KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BANGSA DI INDONESIA

I. KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BANGSA DI INDONESIA BAGIAN BARAT (BATAK MINANGKABAU, JAWA DAN SUNDA)

A. Pola Kebudayaan Suku Bangsa Batak Daerah persebaran suku Batak meliputi daerah pegunungan di Sumatra Utara. Sebelah selatan berbatasan dengan Daerah Istimewa Aceh. Sebelah selatan berbatasan dengan propinsi Riau dan Sumatra Barat. Suku bangsa Batak yang mendiami wilayah tersebut adalah Batak Karo, Batak Pak-Pak, Batak Simalungun, Batak Toba, Batak Angkalo dan Batak Mandaling. Orang-orang Batak ini mendiami Dataran Tinggi Karo, Langkat Hulu, Deli Hulu, Serdang Hulu, Simalungun, Dairi, Toba, Humangang, Silinding, Angkalo, Mandaling dan Kabupaten Tengah. 1. Sistem Religi dan Kepercayaan Kehidupan religi masyarakat batak dipengaruhi oleh beberapa agama. Agama Islam telah masuk ke daerah Batak sekitar awal abad ke-19 yang dibawa oleh orang Minangkabau, dianut oleh sebagian besar suku bangsa Batak bagian selatan, seperti Batak Mandaling dan Angkalo. Agama Kristen disiarkan di daerah Toba dan Simalungun oleh organisasi penyiar agama dari Jerman dan Belanda sekitar tahun 1863. Terutama pada Batak Karo. Selain kedua agama tersebut, orang Batak juga mempunyai kepercayaan pada Animisme. 2. Sistem Kekerabatan Orang Batak menghitung keturunan berdasarkan prinsip keturunan patrilineal, yaitu suatu kelompok kekerabatan berdasarkan satu ayah, satu kakek dan satu nenek moyang. Kelompok kekerabatan yang terkecil ialah keluarga batih atau rips (Toba), Jabu (Karo). Suatu kelompok kekerabatan yang besar pada orang Toba disebut marga, orang Karo menyebur marga. Marga atau mergaa dapat berarti Klen.

Sistem Kesenian Kebudayaan suku bangsa batak cukup khas dan beraneka ragam. Pakaian Adat Pelengkap pakain adat suku bangsa Batak yang khas adalah ulos yang berbentuk segi panjang (panjang sekitar 1. 3. lebarnya 1 m) dan ujungnya berumbai-rumbai. c. Seni Tari dan Alat Musik Tradisional Tarian Batak yang dikenal dengan tortor sangat banyak ragam variasinya. Pintu depannya dihadapkan kearah hulu dan pintu belakang ke arah muara. denah rumah Batak Karo direncanakan untuk keluarga jamak yang dihuni rata-rata delapan keluarga Batih. Mahkota atapnya menghadap keempat arah mata angun dan ujung atapnya dihiaasi dengan hiasan yang berbentuk kepala kerbau. Hal ini terlihat dari bentuk rumah teradisional. Rumah Tradisional Suku bangsa Batak memiliki tipe rumah tradisional dengan perbedaan yang cukup jelas. Tarian ini dibawakan baik oleh pria maupun wanita dan diringi oleh seperangkat alat musik. Bentuk atap rumah kepala marga berbeda dengan bentuk rumah-rumah lainnya. Pembuatannya ditenun tangan yang umumnya dkerjakan oleh wanita. Batak Toba Rumah Batak Toba memberikan kesan kokoh karena kontruksi tiang-tiang terbuat dari kayu glondongan. upacara maupun pakaian adatnya. . b. diantara tipe rumah Batak Toba.3. Batak Simalungun Bentuk atap Rumah Batak Simalungun kadang-kadang tidak Simetris. a. 2. 1. Batak Karo Rumah Batak Karo merupakan tipe rumah pegunungan.80 m. Batak Karo dan Batak Simalungun. Umumnya.

Sistem Kesenian Dalam sistem kesenian. Seluruh kehidupan masyarakat sangat dipengaruhi oleh sendi-sendi agama Islam. Kepala urung disebut saja raja urung dan sibayak untuk untuk bagian kerajaan. Pelajaran agama dan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan oleh seorang tuanku atau Syeikh yang sama dengan Kyai di Jawa.4. Rumah adat Rumah adat Minangkabau didirikan diatas panggung dan bentuknya memanjang. Sistem Religi dan Kepercayaan Masyarakat Minangkabau merupakan penganut agama Islam yang taat. 2. dan didiah ketiga untuk tamu. Kepemimpinan dibidang pemerintah dipegang oleh salah seorang dari turunan tertua merga tanah. 1. Sistem Politik Secara umum kepemimpinan pada masyarakat Batak terbagi dalam tiga bidang. Secara tradisional daerah darat dianggap sebagai asal kebudayaan Minangkabau. satu digunakan sebagai ruang tidur (bilik) didiah kedua merupakan bagian yang terbuka tempat menerima tamu atau mengadakan pesta. kita akan membahas rumah adat. seni tari dan alat musik tradiasional. Sebuah rumah adat biasanya memiliki tiga didiah. a. Kepala hutan disebut penghulu. 3. B. yaitu kepemimpinan adat. . bukan keluarga ayahnya. Pola Kebudayaan Suku Bangsa Minangkabau Daerah Minangkabau meliputi wilayah seluas propinsi Sumatra Barat. pemerintah dan agama. terutama bagi seorang yang memiliki kedudukan tertentu. Sistem Kekerabatan Garis keturunan masyarakat minangkabau yang dianut adalah garis keturunan matrilineal yaitu seorang akan masuk keluarga ibunya. pakain adat. Dalam masyarakat Minangkabau tidak ada larangan mempunyai lebih dari satu istri.

Selamatan dalam rangka lingkaran hidup seseorang seperti : 1. Hal tersebut tampak nyata pada bangunan-bangunan tempat beribadah bagi umat Islam. Upacara turun tanah yang pertama 5. Surakarta. Madiun. Dengan melaksanakan ajaran Islam sesuai dengan syariatsyariatnya. Tetapi tidak secara patuh menjalankan rukun Islam. Malang dan Kediri. Pakaian adat Umumnya para wanita memakai baju karung dan berkain serta kerudung. Kedu. Kelahiran 3. 1. Potong rambut yang pertama 4. Daerah yang merupakan pusat kebudayaan Jawa adalah dua daerah yang dulu bekas kerajaan Mataram. Khitanan (untuk anak laki-laki) . Golongan Islam Kejawen ialah golongan yang percaya pada ajaran Islam. Yogyakarta.Pria memakai celana panjang kain serta dililit sarung dan kemeja lengan panjang yang bagian lehernya baju jas tanpa kerah.b. 2. Menusuk telinga / nindik (untuk anak perempuan) 6. yaitu Yogyakarta dan Surakarta yang terpecah pada tahun 1755. ada daerah-daerah yang disebut kejawen sebelum terjadi perubahan seperti sekarang ini. Sistem Religi dan Kepercayaan Agama Islam merupakan agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat suku bangsa Jawa. Daerah-daerah lainnya dinamakan pesisir dan ujung timur. Orang Jawa mengaitkan upacara-upacara keagamaan dengan ³selamatan´ antara lain sebagai berikut : a. Pola Kebudayaan Suku Bangsa Jawa Suku bangsa Jawa mendiami pulau Jawa bagian tengah dan timur sungguhpun demikian. Tujuh bulan kehamilan 2. Golongan Islam santri adalah golongan Islam yang menjalankan ibadahnya sesuai dengan ajaran Islam. C. 1. Daerah itu adalah Banyumas.

wayang orang dan wayang purwa. Lagu-lagu tersebut diiringi dengan gamelan. Penggarapan tanah pertanian 3. Selamatan untuk memperingati hari-hari serta bulan-bulan Islam 1. 3. Menempati rumah baru 3. Selamatan pada saat yang tidak menentu berkenaan dengan kejadian-kejadian seperti : 1.7. Kesenian Tipe Jawa Tengah 1. Bentuknya antara lain wayang kulit. gek kepriye dan pitik tukung. 4. Sistem Kekerabatan Sistem kekerabatan pada masyarakat Jawa didasarkan pada prinsip keturunan bilateral atau parental. Seni Teater Tradisional . sedangkan sistem klasifikasi dilakukan menurut angkatanangkatan. 3. Masa tanam dan masa panen c. Menolak bahaya (ngruwat) 4. Seni Pewayangan Seni pewayangan merupakan wujud seni teater tradisional di Jawa Tengah. misalnya lagu-lagu dolanan suwe ora jamu. yaitu tipe Jawa Tengah da tipe Jawa Timur. a. sistem kesenian masyarakat Jawa mempunyai dua tipe. Upacara perkawinan 8. Upacara kematian serta upacara berkala setelah kematian b. Janji kalau sembuh dari sakit (kaul) 2. Sistem Kesenian Berdasarkan lokasi. Bersih desa 2. Melakukan perjalanan jauh 2. Selamatan untuk memperingati hari-hari serta bulan-bulan besar Islam d. Seni Tari Contoh seni tari Jawa Tengah adalah tari Serimpi dan tari Bambang Cakil 2. Seni Tembang Seni tembang berupa lagu-lagu daerah Jawa.

antara lain corak limas an dan joglo. Pringgitan dan Dalem. Pendopo merupakan tempat menerima tamu. d. 3. Dalem merupakan tempat singgasana Raja. b. Tari Tayuban. jadi wayang beber merupakan satu pertunjukan gambar yang sederhana sekali. Reog (Ponorogo) dan tari Tengger (Banyuwangi). Seni Suara Wujud seni suara di Jawa Timur antara lain berupa lagu-lagu daerah seperti Tanduk Mejeng (dari Madura) dang Ngidung (dari Surabaya). Seni Pewayangan Wujud seni pewayangan Jawa timur antara lain wayang beber. c. 4. 3. korset dan keris yang terselip di pinggang. .Wujud seni teater tradisional di Jawa Tengah antara lain adalah ketoprak. 2. Serambi depan tempat menerima laki-laki sedangkan tamu perempuan diterima diserambi belakang. Wayang beber merupakan cerita gambar yang dilukiskan berwarna-warni pada segulung kertas. 1. Rumah penduduk dan kraton di Jawa tengah umumnya terdiri atas tiga ruangan. Pakaian Adat Daerah Jawa Pakaian untuk pria Jawa Tengah ialah penutup kepala yang disebut kuluk. Pringgitan merupakan tempat untuk menyelenggarakan pertunjukan wayang. 5. 2. Rumah itu tidak mempunyai pintu belakang dan tanpa kamar-kamar. upacara adat dan kesenian. Tari Kuda Lumping. Rumah Situbondo merupakan model rumah adat Jawa Timur yang mendapat pengaruh dari rumah Madura. Seni Tari dan Teater Wujud seni tari dan teater tradisional di Jawa Timur antara lain tari Ngremo. dlaam berarti ruangan utama tinggal keluarga. dalang menceritakan kisahnya dengan menunjuk pada gambar yang bersangkutan. yaitu Pendopo. Bagi rumah penduduk. berbaju jas sikepan. Kesenian Tipe Jawa Timur 1. Rumah Adat Tipe Jawa Rumah adat tipe Jawa Tengah bermacam-macam coraknya.

suku bangsa Sunda adalah suku bangsa yang secara turun-temurun menggunakan bahasa ibu /bahasa sunda sebagai bahasa sehari-hari. masyarakat sunda terutama yang berbeda di daerah pedesaan. . Sepotong kain tersampir di bahunya dan memakai baju kebaya pendek dengan kain sebatas lutut. Sistem Kemasyarakatan dan Politik Dalam kenyataannya masyarakat Jawa masih membedakan antara golongan Priyayi dan golongan kebanyakan. bertugas menjaga keamanan desa. b. 4. Pembantu-pembantu lurah terdiri atas : a. Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari seorang kepala desa dengan pembantunya disebut Pamong Desa. c. bertugas mengatur air penduduk ke sawah-sawah. yaitu tugas kesejahteraan desa dan tugas kepolisisan untuk keamanan dan ketertiban desa. Pamong desa mempunyai dua tugas pokok. Golongan priyayi atau bendara terdiri atas pegawai negeri dan kaum pelajar. Carik. Sistem kekerabatan di daerah sunda adalah sistem bilateral. 1. Jawa tirta atau ulu-ulu. D. Adapun pembantu-pembantu lurah dipilih sendiri oleh lurah. Sistem Kekerabatan Dalam masyarakat sunda terdapat sistem kekerabatan ambilineal yaitu penetapan kekerabatan sebagian melalui garis ibu dan sebagian melalui garis bapak. Pada saat ini pemegang tugas penjaga keamanan adalah hansip. bertugas sebagai pembantu umum dan penulis desa. mawsih kuat kepercayaan pada mitos tahayul. Sistem Religi dan Kepercayaan Sebagian besar masyarakat sunda beragama Islam.Pria Jawa Timur memakai pakaian adat berupa tutup kepala (destar) baju lengan panjang tanpa leher dengan baju bergaris-garis lebar. 2. Pola Kebudayaan Suku Bangsa Sunda Berdasarkan tinjauan etnografis. Disamping patuh menjalankan kewajiban agamanya. Jaga baya.

Kokolot berkewajiban menyampaikan perintah dan berita kepada warga desa. Tari kupu. Panembahan. Keratin ini terdiri dari empat ruangan. pakaian adat pria Jawa Barat berupa tutp kepala (destar) berjas dengan leher tertutup (jas tutup). a. Sebagai suatu kesatuan administrasi. pajak. sebaliknya kokolot juga menyampaikan laopran dan pengaduan dari warga dan pamong. pakaian adat serta seni tari dan bentuk kesenian lainnya. Pringgondani tempat Sultan memberi perintah kepada Adipati. Pakaian Adat Secara faris besar. yang dalam susunan pemerintah nasional menempati tingkat paling bawah. Tari topeng. menarik dan memukau. suatu desa juga mempunyai suatu sistem pemerintahan desa yang mengurus rumah tangga desa. sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang Raja karena cintanya tertolak. 2. arsip. 4. 2. merupakan sebuah tarian yang mengisahkan kehidupan kupu-kupu yang serba indah. Sistem Kesenian Uraian mengenai sistem kesenian masyarakat sunda akan membicarakan rumah adat. Prabayasa. kuncara. sebilah keris terselip dipinggang bagian belakang serta kain batik. dan sebagainya.Juru tulis bertugas administrasi desa.3. Sistem Politik dan Pemerintahan Desa di Jawa barat dapat dilihat sebgai suatu kesatuan administarasi yang terkecil. . 3. b. tempat Sultan menerima tamu istimewa. yaitu : 1. ruang kerja dan istirahat Sultan. dan 4. Rumah Adat Keratin kasepuhan Cirebon merupakan model rumah adat Jawa Barat yang didepannya terdapat pintu gerbang. Seni Tari dan Bentuk Kesenian lainnya Wujud kesenian sunda antara lain sebagai berikut : 1. Jinem atau pendopo untuk para punggawa atau penjaga keselamatan Sultan.daftar hak milik rakyat. disamping itu desa juga mempunyai rangkaian sifat-sifat yang khas. c.

Kulisi bertugas memelihara keamanan. nikah. rujuk. Amil berkewajiban mengurus pendaftaran kelahiran. .Ulu-ulu bertugas mengurus pembagian air dan memelihara selokan-selokan. talak. mengucapkan doa. kematian. mengurus pelanggaran dan membantu Pembina desa. serta mengurus masjid dan langgar. selamatan.

Shinta Paramita 4. Ayu Astikawati 6. Maria Ulfa 5. Ririn Dama Yanti 3.SOSIOLOGI SEMESTER II KEANEKARAGAMAN SUKU DAN BANGSA DI INDONESIA Nama Kelompok : 1. Rina 2. Sadam Husein .