tersebut. Buku pencatatan berpasangan yang pertama kali dikenal adalah pembukuan Massari dari Genoa. dikomunikasikan ke seluruh kota-kota di Timur Tengah. Orang-orang Mesir. dan. yang bertanggal sejak tahun 1340. Jika kita ingin melacak ilmu yang penting ini (akuntansi) kembali ke asal usulnya. yang selama beberapa masa menunjukkan kejayaannya di dunia perdagangan. Pembukuan Italia ini berkembang. karena tanpa modal perdagangan tidak akan berarti dan pemberian kredit menjadi sesuatu yang tidak mungkin bisa dibayangkan. seiring dengan perkembangan perdagangan dari republik Italia dan penggunaan metode pembukuan pencatatan berpasangan di abad ke-14. yang untuk setiap kota-kota perdagangan di Eropa dihubungkan oleh orang-orang Lombardia. karena sebuah penjualan lokal saja tidak akan menciptakan cukup tekanan (volume bisnis) untuk merangsang manusia mengkoordinasikan berbagai pemikiran ke dalam suatu sistem. dari merekalah orang-orang Mesir harus melakukan suatu bentuk pertama dari akuntansi.itu juga.

as appeareth by his treatise. Pada awal abad ke 18.Akuntansi sebagai suatu seni yang mendasarkan pada logika matematik -sekarang dikenal sebagai “pembukuan berpasangan” (double-entry bookkeeping). akuntan menguji sedikitnya dua buku perusahaan para. oleh Charles Snell. Sebuah buku ringkas menampilkan instruksi akuntansi juga diterbitkan di tahun 1588 oleh John Mellis dari Southwark. and set forth by one Hugh Oldcastle. Laporannya diuraikan dalam buku Sawbridge and Company. London. made.sudah dipahami di Italia sejak tahun 1495 pada saat Luca Pacioli (1445 . Selama dua dekade. Lama sebelum dokumen-shredding menjadi berita utama. then taught Arithmetics. Writing Master and Accountant in Foster Lane. Selama penyelidikan ini.1517). akuntan ditemukan sendiri di bawah tekanan untuk berubah. mempublikasikan bukunya tentang “pembukuan” di Venice Buku berbahasa Inggris pertama yang diketahui dipublikasikan di London oleh John Gouge atau Gough pada tahun 1543. yang juga dikenal sebagai Friar (Romo) Luca dal Borgo. who. jasa dari akuntan yang berpusat di London telah digunakan selama suatu penyelidikan seorang direktur South Sea Company. yang tengah memperdagangkan bursa perusahaan tersebut. Scholemaster. inovasi dalam teknologi . Amerika Serikat berhutang konsep tujuan Akuntan Publik terdaftar pada Inggris yang telah memiiki Chartered Accountant di abad ke 19. "I am but the renuer and reviver of an ancient old copie printed here in London the 14 of August 1543: collected. and this booke in Saint Ollaves parish in Marko Lane. published." John Mellis merujuk pada fakta bahwa prinsip akuntansi yang dia jelaskan (yang merupakan sistem sederhana dari masukan ganda/double entry) adalah "after the forme of Venice". yang termuat perkataanya.

Kemudian ada kerakusan sederhana. Industri dibentuk sebagai wadah kepercayaan. Perusahaan untuk memproduksi hasil rosier-lamanya untuk selama-besar dan savvier shareholding memaksa akuntan publik untuk mencari cara untuk memberikan yang terbaik mungkin spin pada klien laporan keuangan. kaya dengan kebangkitan stok-pasar budaya dari''80s dan''90s.000 tahun yang lalu dengan batu counters di Yerikho. jatuh di belakang dengan cara akuntan ''saudara-saudara-bank investasi. Dalam beberapa tahun terakhir.komputer yang diberikan banyak kolot auditor dari fungsi usang.untuk setiap kredit yang dimasukkan ke dalam buku besar yang . sebagian besar ditentukan oleh penagihan tarif per jam. Proportioni et Proportionalita" ( "Segala Tentang Arithmetic. Sumeria kuno di kota-kota di tanah yang sekarang Irak. Geometria. Formal akuntansi telah invented by a Franciscan rahib bernama Luca Pacioli di 1494 dalam karya "Summa de Arithmetica. Dekade berikutnya. Mempekerjakan konsultan dan orang yang menjual jasa kepada klien audit adalah salah satu cara untuk mempersempit kesenjangan. seorang akuntan menonjol adalah terkait dengan skandal Watergate. Geometry dan Proporsi"). bookkeepers kekayaan didokumentasikan dengan menekan sticks berakhir menjadi uap dari tanah liat tablet yang keras tetap menjadi catatan. Dan akhirnya kuno profesi dikorbankan publik keyakinan bahwa underpinned nya reputasi. Industri yang telah ditunjukkan itu rentan. mitra membayar. prodding akuntan untuk mencari cara lain untuk menghasilkan pendapatan. Yang mendalam dijelaskan double-entry pembukuan . maka tabungan dan kredit krisis membangkitkan pertanyaan tentang bagaimana akuntan dapat membiarkan hal itu bisa jadi buruk. yang berasal lebih dari 10. Pada awal tahun 1970-an.

Cooper yang saudara-saudara. bestowing pada seorang laki-laki bernama Frank Broaker kehormatan menjadi yang pertama BPA. ia tetap hidup pabrik tembikar Inggris selama depresi dari 1772 melalui inovasi biaya akuntansi ." menurut Alistair Cooke dari 1973 buku " Amerika." Bersama oleh tiga traits pedagang sukses. kakek dari Charles Darwin. Bapak Pacioli menulis. "accompants. 31 akuntan pendahulu untuk membentuk American Institute of Certified Public Accountants. Industri diikuti Eropa investasi ke New World. mereka membuat standar tes. adalah akses ke uang tunai. Christopher Columbus his kontemporer ternyata tahu bahwa: Pada Nya pelayaran ke New World. yang subur di Inggris." yang dikenal sebagai akuntan. J dekade kemudian.harus ada debet. sebuah konsep yang dibuat oleh pedagang Florentine dan hailed oleh Goethe sebagai "salah satu yang paling indah Discoveries dari roh manusia. dan kemudian menetapkan harga untuk memastikan margin yang cukup untuk tetap bersemangat. Pada pertengahan abad ke-19. . ia mengambil sebuah kerajaan akuntan untuk melacak his "perdayaan lembar ketika ia mulai angka biaya emas dan rempah-rempah ia akan menumpuk. " Kerajinan yang sedikit berubah sampai revolusi industri. yang terus diperbarui sistem akuntansi yang baik dan pemegang buku.menghitung biaya bahan dan tenaga kerja untuk setiap langkah dari proses manufaktur. ketika akuntansi lanjutan dari recordkeeping murni untuk sarana untuk hidup. dan pada tahun 1887. yang berlari Dickensian pengoperasian screeching supervisor lording atas clerks toiling panjang jam untuk membayar sedikit. Josiah Wedgwood. yang namanya hidup di Pricewaterhouse Coopers.

Saxon2. Proportioni et Proportionalita yang berisi tentang palajaran ilmu pasti. yaitu dicatat pada batu. Pencatatan yang lebih lengkap dikembangkan di Italia setelah dikenal angka. Bagian yang berisi pelajaranpe mbukuan itu berjudul Tractatus de Computis et Scriptorio. misalnya sistem Belanda.angka desimal arab dan semakin berkembangnya dunia usaha pada waktu itu. Sistem Belanda atau tata buku disebut juga sistem Kontinental. Penemuan yang sama juga diperoleh di Mesir dan Yonani kuno. dan sistem Amerika Serikat. kulit kayu. pencatatan transaksi perdagangan dilakukan dengan cara sederhana. Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (double entry system) oleh pedagang. pada tahun 1494 telah diterbitkan sebuah buku tentang pelajaran penbukuan berpasangan yang ditulis oleh seorang pemuka agama dan ahli matematika bernama Luca Paciolo dengan judul Summa de Arithmatica. Pencatatan itu belum dilakukan secara sistematis dan sering tidak lengkap. yaitu berasal dari Babilonia pada 3600 sebelum masehi. sistem Inggris. Buku tersebut kemudian tersebar di Eropa Barat dan selanjutnya dikembangkan oleh para pengarang berikutnya. Sistem Inggris dan Amerika Serikat disebut Sistem Anglo. Dengan dikenalnya sistem pembukuan berpasangan tersebut. Sistem pembukuan berpasangan tersebut selanjutnya berkembang dengan sistemyang menyebut asal negaranya. Pada awalnya. . Catatan tertua yang berhasil ditemukan sampai saat ini masih tersimpan.pedagang Venesia yang merupakan kota dagang yang terkenal di Italia pada masa itu. di dalam buku itu terdapat beberapa bagian yang berisi palajaran pembukuan untuk para pengusaha. Namun.Perkembangan Akuntansi dari Sistem Pembukuan Berpasangan. Geometrica. dan sebagainya.

Pada Zaman penjajahan Belanda. Debit (adebeo) dan kredit . Setelah tahun 1960. perusahaanperusahaan di Indonesia menggunakan tata buku. sistem pembukuan berpasangan berkembang di Amerika Serikat yang disebut accounting (akuntansi). seorang pastur dari ordo Fransiskus. Proportioni et Proportionalita yang didalamnya terdapat dua buah bab-de Computis et Scripturis-yang menjelaskan pembukuan pencatatan berpasangan. Pada akhir abad ke-19. Sejalan dengan perkembangan teknologi di negara itu. akuntansi cara Amerika (Anglo. Jadi. terutama Inggris menjadi pusat perdagangan pada masa revolusi industri.Saxon). Akuntansi tidak sama dengan tata buku walaupun asalnya samasama dari pembukuan berpasangan. diantaranya teknik pembukuan. pada umumnya diasosiasikan dengan pengenalan pembukuan pencatatan berpasangan untuk pertama kalinya. Ia menyatakan bahwa tujuan pembukuan adalah “untuk memberikan informasi yang tidak tertunda kepada para pedagang mengenai keadaan aktiva dan utang-utangnya”. Pada tahun 1494 ia menerbitkan bukunya. Kontribusi Luca Pacioli Nama Luca Pacioli. Eropa Barat. sistem pembukuan yang dipakai di Indonesia berubah dari sistem Eropa (Kontinental) ke sistem Amerika (Anglo. sekitar pertengahan abad ke-20 telah dipergunakan komputer untuk pengolahan data akuntansi sehingga praktik pembukuan berpasangan dapat diselesaikan dengan lebih baik dan efisien. Summa de Arithmetica Geometria.Perkembangan Akuntansi dari Sistem Kontinental ke Anglo. pusat perdagangan pindah dari Venesia ke Eropa Barat. Akuntansi sangat luas ruang lingkupnya.Saxon Pada abad pertengahan. Pada waktu itu pula akuntansi mulai berkembang dengan pesat.Saxon) mulai diperkenalkan di Indonesia.

Penerapan sistem pencatatan berpasangan juga diperluas ke jenis-jenis organisasi yang lain. “Seluruh pencatatan harus berpasangan. Perubahan yang patut dicatat adalah diperkenalkan jurnal-jurnal khusus untuk pencatatan berbagai jenis transaksi yang berbeda. Dibawah ini adalah saran yang diberikan: Merupakan suatu hal yang baik untuk menutup buku setiap tahun. 2. Abad ke-17 juga mencatat terjadinya penggunaan akun-akun persediaan yang terpisah untuk jenis barang yang berbeda. di abad ke-17 dan abad ke-18 terjadi evolusi pada personifikasi dari seluruh akun dan transaksi. 3.(credito) digunakan dalam pencatatan untuk memastikan sebuah pencatatan berpasangan. Sekitar abad ke-16 terjadi beberapa perubahan di dalam teknik-teknik pembukuan. Yaitu. Seringnya melakukan pencatatan akuntansi akan memperpanjang persahabatan. Ia berkata. sebagai suatu usaha untuk merasionalisasikan aturan debit dan kredit yang digunakan pada akun-akun yang tidak pasti hubungannya dan abstrak. terutama jika Anda memiliki kerja sama kemitraan dengan pihak-pihak lain. Sebagai tambahan lagi. Pacioli menyarankan perhitungan dari laba suatu periode dan penutupan buku. Tiga buku digunakan disini : sebuah memorandum. Pada abad ke-16 dan 17 terjadi evolusi pada praktik laporan keuangan periodik.2 Perkembangan pembukuan pencatatan berpasangan Perkembangan tersebut meliputi hal-hal berikut ini : 1. maka Anda harus membuat seorang debitor”. . sebuah jurnal. jika Anda membuat seorang kreditor. dan sebuah buku besar. 4. Pada waktu yang bersamaan. mengingat umur yang pendek dari perusahaan-perusahaan bisnis. 2.

8. . Akhir abad ke-19 dan ke-20 terjadi perkembangan pada laporan dana. dan kepercayaan yang diberikan kepada konsep-konsep mengenai kelangsungan. dan akrual. Sampai dengan awal abad ke-19.5. 10. sebagai cara untuk memungkinkan dilakukannya perhitungan dari laba periodik. periodisitas. Pemain utama pada masa itu adalah asosiasi akuntan profesional. Akuntansi biaya muncul di abad ke-19 sebagai sebuah hasil dari revolusi industri. akuntansi untuk perhitungan bisnis. akuntansi mendapatkan status yang lebih baik. sampai kepada masalah penting dari akuntansi sebagai produk baru dari rekayasa keuangan (financial engineering). depresiasi untuk aktiva tetap hanya diperhitungkan pada barang dagangan yang tidak terjual. 9. mulai dari perhitungan laba per saham. Dimulai dengan East India Company di abad ke-17 dan selanjutnya diikuti dengan perkembangan dari perusahaan tadi. Pada paruh terakhir dari abad ke-19 terjadi perkembangan pada teknik-teknik akuntansi untuk pembayaran dibayar di muka dan akrual. yang ditunjukkan dengan adanya kebutuhan akan akuntansi biaya. Metode-metode untuk pencatatan aktiva tetap mengalami evolusi pada abad ke-18. sewa jangka panjang dan pensiun. Di abad ke-20 terjadi perkembangan pada metode-metode akuntansi untuk isu-isu kompleks. 11. akuntansi untuk inflasi. American Institute of Accountans (AIA). seiring dengan revolusi industri. 7. 6. Perkembangan Prinsip-Prinsip Akuntansi di Amerika Serikat Tahap kontribusi manajemen (1900-1933) Pengaruh manajemen di dalam formulasi prinsip-prinsip akuntansi muncul dari meningkatnya jumlah pemegang saham dan peranan ekonomi dominan yang dimainkan oleh perusahaan-perusahaan industri setelah tahun 1900.

kebangsaan Inggris. mengusulkan agar Institut Akuntan Publik Bersertifikat Amerika (American Institute of Certified Public Accountant-AICPA) memulai sebuah usaha kerja sama dengan bursa efek. Kejadian penting yang lain dimasa itu adalah meningkatnya dampak dari teori akuntansi terhadap perpajakan atas laba usaha. George O. Komite Khusus dari AICPA melalui kerja sama dengan Bursa Efek menyarankan solusi umum berikut ini : . Meskipun Undang-Undang pendapatan tahun 1913 telah memberikan dasar kalkulasi laba kena pajak dengan dasar penerimaan dan pengeluaran kas. May. Setelah publikasi yang dilakukan oleh Ripley di dalam satu artikel yang mengkritik teknik-teknik pelaporan sebagai sesuatu yang memperdayakan. Pihak yang menentang pun mengalami kekalahan. termasuk Undang-Undang Sekuritas pada tahun 1933 yang mengatur penerbitan sekuritas di pasar-pasar antarnegara bagian dan Undangundang Sekuritas tahun 1934 yang mengatur perdagangan sekuritas. Kongres menciptakan SEC dengan tugas untuk mengelola beragam hukum-hukum investasi federal. Penentang atas posisi dari Institut ini menghadapi pernyataan di dalam laporan yang mengatakan “diperhitungkannya bunga di dalam biaya produksi adalah teori yang tidak berdasar dan salah. Sebagai akibatnya. Tahap kontribusi institusi (1933-1959) 1. Undang-Undang tahun 1918 adalah yang pertama mengakui peranan dari prosedur akuntansi di dalam penentuan laba kena pajak. dan dapat dikatakan mustahil (absurad) di dalam praktiknya”.Posisi dari AIA atas permintaan dari Komisi Dagang Federal (Fedeal Trade Commission-FTC) adalah bahwa “tidak ada biaya penjualan. 2. beban bunga atau beban administrasi di dalam biaya overhead pabrik”. Pada tahun 1934.

. FASB telah menerapkan sebuah pendekatan deduktif dan quasi politik dalam formulasi dari prisnip-prinsip akuntansi. sebagai konsekuensinya. Institut selanjutnya di tahun 1938 memutuskan memberikan kuasa kepada Komite Prosedur Akuntansi (Committee Accounting Procedure-CAP) untuk mengumumkan keputusannya. Komite mengusulkan percobaan resminya yang pertama untuk mengembangkan teknik-teknik akuntansi yang berlaku umum. dan meningkatnya kecaman dari Asosiasi Akuntansi Amerika (American Accounting Association) dan para anggotanya yang baru saja dibentuk. 4 oleh SEC.Alternatif yang lebih pratikal adalah membiarkan setiap perusahaan untuk bebas memilih metode-metode akuntansinya sendiri di dalam …batasan yang sangat luas… namun mengharuskan adanya pengungkapan dari metode yang dipergunakan dan konsistensi pengaplikasiannya dari tahun ke tahun. Dikenal sebagai “prinsipprinsip umum” (board principles). yang menantang profesi akuntan untuk memberikan “dukungan substansial dari yang berwenang” bagi prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku. dengan adanya usaha untuk mengembangkan . Sejak awal. pertama. Hal yang dilakukan oleh FASB mendapatkan nilai yang lebih baik. Setelah diterbitkannya ASR No. aturan-aturan akuntansi hendaknya dibuat di dalam arena politik. Sebagai tambahan. Tahap politisasi (1973-sekarang) Keterbatasan yang dimiliki oleh baik asosiasi profesional maupun manajemen di dalam memformulasikan suatu teori akuntansi telah mengarah kepada pengadopsian suatu pendekatan yang lebih deduktif sekaligus melakukan politisasi atas proses penetapan standarnya-sebuah situasi yang diciptakan oleh pandangan yang berlaku umum bahwa angka-angka akuntansi memengaruhi prilaku berekonomi dan. 3.

proses penetapan standar memiliki aspek politis di dalamnya. . dan kedua. Oleh sebab itu.suatu kerangka kerja teoretis atau kesepakatan dalam akuntansi. Max Weber menekankan argumentasi sebagai berikut : “Organisasi modern yang rasional dari perusahaan kapitalistis tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya dua faktor penting didalam perkembangannya : pemisahan bisnis dari rumah tangga dan berkaitan erat dengannya. Hal yang serupa pula. proses tersebut dapat diuraikan sebagai legislatif karena penetapan standar harus dimusyawarahkan dan karena seluruh pandangan harus didengarkan. Proses ini dapat diuraikan sebagai bersifat politis karena terdapat satu usaha pembelajaran yang terkait dengan usaha untuk mendapatkan penerimaan satu standar baru. seperti semua badan pembuat peraturan. dengan lahirnya berbagai kelompok yang berkepentingan. pembukuan yang rasional”. yang kontribusinya diperlukan bagi penerimaan “umum” atas standar baru. Tetapi karena penetapan standar membutuhkan beberapa perspektif. AKUNTANSI DAN KAPITALISME Akuntansi dan kapitalisme saling dikaitkan oleh beberapa sejarawan ekonomi dengan adanya klaim umum bahwa pembukuan pencatatan berpasangan adalah suatu hal yang vital di dalam perkembangan dan evolusi dari kapitalisme. hak Dewan untuk membuat peraturan pada akhirnya akan sangat bergantung kepada persetujuan dari pihak yang diatur. Proses dari penetapan standar dapat digambarkan sebagai demokratis karena. Tetapi para penyusun standar diharapkan untuk dapat mewakili seluruh pemilih sebagai satu kesatuan dan tidak menjadi perwakilan dari sekelompok pemilih tertentu. maka tidaklah tepat jika suatu standar ditetapkan dengan hanya didasarkan pada penggambaran dari para pemilihnya.

Rasionalisme baru ini kian ditingkatkan lagi dengan adanya organisasi yang sistematis. Pencatatan berpasangan memberikan kontribusi bagi munculnya satu sikap baru atas kehidupan ekonomi. melakukan. Ia mengatakan : . 4. 3.Hubungan antara akuntansi dan kapitalisme ini selanjutnya dikenal sebagai tesis atau argumen Sombart. Empat alasan berikut ini umumnya muncul untuk menjelaskan peranan dari pencatatan berpasangan di dalam ekspansi ekonomi : 1. Ia mengemukakan bahwa transformasi aktiva menjadi nilai-nilai abstrak dan ekspresi kuantitatif dari aktivitas bisnis. Yamey mengindikasikan bahwa para usahawan di abad ke-16 sampai dengan abad ke-18 tidak pernah menggunakan pembukuan dengan pencatatan berpasangan untuk melacak laba dan modalnya. 2. namun hanya menggunakannya untuk mencatat suatu transaksi. dan akuntansi yang sistematis dalam bentuk pembukuan pencatatan berpasangan membuat adanya kemungkinan untuk seorang wirausahawan yang kapitalis untuk merencanakan. Semangat baru melakukan akuisisi ini didukung dan didorong oleh adanya perbaikan dari perhitungan-perhitungan ekonomis. dan mengukur dampak dari aktivitas yang ia lakukan serta melakukan pemisahan dari pemilik dan bisnis itu sendiri. Pembukuan pencatatan berpasangan mengizinkan adanya pemisahan atas kepemilikan dan manajemen dan karenanya meningkatkan pertumbuhan dari perusahaan besar dengan saham gabungan. sehingga memungkinkan adanya pertumbuhan bagi perusahaan.

akuntan yang berpraktek disebut Certified Public Accountant (CPA). walaupun kebanyakan kantor akuntan juga menawakan jasa akuntansi. CIA kebanyakan memberikan . dan dikelompokkan ulang kembali. bantuan litigasi dan konsultansi keuangan lainnya. Sertifikasi CIA dikeluarkan oleh Institute of Internal Auditors (IIA). yang diberikan kepada kandidat yang lulus dalam empat bagian ujian. Sertifikasi CPA dikeluarkan di negara bagian tempat kedudukan yang bersangkutan berupa ijin untuk menawarkan jasa auditing kepada publik. banyak pekerjaan akuntansi dikerjakan oleh seseorang tanpa memiliki sertifikasi namun di bawah pengawasan seorang akuntan bersertifikat. Sebagai tambahan. perpajakan.“sistem pencatatan berpasangan hanyalah menambahkan sedikit dari pemberian kerangka kerja di mana data akuntansi dapat ditempatkan dan sementara datanya dapat diatur. Sistem tidak dengan sendirinya menentukan rentang dari data yang harus dimasukan kedalam satu aturan tertentu. Perbedaan jenis sertifikasi adalah dalam hal jenis-jenis jasa yang ditawarkan. Amerika Serikat Di Amerika Serikat. Ujian ini dibuat dan diperiksa oleh American Institute of Certified Public Accountants. Certified Internal Auditor (CIA) dan Certified Management Accountant (CMA). Kualifikasi dan regulasi di bidang akuntansi Persyaratan untuk dapat masuk dalam profesi akuntansi berbeda di setiap negara. walaupun mungkin saja satu orang memiliki lebih dari satu sertifikat. Persyaratan untuk mendapat sertifikat CPA bervariasi di antara negara bagian. namun ujian Uniform Certified Public Accountant diharuskan di setiap negara bagian. maupun memaksakan adanya pola tertentu dalam pengurutan internal dan pengurutan ulang data”. dikelompokkan.

Certified Public Accountant (CPA .Irlandia dan Hong Kong). Persemakmuran Inggris dan beberapa bekas negara bagian Inggris lainnya). Sertifikasi CMA diberikan oleh Institute of Management Accountants (IMA).di Inggris. Australia beberapa negara Persemakmuran Inggris. Kanada Di Kanada. Persemakmuran Inggris Di Inggris. ada tiga lembaga yang menangani akuntansi: the Canadian Institute of Chartered Accountants (CA). . CMA kebanyakan memberikan jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan kepada publik. ekuivalen Certified Public Accountant (CPA) diantaranya Chartered Accountant (CA . Biro Statistik Tenaga Kerja (Bureau of Labor Statistics) dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (United States Department of Labor) memperkirakan ada sekitar satu juta (1) orang yang bekerja sebagai akuntan dan auditor di Amerika Serikat. namun dengan lingkup yang lebih kecil dibanding CPA. dan the Society of Management Accountants of Canada (CMA). the Certified General Accountants Association of Canada (CGA). Kanada. International Accountant (AIA .Inggris). yang diberikan kepada kandidat yang dinyatakan lulus dalam empat bagian ujian dan memenuhi pengalaman praktek tertentu berdasarakan ketentuan IMA. Certified General Accountant (CGA Kanada). CMA juga bisa menawarkan jasanya kepada publik. dan Certified Practising Accountant (CPA . Chartered Certified Accountant (ACCA .jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan kepada publik.Australia).Inggris). CA dan CGA dibentuk berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pada tahun 1902 dan 1913 sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.

Namun. program CMA memfokuskan diri pada akuntansi manajemen. Sebelum terjadinya skandal Enron dan beberapa skandal akuntansi lainnya. Sejak pemisahan bisnis jasa atestasi Arthur Andersen. ada lima kantor akuntan terbesar yang dinamakan the Big Five. Ernst & Young 4. Kantor akuntan the Big Four Kantor akuntan the Big Four merupakan kantor akuntan internasional terbesar di dunia yang terdiri dari: 1. Ketiganya mengharuskan setiap kandidat untuk mendapatkan gelar kesarjanaan dan pengalaman praktek sebelum memperoleh sertifikasi.Program CA difokuskan menjadi akuntan publik dan kandidat harus memiliki pengalaman auditing dari kantor akuntan publik.KPMG Kalau ditelusuri. karena pengaruh ekonomi Amerika Serikat yang sangat dominan. Ernst & Young didirikan oleh seorang akuntan dari Skotlandia.Deloitte 3. di Amerika Serikat sebagian besar bergabung dengan KPMG sedangkan . PricewaterhouseCoopers 2. yang sampai saat ini terbentuk dari serangkaian panjang penggabungan usaha. KPMG merupakan produk gabungan dari dua kantor besar dari Belgia dan Belanda. program CGA memberikan kebebasan bagi kandidatnya untuk memilih karir di bidanga keuangan. sejarah keempat kantor akuntan terbesar tersebut berasal dari Eropa. PricewaterhouseCoopers dan Deloitte didirikan di Inggris. kantor-kantor cabang the Big Four yang berlokasi di Amerika Serikat selalu berhasil memperoleh penghasilan yang lebih besar dibanding dengan gabungan kantorkantor cabangnya seluruh dunia.

Arthur Andersen keluar dari kelompok itu. pengelompokan kantor akuntan terbesar ini juga dikenal sebagai the Big Six dan the Big Eight.di luar Amerika bergabung dengan Deloitte & Touche. . Sebelumnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->