P. 1
Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Kedatangan Jepang Ke Indonesia

|Views: 8,316|Likes:
Published by Harni Pangestika

More info:

Published by: Harni Pangestika on Aug 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2015

pdf

text

original

Tugas Sejarah

Kedatangan jepang ke Indonesia
Kelompok 5 : - Akram Yonda Putra - Adisty Rahmania - Dyah Wulaningsih - Fadhil Indriatomo - Harni Pangestika - Mario Ramadhan - Narishwari - Sondang Virginia

Kumkici Harada . dan ternak . Pemuda-pemuda Indonesia dikerahkan untuk romusha (kerja paksa) Pemuda4. dibentuk Jend. Keibodan. Menguasai wilayah Indonesia.Semi militer: a. Heiho.Petani wajib menanam jarak untuk pelumas senjata .Tujuan Jepang Datang ke Indonesia 1. 3 Oktober 1943 b. Bukti: . Tentara pendudukan Jepang melakukan pemerasan ekonomi: .Ind dijadikan sbg sumber bahan mentah .Petani wajib menyetorkan hasil panen padi. Jawa Hokokai. April 1943. pembantu prajurit Jepang .hasil perkebunan harus disetor pada Jepang 3. jagung. Peta. 29 April 1943. Jepang membentuk organisasi semi militer dan militer penuh .Militer Penuh: a.Romusha 2. 1944. 29 April 1943 Tujuan: mendidik dan melatih pemuda Indonesia untuk mempertahankan Indonesia dengan kekuatan sendiri b.Hutan-hutan ditebang untuk kebutuhan industri Hutan. Seinendan. Barisan pembantu Polisi c.

dsb. Perwira-perwira didikan Jepang Perwiranantinya banyak yang menduduki jabatan militer paska kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. . . . . dan bukubukubuku.Perkembangan bahasa Indonesia yang pesat karena bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa resmi di kantor. .Dengan berdirinya PETA. Ini merupakan modal penting merebut kemerdekaan.Dampak pendudukan Jepang di Indonesia Positif : .Rasa kebangsaan berkembang pesat .Adanya kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk memperoleh pendidikan / bersekolah. .Kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk menjadi birokrat. . para pemuda dapat memperoleh pendidikan militer dan penanaman jiwa nasionalis.Status sosial pribumi mengalami kenaikan.Mengetahui sistem pemerintahan yang baik karena dilibatkannya bangsa Indonesia dalam pemerintahan termasuk dapat menduduki jabatan tinggi dalam pemerintahan. sekolah.

Kontrol media cetak dan elektronik yang kuat. Pemerintahan Jepang yang kejam karena berbau fascis (adanya polisi militer yang kejam) 7. 10. . 6. besar5. Banyak para pejuang yang dihukum mati. Hilangnya harta benda karena keharusan menyerahkan seluruh hak milik rakyat guna modal perang. Semua organisasi politik dilarang untuk beraktivitas.Negatif 1. Alam Indonesia diekspoitasi secara besar-besaran. Kesengsaraan rakyat karena adanya Romusha. 8. dsb 9. 3. Penderitaan rakyat Indonesia akibat seluruh sumber daya alam diangkut oleh Jepang dengan alasan untuk persiapan Perang Asia Timur Raya. 2. 4. Rusaknya mental karena korupsi demi memenuhi kebutuhan akan pangan dan kemiskinan. Banyak wanita Indonesia yang dijadikan Jogunianfu. 11.

TOKOHTOKOH-TOKOH PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA (JEPANG) Laksamana Maeda .

Hitoshi Imamura ( Imamura Hitoshi. . 28 Juni 1886 .4 Oktober 1968 ) seorang jenderal Jepang pada masa Perang Dunia II yang pernah menjadi Gubernur Jenderal di Indonesia periode Maret November 1942.

TOKOHTOKOH-TOKOH PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA (JEPANG) Laksamana Maeda .

. sementara Angkatan Darat Tentara Ke-16 (Rikugun) Kebertanggung jawab atas Jawa dan Tentara Ke-25 Ke(Rikugun) bertanggung jawab atas Sumatera. Rumah Laksamana Muda Maeda di Jalan Imam Bonjol No. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang 1942(Kaigun) bertanggung jawab atas pendudukan Hindia Belanda di Borneo (Kalimantan) dan bagian timur (Sulawesi. Sunda Kecil. Pada masa 1942-1945.1 Jakarta menjadi tempat perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada malam hari 16 sampai subuh tanggal 17 Agustus 1945. Laksamana Muda Maeda adalah seorang perwira penghubung (liaison officer) Angkatan Laut dan intelijen (liaison officer) yang berkantor di Jakarta.Laksamana Muda Maeda Tadashi seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik. Kepulauan Ambon dan Papua).

TOKOHTOKOH-TOKOH PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA (JEPANG) Laksamana Maeda .

Kuniaki Koiso ( November 1950) 1950) Koiso Kuniaki. Pada 1944. Buat saat itu. Koiso meninggal pada 1950 saat menjalani hukuman. Meninggalkan dengan pilihan sedikit namun untuk melanjutkan usaha perang. Koiso dipilih sebagai PM baru Jepang meski mengalami perjuangan kuat dari pejabat tentara senior. Akhirnya Koiso berhenti pada 1945 saat Pasukan AS mencaplok Okinawa. akhirnya Koiso mencoba memperpanjang kekuasaannya pada ketentaraan dengan mencoba mengambil kedudukan Menteri Perang. Untuk mempertahankan pengaruh Jepang di antara penduduk negeri-negeri negeriyang dikuasainya. 1945. 22 Maret 1880 3 Perdana Menteri Jepang ke-41 antara 22 Juli 1944 sampai 7 April keTojo. . angkatan Jepang menghadapi banyak kekalahan di tangan Militer AS. namun ia tak bisa menemukan solusi yang akan menenteramkan militer Jepang atau Amerika. ia ditangkap Sekutu dan diadili Pengadilan Militer Internasional untuk Timur Jauh buat kejahatan perang. Selama masa pemerintahannya. Setelah perang. Ia dihukum penjara seumur hidup. Koiso dianggap menciptakan perdamaian dengan Sekutu. dalam pidatonya tanggal 7 September 1944 ia memberikan janji kemerdekaan di kemudian hari. dengan kejatuhan pemerintahan Hideki Tojo. namun gagal sebab ia terdapat pada daftar jenderal yang tak aktif.

Panglima Besar ini meninggal dunia di Magelang dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki. Ia dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan. Ia merupakan Pahlawan Pembela Kemerdekaan yang tidak perduli pada keadaan dirinya sendiri demi mempertahankan Republik Indonesia yang dicintainya. Pada saat pasukan Belanda kembali melakukan agresinya atau yang lebih dikenal dengan Agresi Militer II Belanda. Purbalingga. Pada tangal 29 Januari 1950. Yogyakarta. Keadaannya sangat lemah akibat paru-parunya yang hanya parutingggal satu yang berfungsi. 24 Januari 1916 Meninggal: Magelang. langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya. ia tetap bergerilya melawan paruBelanda. Ia tercatat sebagai Panglima sekaligus Jenderal pertama dan termuda Republik ini. Ibukota Negara RI berada di Yogyakarta sebab Kota Jakarta sebelumnya sudah dikuasai. . Ia berlatarbelakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. ia masuk tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor yang begitu tamat pendidikan. Ketika pendudukan Jepang. Menjadi Panglima Divisi V/Banyumas sesudah TKR terbentuk. 29 Januari 1950 salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi.TOKOHTOKOH-TOKOH PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA (Indonesia) Jenderal Sudirman (1916-1950) (1916Lahir: Bodas Karangjati. Jenderal Sudirman yang saat itu berada di Yogyakarta sedang sakit. Meski menderita sakit paru-paru yang parah. dan akhirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia (Panglima TNI).

diantaranya adalah merumuskan Pancasila. Pada bulan Agustus 1945. pimpinan Angkatan Darat wilayah Asia Tenggara di Dalat Vietnam yang kemudian menyatakan bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah urusan rakyat Indonesia sendiri. Penganugerahan Bintang itu membuat pemerintahan pendudukan Jepang terkejut. Syamsuddin yang kurang begitu populer. Ia sempat dibujuk untuk menyingkir ke Rengasdengklok Peristiwa Rengasdengklok.Soekarno Lahir 1 Juni 1901 Blitar. BPUPKI dan PPKI. mengatakan bahwa meski sebenarnya kita bekerjasama dengan Jepang sebenarnya kita percaya dan yakin serta mengandalkan kekuatan sendiri. Jawa Timur Meninggal 21 Juni 1970 (umur 69) Jakarta. saat pidato pembukaan menjelang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. pemerintahan pendudukan Jepang memperhatikan dan sekaligus memanfaatkan tokoh tokoh Indonesia seperti Soekarno. Presiden Soekarno sendiri. Mohammad Hatta dan lain-lain dalam setiap organisasilainorganisasiorganisasi dan lembaga lembaga untuk menarik hati penduduk Indonesia. Ki Hajar Dewantara.antara lain dalam kasus romusha. pemerintah Jepang sempat tidak memperhatikan (1942tokohtokoh-tokoh pergerakan Indonesia terutama untuk "mengamankan" keberadaannya di Indonesia. meski ada pula yang melakukan gerakan bawah tanah seperti Sutan Syahrir dan Amir Sjarifuddin karena menganggap Jepang adalah fasis yang berbahaya. Bahkan kaisar memberikan Bintang kekaisaran (Ratna Suci) kepada tiga tokoh Indonesia tersebut. Dan akhirnya tokoh-tokoh nasional bekerjasama dengan pemerintah tokohpendudukan Jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. ia diundang oleh Marsekal Terauchi. Disebutkan dalam berbagai organisasi seperti Jawa Hokokai.H Mas Mansyur dan lain lainnya disebut-sebut disebutdan terlihat begitu aktif. . Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo mengundang tokoh Indonesia yakni Soekarno. K. Hatta. Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Namun keterlibatannya dalam badan-badan organisasi bentukan Jepang membuat Soekarno dituduh badanoleh Belanda bekerja sama dengan Jepang. Ia aktif dalam usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. tokoh tokoh seperti Soekarno. karena hal itu berarti bahwa ketiga tokoh Indonesia itu dianggap keluarga Kaisar Jepang sendiri. Pada tahun 1943. Ini terlihat pada Gerakan 3A dengan tokohnya Shimizu dan Mr. Indonesia Pada awal masa penjajahan Jepang (1942-1945). UUD 1945 dan dasar dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi Kemerdekaan. Mohammad Hatta dan Ki Bagoes Hadikoesoemo ke Jepang dan diterima langsung oleh Kaisar Hirohito. Namun akhirnya.

Sumatera Barat. antara Soekarnolain orang-orang Sjahrir dalam upaya memaksa kedua pemimpin itu mengubah orangpandangan mereka dan mau memproklamasikan kemerdekaan. Sjahrir aktif mengelola jaringan pergerakan kemerdekaan di berbagai lokasi di Jawa dan rutin menyusun dan menyebarkan berbagai materi propaganda.Sutan Syahrir Lahir: Padang Panjang. . namun Sjahrir tidak hadir. Swiss. Penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok (14 Agustus 1945) dilakukan oleh. 9 April 1966 (dimakamkan di TMP Kalibata. Jakarta) Karir: Perdana Menteri Republik Indonesia Pertama (14 November 1945 hingga 20 Juni 1947) Semasa pendudukan Jepang. termasuk info yang diterima dari siaran luar negeri. Soekarno-Hatta pada 16 SoekarnoAgustus 1945 malam masih bertemu dengan Laksma Maeda di kediamannya dan keesokannya proklamasi kemerdekaan dikumandangkan. Sjahrir lebih suka Indonesia secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan tanpa menunggu Jepang karena dia memang benci dengan Jepang dan fasisme. 5 Maret 1909 Meninggal: Zürich. Dia adalah tokoh yang sangat menentang kerjasama dengan Jepang untuk kemerdekaan Indonesia. juga untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia menentang kekuatan Poros pada masa itu.

Kedatangan Jepang ke Indonesia .

Perlawanan ini dipimpin oleh Haji Madriyan dan kawankawan-kawannya.. . Sindang ( Kabupaten Indramayu ) tahun 1943 terjadi perlwanan rakyat di daerah itu terhadap Jepang. Karang Ampel. Pada awal pendudukan Jepang di Aceh tahun 1942 terjadi pemberontkan di Cot lieng.PERLAWANAN RAKYAT TERHADAP JEPANG 1. Pemberontakan ini dapat di padamkan. Lhok Seumawe di bawah pimpinan Teuku Abdul Jalil. 2. namaun perlawanan ini berhasil ditindas oleh Jepang dengan sangat kejamnya. namun dua tahun kemudian terjadi lagi pemberontkan di Meureu di bawah pimpinan Teuku Hamid.

000 orang menjadi korban keganasan pasukan Jepang. Blitar. Tidak kurang dari 20.3. Sukamanah ( Kabupaten Tasikmalaya ). pada tanggal 14 Februari 1945 terjadi pemberontakan PETA di bawah pimpinan Supriyadi ( putra Bupati Blitar ). 4. Setelah kekalahan-kekalahan yang dialami oleh Jepang pada setiap kekalahanpeperangannya dalam Perang Pasifik. Mudari. Ismail. Dalam memimpin pemberontakan ini Supriyadi tidak sendirian dan dibantu oleh temantemantemannya seperti dr. tahun 1943 terjadi perlawanan rakyat saat itu terhadap Jepang. Pada pemberontakan itu orang-orang yang ada di Jepang yang ada di Blitar orangdi binasakan. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendudukan Jepang di Indonesia tidak dapat diterima. akhirnya pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepda pasukan sekutu. dan Suwondo. Perlawanan ini dipimpin oleh Haji Zaenal Mustofa. .

Kebijaksanaan yang dilakukan Jepang Peningkatan produksi padi Keadaan beras di Jawa tahun 1942 sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu. Dalam rangka itu Jepang merencanakan penambahan areal tanah. Wajib serah padi Pada masa pendudukan Jepang. yaitu menanam bibit padi tanaman padi garis lurus dan Jepang mengemukakan bahwa hal ini adalah penyebab rendahnya produktivitas padi. Cara penanaman padi yang diperkenalkan oleh Jepang ini akhirnya diterima oleh petani Jawa. beras Jawa dikenal bermutu tinggi dan rasanya enak. Jepang berkeinginan untuk memperolah beras dari Jawa sehingga kebijakan mereka ditujukan unuk memeksimalkan produksi dan pengumpulan beras. Jawa ditetapkan sebagai pemasok beras pulau-pulau pulaudiluar Jawa serta untuk keperluan medan pertempuran di medan pertempuran di pasifik selatan. Beras didatangkan dari Jawa semakin memiliki arti yang sangat penting karena semasa perang angkatan jarak jauh dan perkapalan sangat sulit serta keamanan di laut memburuk. Disamping itu Jepang yang memeperkenalkan teknik penanamam padi yang baru. Cara menambah areal tanah ini adalah dengan dengan membuka tanah baru terutama bekas perkebunan tanah lainya yang belum pernah ditanami. Petani diharapkan menanam bibit padi lebih dari 2 centimeter dan tidak membiarkan tanaman terlalu besar di tempat pembibitan sebelum dipindahkan. karena cara tersebut lebih efektif dalam rangka meningkatkan produksi padi. . Oleh kerena itu produksi padi perlu ditingkatkan. Disamping itu.

teh. suatu badan yang sangat ditakuti rakyat. setelah mereka dipaksa jadi romusha. dan 30% harus diserahkan ke lumbung desa . kopi harus dihentikan penanamannya karena hanya berhubungan dengan kenikmatan. Sulawesi. baranghewan. Jepang hanya mengizinkan dua jenis tanaman perkebunan yaitu karet dan kina. Romusha Ratusan ribu tenaga kerja paksa atau disebut romusha dikerahkan dari pulau Jawa ke luar Jawa. Badan yang menangani masalah pelanggaran disebut Kempetai (Korps Polisi Militer). Ribuan romusha dikerahkan ke medan pertempuran Jepang di Irian. bahkan ke luar wilayah Indonesia. Maluku. Sedangkan tembakau. Dan Jepang pun menggunakan cara paksa. Setiap kepala daerah harus menginventarisasikan jumlah penduduk usia kerja. Burma dan beberapa negara lainnya. Mereka diperlakukan tidak manusiawi sehingga banyak yang menolak jadi romusha. Kedua jenis tanaman itu berhubungan langsung dengan kepentingan perang. Hasil pertanian diatur sebagai berikut: 40% untuk petani. Jepang membentuk Jawa Hokokai (Kebaktian Rakyat Jawa). Rakyat harus menyerahkan barang-barang berharga (emas dan berlian). Ketentuan itu sangat merugikan petani dan yang berani melakukan pelanggaran akan dihukum berat. bahan makanan kepada pemerintah Jepang.Pengawasan pertanian dan perkebunan Pelaksanaan pertanian diawasi secara ketat dengan tujuan untuk mengendalikan harga barang. Setiap penduduk harus menyerahkan kekayaannya kepada pemerintah Jepang. 30% harus dijual kepada pemerintah Jepang dengan harga yang sangat murah. Untuk memperlancar usaha usahanya. terutama beras. . Malaysia. Thailand.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->