Aisyah bertanya. sehingga bengkak kakinya. al-Bukhari dari Aisyah) . sedangkan Allah telah mengampunimu dosa yang lalu dan yang akan datang. Kenapa engkau melakukan seperti ini Ya Rasulullah. Rasulullah menjawab: Apakah aku tidak boleh menjadi seorang hamba yang selalu bersyukur. Sesungguhnya Nabi Allah selalu menunaikan shalat malam.IBADAH KARENA BERSYUKUR - Dari Aisyah RA. (HR.

Maad Umar Tempat & Tgl Lahir: Lombok Timur Tahun 1960 .Nama :H.

MINW Pringgabaya th.1975 MANW Pancor Th. 1979 S1 Fak Adab IAIN YogyaTh 1985 S2 Manajemen Pendidkan Univ. 1972 MTsNW Pancor Th. 2005 . Negeri Surabaya Th.

Mapenda 6.Pembimbing Zakat dan Wakaf Membangun Kekuatan Spiritual www. Kasi Penais Kota Mataram 3.Kasi Kelembagaan Bid.Kasubag Hukmas dan KUB 7. Penais 2.id Call : 021 9879 0356 .trustco.57 .Kasi Mapenda Kota Mataram 5.Kasi Siaran dan Tamaddun Bid.Pengalaman Jabatan 1.or. Kasi Urais Kota Mataram 4.

Manajemen Rumah Tangga dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga H.Maad Umar .

manajemen adalah kata benda dengan 2 arti.Pengertian dan Masalah Arti Manajemen Dalam kamus besar bahasa Indonesia Depdikbud tahun 1988. Proses Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran b. Pejabat Pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahan dan organisasi . yaitu: a.

I. 4. prioritas. 6. 2. 3. Menganalisa kondisi dan situasi Menilai masa depan dengan sistem forecasting Menetapkan tujuan dan sasaran Menetapkan standar tentang hasil pekerjaan Menaggariskan jalan yang akan ditempuh Menetapkan penjadwalan. program kerja. Tejakusuma. Manajemen adalah suatu Proses yang terjasi dari jumlah aktivitas menurut suatu aturan yang logis meliputi al: 1. pembagian kerja.Menurur Almarhum Dr. menyusun anggaran . 5.

Perencanaan 2.Koordinasi .Pengarahan 4.Pengawasan 5.Manajemen mengandung aneka macam kegiatan al: 1.Pengawasan 3.

Mungkinkah Manajemen Moderen diterapkan dalam kehidupan keluarga dan rumah tangga? .

Menurut para ahli di beberapa Negara barat dengan masyarakatnya yang telah sedemikian maju ditambah dengan income perkapita yang cukup tinggi manajemen rumah tangga telah dilaksanakan Di negara yang baru berkembang seperti Indonesia pelaksanaan manajemen moderen dalam rumah tangga baru mulai dirintis. Jika dilihat jauh ke dalam filsafat hidup bangsa Indonesia maka sebenarnya prinsip-prinsip manajemen modern telah diterapkan dalam kehidupan rumah tangga .

Arti berumah tangga Menurut UU Perkawinan Pasal 1 Perkawinan ialah ikatan lahir bantin antara seorang peria dengan seorang wanitaa sebagai suami isteri dengaan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa .

Apa yang harus dikelola Keluarga dan rumah tangga adalah pusat segalagalanya bagi setiap orang baik untuk kelangsungan hidup. moral dan akhlak serta rasa sosial. cinta dannkasih sayang . pembinaan watak. perkembangan. dan keperibadian. perlindungan.pendidikan.

Pasal 3 ayat 1 berbunyi ³Hak dan kedudukan isteri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan isteri dalam kehidupan rumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat .Peran Ibu sebagai Ibu Rumah tangga Ibu adalah partener dan teman sekerja sang suami ibu dan ayah sama-sama memegang peraanan. sama mempunyai hak dan kewajiban serta kedudukan penting dalam keluarga dan rumah tangganya.

rukun.Tujuan Perkawinan dalam Islam ‡Mewujudkan suatu kehidupan keluarga yang aman. dan damai ³sakinah´ yang dipatrikan dengan rasa cinta dan kasih sayang . tenteram.

Kesejahteraan Keluarga Tujuan dari mengatur rumah tangga dengan manajemen yang baik adalah demi tercapainya apa yang disebut ³rumah tangga sejahtera bahagia (Sakinah mawaddah)´ atau kesejahteraan keluarga .

kebudayaan dsb. perumahan. moral dsb 3. kesehatan 2. pakaian. Kebutuhan pokok. pemeliharaan. seperti makanan. maka harus terpenuhi kebutuhan pokok sbb: 1. Kebutuhan sosia. . kultural umpanya pergaulan.Untuk mencapai kehidupan yang sejahtera. Kebutuhan rohani umpama agama.

TEORI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW .

Menggunakan tenaga dan sumber-sumber lainnya yang ada pada keluarga(manuasia) 2.Sumber-sumber yang harus ditata bagi kesejahteraan keluarga 1. Menambah Penghasilan 6. Tidak Membiasakan diri dalam cara hidup konsumtif . Menabung 5. Mengatur keuangan dan sumber-sumber non manusia 3. Mencatat uang keluar masuk 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful