P. 1
Human Resources Information System

Human Resources Information System

|Views: 425|Likes:
Published by shelvye

More info:

Published by: shelvye on Aug 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

OLEH NAMA : NINING PURWANTI NIM : 613090079

KELAS : D3 IF-33-02

FAKULTAS INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM BANDUNG 2009

Penghentian dan Admistrasi Tunjangan Selama seseorang diperkerjakan oleh perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan. yang menyediakan berbagai informasi yang diperlukan. SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai. Manajemen Data Proses pengelolaan data sehingga dapat digunakan sebagai sumber (informasi/analisis) yang dapat dipercaya untuk perorangan/ umum. 4. 3. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai. Perekrutan dan Penerimaan (Recruiting and Hiring) SDM membantu menerima pegawai baru ke dalam perusahaan.HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM (HRIS) Sistem Informasi Sumber Daya Manusia/ Human Resources Information System (SISDM/HRIS) merupakan salah satu sistem informasi terpenting yang ada di dalam sebuah perusahaan. Setelah penghentian. HRIS adalah sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. 2. . Fungsi dari Human Resources Information System itu antara lain adalah sebagai berikut : 1. Human Resources Information System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola dan tatalaksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut dengan Decision Support System. SDM mengurus program pensiun perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak. Pendidikan dan Pelatihan Selama periode kepegawaian seseorang. dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).

karir setiap pegawai akan ditentukan oleh kelompok kerja di mana masingmasing pegawai bekerja (vertical path). pencatatan cuti tahunan. 8. penyeberangan karir dari setiap kelompok tidak dapat dihindarkan (cross functhin career path) atau bahkan berpindah dari satu kelompok ke kelompok lainnya (horizontal carreer path). forced separation (indisipliner. dll). Personnel Administration and HRIS. Fungsi ini menjawab setiap pegawai memiliki jalur karir menurut tugas. Fungsi ini juga penting untuk menggali input-input dari pegawai mengenai berbagai aspek dalam organisasi. namun dengan mempertimbangkan besarnya organisasi masing-masing. dan penggunaan database. 6. Separation Management. Employee Database Management A Database Management System (DBMS) adalah seperangkat program komputer yang mengendalikan pembuatan. dan kompetensi yang ia miliki. 7. Sebuah DBMS adalah perangkat lunak sistem paket yang membantu penggunaan koleksi . pinjaman karyawan. habisnya masa kontrak. absensi. atau early retirement (pensiun sebelum masanya). Hubungan Karyawan (Employee Relations). Secara umum fungsi ini bertanggung jawab terhadap Employee Database. kebijakan dan peraturan perusahaan. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menempatkan kontrol terhadap pembangunan database di tangan administrator database (DBAs) dan spesialis lainnya. Mengacu kepada kondisi jangka panjang. perencanaan dan jenjang karir bagi seluruh anggota organisasi.5. atau meninggal). Perencanaan Karir (Career Planning). Bertanggung jawab atas pengelolaan. Macam-macam aplikasi yang digunakan untuk Human Resources Information System adalah : 1. tanggung jawab. pemeliharaan. Payroll dan pembayaran benefit lainnya. Berfungsi sebagai internal PR bagi setiap kebutuhan pegawai terhadap informasi. Biasa dikenal dengan Personalia atau Kepegawaian adalah fungsi yang mendukung terlaksananya fungsi HR yang lain. Berfungsi untuk mengelola seluruh tindakan pemutusan hubungan kerja dalam organisasi bayak yang disebabkan karena normal separation (pensiun.

Compensation & Benefit Management System Karakteristik informasi yang dipersiapakan dalam Sistem Informasi Sumber daya Manusia adalah: 1. sebuah DBMS memungkinkan pengguna dan perangkat lunak lain untuk menyimpan dan mengambil data dengan cara terstruktur. mencari resource. Prosesnya dimulai dari penetapan kualifikasi calon karyawan yang dibutuhkan. 6. mengumpulkan surat lamaran dan dokumen-dokumen orang-orang yang dibutuhkan tertarik dan diakhiri pekerjaan dengan yang mengumpulkan yang dengan lowong. Talent Management Integrated System Talent management meliputi pengembangan individu dan organisasi di dalam menjawab perubahan dan kompleksitas lingkungan operasi. Aktivitas dalam talent management termasuk menciptakan dan mempertahankan budaya organisasi yang mendukung (supportive) dan berorientasi pada orang (people oriented). 4. Concise (ringkas) . Recruitment Database Integrated System Rekrutmen (recruitment) dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mendapatkan calon karyawan yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan suatu organisasi / perusahaan. 2. Hal ini memungkinkan program aplikasi user yang berbeda untuk dengan mudah mengakses database yang sama.terpadu dari catatan data dan file yang dikenal sebagai database. Timely (tepat waktu) 2. Recruitment Database Integrated System dikembangkan dengan tampilan menu mencakup semua proses rekrutmen dan seleksi yang dilakukan oleh perusahaan. seperti model jaringan atau model relasional. Performance Management Online 3. Competency Based Integrated System 5. Dalam sistem yang besar. Accurate (akurat) 3. namun aplikasi software ini dibangun secara "fleksible" mengikuti proses bisnis yang ada dalam perusahaan. DBMSs dapat menggunakan salah satu dari berbagai model database. Walaupun alur proses di masing-masing perusahaan dapat berbeda.

perekrutan dan analisis rekruitmen. Merupakan informasi tentang penggajian dan kompensasinya yang meliputi kehadiran dan jam kerja. Merupakan informasi yang dibutuhkan oleh manajer atas untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja dalam jangka pendek dan jangka panjang. analisis kompensasi dan perencanaan kompensasi. Subsistem Perencanaan Kerja. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja. Informasi± informasi ini meliputi informasi pelatihan. penilaian atau evaluasi kerja. Relevant (relevan) 5. sedang benefit lebih ke manfaat tambahan yang diterima karyawan sepeti dana pensiun. Meliputi benefit yang diterima oleh karyawan. realokasi jabatan. dan kedisiplinan. kesehatan karyawan dan lingkungan kerjanya. evaluasi keahlian. 6. penjadwalan wawamcara. Complete (lengkap) Output HRIS terdiri atas 6 subsistem yaitu : 1. 4. Subsistem Benefit. kecelakaan selam kerja. Merupakan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk pengadaan tenaga kerja secara eksternal maupun internal. Benefit berbeda dengan kompensasi. Subsistem Tunjangan. Subsistem Perekrutan. anggaran biaya tenaga kerja dan perencanaan tenaga kerja itu sendiri. Kompensasi lebih ke insentif yang dihubungkan dengan kinerja karyawannya. Informasi ini meliputi informasi untuk analisis perputaran tenaga kerja (turnover). Merupakan informasi±informasi yang dibutuhkan untuk mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi.4. suksesi. karir. perhitungan gaji dan bonus. Informasi±informasi ini berhubungan dengan keluhan ± keluhan. . Subsistem Pelapor Lingkungan. 5. Informasi-informasi ini diantaranya adalah informasi pasar tenaga kerja. 3. 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->