P. 1
Sophie Martin

Sophie Martin

|Views: 3,895|Likes:
Published by riza hafizi
mengenai salah satu bauran pemasaran promosi suatu perusahaan yang terkenal dalam system promosinya dengan Multi Level Mrketing yaitu Sophie Martin, berikut profil perusahaan tersebut.
mengenai salah satu bauran pemasaran promosi suatu perusahaan yang terkenal dalam system promosinya dengan Multi Level Mrketing yaitu Sophie Martin, berikut profil perusahaan tersebut.

More info:

Published by: riza hafizi on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk: Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat. Memberitahukan kegunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya. Memperkenalkan barang atau jasa baru.

Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankun perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu
1

strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar. Melihat pentingnya strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan, maka penulis tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik ini melalui profil perusahaan Sophie Martin.

B. Tujuan Penulisan
Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis berusaha untuk memudahkan pembahasan agar lebih terarah, maka penulis membatasi kepada masalah pemasaran, dalam hal ini hanya masalah strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk maupun jasa dalam suatu perusahaan. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dengan lebih pasti strategi pemasaran yang paling sesuai dengan keadaan perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam persaingan.

2

BAB II PEMBAHASAN
Semua organisasi, baik berorientasi profit maupun not-for-profit, harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen bila ingin tetap dapat beroperasi dan sukses. Kemampuan organisasi dalam menentukan siapa yang menjadi konsumen dari produk/jasa yang dihasilkan merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi. Berikutnya barulah organisasi dapat memfokuskan diri untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen, cara-cara memenuhi kebutuhan itu dan akhirnya mengusahakan konsumen untuk tetap mengkonsumsi produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Disamping itu, organisasi harus memiliki kemampuan pula untuk menyampaikan informasi kepada konsumen bahwa mereka telah menghasilkan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Di sinilah fungsi pemasaran (marketing) menonjol. Ia menjadi (hub) penghubung antara organisasi dan konsumen. Lebih jauh lagi, fungsi ini dapat diberdayakan untuk mendukung suatu gagasan dan mendidik konsumen. Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi. Pertukaran dalam konteks ini dimaksudkan sebagai sebuah proses dimana dua atau lebih pihak saling mempertukarkan sesuatu yang memiliki nilai sehingga pada akhirnya mereka merasa lebih baik setelah melakukan proses ini. Philip Kotler sendiri mendefiniskan marketing management sebagai “the art and science of choosing target markets and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering, and communicating superior customer values”. (Seni danilmu di dalam memilih pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para pelanggan melalui proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang lebih baik.

A. Mengembangkan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya untuk mencapai tujuan pemasaran dan perusahaan.

3

Isu strategi pemasaran adalah: 1. Seleksi dan Evaluasi Pasar Sasaran Pasar sasaran adalah kelompok orang yang dijadikan sasaran dari semua usaha pemasaran perusahaan. Dalam penentuan pasar sasaran perusahaan perlumempertimbangkan pengaruh pasar sasaran terhadap tingkat penjualan perusahaan, biaya dan laba. 2. Merancang dan menyusun Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Marketing mix adalah sekumpulan alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar sasaran. E.Jerome McCarthy menamai alat-alat pemasaran itu “the four Ps of Marketing”. 4P yang dimaksudkan adalah Product (Produk), Price (Harga), Promotion (promosi), dan Place (Tempat).

B. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Isu mengenai bauran pemasaran merupakan isu penting yang umumnya mendapatkan porsi yang cukup besar di dalam pembahasan mengenai fungsi pemasaran perusahaan. Guna memahami konsepsi mengenai bauran pemasaran, Bonne and Kurtzmengatakan: “a blending of the four strategy elements of marketing decision making – product, price, distribution, and promotion- to satisfy chosen consumer segments”. Mereka lebih memberikan penekanan pada kombinasi di antara elemen-elemen produk, harga, distribusi, dan promosi untuk memuaskan segmen pasar yang telah dipilih. Philip Kotler membuat definisi yang lebih luas dengan penekanan bukan pada kombinasi, melainkan pada penyebutannya sebagai alat, “is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market”. Konsepsi yang akan digunakan di dalam teks ini adalah seperangkat alat marketing yang terdiri dari kombinasi strategi produk, penetapan harga, saluran distribusi dan promosi yang digunakan perusahaan untuk memuaskan target pasar yang telah ditentukan.

4

Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai salah satu bauran pemasaran promosi suatu perusahaan yang terkenal dalam system promosinya dengan Multi Level Mrketing yaitu Sophie Martin, berikut profil perusahaan tersebut.

5

BAB III PRODUK
SOPHIE MARTIN A. Profil Sophie Martin
Sophie martin adalah perusahaan Multi Level Marketing yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Prancis yang datang ke Indonesia pada tahun 1997, yaito Bruno Hasson dan Sophie Martin. Sudah jelas bahwa nama Sophie Martin diambil dari nama seorang wanita berkebangsaan Prancis, yang lahir di paris tahun 1969. manyelesaikan pendidikannya di Academic Des Beaux Art Paris, kemudian memulai karirnya dengan bekerja pada ayahnya yang merupakan seorang importer tas Italia yang terkenal sejak tahun 1970-1990. karirnya Sophie berkembang dengan bergabungnya Sophie bersama Christian Dior selama dua tahun sebagai seorang desainer handbag. Keahlian Sophie martin dalam mendesain produk fashion terutama tas dan didukung kepiawaian Bruno Hasson dalam meletakkan dasar-dasar manajemen menjadikan Sophie Martin bertumbuh pesat dalam waktu kurang lebih sepuluh tahun. Saat ini, Sophie Martin sudah memilki lebih dari 300 BC (Business Center) yang tersebar diseluruh Indonesia. Member adalah orang yang bersedia mengikatkan dirinya sebagai member Sophie Martin yang berhak membeli dan menjual/ memasarkan produk dengan mendapatkan keuntungan, bonus, dan fasilitas. Visi dan Misi Sophie Martin : “Menjadi terkenal di seluruh Asia dan tetap menjadi leader di bidang MLM dengan membangun member yang berkelanjutan” Strategi Marketing yang dilakukan: a. Menerbitkan katalog setiap dua bulan sekali

6

b. Menjual kurang lebih 150 item untuk setiap katalog menampilkan produk yang “The Best Of The Best” c. Design yang trendi d. Harga yang kompetitif dan terjangkau e. Mangadakan promosi pada setiap penerbitan katalog f. Fashion Show oleh BC setiap 6 bualan sekali g. Acara Mall to Mall h. Memberikan Sponsorship

B. Produk Shopie Martin
a. Tas b. Aksesoris c. Garment d. Koshize Series: untuk wanita dewasa dengan ragam pilihan. e. Kluge Series serangkaian produk kosmetik yang disiapkan untuk ABG atau remaja yang tersedia dalam berbagai ragam. f. Skin dan Personal Care Series g. Whitening Series: whitening cleansing milk, C face toner, whitening emultion SPF 15, dan night whitening cream + AHA. h. Tea Tree Series i. Beautycal Series: pore minimizing wash & tone, minimizing minimizing mask j. Body lotion. daily moisturizer, minimizing night serum, astringent, soft minimizing

C. Kebijakan Promosi
Kebijakan pembauran pemasaran tentu akan lebih berhasil jika apa telah diprogram dikomunikasikan dengan sistem yang baik. Mengkomunikasikan program perusahaan kepada masyarakat konsumen dapat dilakukan dengan empat variabel, yaitu : 1. Periklanan : Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.

7

2. Personal selling: Presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan. 3. Publisitas: Pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita komersial di dalam media massa dan sponsor tidak dibebani sejumlah bayaran secara langsung. 4. Promosi penjualan : Kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektifitas pengecer. Sebagai perusahaan yang menggunakan Personal Selling atau lebih cenderung Multi Level Marketing. Keputusan Sophie Martin tentang bauran promosi mencakup : Penyampaian pesan, penerimaan pesan dari media yang digunakan, tanggapan dan umpan balik serta gangguan. Untuk itu sebelum keputusan bauran promosi ditetapkan, maka perlu terlebih dahulu diidentifikasi khalayak yang dijadikan sasaran, ditentukan tujuan promosi, merancang pesan, menetapkan sasaran promosi dan menyeleksi media yang digunakan. Selanjutnya pelaksanaan promosi harus terkoordinasi, konsisten, tepat waktu dan dievaluasi. Tentunya kebijaksanaan pemasaran yang di susun oleh Sophie Martin memperhatikan peran atau kondisinya dalam dunia bisnis, yaitu apakah dalam dunia bisnis tergolong perusahaan pemimpin, penantang, pengikut atau menggarap relung pasar. Sebab kondisi perusahaan dalam dunia bisnis akan mempengaruhi tantangan yang dihadapi. Misalnya tantangan yang dihadapi perusahaan yang tergolong pemimpin pasar adalah melindungi pasar yang dikuasai, memperluas pasar dan mengembangkan market share. Tentunya karena perbedaan permasalahan atau tantangan yang dihadapi akan menyebabkan strateginya juga akan bebeda. Sophie Martin memutuskan untuk memasuki pasar internasional, maka perlu di susun suatu cara yang sistematis mengenai keputusan keikutsertaan tersebut. Hal ini disebabkan pasar internasional mengandung resiko yang tidak sama dibandingkan dengan pasar domestik yang disebabkan kurangnya pengalaman, kebiasaan yang berbeda, hukum yang berbeda dan lain-lain. Untuk itu langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami sistem perdagangan internasional, hukum, politik, lingkungan ekonomi dan budaya pasar yang di tuju. Kemudian ditentukan besarnya penjualan untuk pasar internasional yang didinginkan,

8

negara tujuan dan pasar yang dituju negara tersebut. Langkah selanjutnya adalah menentukan cara untuk memasuki pasar yang dituju tersebut. Memasuki pasar internasional dapat dilakukan dengan, berbagai cara antara lain dengan cara ekspor, usaha patungan dan penanaman modal langsung. Tentunya cara mana yang dipilih tergantung pada penilaian yang mana yang paling memungkinkan, yaitu setelah memperhatikan pelaksanaan ekonomi dari negara yang dituju. Dan langkah terakhir adalah membentuk organisasi yang efektif untuk mendukung kebijaksanaan memasuki pasar internasional tersebut. Sedangkan pada tahapan meyakinkan, pemesanan dan pemesanan ulang manajemen dari Sophie Martin menekankan pada kebijakan penjualan personal, karena pada tahapan tersebut diperlukan pendekatan yang lebih pribadi kepada konsumen sasaran.Tahapan siklus kehidupan produk, mulai dari tahapan perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan, memerlukan kegiatan promosi yang berbeda. Pada tahap perkenalan dan kedewasaan, Sophie Martin merasa penting untuk menginformasikan keberadaan produk barunya atau produk hasil inovasi baru, modifikasi atau pembedaan produknya dari produk pesaing kepada konsumen. Karena itu, kegiatan periklanan yang bisa mencakup daerah yang luas dan menjadi sasaran potensial mungkin efektif diterapkan perusahaan. Namun pada tahap pertumbuhan dan penurunan, kegiatan promosi penjualan bisa diterapkan untuk menunjang fokus strategi pemasaran yang lebih menekankan pada kebijakan kegiatan distribusi dan penetapan harga. Oleh sebab itu Sophie Martin menjalankan bisnisnya seperti uraian di bawah ini. Cara Menjalankan Bisnis di Sophie Martin 1. Business Center: tempat yang disediakan untuk berbelanja produk

Sophie Martin secara langsung 2. Dengan cara menjadi member Sophie Martin a. Cara menjadi member: 1) Berusia 15 tahun ke atas 2) Membeli starter kit

9

3) Bersedia mengisi formulir b. Tingkat member: 1) Presiden: tingkat ini didapat jika telah resmi terdaftar sebagai member 2) Franchise: Franchise, silver Franchise, Gold Franchise, Diamond Franchise, Executive Franchise.

c. Keuntungan menjadi member: 1) Discount 30%: diberikan untuk semua tingkat member apabila berbelanja produk Shopie Martin di Business Center Shopie Martin. Untuk wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya diberikan dicount 20%. 2) Bonus Belanja Sendiri: diberikan kepada semua tingkatan member dengan ketentuan tertentu. 3) Bonus Bulan Madu: diberikan kepada semua tingkatan member yang berhasil merekrut 1 member baru dan memenuhi persyaratan tertentu. 4) Bonus Pendekatan: diberikan dari hasil pembelanjaan downline level 1 yang masih presiden dan dengan perhitungan tertentu. 5) Bonus Reward-Franchise: berlaku hanya 3 bulan pertama sejak menduduki kedudukan franchise. 6) Bonus Royalti: bonus yang paling besar dari Multi Level Merketing Sophie Martin, diberikan pada member yang telah mencapai perangkat minimal franchise dengan variasi 5% sampai 10% (tergantung peringkat member). 7) Bonus Master Winner: bonus yang dapt diperoleh member yang telah berperingkat franchise ke atas. Bonus ini ditentukan oleh PNP (personal Networ Point) dan NP (Networ Point). Presentase bonus ini dikalikan dari hasil bonus royalty.

10

D. Harga Jual Produk Harga jual produk ditentukan oleh perusahaan dan pembeli produk dari perusahaan atau tempat-tempat yang dituju oleh perusahaan, harus dengan pembayaran secara tunai/ kontan. Member tidak boleh menjual produk dengan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang telah ditentukan perusahaan.

E. Pelaksanaan Pemasaran
Strategi pemasaran yang disusun tentu akan di uji dalam pelaksanaan untuk mengetahui tepat atau tidak yang ditetapkan tersebut, Hal ini akan tercermin dari tingkat penjualan, market share yang dikuasai dan dan biaya yang dikorbankan. Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan strategi pemasaran yang disusun, maka dibutuhkan kesiapan organisasi perusahaan dan pelaksanaannya. Dalam rangka itu perlu dibuat kerangka organisasi yang jelas, efisien dan memuaskan bagi personalianya. Selanjutnya personalia organisasi harus diseleksi dengan baik untuk mendapatkan tenaga yang benar-henar berkualitas, terampil dan mempunyai kemampuan.

F. Pengendalian Pemasaran
Strategi pemasaran yang dibuat tentu belum dapat dipastikan menjadi kenyataan. Karena ada unsur ketidak pastian dalam pelaksanaan, maka strategi yang di susun harus selalu dikendalikan. Pengendalian pemasaran dilakukan dengan membandingkan realisasi dan rencana pemasaran yang disusun. Hasil yang tidak sama, baik terlalu besar di atas target, merupakan penyimpangan yang perlu mendapatkan perhatian. Oleh karena itu pengendalian pemasaran semata-mata dimaksudkan agar dapat diketahui kemajuan peiaksanaan, hambatan yang ditemui oleh faktor penunjang apa yang dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan pemasaran. Di samping itu akan dengan cepat diketahui bila ada penyimpangan, penyebabnya untuk selanjutnya di buat tindakan perbaikan.

11

BAB IV RANGKUMAN

A. MANAJEMEN PEMASARAN Semua organisasi, baik berorentasi profit, maupun non profit, harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen bila ingin tetap dapat beroperasi dan sukses, kemampuan organisasi dalam menentukan siapa yang menjadi konsumen dari produk/jasa yang dihasilkan merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi. Disamping tu, organisasi harus memiliki kemampuan pula untuk menyampaikan informasi kepada konsumen bahwa mereka telah menghasilkan sesuatu yang data memenuhi kebutuhan mereka. Di sinilah fungsi pemasaran (marketing) menonjol, yang menjadi penghubung antara organisasi dan konsumen.lebih jauh lagi, fungsi ini dapat diberdayakan untuk mendukung suatu gagasan dan mendidik konsumen. B. MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya untuk mencapai tujuan pemasaran dan perusahaan. Isu strategi pemasaran adalah: 1. Seleksi dan evaluasi pasar sasaran. 2. Merancang dan menyusun bauran pemasaran. C. BAURAN PEMASARAN Isu mengenai bauran pemasaran merupakan isu penting yang umumnya mendapatkan porsiyang cukup besar di dalam pembahasan mengenai fungsi pemasaran perusahaan. Dan salah satu bauran pemasaran promosi perusahaan yang terkenal dalam system promosinya dengan Multi level Marketing yaitu Sophie Martin, berikut profil perusahaan tersebut.

12

D. SOPHIE MARTIN Profil sophie martin Sophie martin adalah perusahaan MLM yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan prancis yang dating ke Indonesia pada tahun 1997, yaitu Bruno Hasson dan Sophie Martin. Sudah jelas bahwa nama sophie martin diambil dari nama seorang wanita berkebangsaan Prancis, yang lahir di paris tahun 1969. menyelesaikan pendidikannya di Academic Des Becux Art Paris, kemudian memulai karirnya dengan bekerja pada ayahnya yang merupakan importer tas Italia yang terkenal sejak tahun 1970-1990. karirnya sophie berkembang dengan bergabung sophie bersama Christian Dior selama dua tahun sebagai seorang desainer handbag. Saat ini Sophie Martin sudah memiliki lebih dari 300 BC (BusinessCenter) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Visi dan Misi Sophie Martin “ Menjadi terkenal di seluruh Asia dan tetap menjadi leader di bidang MLM dengan membangun member yang berkelanjutan” Strategi Marketing yang Dilakukan a. Menerbitkan catalog stiap dua bulan sekali b. Menjual kurang lebih 150 item untuk setiap katalog menampilkan produk yang “The Best Of The Best”. c. Design yang trendi. d. Harga yang kompetitif dan terjangkau. e. Mengadakan promosi pada setiap penerbitan katalog. f. Fashion show oleh BC setiap 6 bulan sekali. g. Acara Mall to Mall. h. Memberikan sponsorship. Produk Sophie Martin a. Tas

13

b. Aksesories c. Garment d. Koshize series e. Kluge seres f. Skin dan personal care series g. Whitening series. h. Tea tree series. i. Beautycal tree series. j. Body lotion.

Kebijakan Promosi Kebijakan pembauran pemasaran tentu akan lebih berhasl jika apa yang telah deprogram dikomunikasikan dengan system yang baik. Mengkomunkasikan program perusahaan kepada masyarakat konsumen dapat dilakukan dengan 4 variabel, yaitu periklanan. Personal selling, publisitas, promosi penjualan. Sebagai perusahaan yang menggunakan personal selling atau lebih cenderung MLM. Keputusan Sophie Martin tentang bauran promosi mencakup : penyampaan pesan, penerimaan pesan dari media yang digunakan, tanggapan dan umpan balik serta gangguan. Tentunya kebijaksanaan pemasaran yang disusun Sophie Martin memperhatikan peran atau kondsinya dalam dunia bisnis, sebab kondisi perusahaan dalam dunia bisnis akan mempengaruhi tantangan yang dihadapi. Tentunya karena perbedaan permasalahan atau tantangan yang dihadapi akan menyebabkan strateginya juga berbeda. Sophie martin memutuskan untuk memasuki pasar internasional, maka perlu di susun suatu cara yang sistematis mengenai keputusan keikutsertaan tersebut,. Hal ini disebabkan pasar Intenasional mengandung resiko yang tidak sama dibandingkan dengan pasar domestik. Untuk memasuk asar internasional dapat dilakukan dengan, berbagai cara antara lain dengan cara ekspor, usaha patungan dan penanaman modal langsung. Oleh sebab itu Sophie Martin menjalankan bisnisnya seperti di bawah ini. Cara Menjalankan Bisnis Sophie Martin 1. 2. Business Center Dengan cara menjadi member Sophie Martin. Cara menjadi member
14

1. 2. 3.

Berusia 15 tahun ke atas Membeli starter kit. Bersedia mengisi formulir

Tingkat member 1. 2. Presiden : tingkat ini didapat jika telah resm terdaftar sebagai member.

Franchise : franchise, slver franchise, Gold Franchise, Diamond Franchise.

Keuntungan menjadi member : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Discount 30%. Bonus belanja sendiri Bonus bulan madu. Bonus pendekatan. Bonus Reward-franchise. Bonus Royalt Bonus Master winner

Harga Jual Produk Harga jual produk ditentukan oleh perusahaan dan pembeli produk dari perusahaan, harus dengan pembayaran secara tuna/kontan. Member tidak boleh menjual produk dengan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi dari harga yang telah ditentukan perusahaan. Pelaksanaan Pemasaran Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan strategi pemasaran yang disusun, maka dibutuhkan kesiapan organisasi perusahaan dan pelaksanaannya. Dalam rangka itu perlu dibuat kerangka organsasi yang jelas, efisien dan memuaskan bagi personalianya. Pengendalian Pemasaran Strategi pemasaran yang dibuat tentu belum dapat dipastikan menjad kenyataan. Pengendalian pemasaran dilakukan dengan membandingkan realisasi dan rencana pemasaran yang disusun. Hasil yang tidak sama, baik terlalu besar di atas target, merupakan penyimpangan yang perlu mendapatkan perhatian.

15

Oleh karena itu pengendalian pemasaran semata-mata dimaksudkan agar dapat diketahui kemajuan pelaksanaan, hambatan yang ditemui oleh factor penunjang apa yang dibuthkan untuk kelancaran kegiatan pemasaran. Di samping itu akan dengan cepat diketahui bila ada penyimpangan, penyebabnya untuk selanjutnya di buat tindakan perbaikan. Tanggapan Sophie Martin merupakan sebuah perusahaan MLM yang memulai visi dan misi yang tujuan spesifiknya jelas ketika pertama bisnis dimulai. Akan tetapi mungkin visi dan misi ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar. Strategi harus dikembangkan dengan mengidentifikasikan dan menyeleksi pendapat-pendapat yang berbeda untik masa depan. Sophie Martin lebih mengarah kepada pemasaran yang terpadu tugas. Pemasaran adalah perencanaan kegiatan pemasaran dan merakit program pemasaran yang sepenuhnya terpadu untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan mengarahkan nilai bagi konsumen. Ada 4 komponen pada bauran pemasaran di Sophie Martin, yaitu : 1. Produk yaitu keragaman produk, kualitas design, ciri, nama merk, kemasan, ukuran pelayanan, garansi dan imbalan. 2. Harga yaitu daftar harga dalam katalog, rabat atau diskon, potongan harga khusus, periode pembayaran dan syarat kredit. 3. Promosi yaitu promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, kehumasan atau public relation, pemasaran langsung. 4. Tempat penglompokan, lokasi. Bauran pemasaran ini dapat dibuat utnuk mempengaruhi saluran dagang dan juga konsumen akhir. yaitu saluran pemasaran, cakupan pasar,

16

DAFTAR PUSTAKA
library.gunadarma.ac.id Copyright @ indoskripsi.com 2009

17

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->