PAPER TEORI KEKUASAAN

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sosiologi Dosen Pengampu Dra. Djono, M.Pd

Disusun Oleh : Akief Fukoha Husen K4406007 PROGRAM PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

wewenang memberi kekuatan dan bila salah mengaktualisasikan dapat mrusak karena sifat mementingkan diri sendiri diperluas dengan wewenang. sementara David dan Newstroom (1989) membedakan kekusaan dan kewenangan. kekuasaan atau power berarti suatu kemampuan untuk mempengaruhi orang atau merubah orang atau situasi. kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain sedangkan wewenang merupakan pendelegasian dari manajemen yang lebih tinggi. Jadi dapat disimpulkan. Biasanya dibedakan antara kekuasaan yang berarti dalam kemampuan untuk mempengaruhi orang lain sehingga dapat menyebabkan orang lain tersebut bertindak dan wewenang yang berarti hak untuk memerintah orang lain. Kekuasaan dapat didefinisikan sebagai suatu potensi pengaruh dari seorang pemimpin. Menurut Gary A Yukl (1989) adalah potensi agen untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain (target person). . pengertian disini harus meliputi kemampuan untuk membuat keputusan mempngaruhi orang lain dan mengatasi pelaksanaan keputusan itu. 2) Mekanisme sistem informasi. Oleh karena itu. Melaksanakan kekuasaan (power) menuju jalan sukses sangat bergantung kepada yang disebut dengan: 1) Kekuasaan yang sah.TEORI KEKUASAAN 1. Pengertian Kekuasaan Kekuasaan adalah kemampuan untuk bertindak atau memerintah sehingga dapat menyebabkan orang lain bertindak. Jadi penggunaan wewenang adalah soal kepercayaan. 3) Partisipasi aktif dari bawahan. Keberhasilan seorang pemimpin banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam memahami situasi serta ketrampilan dalam menentukan macam kekuasaan yang tepat untuk merespon tuntutan situasi.

Hakikat Kekuasaan Dan Sumbernya Max Weber mengatakan. Pihak yang berpengaruh mempunyai pengaruh di dalam kemampuan. maka kekuasaan di dalam pelaksanaannya melalui saluran-saluran. Pihak yang berpengaruh membantu pihak yang dipengaruhi untuk mencapai tujuannya. Adanya kekuasaan merupakan suatu pengaruh yang nyata atau potensial.Kekuasaan mempunyai peranan yang dapat menentukan nasib berjuta-juat manusia. sebagai berikut: 1) Pengaruh bebas yang didasarkan pada komunikasi dan bersifat persuasif. Oleh karena itu. dengan sekaligus menerapkannya terhadap tindakan-tindakan perlawanan dari orangorang atau golongan-golongan tertentu Kekuasaan yang dapat dijumpai pada interaksi sosial antara manusia maupun antara kelompok mempunyai beberapa unsur pokok. kekuasaan (power) sangat menarik perhatian para ahli ilmu pengetahuan kemasyarakatan. sebagai berikut: 1) Saluran Militer 2) Saluran Ekonomi 3) Saluran Politik 4) Saluran Tradisional 5) Saluran Idiologi . Mengenai pengaruh tersebut. 2) Pengaruh tergantung atau tidak bebas menjadi aktif. kekuasaan adalah kesempatan seseorang atau sekelompok orang untuk menyadarkan masyarakat akan kemauan-kemauan sendiri. 2. lazimnya diadakan perbedaan. yaitu: 1) Rasa takut 2) Rasa cinta 3) Kepercayaan 4) Pemujaan Apabila dilihat dalam masyarakat.

Pemimpin yang memiliki daya kharisma yang tinggi dapat meningkatkan semangat dan menarik pengikutnya untuk melakukan sesuatu. . keahlian atau pengetahuan yang dimiliki oleh pemimpin dimana para pengikutnya menganggap bahwa orang itu mempunyai keahlian yang relevan dan yakin keahliannya itu melebihi keahlian mereka sendiri. penghargan atau pendapatan bagi terpenuhinya permintaan seseorang pemimpin terhadap bawahannya 2) Kekuasaan paksaan (Coercive Power) memenuhi permintaan seorang pemimpin dapat Yaitu suatu kekuasaan yang didasarkan atas rasa takut. Tipe-Tipe Kekuasaan French dan Raven (Gary A Yukl. pemimpin yang demikian tidak hanya diterima secara mutlak namun diikuti sepenuhnya. seorang pemimpin dikagumi oleh pra pengikutnya karena memiliki suatu ciri khas. 5) Kekuasaan acuan (Referent Power) Yaitu suatu kekuasaan yang diasarkan atas daya tarik seseorang. Kekuasaan legal (Legitimate Power) Yaitu suatu kekuasaan yang diperoleh secara sah karena posisi seseorang dalam kelompok atau hirarhi keorganisasian. yaitu : 1) Kekuasaan ganjaran (Reward Power) Merupakan suatu kekuasan yang diadasarkan atas pemberian harapan. 1994) mengidentifikasi ada lima bentuk kekuasaan yang dirasakan mungkin dimiliki oleh seorang pemimpin. bentuk kekuasaan ini secara populer dinamakan kharisma. 4) Kekuasaan keahlian (Expert Power) Yaitu kekuasasan yang didasarkan atas ketrampilan khusus.3. seorang pengikut merasa bahwa kegagalan 3) menyebabkan dijatuhkannya sesuatu bentuk hukuman. pujian.

yaitu sebagai berikut. Ibu-ibu ketua kelompok arisan. 2. 1. setia kawan atau setia kepada kelompok dapat merupakan sumber kekuasaan sehingga seseorang dianggap sebagai pemimpin.Kekuasaan yang Bersumber pada Kepribadian Berbeda dari kepemimpinan yang bersumber pada kekuasaan karena kedudukan. Kekuasaan yang Bersumber pada Politik Selanjutnya. kepemimpinan yang bersumber pada kekuasaan karena kepribadian berawal dari sifat-sifat pribadi. Kepemimpinan seorang presiden juga bersumber pada kekuasaan politik karena sebuah undang-undang yang sudah disetujui parlemen baru berlaku jika sudah mendapat tanda tangannya. . mualim atau penerbang yang paling terampillah yang dijadikan nahkoda atau kapten. Hakim memimpin sidang pengadilan karena ia mempunyai kendali atas jalannya sidang dan putusan atau vonis yang akan dijatuhkan. misalnya. Pasien-pasien di rumah sakit menganggap dokter sebagai pemimpin atau panutan karena dokterlah yang dianggap paling ahli untuk menyembuhkan penyakitnya. Persahabatan atau kesetiaan Sifat dapat bergaul. yang dijadikan pemimpin salat (imam) adalah yang paling fasih membaca ayat Alquran. kekuasaan yang bersumber pada politik terdiri dari beberapa jenis. 3. dipilh karena sifat-sifat pribadi jenis ini. 1. ketua menentukan apakah suatu keputusan akan dibuat dan dilaksanakan atau tidak. Keahlian atau keterampilan Dalam salat berjamaah dalam agama islam. Kendali atas proses pembuatan keputusan Dalam organisasi. Karisma Ciri kepribadian yang menyebabkan timbulnya kewibawaan pribadi dari pemimpin juga merupakan salah satu sumber kekuasaan dalam proses kepemimpinan. Di sebuah kapal atau pesawat udara.

dan sebagainya. tadinya masih santai-santai dalam mengerjakan weekly report tetapi begitu atasan (supervisor) hadir untuk mengawasi kinerja karyawan. dalam bentuk apa tiap anggota itu berpartisipasi. Koalisi Kepemimpinan atas dasar sumber kekuasaan politik ditentukan juga atas hak atau kewenangan untuk membuat kerja sama dengan kelompok lain. siapa yang boleh berpartisipasi. Presiden menyatakan perang atau damai dengan negara lain. yang diberikan oleh pihak ketiga (yaitu organisasi) kepada bebarapa anggotanya dengan maksud untuk menjamin suatu pembagian kekuasaan yang tidak sama dengan kata lain agar memberikan kepastian bahwa beberapa orang adalah sebagai kepala dan yang lain sebagai bawahan. Institusionalisasi Pemimpin agama menikahkan pasangan suami-istri. Pemilik perusahaan berhak melakukan merger dengan perusahaan lain.2. hampir seluruh karyawan meningkatkan kinerjanya karena ada atasan yang mengawasi. Menurut kasus yang pernah ada di salah satu perusahaan retail di Indonesia. Disitulah terjadi perubahan perilaku karyawan yang disebabkan karena adanya wewenang dan . Lurah mengesahkan berdirinya LKMD (Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa). Partisipasi Pemimpin mengatur partisipasi anggotanya. Kekuasaan Berdasarkan Wewenang Para pimpinan di dalam organisasi industri secara alami hampir selalu mempergunakan wewenang apabila suatu msalah perubahan timbul pada bawahan. menentukan terbentuknya keluarga baru. 3. pada saat itu setiap minggunya diwajibkan menyerahkan weekly report . Notaris atau hakim menetapkan berdirinya suatu yayasan atau perusahaan baru. Wewenang adalah suatu kekuasaan ekstra yang potensial. 4. Kepala suku Indian mengisap pipa perdamaian dengan kepala suku lainnya.

com/2009/02/teori-teori-kekuasaannegara.com/2008/02/13/sejarah-pertumbuhanpemerintahan-ilmu-pemerintahan-dan-teori-teori-kekuasaan/ http://ogiezone.com/doc/14120024/Teori-kekuasaan http://massofa.blogspot. REFERENSI http://www.blogspot.kekuasaan dari atasan (supervisor).html . biasanya sangat tergantung dari pengurangan terhadap sarana pemuasan kebutuhan disertai dengan suatu tuntutan perubahan perilaku. menurut hirarki perusahaan.html http://fisip-umrah.scribd.wordpress.com/2009/04/teori-kekuasaan-sebagailahirnya_11. dalam suatu industri. Dalam kasus di atas taktik yang dipergunakan oleh pemimpin dalam merubah perilaku kinerja karyawan. Kekuasaan yang diperoleh seseorang menurut jabatannya dan dipergunakan untuk tujuan diri sendiri atau kelompoknya hanya selama kekuasaan itu berlaku. Jadi. seorang pemimpin dapat menggunakan kekuasaan dan wewenang mengubah suatu perilaku karyawan.