Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi. Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.1 Bidang seni rupa 1.1 Seni rupa murni1.2 Desain1.3 Kriya Seni rupa murni - Seni lukis - Seni grafis - Seni patung - Seni instalasi - Seni pertunjukan - Seni keramik - Seni film - Seni koreografi - Seni fotografi Desain - Arsitektur - Desain grafis - Desain interior - Desain busana - Desain produkKriya - Kriya tekstil - Kriya kayu - Kriya keramik - Kriya rotan(sumber : wikipedia)
LEMBAGA SENI BUDAYA TELUK BONE

. Beberapa pakar tari melalui simulasi di bawah ini beberapa tokoh yang mendalami tari menyatakan sebagai berikut. dan waktu.Unsur utama yang paling pokok dalam tari adalah gerak tubuh manusia yang sama sekali lepas dari unsur ruang. dan tenaga. Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika.

http://www . Secara tidak langsung di sini Haukin memberikan penekanan bahwa tari ekspresi jiwa menjadi sesuatu yang dilahirkan melalui media ungkap yang disamarkan.Haukin menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta (Haukins: 1990. 2).org Menggunakan Joomla! Generated: 16 March. 2010.telukbone. 05:10S .

) LEMBAGA SENI BUDAYA TELUK BONE http://www. Bloc Party. 05:25 . Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Sneaker Pimps dan Lamb. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. The Bravery dan masih banyak lagi. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini. 2010. antara lain Franz Ferdinand. dunia musik mengalami banyak perkembangan. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou. The Killers..org Menggunakan Joomla! Generated: 16 March. Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.Pengertian Seni Musik Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah.telukbone. lokasi. Dalam beberapa dasawarsa terakhir. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in.. (Selengkapnya. budaya dan selera seseorang. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park.

Komunitas Seni Musik adalah kumpulan sekelompok orang yang saling berinteraksi dan mempunyai kesamaan dan kebutuhan akan (ber) kesenian musik *** Referensi:&nbsp. drama). berdasarkan adanya kesamaan kebutuhan atau tujuan dalam diri mereka atau di antara anggota kelompok yang lain. atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari. terbentuk dari sekelompok orang. Bidang ini membahas cara menggunakan instrumen musik. sedangkan seni vokal adalah melagukan syair yang hanya dinyanyikan dengan perantaraan oral (suara saja) tanpa iringan intrusmen musik. Di samping ada seni musik. Ensiklopedi Indonesia/ PT Ikhtiar Baru/Van Hoeve Jakarta/Jilid V hal 3080 dan 3081. adanya wilayah-wilayah individu yang terbuka untuk anggota kelompok yang lain. keempat. Seni musik dapat disatukan dengan seni instrumental atau seni vokal.PENGERTIAN SENI (II) Oleh : Bratasena SENI. pertama. . dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera pendengar (seni suara). kedua. PENGERTIAN SENI SENI. Seni instrumentalia adalah seni suara yang diperdengarkan melalui media alat-alat musik. SENI MUSIK. Ada banyak definisi yang menjelaskan tentang arti komunitas. penglihatan (seni lukis).com &nbsp. Masing-masing alat musik memiliki nada tertentu. Tetapi setidaknya definisi komunitas dapat didekati melalui. Definisi seni yaitu penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia. Seni musik (instrumental art) adalah bidang seni yang berhubungan dengan alat-alat musik dan irama yang keluar dari alat musik tersebut.wikipedia. Pak Dhe BrataFoto: id. ada seni vokal dan musik instrumentalia. saling berinteraksi secara sosial di antara anggota kelompok itu.7val. ketiga. KOMUNITAS.

Dicetak pada : 2010-03-16 11:27:42 1 http://www.com .SeniBudayaOnline.

dunia blog dunianya para bloggers SEKILAS TENTANG SENI DRAMA DAN TEATER Kata drama berasal dari bahasa Yunani draomai yang berarti berbuat. gerak dan laku dengan atau tanpadekor (layer dan sebagainya). akrobatik dan sebagainya. terdapat beberapa pengertian yang mewakili arti dari drama itu sendiri. drama adalah kualitas komunikasi. bertindak. situasi. Hakekat seni pertunjukan adalah gerak. Secara estimologis (asal kata). bereaksi dan sebagainya: dan “drama” berarti: perbuatan. dagelan. kehebatan (exciting). Mengenai seni drama. tindakan. rangda. Misalnya wayang orang. Karena itu substansinya terletak pada imajinasi-imajinasi serta prosesnya sekaligus. didasarkan pada naskah yang tertulis (hasil seni sastra) dengan atau tanpa musik. arja. mayong. adalah perubahan keadaan. ketoprak. srandul. Dalam arti sempit: drama. nyanyian dan tari. kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas. topeng. ada yang mengartikannya sebagai “panggung” (stage). Suatu lokasi mempunyai artinya hanya pada waktu suatu pengungkapan seni berlangsung disitu. Kedua. sulapan. berlaku. Dalam arti luas: teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Edi Setyawati berpendapat bahwa “seni pertunjukan adalah sesuatu yang berlaku dalam waktu. disaksikan oleh orang banyak. Terdapat berbagai jenis tafsiran orang yang mengartikan teater sebagai “gedung pertunjukan”. Antara drama dan teater ini adalah bagian dari seni pertunjukan. randai. Suatu daya . menurut Moulton. ludruk. dan ketegangan pada pendengar dan penonton. teater adalah gedung pertunjukan (auditorium). action (segala yang terlihat dalam pentas) yang menimbulkan perhatian. dengan media percakapan. lenong. Pertama. membai. reog. drama adalah “hidup yang dilukiskan dengan gerak” (life presen in action).

bahwa di Indonesia terdapat sejarah naskah dan pentas. 4. keterampilan teknis adalah bahannya. Maka naskah ditambah dengan bumbu repertoar asing dalam proses salinan dan saduran. diharuskan menggunakan naskah. Tidak menggunakan (improvisatoris). di bawah atap atau lapangan terbuka 2. penyadur atau penyalinnya. istana. Zaman Kini: rombongan professional membuang naskah kembali. antara lain: 1. Permulaan Abad ke-20: karena pengaruh drama barat dan cara pemanggungannya ketoprak. maupun ahli. di arena. Zaman Jepang: sensor Sendebu sangat keras. lain-lain. muncul dimana-mana di seluruh pelosok tanah air perkumpulan drama amatir. baik itu kaum awam.rangkum adalah sarananya. Rombongan professional tidak menggunakannya. tetapi menggunakan pentas: panggungnya berbingkai 3. Drama-drama rakyat. Perkumpulan amatir tidak kaget karena terdiri atas kaum terpelajar. Sebelum Abad ke-20: tak ada naskah dan pentas. Harymawan. Rombongan professional terpaksa belajar membaca. suatu cekaman rasa adalah tujuan seninya. Kedua. tonil opera. sayang sering mengabaikan pengarang. wyang orang. keagamaan. Organisasi amatir setia pada naskah. setengah awam. pemain: banyak pementasan yang mengalami kegagalan. dan timbul bentuk-bentuk drama baru: naskah komedi stambul/ istana/ bangsawan. Zaman Pujangga Baru: muncul naskah drama asli yang dipakai oleh pementasan amatir. ludruk (staging). Pementasan yang berulang-ulang dirasa kurang adanya senthan repertoar asing. naskah. Yang ada ialah naskah-naskah cerita rakyat dan kisah-kisah yang turun-temurun disampaikan secara lisan oleh ayah kepada anak. Sedangkan masalah mengenai drma akan berkisar pada hal-hal berikut: pertama. Karena kurangnya . Bagi para professional merupakan kemajuan. 5. Menurut RMA. namun sayang karena keinsyafan. Setelah kemerdekaan.

Pada perkembangan selanjutnya. antara lain: 1. Yang tumbuh di kota-kota: ia lahir dari kebutuhan yang timbul dengan tumbuhnya kelompok-kelompok baru dalam masyarakat dan sebagai produk dari kebutuhan baru. Keempat. menjadi hambatan bagi pementasan.latihan ataupun hanya ingin jual tampang plus minimnya usia dan pengalaman. Di sini peran dari tempat teater akan menentukan watak pertunjukan itu sendiri. stage: di Indonesia telah bermunculan pelbagai gedung-gedung pertunjukan. 3. Sehingga perkembangan manusia dalam menciptakan dan menggunakan seni semakin dapat dirasakan. Contoh: pada kehidupan teater Bali. yaitu: .Fungsi Individual/ fungsi pribadi Charles Batteaux (1713-1780) membedakan seni menjadi dua. 2. Ketiga. 4. Hal ini yang mendorong munculnya berbagai perkumpulan drama. yaitu adat dan agama. Yang lahir di Keraton: pertunjukan dilakukan pada upacara-upacara tertentu dan para pelakunya adalah keluarga bangsawan. Yang diberi predikat madern atau kontemporer: ia menampilkan peranan manusia bukan sebagai tipe namun sebagai individu fungsi Seni Di zaman modern. penonton: masyarakat cukup mempunyai minat. Seni telah disadari keberadaannya. Bahkan seni menduduki fungsi-fungsi tertentu dalam kehidupan manusia: 1. manusia telah menciptakan karya seni yang berdaya guna dalam kehidupan mereka. Sedangkan untuk bentuk-bentuk teater. perkembangan seni semakin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Yang lahir dalam lingkungan desa: kegiatannya yang terikat erat oleh persoalan kehidupan sehari-hari dalam desa.

Pada penciptaan suatu benda seseorang selalu mempertimbangkan dan menghadirkan aspek kehidupan. Yang dimaksud di sini antara lain adalah kebutuhan menyatakan identitas katakanlah yang nasional. Seni pakaian (tekstil) d. apakah yang personal. educational. Pengalaman-pengalaman individual yang terus terjadi setiap saat bisa diungkapkan lewat bahasa seni. Di abad teknologi kehadiran aspek seni dalam pembuatan benda-benda fungsional tidak dapat diabaikan. Karya seni yang digunakan dalam upacara keagamaan akan memperoleh fungsi . Yang difungsikan dengan memberikan ciri kontekstual. benci. yaitu: Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Fisik Manusia homo sapien telah mengenal alat-alat kehidupan sehari-hari. Penciptaan-penciptaan manusia juga ikut berkembang dengan pesat. Masalah cinta. Karena itu biasanya digunakan sebagai ekspresi diri dalam berkarya. kemudian kebuthan akan seremoni. artinya ia memiliki emosi dan kecakapan untuk berekspresi pada keindahan dan pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu pada pemuasan kebutuhan fisik. Contoh-contoh seni yang dapat memenuhi kebutuhan fisik antara lain: a. rangsangan tersebut akan membentuk suatu asosiasi dan tanggapan. Konteks dimaksud memberikan fungsi tertentu kepada karya seni bersangkutan. perkawinan.Seni murni (fine art/ pure art) Seni terapan (useful art/ applied art) Pengelompokan tersebut berdasarkan fungsi seni bagi kehidupan seorang seniman. Seni furniture c. Setiap gagasan atau problema mempersyaratkan dipilihnya karya seni yang sesuai untuk gagasan dan problema tersebut. iba. Mereka berusaha membuat bendabenda terapan. Dan situasi emosi akan muncul bila ada rangsangan dari luar. Seni kerajinan. Fungsi Fungsi Fungsi Fungsi Sosial Sosial Sosial Sosial Seni Seni Seni Seni dalam dalam dalam dalam Bidang Bidang Bidang Bidang Rekreasi Komunikasi Pendidikan Keagamaan Buku Approaches to Art in Education tulisan Laura H. cinta dan benci? Manusia dapat merasakan semua itu karena dalam dirinya terkandung dorongan emosional. kelahiran dan kematian atau rasa suka cita bisa menjadi pengalaman individu yang direkam dalam karya seni. Fungsi Pemenuhan Kebutuhan Emosional Mengapa manusia bisa marah. religious. haru dan sebagainya. haru. Senirupa bisa menjadi sarana untuk penyampaian protes. Dari sisi lain ditemukan adanya 3 pengelompokan: yang difungsikan untuk mengekspresikan gagasan atau memecahkan problema tertentu. apalagi pada seni modern yang tidak lagi kolektif sifatnya. sedih. Peradaban manusia terus maju. Karena itu segi kenyamanan menjadi hal yang penting. Dari tanggapan inilah lalu timbul refleksi yang berupa perasaan marah. sedih. pujian dan kritik. maka fungsi seni bagi seorang individual dapat dibedakan menjadi dua. Masing-masingnya mempersyaratkan hadirnya karya seni dengan karakteristik tertentu. dan sebagainya. Dari peninggalannya dapat diketahui bahwa manusia zaman itu telah mengenal dan mempelajari dunia fisik. social. Fungsi pribadi seni ada beberapa permasalahan yang biasanya menjadi pusat perhatian manusia. Seni bangunan b. physical.Fungsi Sosial Sebenarnya seluruh karya seni memiliki fungsi sosial karena selalu ada interaksi antara karya seni dan pemirsanya. Chapman (1978) menguraikan setiap karya seni memiliki fungsi. kasihan. Berdasarkan teori tersebut. Manusia disebut homo faber. political. gembira. Sifat sensitif yang dimiliki oleh seseorang memberi reaksi terhadap penciptaan benda yang indah dengan nilai artistik. antara lain: Eksprei psikologis: Cinta Kematian Masalah spiritual Ekspresi estetik 2. dan economic. Yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Bendera yang berkibar pada tiangnya akan memiliki arti yang berbeda apabila digunakan sebagai penutup peti jenazah. .yang lain apabila ditempatkan dalam suatu museum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful