Solusi Pengembangan Keamanan Sistem Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) di Kabupaten Kebumen

Disusun oleh kelompok 4 : 1. Agus Budi Hartono. 2. Dionisius Haribawono. 3. Dien Andriyani. 4. Gede Ayusari lendra. 5. Moch Nasir. 6. Ridha Sukma Hamim 7. Indra Trijadi.

Latar belakang
‡ Sumber informasi keuangan pemerintah merupakan hal yang sangat penting serta menuntut adanya perlindungan ekstra dari gangguan serta ancaman. ‡ Gangguan dan ancaman tersebut dapat terjadi baik yang berasal dari internal maupun eksternal.

Topologi existing jaringan SIMDA .

pernah dicoba pada windows vista dan windows 7 ternyata tidak mendukung. .Spesifikasi system ‡ Server untuk aplikasi SIMDA menggunakan sistem operasi windows 2003 server. ‡ Databasenya menggunakan sql server 2003. ‡ Client berjumlah kurang lebih 250 komputer yang hanya bisa digunakan pada sistem operasi windows xp.

dll. ‡ Rentan terhadap masuknya gangguan baik virus. . ‡ Munculnya kebutuhan update windows dan antivirus secara periodik .Servernya harus menggunakan windows server. worm.Clientnya harus menggunakan windows xp.Kelemahan system ‡ Hanya terpaku pada satu sistem operasi yaitu: .

RB 411. RB 333.Spesifikasi jaringan ‡ System SIMDA berjalan diatas jaringan dengan model static routing pada banyak router. . ‡ Spesifikasi untuk jaringannya menggunakan : . RB433.Router outdoor yang dipasang diatas tower triangel menggunakan Mikrotik RB 133. dan RB 600 dengan wireless card R52.PC router dengan CPU yang dipasang DOM Mikrotik digunakan sebagai NOC. .

‡ Switch 3com digunakan untuk penyebaran jaringan dari router ke client maupun dari router ke router untuk vlan. . RB 333. ‡ Switch 3com yang digunakan 24 port dan 8 port. RB 433 dengan wireless card R52 serta RB 450 dan RB 411.Spesifikasi jaringan (cont) ‡ Router indoor yang terpasang dalam ruangan menggunakan RB 112.

‡ Keterbasan memori router. ‡ Aplikasi SIMDA memerlukan bandwith yang besar untuk aliran datanya. terutama untuk router outdoornya. internet. menyebabkan aturan firewall yang diterapkan masih terlalu longgar.Kelemahan jaringan ‡ Rentan terhadap gangguan petir maupun listrik. . dan selama ini belum diterapkan kebijakan terhadap bandwith aplikasi. ‡ Gangguan sinyal sering terjadi dikarenakan jarak antar router outdoor yang jauh. sehingga rentan terhadap gangguan yang setiap kali dan tanpa diduga bisa terjadi tanpa termonitor dengan baik. serta aplikasi yang lain.

4. 3. Firewall Intrusion detection system Virtual Private Network Security management .Solusi logis pada keamanan sytem dan jaringan komputer SIMDA 1. 2.

Fasilitas firewall yang terdapat dalam sistem operasi diaktifkan sebagai bentuk perlindungan yang paling mendasar dari sebuah sistem keamanan . sehinggga perlu diperhatikan dalam hal sharing file.Update service pack untuk sistem operasi baik client maupun server.Backup file juga harus dilakukan baik di server SIMDA sendiri maupun kliennya. . selain itu juga update antivirus yang telah terinstal serta update sistem operasi secara periodik. Firewall ‡ Basic firewall lewat pengaktifan firewall pada komputer klien dan server : .Perlindungan file dalam internal komputer sangat urgen. .I. . karena menyangkut data keuangan yang setiap kali dibutuhkan.

Authentikasi terhadap aplikasi SIMDA.Basic firewall (cont) . untuk menghindari keamanan data dari pencurian. . diterapkan untuk menghindari akses dari user yang tidak diijinkan. karena menyangkut data keuangan yang setiap kali dibutuhkan. .Backup file juga harus dilakukan baik di server SIMDA sendiri maupun kliennya. pengacauan dsb.Kerahasiaan akses database. serta tingkatan pengguna dan admin. .

Contoh firewall pada sistem operasi windows 7 .

serta paket-paket asing lainnya yang bisa mengganggu aplikasi SIMDA tidak diijinkan untuk lewat. worm.I.Pendekatan pertama dengan screening router: fasilitas firewall yang terdapat dalam router disetting. . Firewall (cont) ‡ Advanced firewall dengan screening router : . sehingga paket seperti virus. dengan prinsip bahwa semua paket didrop (deny access) kecuali yang diijinkan untuk lewat (pass through).

Advanced firewall dengan screening router .Network Address Translation. . .Memisahkan antara klien-klien yang boleh mengakses SIMDA dan yang tidak boleh mengakses. selain itu juga melindungi ip private (klien dan server SIMDA) dari sniffer. disetting untuk menjembatani ip private agar bisa mengakses ip publik (internet). .Mengatur koneksi antar klien apakah diijinkan untuk saling berhubungan atau atau tidak.

Contoh setting advanced firewall .

Contoh scrip firewall rule pada pc router dengan DOM Mikrotik .

dengan harga 2.000 US$ . ‡ Rekomendasi Cyberoam CR50i.Firewall appliance ‡ Merupakan alat dengan sistem operasi minimalis (berbasis linux/unix) yang sangat handal untuk mencegah gangguan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar jaringan.

Solusi pengembangan keamanan sistem dan jaringan komputer .

.Penjelasan ‡ Cyberoam CR50i merupakan firewall appliance yang memberikan perlindungan real time pada pengguna dari ancaman internal dan eksternal. ‡ Firewall-router Cyberoam CR 50i : diletakkan setelah router-router dan sebelum server SIMDA (sebagai bridge) bukan sebagai gateway yang berhubungan langsung dengan internet.

Multiple link management .Gateway antivirus.Virtual Private Network .Content filtering . antispyware. dan antispam .IDS-IPS (Intrusion Detection-Prevention System) .Bandwith management .Stateful inspection firewall .Penjelasan ‡ Tool-tool yang ditawarkan Cyberoam CR50i antara lain : .

enkripsi. serta untuk menghubungkan server SIMDA dengan clinet yang belum tersambung jaringan. maupun AAA .Penerapan firewall berkaitan dengan keamanan system dan jaringan komputer SIMDA 1. Virtual Private Network Untuk menghubungkan ip private server SIMDA Pemkab Kebumen dengan dengan server SIMDA Pemprov Jateng/ Kementrian Dalam Negeri dalam rangka sinkronisasi data keuangan pemerintah (apabila aturan mengharuskan). VPN tersebut dapat mengggunakan IPSec.

Tunneling untuk jaringan internal Pemkab Kebumen yang menghubungkan server SIMDA dengan client yang ada di instansi dinas/kantor/badan/sekretariat maupun kecamatan melaluti jalur routing yang telah dibuat Tool yang digunakan adalah PPTP (Point to Point Tunneling Protocol).Untuk memudahkan monitoring user .Untuk membypass jalur/ aliran data . Tujuannya : .2.

Alamat IP (sumber) .Protokol IP . Elemen-elemen yang diperiksa antara lain : .Informasi header yang tersimpan dalam paket .Port (tujuan) . Stateful inspection firewall merupakan proses yang dilakukan firewall untuk memeriksa setiap paket yang berjalan diatasnya apakah paket tersebut diijinkan lewat/tidak.Port (sumber) .3.Alamat IP (tujuan) .

4. Dalam hardware Cyberoam CR50i sudah terinstall aplikasi IDS-IPS termasuk prosedur dari proses prevensi sampai dengan respon dari kejadian/ aktivitas intrusi/penyerang. Dalam paket nya sudah tersedia tipe network. . IDS-IPS (Intrusin Detection-Prevention System) merupakan aplikasi yang mendeteksi aktivitas atau kegiatan yang mencurigakan dari sebuah jaringan atau sistem.

‡ Komputer yang berfungsi untuk mengontrol semua router terletak dibawah router NOC-NCC.Security Management ‡ Aplikasi SIMDA hanya bisa berjalan dengan menggunakan tunneling (PPTP) yang berjalan diatas static routing. ‡ Tingkat keamanan SIMDA masih mengandalkan username dan password ‡ Untuk yang mengakses SIMDA dibatasi pada IP address tertentu saja. ‡ Khusus untuk client yang bisa mengakses server SIMDA dibatasi hanya pada superadmin.5. ‡ Aplikasi untuk memonitor jaringan menggunakan aplikasi the dude (software dari mikrotik) . selain VPN untuk instansi/kecamatan yang belum terpasang jaringan LAN.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful