CPU CPU merupakan tempat pemroses instruksi program yang pada computer mikro disebut dengan micro-processor

(pemroses mikor). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC (Integrated Circuit). Dimana IC ini digunakan untuk mengimplementasikan fungsi logika. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu: 1. Arithmetika Logic Unti (ALU) Tugas utama dari ALU ini adalah untuk melakukan semua perhitungan aritmetika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmetika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronika yang digunakan disebut dengan Adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu: sama dengan (=), kurang dari (<), atau lebih dari (>). 2. Control Unit (CU)= unit kendali Unit ini bertugas untuk mengatur atau mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada layar output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program Komputer, membawa data dari alat input ke memory utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika. Maka unit kendali ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali adalah:
• • • • •

Mengatur dan mengendalikan alat-alat input output Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama Mengambil data dari memori utama (jika dibutuhkan) untuk diproses Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU Menyimpan hasil proses ke memori utama

Disamping itu CPU mempunyai alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang sedang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Dengan demikian ada 3 macam memori yang digunakan dalam sistem komputer, yaitu:

Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang . Hewlett Packard (HP). Saat ini. gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna. Sebaliknya. Selain itu ketika sedang mencetak. Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi. Fungsi printer Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Umumnya. merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson. Secondary storage (digunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen) printer Teknologi Printer Dari waktu ke waktu.1. Main memori ( digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan menyimpan data hasil pengolahan) 3. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. yaitu warna hitam. Canon. printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Register (digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yangs sedang diproses 2. Jenis Printer Printer Dot-Matrix Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). silahkan membaca kelanjutan artikel ini. jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus. jenis printer dan cara kerja printer. teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Istilah ‘printer’ saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer.

Ibarat aur dengan tebing. tergantung pada jenis merk printer tersebut. monitor Apabila menyentuh mengenai dunia komputer peribadi (PC) pengguna. pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet. sistem operasi atau jenis pemprosesannya yang memberi nyawa ketika menghidupkan komputer. komputer tidak lengkap tanpa paparan monitor yang memainkan peranan penting menjelaskan imej yang ditafsir daripada kod nombor dibaca CPU menjadikan gambar terpampang pada skrin. segerak berbilang dan paparan kecerahan elektro (ELD). Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus. Boleh dikatakan. Laser Printer Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. monitor terletak di bawah kategori unit paparan visual yang berupaya memaparkan visual dijana pemprosesan grafik menerusi kad grafik. peranti memaparkan imej terbabit mempunyai dua jenis spesies pada masa kini termasuk tiub sinar katod (CRT) dan pemapar cecair kristal (LCD) yang berlegar di pasaran. . masyarakat sering kali mengaitkannya dengan unit pemprosesan komputer (CPU). dunia perkomputeran turut mengklasfikasikan monitor kepada empat jenis iaitu monokrom. Selain itu.terkenal ‘bandel’ (awet). Tetapi pada inkjet printer. sehingga mirip sekali dengan aslinya. Tetapi harga printer ini cukup mahal. Kelebihan lainnya. warna. hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. Menurut bahasa komputer. InkJet Printer Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama.

Sungguhpun begitu. EGA tidak memberikan peleraian imej mencukupi untuk kegunaan bertahap tinggi seperti reka bentuk grafik. IBM memperkenalkan sistem paparan Susunan Grafik Video (VGA). Sementara itu. Pada awalnya semua monitor tergolong dari jenis CRT sama seperti yang dilihat menerusi tiub televisyen namun kini populariti monitor jenis LCD kian mendapat perhatian dan bakal menggantikan CRT secara perlahan-lahan. ia memperbaiki kualiti berbanding paparan lebih awal selain memungkinkan pembacaan teks yang lebih mudah. ataupun 256 warna pada 320 x 200. Sistem terbabit masih digunakan sehingga sekarang dan dijadikan piawaian minimum yang dapat diterima untuk PC dengan peleraian maksimum bergantung kepada bilangan warna dipaparkan.Mutu monitor tergantung kepada beberapa faktor terutama bilangan piksel yang dipaparkan oleh skrinnya kerana lebih banyak pikselnya. . mod EGA masih boleh didapati untuk pemprosesan lama dan PC pada kediaman lama. Semestinya monitor LCD lebih mencuri perhatian apatah lagi ia mampu ditempatkan pada ruang yang terhad. Paparan PC terawal menggunakan monitor monokrom digunakan untuk memproses imej perkataan saja yang digunakan sistem perkomputeran terdahulu pada 1970-an sebelum IBM memperkenalkan sistem lain pada 1981. aplikasi dan penggunaan grafik mudah. lebih tajam teks dan grafik yang dicetuskan. lebih ringan serta menjimatkan bil elektrik berbanding monitor terdahulu. pada tahun 1987. Teknik peleraian CGA sudah cukup untuk kegunaan permainan komputer mudah seperti permainan ‘solitaire’ namun ia tidak mampu memproses perkataan. Pada tahun 1984. Pengguna boleh memilih antara enam belas warna pada 640 x 480. IBM memperkenalkan sistem paparan Penyesuai Grafik Tertingkat (EGA) yang dapat memberikan sehingga 16 warna berlainan dan peleraian sehingga 640 x 350. Yang menariknya. Secara tidak langsung. Sistem paparan Penyesuai Grafik Warna (CGA) pada tahun itu berjaya memperkenalkan empat warna dengan meleraikan piksel kepada 320 secara mendatar dan 200 menegak (320 x 200).

Menjelang tahun 1990. Nah. Spesifikasi peleraian imej berbeza-beza. keyboard dihubungkan ke komputer dengan . kesalahan ketikan dan yang lainnya. Manakala dua teknologi yang diperkenalkan pada monitor baru termasuk paparan berteknologi plasma dan diod sinar organik (OLED) yang mampu memberi keunggulan visual kepada pengguna. keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Ia juga mampu membuat peleraian 1024 x 768 dalam 65. lebih besar skrin Monitor SVGA.536 warna. Persatuan Piawaian Elektronik Video (VESA) pula mengasaskan antaramuka pengaturcaraan piawaian untuk paparan Susunan Grafik Video Super (SVGA) yang digelarkan Sambungan BIOS VESA (“VESA BIOS Extension”). paparan SVGA dapat mendukung palet sehingga 16 juta warna bergantung kepada jumlah memori video tersedia dalam sesuatu komputer yang akan mengehadkan bilangan warna dapat dipaparkan. Tidak demikian dengan keyboard. kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. lebih banyak piksel dapat dipaparkan secara datar dan tegak. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu. sekali lagi IBM melangkah untuk mengumumkan sistem paparan Susunan Grafik Terluas (XGA) sebelum mengetengahkan versi berikutnya. Pada umumnya. keyboard Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. iaitu XGS-2 yang memberikan peleraian 800 x 600 piksel dalam warna yang benar (16 juta warna). istilah SXGA digunakan untuk merujuk kepada skrin yang mempunyai peleraian 1280 x 1024 manakala UXGA membawa pengertian kepada peleraian 1600 x 1200. Kedua-dua tahap peleraian imej ini terus mendapat permintaan hebat di pasaran pada hari ini. Seperti juga “mouse”. Lazimnya. Zaman moden turut melampiaskan ‘peluhnya’ kepada monitor ala baru menerusi Susunan Grafik Terluas Super (SXGA) dan Susunan Grafik Terluas Ultra (UXGA). kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan. Bila kita menggunakan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Kebiasaannya.

Modifier Key E. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Office (khususnya MS. “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Cursor Movement Key. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang. . karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Word) ada beberapa tombol Keyboard yang mempunyai fungsi apabila dikombinasikan atau digabungkan dengan tombol lainnya. Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut : A.+ = < > / . angka 0 .sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. a – z.9. ? : . tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ . Function Key D. Numerik Keypad C. Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). contoh seperti di bawah ini : Ctrl + A = Select All Ctrl + B = Bold Ctrl + C = Copy Ctrl + D = Font Ctrl + E = Center Alignment Ctrl + F = Find Ctrl + G = Go To Ctrl + H = Replace Ctrl + I = Italic . Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z. dalam menggunakan aplikasi Ms. Alphanumeric Key B. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. Selain itu.

. yaitu: 1.Ctrl + J = Justify Alignment Ctrl + K = Insert Hyperlink Ctrl + L = Left Alignment Ctrl + M = Hanging Indent Ctrl + N = New Ctrl + O = Open Ctrl + P = Print Ctrl + Q = Normal Style Ctrl + R = Right Alignment Ctrl + S = Save / Save As Ctrl + T = Left Indent Ctrl + U = Underline Ctrl + V = Paste Ctrl + W = Close Ctrl + X = Cut Ctrl + Y = Redo Ctrl + Z = Undo Ctrl + 1 = Single Spacing Ctrl + 2 = Double Spacing Ctrl + 5 = 1. Port pada keyboard serial 2. Keyboard PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat. keyboard terbagi atas 4 bagian.5 lines Ctrl + Esc = Start Menu Secara fisik. Keyboard Serial Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT. sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri. wifi atau bluetooth. Keyboard dan mouse wireless 4. dibutuhkan unit pemancar dan penerima.Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard 3. Keyboard USB Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat . Keyboard Wireless Sesuai dengan namanya. keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red. sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Petunjuk mouse di desktop akan bergerak sesuai dengan gerakan mouse. 2. Mouse biasanya mempunyai 2 tombol. . baik yang berbasis radio. Yang pertama-tama harus kita lakukan adalah mencoba menggerakkan mouse. Beberapa langkah atau cara penggunaan mouse antara lain : • Menunjuk ( Point ) Yang dimaksud di sini yakni memindahkan petunjuk mouse ( mouse pointer ) pada bagian tertentu yang diinginkan ( dapat berupa icon. sinar infra merah.800 titik per inci.000 titik per inci ( dpi ).mouse Mouse merupakan alat bantu umum yang digunakan untuk program computer yang menggunakan system operasi windows. Saat ini teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai system laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2. menu atau perintah. tetapi menggunaakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. bahkan ada yang bisa mencapai 4. maupun bluetooth. Selain itu ada pula mouse yang sudah menggunakan teknologi nirkabel. Dengan mouse kita dapat mengatur posisi petunjuk mouse ( pointer ). tetapi ada juga mouse yang menggunakan tiga tombol. Cara Menggunakan Mouse Mouse dapat memudahkan kita untuk mengklik perintah-perintah yang kita butuhkan. baris ( toolbar ). 1. Kriteria Dalam Memilih Mouse Pemilihan mouse sebenarnya bergantung pada user. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video. Sebaiknya pilihlah mouse yang lebih modern yang sudah tidak menggunakan bola lagi. Yang umum dan sering kita gunakan adalah 2 tombol yakni tombol kiri dan kanan. Tombol pada mouse berguna sebagai pengganti beberapa tombol pada keyboard.

Rangkuman Materi Windows Windows merupakan operating system untuk menjalankan suatu aplikasi. • Scroll Roda berlapis karet yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan pointer. kelebihan yang dimiliki yakni windows menggunakan bahasa yang umum atau universal.• Klik ( Click ) Ada 2 penggunaan yakni klik kiri dan klik kanan. Klik kiri untuk memilih program aplikasi yang kita butuhkan sedang klik kanan untuk menampilkan objek terpilih dalam layar. windows millennium edition. windows media palayer. Windows memiliki banyak versi antara lain windows 98. keamanan yang powerfull serta tampilan yang simple dan elegan. dll. windows 2000. Di samping mempunyai kekurangan. • Geser ( Drag ) Menekan tombol kiri mouse ( jangan dilepas ) dan gerakkan mouse ke posisi baru yang diinginkan. windows movie maker. windows NT. windows vista. • Klik ganda ( Double Click ) Menekan tombol kiri dua kali berurutan secara tepat. Dalam menjalankan suatu aplikasi windows memiliki kekurangan dan kelebihan. windows XP. . Kekurangan antara lain system pengamanannya lemah dan juga banyaknya virus yang dapat menyerang aplikasinya.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.