Lempar lembing

Lembing adalah sebuah alat dalam salah satu nomor olahraga atletik. Lembing berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam disalah satu ujungnya. Melempar adalah melakukan gerakan menolak / mendorong seperti membuang sesuatu dari tangan kita. Dalam proses melempar terjadi pengaliran tenaga dari tangan terhadap media yang dipegang tangan. Berat media, stabilitas media, dinamika gerakan tubuh, kuat tenaga, statistika ritme, akan mempengaruhi seberapa jauh lemparan anda. Lemparan terdapat proses, penyaluran tenaga, tolakan, pelepasan tenaga dan media, daya layang dan jatuh media di tanah (grafitasi). Lempar Lembing dapat diartikan, melakukan gerakan untuk mendorong lepas lembing dari tangan dengan tenaga ke arah yang diinginkan.

Comment [W1]:

sebuah alat dalam salah satu nomor olahraga atletik. Lembing berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam disalah satu ujungnya. Melempar adalah melakukan gerakan menolak / mendorong seperti membuang sesuatu dari tangan kita. Dalam proses melempar terjadi pengaliran tenaga dari tangan terhadap media yang dipegang tangan. Berat media, stabilitas media, dinamika gerakan tubuh, kuat tenaga, statistika ritme, akan mempengaruhi seberapa jauh lemparan anda. Lemparan terdapat proses, penyaluran tenaga, tolakan, pelepasan tenaga dan media, daya layang dan jatuh media di tanah (grafitasi). Lempar Lembing dapat diartikan, melakukan gerakan untuk mendorong lepas lembing dari tangan dengan tenaga ke arah yang diinginkan.
o o o o

Lapor Penyalahgunaan Tambahkan ke Kontak Saya Blokir Pengguna

Lembing terbuat dari bambu dengan mata lembing terbuat dari logam - Untuk putra panjang 260 cm, berat 800 gr - Untuk putri panjang 200 cm, berat 600 gr

Cara memegang lembing - Dipegang di atas bahu, ujung lembing ke atas - Dipegang di depan dada , ujung lembing ke bawah - Dipegang di belakang, menempel pada tangan yang memegang lembing diluruskan Teknik dalam lempar lembing. 1. Cara Memegang Lembing dipegang pada bagian pegangannya yang diikat dengan tali sepanjang 20cm, dengan jari kelingking terdekat pada ujung lembing, sedangkan ibu jari dan telunjuk atau telunjuk dan jari tengah memegang erat ikatan tali pegangan yang berbentuk tonjolan. Pegangan itu harus kuat dan jari-jari lainya menahan lembing di atas telapak tangan.

2. Lari dimulai dengan kaki kiri Dengan kaki mendarat pada tumit ujung telapak kaki.Telapak tangan harus tetap menghadap ke atas selama gerakan melempar. Lemparan dari sikap berdiri Perhatikan siku harus sedekat mungkin pada lembing selama lembing belum dilemparkan. menghadap ke arah lemparan.Setelah melempar keluar lewat garis sektor lempar .Ujung lembing tidak membekas pada tanah .Mempunyai hak melempar 3 kali . Punggung sedikit ke belakang. Hak melempar . sedang lembing dipegang dengan tangan kanan dan lengan lurus ke belakang. Yang perlu diperhatikan gerakan terakhir pada langkah kaki kanan saat akan melempar. Jauh dekatnya lemparan tergantung pada kecepatan lengan waktu melepas lembing.Lembing tidak dipegang pada pembalutnya . Lembing dipegang dengan dengan lurus di belakang kepala. Begitu pundak bergerak. Gerakan lemparan dimulai dengan putaran ke depan dari panggul sebelah kanan (untuk lemparan menggun akan tangan kanan). gerakan berlanjut pada pundak mengikuti ke depan. Lemparan dengan lari tiga atau lima langkah Cara lari dimulai dengan kedua kaki rapat.Menyentuh besi batas lemparan sebelah atas . Jarak kedua kaki kira-kira dua feet (60 cm) dengan ujung kaki kalau bisa menghadap ke arah lemparan. maka lengan harus melempar secepat mungkin dengan sikunya tetap tinggi dan sedekat mungkin dengan lembing.Lembing jatuh di luar garis sektor lempar . Kaki mendarat tidak pada ujungnya. Kaki kanan bergerak ke depan. Tangan harus lebih tinggi dari pundak.Melempar harus dengan 1 tangan Diskualifikasi .Dipanggil 2 menit belum melemapr . lutut diangkat lebih tinggi dan badan agak condong ke belakang. Lembing dalam keadaan sejajar dengan lengan. 3.

lutut dan ujung kaki kanan harus berada pada satu garis lurus vertical. Setelah latihan pertama dikuasi. Latihan Yang pertama.Tolak Peluru Banyak orang awam mengenal apa itu? Peluru!. posisinya sebagai berikut: y y y Dagu. Karena peluru merupakan sebuah benda atau bisa disebut isinya dari senjata Api. Peluru yang digunakan terbuat dari besi berbentuk oval dengan berat 3kg. Punggung jangan membungkuk Jarak antara kedua kaki adalah dua atau tiga kaki tergantung tingginya atlet dan ujung kiri sejajar dengan tumit kaki kanan Gerakan terakhir Badan diputar ke posisi semula waktu menolak. Peluru harus didorong dari tempatnya bertopang di leher. Tapi. bahwa gerakan akhir harus siap dal am posisi dagu-lutut-ibu jari dengan siku di belakang peluru. Yang perlu ditekankan lagi. 7kg. jangan sekali -kali membiarkan lengan tertujuh dibawah peluru atau terburu-buru ditarik. Dan tidak ada hubunganya sama sekali dengan senjata api. kedua kaki sejajar berdampingan. Yang terpenting dari Tolak peluru adalah peluru harus didorong keluar dengan kecepatan maksimal. 4kg. Jari pertama. Yang menggunakan tolakan dengan tangan kanan. jari tengah dan kelingking) merupakan titik-titik utama untuk membantu melontar. selanjutnya lakukan dengan Tolakan Berdiri Tolakan Berdiri. peluru ini klau dihubungkan dengan olahraga banyak manfaatnya yaitu bisa mendatangkan prestasi membanggakan bagi yang berminat mendalaminya. dengan ruang lingkaran lebar 5x3 meter. menghadap ke arah sasaran lemparan dan jarak antara kaki ini lebih lebar sedikit dai lebar pinggul. siku tetap di belakang peluru dan mengikutimya dengan gerak lengan yang cepat. klau sudah menyangkut dengan Peluru pasti dihubung-hubungkan dengan Senjata Api. Jari-jari berdekatan. Pundak kiri tidak boleh turun dalam gerakan ini. 5kg. Posisi untuk menolak harus ditekankan pada kaki. Tolak Peluru merupakan suatu aktivitas yg dilakukan utk mencapai lemparan atau tolakan yg sejauh-jauhnya. ketika peluru sudah dilepaskan. Sedangkan gerakan di antara kedua garis boleh geser ke . Yaitu cabang olahraga tolak peluru yang masuk dalam daftar perlombaan Nasional maupun Internasional. dengan sudut kira -kira 40 derajat. Pada waktu menolak. kedua dan ketiga (telunjuk. karena kaki adalah bagian yang terkuat dari badan. Selama gerakan ini harus ditekankan kecepatan panggul sebelah kanan. siku harus setinggi mungkin dan mengikuti terus di belakang peluru. Teknik-teknik Tolak peluru Cara memegang Peluru harus terletak pada akar jari-jari tangan. Peluru harus tetap berada di posisi di bawah rahang. peluru ini beda dengan apa yang dipikirkan. gerakan menolak dari lengan. Jari kelingking dan ibu jari menjaga agar peluru tidak tegeser ke samping. Klau begitu mocca kenalin peluru yang satu ini.

....Jalur lomba dapat diterima dan dipertanggungjawabkan... diupayakan dikiri kanan jalur dibuatkan pembatas dengan tali atau benda lain.... 17 ± 18 tahun Kelompok Junior III .. sedangkan marathon dan juga cross-country.. untuk kelompok junior putra dan putri harus di bawah 20 tahun. Tolak peluru memiliki dua gerakan yaitu Gaya Obrien (menyamping) . 13 ± 14 tahun Kelompok Veteran Putra ... di bawah 20 tahun Kelompok Junior II . Usia 40 tahun Kelompok Veteran Putri .. .. LARI JARAK JAUH Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m.. rute lomba harus dirinci dalam buku acara serta menunjukkan sekretaris... . curam.... dan Gaya Ortodok (membelakangi). sebagai contoh modifikasi kelompok usia dengan patokan tanggal.Star dan jarak-jarak yang relatif pendek jalur yang menyempit harus dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.pada jalur di alam terbuka di ladang yang luas. .... IAAF menetapkan perlombaan dibagi dalam kelompok umur.... .... ke atas.. semak belukar yang tebal. 15 ± 18 tahun Kelompok Pemula ... Usia 35 tahun Jarak perlombaan lari lintas alam yang sesuai dengan IAAF adalah: jarak 12 km peserta putra dewasa jarak 6 km peserta putra dewasa jarak 8 km peserta putra yunior jarak 4 km peserta putra yunior. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya...... .... wasit dan juri pos(juri titik) sepanjang jalur lomba untuk memberikan arah lari bagi peserta. panitia.. harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis.000m. terjal. Silahkan boleh untuk diperagakan. langkah-samping...samping. secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh.. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.. seperti jembatan titian yang menghambat layu pelari.. Cukup disini ya tutorial tentang teknik dari Tolak Peluru.. Jika jalur tersebut lingkaran hendaknya satu putaran tidak kurang dari 2200 meter.. Tekanannya adalah pada kecepatan gerak yang selalu ditingkatkan. ....Bila merancang jalur hindari rintangan yang membahayakan seperti parit yang dalam.. umpamanya perlombaan dilaksanakan pada 31 Desember maka: Kelompok Junior I . langkah-belakang dan sebagainya.. 10.. Peraturan lari Lintasan Alam/Cross-Country y y y Jalur lomba diupayakan: .......Jalur pelombaan harus diukur dan diumumkan pada semua peserta dan adanya penjelasan tentang kondisi alam sekitar yang dilalui. 5000m.Jalur perlombaan harus diberi rambu-rambu sebagai penunjuk jalur. lapangan rumput yang luas dengan sebagian tanah yang baru dibajak hindari banyaknya jalur yang memotong.

pos penyegar.y y y y Bunyi atau suara pistol sebagai tanda star mulai diberangkatkannya peserta lomba. pelari keempat 10 km. Penilaian dilakukan dengan cara mengambil waktu bagi peserta perorangan. Peraturan Lari di Jalan Raya y y y y y Jarak yang sudah baku untuk lari di jalan raya putra/ putri: 15 km. pos penyegar serta pos guyur disiapkan di garis star dan finis. Oleh karena itu seorang pelari jarak pendek itu dilahirkan /bakat bukan dibuat. Keamanan peserta lomba terjamin selama pelaksanaan perlombaan berlangsung. oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan.195 km. untuk peserta beregu dengan menjumlahkan nilai-nilai masing-masing anggota regu. 42. Setiap pelari dalam satu regu / tim jarak dapat diatur dengan.195. 21.pelari kedua jarak tempuh 10 km. jika lomba lebih dari 10 km pos-pos disediakan setelah 5 km pertama. Peserta tidak diboleh mendapat bantuan penyegar sepanjang lomba. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan halus lancer dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.1% artinya jika pengukur 1 km maka akan dapat diperoleh 1001 meter. pos guyur tersedia di tempat star dan finis dengan jarak interval 3 km. Maka diperhitungkan di dalam pengukuran sebesar 0. estafet jalan raya. pelari keenam jaak tempuh 7. Pos minum. untuk pelari pertama jarak yang ditempuh 5 km. 30 km. maka ditentukan oleh pelari terakhir dari regu yang nilainya sama dengan pelari yang lebih awal masuk/ pemenang pertama. - . LARI JARAK PENDEK Pengertian umum Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara50 m sampai dengan jarak 400 m. Pengukuran rute agar memakai metode sepeda yang berkaliberasi untuk menghindari jalur yang kependekan pada waktu pengukuran.100 km (setengah jarak marathon) 25 km. 20 km. pelari kelima 5 km. maka waktu yang terendah itulah tim yang menang. Jika terdapat nilai yang sama. Peserta dalam keadaan sehat dan layak mengikuti perlombaan oleh tim dokter. Seoarang pelari jarak pendek (sprinter) yang potensial bila dilihat dari komposisi atau susunan serabut otot persentase serabut otot cepat (fast twitch) lebih besar atau tinggi dengan k emampuan sampai 40 kali perdetik dalam vitro disbanding dengan serabut otot lambat (slow twitch) dengan kemampuan sampai 10kali perdetik dalam vitro. Suatu analisa structural prestasi lari jarak pendek dan kebutuhan latihan dan pembelajaran untuk memperbaiki harus dilihat sebagai suatu kombinasi yang kompleks dari prosesproses biomekanika. pelari ketiga jarak tempuh 5 km.

sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa.1. yang dihasilkan dari dorongan badan ke depan. Adapun tahap tahapnya sebagai berikut : b. yaitu : Tahap Bermain (games) Tahap Teknik Dasar (Basic of Technic) Tahap Bermain Pada tahap ini bertujuan untuk mengenalkan masalah gerak (movement problem) lari jarak pendek langsung. yaitu bentuk perorangan. Dalam bermain aa beberapa bentuk yang dapat diberikan. seorang pelari jarak pendek haru dapat s meningkatkan satu atau kedua-duanya. dan energetic. Bila dilihat dari sifat sifat teknis pada tahap ini adalah lutut kaki ayun bergerak ke depan dank e atas (untuk meneruskan dorongan dan menambah panjang langkah) Tahap Tahap Pembelajaran Pembelajaran lari jarak pendek (sprint) terdiri dari beberapa tahapan. serta tahap melayang yang terdiri dari tahap ayun kedepan dan satu tahap pemulihan atau recovery. Urutan Gerak Keseluhan Urutan gerak dalam berlari bila dilihat dari tahap -tahapnya adalah tahap topang yang terdiri dari topang depan dan satu tahap dorong. kecepatan dan percepatan gerak siswa. Kecepatan lari ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah persatuan waktu). pada tahap ini bertuuan untuk memperkecil penghambatan saat sentuh tanah dan memaksimalkan dorongan ke depan.biomotor. Oleh karena itu. Bila dilihat dari sifatsifat teknisnya adalah mendarat pada telapak kaki (ballfoot). memperbaiki sikap berlari jarak pendek serta meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Latihan Dasar ABC Tahap ini bertujuan mengembangkan keterampilan dasar lari dan mengembangkan koordinasi gerak lari . Tahap melayang (flaying phase). dan cara lari jarak pendek yang benar ditinjau secara anatomis. Lari jarak pendek bila dilihat dari tahap -tahap berlari terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap reaksi dan dorongan (reaction dan drive) tahap percepatan (acceleration) tahap tansisi/perobahan (transition) tahap kecepatan maksimum (speed maximum) tahap pemeliharaan kecepatan (maintenance speed) finish tujuan lari jarak pendek adlah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal. Tahap Topang (support phase). serta koordinasi gerak siswa dalam berlari. pada tahap ini bertujuan untuk memaksimalkan dorongan ke depan dan untuk mempersiapkan suatu penempatan kaki yang efektif saat sentuh tanah. Tujuan khusus dalam bermain lari jarak pendek adalah meningkatkan reaksi bergerak. Tahap Teknik Dasar (Basic of Technic) Tahap ini bertujuan untuk mempelajari dasar gerak lari jarak pendek yang sistematis. kelompok kecil atau kelompok besar.

serta guru memperhatikan kaki topang betul-betul lurus dan kontak dengan tanah sesingkat mungkin. selanjutnya siswa berusahamelewati batas yang telah ditentukan dengan kecepatan maksimum. satu teman menunggu di ujung batas yang telah ditentukan. Latihan Dasar Koordinasi ABC Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan keteramilan dan koordinasi lari cepat. mulailah dengan berlari pelan -pelan setelah teman pasangan di depan melepaskan tongkat atau tali siswa yang dibelakang mengejar sampai batas yang telah ditentukan. Buatlah tanda untuk menandai daerah 6 m. Gerak ankling (B). lakukan dngan tidak melebihi berat tahanan. b. b. b. Lutut diangkat tinggi dan kaki diluruskan (D). u Pada tahap ini dapat menggunakan tahanan dari teman atau suatu alat penangan misalnya ban mobil atau beberapa ban motor. Untuk melakukannya buatlah tanda 20 m dan gunakan awalan antara 20 sampai 30 m tetapi bias disesuaikan dengan keadaan lapangan antara 10 sampai 20 m. Lari Percepatan Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan lari percepatan dan keceatan maksimum. Lari Cepat Dengan Tahanan Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan tahap dorong ata support phase dan kekuatan khusus. b.2. lutut diangkat tinggi (C) . dan pelari yang dibelakang berlari optimum dan percepatlah berlari bila pelari yang dating mencapai daerah 6 m dan pelari yang di depan mulai berlari secepat mungkin bila pelari belakang telah menginj garis 6 m ak dibelakangnya.4. . b.5.5 m.3.6. Latihan ni dapat menggunakan tomgkat atau tali sepanjang 1. Lari Mengejar Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan reaksi dan percepatan lari.jarak pendek. Adapun latihannya adalah : Tumit menendang pantat (A) . Start Melayang Lari Sprint 20 m Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan maksimum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful