P. 1
KERAJAAN KEDIRI

KERAJAAN KEDIRI

|Views: 1,611|Likes:
Published by Huang Xiao Ping

More info:

Published by: Huang Xiao Ping on Aug 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2012

pdf

text

original

KERAJAAN

KEDIRI

Kerajaan Kediri adalah sebuah kerajaan besar di Jawa Timur yang berdiri pada abad ke-12. Kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Pusat kerajaanya terletak di tepi S. Brantas yang pada masa itu telah menjadi jalur pelayaran yang ramai. Kerajaan Kediri lahir dari pembagian Kerajaan Mataram oleh Raja Airlangga (1000-1049). Pemecahan ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan di antara anak-anak selirnya. Tidak ada bukti yang jelas bagaimana kerajaan tersebut dipecah dan menjadi beberapa bagian. Dalam babad disebutkan bahwa kerajaan dibagi empat atau lima bagian. Tetapi dalam perkembangannya hanya dua kerajaan yang sering disebut, yaitu Kediri (Pangjalu) dan Jenggala. Samarawijaya sebagai pewaris sah kerajaan mendapat ibukota lama, yaitu Dahanaputra, dan nama kerajaannya diubah menjadi Pangjalu atau dikenal juga sebagai Kerajaan Kediri.

Perkembangan Kerajaan Kediri
Dalam perkembangannya Kerajaan Kediri yang beribukota Daha tumbuh menjadi besar, sedangkan Kerajaan Jenggala semakin tenggelam. Diduga Kerajaan Jenggala ditaklukkan oleh Kediri. Akan tetapi hilangnya jejak Jenggala mungkin juga disebabkan oleh tidak adanya prasasti yang ditinggalkan atau belum ditemukannya prasasti yang ditinggalkan Kerajaan Jenggala. Kejayaan Kerajaan Kediri sempat jatuh ketika Raja Kertajaya (1185-1222) berselisih dengan golongan pendeta. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Akuwu Tumapel Tunggul Ametung.

Namun kemudian kedudukannya direbut oleh Ken Arok. Diatas bekas Kerajaan Kediri inilah Ken Arok kemudian mendirikan Kerajaan Singasari, dan Kediri berada di bawah kekuasaan Singasari. Ketika Singasari berada di bawah pemerintahan Kertanegara (1268-1292), terjadilah pergolakan di dalam kerajaan. Jayakatwang, raja Kediri yang selama ini tunduk kepada Singasari bergabung dengan Bupati Sumenep (Madura) untuk menjatuhkan Kertanegara. Akhirnya pada tahun 1292 Jayakatwang berhasil mengalahkan Kertanegara dan membangun kembali kejayaan Kerajaan Kediri.

Runtuhnya Kediri
Setelah berhasil mengalah kan Kertanegara, Kerajaan Kediri bangkit kembali di bawah pemerintahan Jayakatwang. Salah seorang pemimpin pasukan Singasari, Raden Wijaya, berhasil meloloskan diri ke Madura. Karena perilakunya yang baik, Jayakatwang memperbolehkan Raden Wijaya untuk membuka Hutan Tarik sebagai daerah tempat tinggalnya. Pada tahun 1293, datang tentara Mongol yang dikirim oleh Kaisar Kubilai Khan untuk membalas dendam terhadap Kertanegara. Keadaan ini dimanfaatkan Raden Wijaya untuk menyerang Jayakatwang. Ia bekerjasama dengan tentara Mongol dan pasukan Madura di bawah pimpinan Arya Wiraraja untuk menggempur Kediri. Dalam perang tersebut pasukan Jayakatwang mudah dikalahkan. Setelah itu tidak ada lagi berita tentang Kerajaan Kediri.

Pada masa ini pula. bergelar Sri Maharaja Sang Mapanji jaya Jayabaya Pada masa itu. dan ia sendiri turun tahta menjadi pertapa. Sementara itu. Waktu itu Kediri memiliki armada laut yang cukup tangguh. Tahun 117 kerajaan ini tampil lagi dengan rajanya : * Sri Maharaja Rakai Sirikan Sri Kameswara. Raja terakhir Kediri adalah Kertajaya. Dengan demikian. Jayabaya di kemudian hari dikenal sebagai "peramal" Indonesia masa depan. Kediri menjadi wilayah Kerajaan Singhasari. * Jaya baya. Dengan meninggalnya Kertajaya. Raja terkenal Kediri adalah Jayabaya (1135-1159). berakhirlah Janggala kembali dipersatukan dengan Kediri. Wilayah Kerajaan Kediri adalah bagian selatan Kerajaan Kahuripan. adalah salah satu dari dua kerajaan pecahan Kahuripan pada tahun 1049 (satu lainnya adalah Janggala). Beliau juga terkenal karena telah memerintahan penggubahan Kakawin Bharatayuddha. Kediri memperluas wilayahnya hingga ke pantai Kalimantan. Airlangga membagi Kahuripan menjadi dua kerajaan untuk menghindari perselisihan dua puteranya. bahkan meminta rakyat untuk menyembahnya. Kerajaan Kediri di perintah oleh raja Sri Samarawijaya. di Tumapel (wilayah bawahan Kediri di daerah Malang) terjadi gejolak politik: Ken Arok membunuh penguasa Tumapel Tunggul Ametung dan mendirikan Kerajaan Singhasari. Kerajaan Kediri Kerajaan Janggala di perintah oleh Raja Mapanji Garakasan. Kertajaya dikenal sebagai raja yang kejam. Ken Arok kemudian memanfaatkan situasi politik di Kediri. (1185-1222). * Sri Aryeswara. Raja Kameswara (1116-1136) menikah dengan Dewi Kirana. kitab Baharata Yudha di gubah oleh Mpu sedihdan di lanjutkan Mpu Panuluh (Mpu Sedah meninggalkan sebelum kitabnya selesai) * Mpu Penuluh juga menulis buku Hariwangsa dan Gatutkacasraya. Ternate menjadi kerajaan subordinat di bawah Kediri. Pada masa kekuasaannya. * Kameswara. . Ini ditentang oleh para Brahmana. yang dikenal dalam kesusastraan Jawa dengan cerita Panji. Perebut kekuasaan antara jenggala dan kediri berlangsung sampai tahun1520.Kediri. Kediri menjadi kerajaan yang cukup kuat di Jawa. ia beraliansi dengan Brahmana. Tak banyak yang diketahui peristiwa di masa-masa awal Kerajaan Kediri. yang dipecah oleh Airlangga untuk dua puteranya. ditulis kitab Kakawin Smaradahana. dan lalu menghancurkan Kediri. bergelar Sri Maharaja Sri Kameswara Triwikramawarata. Pada masa ini. Selanjutnya selama kurang lebih setengah abad ke dua kerajaan tersebut tidak disebut-sebut lagi dalam sejarah. puteri Kerajaan Janggala.

. Pusat kerajaanya terletak di tepi S. Akan tetapi hilangnya jejak Jenggala mungkin juga disebabkan oleh tidak adanya prasasti yang ditinggalkan atau belum ditemukannya prasasti yang ditinggalkan Kerajaan Jenggala. Tidak ada bukti yang jelas bagaimana kerajaan tersebut dipecah dan menjadi beberapa bagian. Jayakatwang. raja Kediri yang selama ini tunduk kepada Singasari bergabung dengan Bupati Sumenep (Madura) untuk menjatuhkan Kertanegara. datang tentara Mongol yang dikirim oleh Kaisar Kubilai Khan untuk membalas dendam terhadap Kertanegara. Diduga Kerajaan Jenggala ditaklukkan oleh Kediri. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Akuwu Tumapel Tunggul Ametung. Kerajaan Kediri adalah sebuah kerajaan besar di Jawa Timur yang berdiri pada abad ke-12. Pada tahun 1293. Kejayaan Kerajaan Kediri sempat jatuh ketika Raja Kertajaya (1185-1222) berselisih dengan golongan pendeta.Pujangga yang terkenal pada masa itu adalah : * Mpu Tanakung. Akhirnya pada tahun 1292 Jayakatwang berhasil mengalahkan Kertanegara dan membangun kembali kejayaan Kerajaan Kediri. Dalam babad disebutkan bahwa kerajaan dibagi empat atau lima bagian. Runtuhnya Kediri Setelah berhasil mengalah kan Kertanegara. yaitu Kediri (Pangjalu) dan Jenggala. Tetapi dalam perkembangannya hanya dua kerajaan yang sering disebut. Diatas bekas Kerajaan Kediri inilah Ken Arok kemudian mendirikan Kerajaan Singasari. sedangkan Kerajaan Jenggala semakin tenggelam. Kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Samarawijaya sebagai pewaris sah kerajaan mendapat ibukota lama. karyanya Werasancaya dan Lubdaka. Raden Wijaya. karyanya Smaradhahana. Karena perilakunya yang baik. Kerajaan Kediri runtuh pada tahun 1222. yaitu Dahanaputra. Brantas yang pada masa itu telah menjadi jalur pelayaran yang ramai Kerajaan Kediri lahir dari pembagian Kerajaan Mataram oleh Raja Airlangga (1000-1049). Keadaan ini dimanfaatkan Raden Wijaya untuk menyerang Jayakatwang. Namun kemudian kedudukannya direbut oleh Ken Arok. Dalam perang tersebut pasukan Jayakatwang mudah dikalahkan. berhasil meloloskan diri ke Madura. Kerajaan Kediri bangkit kembali di bawah pemerintahan Jayakatwang. terjadilah pergolakan di dalam kerajaan. dan nama kerajaannya diubah menjadi Pangjalu atau dikenal juga sebagai Kerajaan Kediri Perkembangan Kerajaan Kediri Dalam perkembangannya Kerajaan Kediri yang beribukota Daha tumbuh menjadi besar. Setelah itu tidak ada lagi berita tentang Kerajaan Kediri. Salah seorang pemimpin pasukan Singasari. dan Kediri berada di bawah kekuasaan Singasari. Pemecahan ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan di antara anak-anak selirnya. Ia bekerjasama dengan tentara Mongol dan pasukan Madura di bawah pimpinan Arya Wiraraja untuk menggempur Kediri. * Mpu Darmaja. karena ditaklukkan oleh Ken Arok. Jayakatwang memperbolehkan Raden Wijaya untuk membuka Hutan Tarik sebagai daerah tempat tinggalnya. Ketika Singasari berada di bawah pemerintahan Kertanegara (1268-1292).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->