P. 1
perbedaan 4 ideologi

perbedaan 4 ideologi

|Views: 465|Likes:
Published by adriannabella

More info:

Published by: adriannabella on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2012

pdf

text

original

no 1

Liberalisme
Negara sebagai penjaga malam. Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa saja asal tidak melanggar tertib hukum.

Sosialisme
Mementingkan kekuasaan dan kepentingan negara

Komunisme
Komunisme sebagai anti kapitalisme menggunakan sistem sosialisme sebagai alat kekuasaan. Prinsip semua adalah milik rakyat dan dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat secara merata.

Pancasila
Hubungan antara warga Negara dengan Negara adalah seimbang . apa arti seimbang? Artimya, tidak mengutamakan Negara tetapi juga tidak mengutamakan warganegara. Kepentingan Negara dan warganegara sama-sama di pentingkan

2

Kepentingan dan hak warga Negara lebih diutamakan dari pada kepentingan Negara. Negara didirikan untuk menjamin kebebasan dan kepentingan warganegaranya

Kepentingan Negara lebih diutamakan daripada kepentingan warga Negara kebebasan atau kepentingan warga dikalahkan untuk kepentingan Negara.

Komunisme sangat membatasi demokrasi pada rakyatnya sehingga komunisme juga disebut anti liberalisme

Kepentingan Negara dan kepentingan warganegara samasama dipentingkan.

3

Negara tidak mencampuri urusan agama. Agama menjadi urusan pribadi setiap warga Negara. Warga Negara bebas beragama, tetapi juga bebas tidak beragama.

Kehidupan agama juga terpisah dengan Negara. Warga Negara bebas beragama, bebas tidak beragama dan bebaspula propaganda anti agama.

Komunisme sangat membatasi agama pada rakyatnya, dengan prinsip agama dianggap candu yang membuat orang berangan-angan yang membatasi rakyatnya dari pemikiran yang rasional dan nyata.

Agama erat hubungannya dengan Negara. Setiap warganegara dijamin pula kebebasannya untuk memilih salahsatu agama yang ada dan di akui oleh pemerintah .Setiap orang harus beragama, tetapi agama yang dipilih di serahkan kepada masing-masing warganegara. Atheis atau tidak mengaku adanya tuhan, tidak diperbolehkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->