P. 1
Hakekat Dan Fungsi Ideologi

Hakekat Dan Fungsi Ideologi

|Views: 656|Likes:

More info:

Published by: rizky-muhammad-apwg-4433 on Aug 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2012

pdf

text

original

HAKEKAT DAN FUNGSI IDEOLOGI

>>

Ideologi pada dasarnya merupakan hasil refleksi manusia atas kemampuannya mengadakan distansi (menjaga jarak) dengan dunia kehidupannya.

Fungsi Ideologi : 1. Struktur kognitif, ialah keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian -kejadian dalam alam sekitarnya. 2. Orientasi dasar denganmembuka wawasan yang memberikan ma kna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia. 3. Norma-Norma yang menjadi pegangan dan pedoman bagi seseoranguntuk melangkah dan bertindak. 4. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya. 5. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan. 6. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma -norma yang tercantum di dalamnya.

Peranan Idelogi : 1. Sebagai jawaban atas kebutuhan akan citra atau jati diri suatu kelompok sosial, komunitas, organisasi, atau bangsa. 2. Untuk menjembatani ´founding fathers´ dan para generasi penerus. 3. Menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan kelompok yang be rpegang pada ideologi tsb. 4. Sebagai suatu kode atau keyakinan para pendiri yang menguasai, mempengaruhi seluruh kegiata sosial.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->