P. 1
Prosedur Pendirian Perusahaan

Prosedur Pendirian Perusahaan

|Views: 1,542|Likes:
Published by Berry Lesmana

More info:

Published by: Berry Lesmana on Aug 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

Prosedur Pendirian PT

Ketentuan 1. Jumlah pendiri perusahaan minimal 2 (dua) orang atau lebih 2. Para pendiri perseroan harus mengambil bagian saham pada saat perseroan didirikan dengan menempatkan dan menyetorkan modal minimal 25% dari modal dasar. 3. Memiliki modal dasar minimal Rp. 50.000.000 (limapuluh juta). 4. Memiliki minimal 1 (satu) orang Direktur atau lebih. 5. Memiliki minimal 1 (satu) orang Komisaris atau lebih. 6. Memiliki maksud dan tujuan serta kegiatan usaha yang tidak bertentangan dengan Peraturan dan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia 7. Memiliki tempat usaha sebagai kantor pusat perusahaan yang berlokasi dilingkungan komersial seperti Gedung Perkantoran, Pertokoan, Ruko/Rukan atau tempat usaha lainnya yang diperuntukan sebagai tempat usaha. Persyaratan; 1. Fotokopi KTP para pendiri 2. Fotokopi KTP direksi dan komisaris jika berbeda dengan para pendiri perusahaan 3. Fotokopi KK pimpinan perusahaan 4. Fotokopi bukti kepemilikan tempat usaha atau bukti sewa/kotrak tempat usaha 5. Pas photo pimpinan perusahaan ukuran 3 x 4 (2 lembar)

Setiap Pendirian PT harus dibuat dengan Akta Otentik oleh Notaris dalam bahasa Indonesia yang memuat anggaran dasar Perseroan dan untuk memperoleh statusnya sebagai badan hukum Perseroan harus mendapatkan pengesahan dari Menteri sesuai dengan UndangUndang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Untuk mendirikan Perseroan Terbatas (PT) dibutuhkan minimal 2 (dua) orang atau lebih sebagai Pendiri Perseroan yang sekaligus menjadi Pemegang Saham dengan mengambil bagian saham pada saat Perseroan didirikan. Para pendiri tersebut adalah warga negara Indonesia kecuali untuk PT didirikan dalam rangka Penanaman Modal Asing (PMA). Para pendiri harus menetapkan besarnya modal dasar Perseroan dengan ketentuan minimal Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) serta menempatkan dan menyetorkan modal dengan ketentuan paling sedikit 25% (duapuluh lima persen) dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh ke dalam Perseroan. Ketentuan Modal Perseroan ini diatur dalam pasal 31 dan 32 Undang-Undang PT Nomor 40 tahun 2007.

Pengecekan dan pendaftaran/pemesanan nama Perseroan ini dapat dilakukan sebelum Akta Pendirian PT dibuat. Nama perusahaan di cek terlebih dahulu. apakah sudah digunakan/didaftarkan pihak lain atau belum. Keterangan Khusus untuk wilayah DKI Jakarta Perusahaan harus berdomisili dilingkungan komersial/tempat usaha (non perumahan) seperti Ruko/Rukan yang harus dibuktikan dengan IMB dan bukti sewa/kontrak atau bukti kepemilikan tempat usaha tersebut.Persiapan untuk mendirikan Persiapan yang harus anda lakukan untuk dapat mendirikan Perseroan Terbatas adalah menetapkananggaran dasar Perseroan yang akan dimuat dalam Akta Pendirian Perseroan Terbatas. Apabila anggota Direksi atau Komisaris lebih dari satu orang maka salah satu dapat diangkat menjadi Direktur Utama atau Komisaris Utama. PENATA KARYA PEMBANGUNAN PT. Keterangan Jumlah modal yang disetor didalam akta pendirian mempengaruhi kualifikasi (golongan) perusahaan . Keterangan Para pendiri juga dapat diangkat sebagai Direktur atau Komisaris didalam Perseroan. Memiliki alamat jelas sebagai kantor perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usaha. KAYTECH ENERGY PT. kemudian didaftarkan untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri. 2) Pendiri harus warga negara Indonesia. PT. Nama perusahaan harus didahulukan dengan frase (PT) yang terdiri dari satu suku kata atau lebih. PUMIGASINDONESIA PT. PUALAM ENGINEERING PT. BIRO KONSULTANINDONESIA. Tetapkan kota/kabupaten sebagai tempat keududukan peseroan yang sekaligus merupakan kantor pusat perusahaan 2. 1. Modal Perseroan Terbatas Anda harus menetapkan besarnya Modal Perseroan Terbatasyang terdiri dari modal dasar. contoh. Keterangan Sebaiknya anda siapkan 2 (dua) atau 3 (tiga) buah nama Perusahaan. Bukti tersebut diatas harus dilampirkan untuk melengkapi persyaratan perizinan perusahaan. kecuali ditentukan lain berdasarkan peraturan atau undang-undang. dll Pemakaian nama Perseroan Terbatasharus mendapatkan Persetujuan dari Menteri. 3) Para pendiri untuk pertama kali pada saat perseroan ini didirikan harus turut menyertakan modal/saham atau menjadi Pemegang Saham dalam perseroan Nama Perusahaan Anda harus menetapkan nama perusahaan. Tempat dan Kedudukan Perusahaan Pada saat Perseroan didirikan harus mempunyai tempat kedudukan didaerah kotaatau kabupeten dalam wilayah RepublikIndonesia yang ditentukan dalam anggaran dasar (akta pendirian). Jika alamat perusahaan berdomisili di Gedung Perkantoran maka lampirkan bukti perjanjian sewa/kontrak dan bukti PPN atas sewa tempat usaha tersebut. meliputi Pendiri Perseroan Terbatas Anda harus menetapkan nama para pendiri perseroan dengan ketentuan seperti dibawah ini. 1) Jumlah pendiri minimal 2 (dua) orang atau lebih. hal ini untuk menghindari pemakaian nama tersebut digunakan oleh pihak lain.

misalnya yang akan menjadi Direktur ada 2 dan Komisaris 1 orang. Modal dasar perseroan minimal Rp. dengan ketentuan yang diatur oleh Undang-Undang PT nomor 40 tahun 2007 sebagai berikut.modal ditempatkan dan modal disetor.000 (limapulu juta rupiah) 2. Kualifikasi SIUP-usaha perdagangan berdasarkan modal disetor Kualifikasi IUJK/usaha jasa konstruksi berdasarkan modal disetor Keterangan Sebagai acuan untuk menetapkan bidang usaha dan jenis kegiatan usaha tersebut silahkan lihat informasi terkait dibawah ini. NPWP. 1. Domisili Perusahaan. maka salah satu Direktur diangkat menjadi Direktur Utama begitu juga jika komisaris ada 2 orang maka salah satu diangkat menjadi Komisaris Utama. Untuk jenis kegiatan usaha tertentu jumlah minimum modal dasar atau modal disetor dapat lebih besar sesuai dengan UndangUndang atau Peraturan yang mengatur tentang kegiatan usaha tersebut Maksud dan Tujuan Perseroan Terbatas Anda harus menetapkan Maksud dan tujuan perseroan yaitu bidang usaha serta jenis kegiatan usaha yang akan dilaksanakan perusahaan. SP-PKP. maka anda sudah siap untuk mengajukan permohonan Pendirian PT kepada Notaris yang berwenang sebagai langkah awal berdirinya Perusahaan. yang harus anda lakukan adalah melengkapi pendaftaran dan perizinan yang harus dimiliki untuk dapat melakukan kegiatan usaha seperti. Pengesahan Menteri Hukum & HAM RI. Jumlah pengurus dalam perseroan minimal 2 (dua) orang. Keterangan Dalam hal ini pendiri perseroan dapat diangkat/ditetapkan sebagai Direktur atau Komisaris atau mengangkat sesorang menjadi Direktur atau Komisaris didalam Perseroan. Minimal 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh oleh para pendiri Perseroan yang sekaligus menjadi Pemegang Saham Perseroan 3. dengan ketentuan sebagai berikut. Permohonan Pendirian PT tersebut bisa diajukan bersama-sama oleh para pendiri kepada Notaris atau memberikan kuasa kepada salah satu pendiri atau kepada pihak lain untuk menghadap Notaris.000. Setelah Akta Pendirian PT selesai dibuat. satu sebagai Direktur dan satu lagi sebagai Komisaris. Maksud dan tujuan perseroan Bidang usaha Pemasokan barang dan Jasa Bidang usaha Jasa Pelaksana Konstruksi (kontraktor) Bidang usaha Jasa Perencana Konstruksi dan Jasa Pengawas Konstruksi Pengurus Perseroan Terbatas Para pendiri perseroan harus menetapkan/mengangkat seorang Dirketur dan Komisaris. Jika jumlah pengurus lebih dari 2 (dua) orang. 1. 2. Jika anda sudah menyiapkan informasi diatas. SIUP atau Izin . yang terkait masalah perizinan seperti SIUP-surat izin usaha perdagangan dan IUJK-izin usaha jasa konstruksi. 50.

2. 1-2 (satu-dua) hari kerja Tahap 4 Surat Keterangan Domisili Perusahaan 1. 5. Lihat prosedur pendirian PT Lama proses. Tahap 2 Draf/ Minuta Anggaran Dasar Perseroan Terbatas 1. 2. maka anda harus mengganti dengan nama yang lain. Persyaratan. sama dengan tahap 2 3. Persyaratan. sebagai bukti keterangan/keberadaan alamat perusahaan. 1-2 hari kerja Tahap 3 Pembuatan akta Pendirian PT 1. 2. jika belum nama tersebut langsung bisa didaftarkan oleh NOTARIS melalui SISMINBAKUM untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI Jika nama perseroan sudah dimiliki. a) Fotokopi kontrak/sewa tempat usaha atau bukti kepemilikan tempat usaha . Permohonan surat keterangan domisili perusahaan diajukan kepada Kepala Kantor Kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor perusahaan berada. Pendaftaran dan persetujuan Nama Perusahaan : 1. Persyaratan. Setelah mendapatkan kepastian mengenai pemakaian Nama Perseroan Terbatas. a) Fotokopi KTP para pendiri b) Fotokopi KTP pengurus c) Data pendirian perusahaan 3. 4. Lama proses. Lama proses. Akta Pendirian PT akan dibuat dan ditandatangani oleh Notaris yang berwenang dan dibuat dalam bahasa Indonesia sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang PERSEROAN TERBATAS 2. kemudian di buat Draf/Minuta Anggaran Dasar Perseroan yang sama isinya dengan Akta Pendirian oleh kantor notaris untuk ditandatangani oleh para pendiri perusahaan atau kuasanya. 1-5 hari kerja untuk mendapatkan persetujuan pemakaian Nama PT 3. Disini para pendiri/kuasanya dapat memeriksa kembali dan atau melakukan perbaikan/penambahan isi anggaran dasar sebelum akta pendirian dibuat. TDP serta Sertifikasi dan Registrasi Badan Usaha yang dibutuhkan perusahaan untuk dapat mengikuti Tender. Permohonan diajukan kepada Notaris Pengecekan nama perusahaan dilakukan untuk mengetahui apakah nama perseroan yang anda pilih sudah dipesan atau digunakan pihak lain atau belum. Persyaratan lain yang dibutuhkan. Proses Pendirian PT Tahap 1 Pengecekan.Usaha Lainnya.

a) Kartu NPW b) Surat keterangan tedaftar sebagai wajib pajak 2. 2. Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten untuk golongan SIUP menengah dan kecil. Lama proses.Surat keterangan dari pemilik gedung apabila bedomisili di gedung perkantoran/pertokoan c) Fotokopi PBB-pajak bumi dan bangunan tahun terakhir sesuai tempat usaha untuk perusahaan yang berdomisili di RUKO/RUKAN 3. 21 (duapuluh satu hari kerja) setelah permohonan diajukan Tahap 8 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 1. Permohonan pendaftaran wajib pajak badan usaha diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan untuk mendapatkan. Melampirkan NPWP-nomor pokok wajib pajak 3. a). Melampirkan bukti pelunasan PBB-pajak bumi banguan c). 2-3 (dua-tiga) hari kerja setelah permohonan diajukan Tahap 6 Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SP-PKP) 1. 2. atau Dinas Perdagangan Propinsi untuk SIUP besar sesuai dengan tempat kedudukan perusahaan berada. a). Persyaratan. Permohonan untuk dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan NPWP yang telah diterbitkan. Melampirkan bukti kepemilikan atau bukti sewa/kontrak tempat usaha 3. Persyaratan. Lama Proses. Lama proses. a) Melampirkan bukti PPN atas sewa gedung b) Melampirkan bukti pelunasan PBB-pajak bumi banguan c) Melampirkan bukti kepemilikan atau bukti sewa/kontrak tempat usaha 3. Persyaratan lain yang dibutuhkan. Melampirkan bukti PPN atas sewa gedung b). Persyaratan lain yang dibutuhkan. Melampirkan surat pernyataan penyetoran modal yang ditandatangani oleh para pendiri Perseroan b). 14 (empat belas) hari kerja setelah permohonan diajukan kecuali untuk SIUP besar 1. a) SITU/HO untuk jenis kegiatan usaha perdagangan yang dipersyaratkan adanya SITU berdasarkan Undang-Undang Gangguan b) Photo direktur utama/pimpinan perusahaan (3x4) sebanyak 2 (dua) lembar 3. 2 (dua) hari kerja setelah permohonan diajukan Tahap 5 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 1. b) . Lama Proses. Lama proses. 3-5 (tiga-lima) hari kerja setelah permohonan diajukan Tahap 7 SK Menteri Hukum dan HAM RI Permohonan ini diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (AKTA PENDIRIAN) sebagai Badan Hukum PT sesuai Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang PERSEROAN TERBATAS 2.

2. Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat Tanda Daftar Perusahaan sebagai bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No.Tahap 9 Tanda Daftar Perusahaan (TDP) 1. Selama berita acara Negara Republik Indonesia masih dalam proses. maka statusnya sebagai badan hukum telah sempurna. Dinas Perdagangan. . Lama Proses. 14 (empatbelas) hari kerja setelah permohonan diajukan Tahap 10 Berita Acara Republik Indonesia Perusahaan yang telah diumumkan dalam tambahan berita acara negara Repbulik Indonesia. Lama Proses. 60-90 (enampuluh-sembilanpuluh) Hari kerja Keterangan.37/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan 3. perusahaan sudah dapat melaksanakan kegiatan usaha termasuk mengikuti pengadaan barang dan jasa di Instansi Pemerintah. 2. Permohonan ini dapat diajukan setelah perusahaan memiliki Tanda Daftar Perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Kehakiman & HAM RI. Permohonan pendaftaran diajukan kepada Pendaftaran Perusahaan yang berada di Kota/Kabupaten cq. 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->