P. 1
Metode Dan Media Pembelajaran

Metode Dan Media Pembelajaran

3.0

|Views: 2,513|Likes:
Published by novieta9

More info:

Published by: novieta9 on Aug 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2013

pdf

text

original

Metode dan Media Pembelajaran

Oleh :
1. Moh. Farid Wajdi Fahmi 2. Sri Anatus Sholihah 3. Virgo Nita Sepyani 4. Wiratmoko 5. Novita Irawati

Pengertian Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan .

2. Metode Ceramah Metode ceramah merupakan metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode Debat Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa .Jenis Metode Pembelajaran 1.

Jenis-jenis metode diskusi : 1. Diskusi kelompok kecil 3. Diskusi Panel . menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Diskusi Kelas 2.Metode Diskusi Metode ini merupakan interaksi antar siswa atau siswa dengan guru untuk menganalisa. memecahkan masalah. Simposium 4.

kejadian. dan urutan melakukan suatu kegiatan. baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan Metode Tanya Jawab Metode tanya jawab merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa. aturan.Metode Demonstrasi Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang. tetapi dapat pula dari siswa kepada guru .

Metode Simulasi Metode ini menampilkan simbol-simbol atau peralatan yang menggantikan proses kejadian atau benda yang sebenarnya Jenis-jenis Simulasi : 1. Sesiodrama 2. Psikodrama 3. Role Playing .

.Metode Resitasi Metode resitasi adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar Metode Percobaan (Experiment) Metode ini adalah metode pemberian kesempatan kepada siswa perseorangan dan kelompok. untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.

Metode Karya Wisata Metode karyawisata adalah metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengunjungi obyek-obyek dalam rangka untuk menambah dan memperluas wawasan obyek yang dipelajari tersebut (sesuai dengan bidangnya) Metode Latihan Keterampilan (Drill) Metode ini disebut juga metode training. merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu .

Metode Mengajar Beregu (Team Teaching) Metode mengajar beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Metode Pemecahan Masalah (Brainstorming) Metode ini merupakan metode yang merangsang berpikir dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa .

Metode Perancangan (Project method) Metode perancangan yaitu suatu metode mengajar dimana pendidik harus merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian Metode Bagian ( Teileren method ) Metode bagian yaitu suatu metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian. misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentu saja berkaitan dengan masalahnya .

memajukan cara belajar aktif. mengarahkan sendiri.Metode Global (Ganze method ) yaitu suatu Metode Penemuan metode mengajar dimana (Discovery) siswa disuruh membaca Metode Discovery keseluruhan materi. mencari sendiri dan reflektif . merupakan komponen kemudian siswa meresume dari praktek pendidikan apa yang dapat mereka yang meliputi metode serap atau ambil intisari mengajar yang dari materi tersebut. beroreientasi pada proses.

Inquiry menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar yang aktif Metode Studi Kasus Metode ini berbentuk penjelasan tentang masalah kejadian.Metode Inquiry Metode inquiry adalah metode yang mampu menggiring peserta didik untuk menyadari apa yang telah didapatkan selama belajar. kemudian siswa ditugasi mencari alternatif pemecahannya . atau situasi tertentu.

masalah tertentu.Metode Simposium Metode yang memaparkan suatu seri pembicara dalam berbagai kelompok topik dalam bidang materi tertentu Metode Seminar Merupakan kegiatan belajar sekelompok siswa untuk membahas topik. .

. Metode Observasi Observasi ialah metode atau caracara menganalisa dan mengadakan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung.Metode Pemberian Tugas Metode pemberian tugas adalah cara dalam proses belajar mengajar dengan jalan memberi tugas kepada siswa.

baik secara individual atau secara kelompok. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Problem Based Instruction (PBI) memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa. peran guru menyajikan masalah. mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog .Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) Adalah suatu metode atau cara penyajian pelajaran dengan cara siswa dihadapkan pada suatu masalah yang harus dipecahkan atau diselesaikan.

.Metode Cooperative Script Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Picture And Picture Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis.

baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode Investigasi Kelompok Metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan. . Contoh-contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD.Metode Example dan Non Exsample adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh.

Micro Teaching Mikro teaching berarti suatu kegiatan mengajar dimana segala dikecilkan atau disederhanakan Metode mengajar beregu ( Team teaching method ) Metode mengajar beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. .

Media Pembelajaran .

dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi. . perasaan. perhatian.Pengertian Media Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran.

Mengatasi keterbatasan ruang.Fungsi Media Pembelajaran 1. Mengkondisikan munculnya persamaan persepsi dan pengalaman . dan daya indera 5. waktu. Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran 2. Mengatasi sikap pasif siswa menjadi lebih bersemangat 6. Media pembelajaran sebagai sumber belajar 3. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis 4.

serta benda nyata yang tidak bersuara. Yang termasuk jenis media ini antara lain meliputi tape recorder dan radio. 3. foto. film. . Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Beberapa contoh media audiovisual meliputi televisi. Yang temasuk jenis ini antara lain meliputi gambar. Media audiktif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. atau demonstrasi langsung. 2. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra pengelihatan. video.Jenis-jenis Media Pembelajaran 1.

Audio visual diam adalah media yang menampilkan suara dan gambar diam (tidak bergerak). 2. film rangkai suara. Misalnya. . film bingkai suara sound sistem.Media audiovisual dapat Anda bedakan lagi menjadi : 1. film suara dan video-cassette. dan cetak suara. Misalnya. Audio visual gerak adalah media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak.

Bahan Grafis 5. slide. Media yang Diproyeksikan a. filmstrips. opaque projektor. . Media nonproyeksi a. c.4. b. overhead transparansi (OHT). Model b.

. 4. 5. 8. Kegiatan belajar dapat menjadi lebih interaktif. 3. 6. Kegiatan pembelajaran bisa dilakukan di mana saja. Penyajian materi ajar menjadi lebih standar. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Media dapat mempersingkat penyajian materi pembelajaran yang kompleks. Penyusunan media yang terencana dan terstruktur dengan baik.Peran Media Pembelajaran 1. Efisiensi dalam waktu dan tenaga. 2. Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan 7.

Pertimbangan produksi Pertimbangan peserta didik Pertimbangan Isi Pertimbangan guru .Prinsip-Prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media 1. 2. 3. 4.

Dasar Pertimbangan Pemilihan dan Penggunaan Media 1. 3. 5. Objektivitas Program Pembelajaran Sasaran Program Kualitas Teknik Keefektifan dan Efisiensi Penggunaan . 4. 2.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->