IT-023252

PROGRAM DIPLOMA TIGA BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN (D3 – BK) UNIVERSITAS GUNADARMA – DEPOK.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN:
MATA KULIAH KODE/SKS TAHUN AJARAN PROGRAM STUDI
Minggu ke1 & 2 Pokok bahasan dan TIU MASALAH POKOK ILMU EKONOMI TIU:

: EKONOMIKA 1 : KD-023302/3 SKS : PTA (GANJIL) : D3-MANAJEMEN PEMASARAN/KEUANGAN
Metode kuliah Kuliah mimbar Media Papan tulis Overhead Tugas Kasus dan latihan box appendiks Referensi N. G. Mankiw, Dominic Salvatore, Sadono Sukirno, Pratama Raharja, Lincolin Arsyad

Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Sejarah ilmu ekonomi, lahirnya ilmu ekonomi.  Kelangkaan sebagai keterbatasan sumber-sumber daya yang dimiliki setiap individu.  Permasalahan pokok ilmu ekonomi.  Barang dan jasa.  Barang ekonomi dan barang bebas.  Pernyataan positif dan normative.  Definisi ilmu ekonomi;  Ekonomi deskriptif  Ekonomi terapan  Teori ekonomi  Variabel dalam ilmu ekonomi;  Asumsi-asumsi  Grafik  Hipotesis  Model ekonomi siklus perputaran ekonomi.  Kurva batas kemungkinan produksi.

 

Mempelajari bahwa ilmu ekonomi pada dasarnya mempelajari alokasi sumbersumber daya yang langka. Menelaah berbagai situasi tradeoff yaitu dengan mengorbankan sesuatu untuk memperoleh sesuatu. Mempelajari tentang biaya oportunitas (cost opportunity). Mempelajari penggunaan penalaran marjinal (marginal reasioning) dalam pengambilan keputusan. Menyimak bagaimana insentif dapat mempengaruhi perilaku

1

 Pergeseran kurva permintaan. Mempelajari perbedaan antara pernyataan ekonomi positif dan normative. pengertian dan konsep ekonomi • Merumuskan arti ilmu ekonomi • Menghubungkan teori ekonomi dengan dunia nyata Aplikasi pengertian biaya kesempatan peranan permasalahan dasar ekonomi dan pemecahannya dalam konteks sistem ekonomi  Penentuan harga sumber-sumber ekonomi.  Organisasi sistem dan siklus perekonomian dan sistem pasar Sasaran belajar: • Menggunakan secara benar istilah.  Meneliti factor-faktor penentu penawaran barang dalam pasar persaingan. Dominic Salvatore.  Pernawaran individu dan Penawaran Metode kuliah Media Tugas Referensi    3 & 4 MEKANISME PASAR: PERMINTAAN & PENAWARAN TIU:  Mempelajari sifat dasar pasar persaingan. Sadono Sukirno.Minggu ke Pokok bahasan dan TIU masyarakat. Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks N. Membedakan antara mikro ekonomi dengan makro ekonomi.  Pasar dan persaingan. Pratama Raharja 2 . Mempertimbangkan bahwasanya asumsi dan metode dapat memberikan penjelasan pada dunia nyata.  Kerangka pemikiran ekonomi mikro.  Meneliti factor-faktor penentu permintaan barang dalam pasar persaingan.  Apa yang menentukan kuantitas penawaran individu?  Skedul penawaran dan kurva penawaran. Mempelajari dua model sederhana aliran perputaran dan batas kemungkinan produksi. Gregory Mankiw.  Apa yang menentukan permintaan individu?  Skedul permintaan dan kurva permintaan. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Sumberdaya ekonomi.  Ceteris paribus.  Permintaan individu dan Permintaan pasar.  Memahami penawaran dan permintaan secara bersamasama menentukan harga dan kuantitas barang yang terjual.

 Keseimbangan (equilibrium) pasar dan langkah untuk menganalisis perubahan keseimbangan.Minggu ke Pokok bahasan dan TIU Menganalisis peranan harga dalam alokasi sumber daya yang langka dalam perekonomian pasar.  Bagaimana harga mengalokasikan sumberdaya? Sasaran belajar: • Mengerti skedul dan kurva dan hukum permintaan • Dapat menjelaskan fungsi permintaan individual dan permintaan pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan • Memahami perubahan permintaan.  Pergeseran kurva penawaran. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar pasar. Gregory 3 . fungsi permintaan dan pergeseran kurva permintaan individu • Mengerti skedul dan kurva penawaran dalam implikasi produsen individual maupun pasar produsen • Dapat menjelaskan perubahan penawaran dan faktor yang mempengaruhi yang ditunjukkan dalam persamaan fungsi penawaran • Mampu menganalisis keseimbangan pasar konsumen pada tingkat harga dan kuantitas keseimbangan (ekuilibrium) dan mampu menggunakan penawaran dan permintaan sebagai alat analisis Metode kuliah Media Tugas Referensi 5 KONSEP ELASTISITAS DAN  Elastisitas harga permintaan dan factor- Kuliah Papan Kasus dan N.

silang dan pendapatan • Dapat menjelaskan hubungan elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran dengan variabel-variabel lain • Dapat menggunakan nilai koefisien elastisitas dalam penerapan analisis permintaan dan penawaran  Asumsi dalam model utilitas cardinal. elastisitas titik dan elastisitas busur. elastisitas harga. Elastisitas permintaan silang dan pendapatan. Kuliah mimbar Papan tulis Kasus dan latihan Dominic Salvatore. Menghitung elastisitas harga penawaran Berbagai bentuk kurva penawaran.  Mengaplikasikan/menerapkan konsep elastisitas dalam tiga pasar yang sangat berbeda. Elastisitas jangka pendek dan jangka panjang.  Mempelajari berbagai hal yang menentukan elastisitas penawaran.Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU APLIKASINYA Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  faktor yang menentukan. Berbagai bentuk kurva permintaan. Penerimaan total dan elastisitas harga permintaan.         5 PERILAKU KONSUMEN: TEORI PERMINTAAN KONSUMEN Sasaran belajar: • Dapat menghitung koefisien elastisitas dan mampu membaca arti dari nilai koefisien elastisitas serta faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan • Mengerti implikasi dari koefisien elastisitas permintaan.  Mempelajari tentang elastisitas penawaran. Metode pengukuran elastisitas. Sadono Sukirno. 4 . Metode kuliah mimbar Media tulis Overhead Tugas latihan box appendiks serta paper (makalah) Referensi Mankiw. Elastisitas penerimaan total di sepanjang kurva permintaan linier. Elastisitas harga penawaran dan factorfaktor yang menentukan. Dominic Salvatore.  Memahami berbagai hal yang menentukan elastisitas permintaan.  Fungsi kepuasan total. Pratama Raharja TIU:  Mempelajari konsep elastisitas permintaan.

Sasaran belajar • Mengetahui pendekatan daya guna marjinal.  Memahami konsep law of diminishing marginal utility. Pratama Raharja 5 .  Kondisi keseimbangan konsumen lebih dari satu macam barang.  Maksimisasi kepuasan (the maximization satisfaction).  Kendala anggaran konsumen.  Menurunkan kurva permintaan: model kurva indiferens.  Pengaruh perubahan harga produk terhadap keseimbangan konsumen.  Efek pendapatan dan efek substitusi  Price consumption curva.  Karakteristik kurva indiferens.  Memahami konsep surplus konsumen (consumers surplus). hukum guna batas yang menurun dan nilai guna total dan nilai Metode kuliah Media Overhead Tugas box appendiks Referensi Sadono Sukirno.  Marginal rate of substitution (MRS).Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU PENDEKATAN UTILITY DAN MODEL KURVA INDIFERENS TIU:  Memahami pentingnya seorang produsen (penjual) mengenali perilaku konsumen dalam membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.  Pengaruh perubahan pendapatan konsumen terhadap keseimbangan konsumen.  Memahami pengukuran kepuasan konsumen dengan menggunakan kurva indiferens.  Memahami konsep marginal rate of substitution dalam mengkombinasikan dua atau Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Kondisi keseimbangan konsumen dan kurva permintaan konsumen.  Menurunkan kurva permintaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan model utilitas cardinal.  Beberapa bentuk khusus kurva indiferens.  Mempelajari kepuasan yang diperoleh konsumen secara cardinal dari barang atau jasa yang dikonsumsi. income consumption curve dan kurva engel.  Bentuk kurva indiferens.  Suplus konsumen.  Kurva permintaan individu dan kurva permintaan pasar.  Menentukan jumlah barang atau jasa yang harus dikonsumsi agar konsumen memperoleh kepuasan total tertinggi (maksimum).

Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks Dominic Salvatore.  Tahap-tahap produksi  Produksi dengan satu variabel  Produksi dengan lebih dari satu variabel  Kurva produksi sama (isoquant)  Pengaruh faktor variabel dan tetap  Sifat-sifat isoquant. produksi rata-rata • • Sub pokok bahasan dan sasaran belajar guna marjinal Memahami keseimbangan konsumen dalam maksimisasi nilai guna (kepuasan) Mengetahui pendekatan daya guna marjinal.  Memahami adanya efek substitusi dan efek pendapatan dari perubahan harga suatu barang. Sadono Sukirno. Memformulasikan garis anggaran (budget line) konsumen untuk membeli (mengkonsumsi dua atau lebih macam barang.  Memahami berlakunya law of diminishing return bagi penggunaan input variable dalam suatu proses produksi.  Memahami konsep produksi total (TP).Minggu ke Pokok bahasan dan TIU lebih macam barang. hukum guna batas yang menurun dan nilai guna total dan nilai guna marjinal Memahami keseimbangan konsumen dalam maksimisasi nilai guna (kepuasan) Mengetahui efek substitusi maupun efek pendapatan dan implikasi dalam kurva Engel Metode kuliah Media Tugas Referensi • • 6  Bentuk-bentuk perusahaan milik swasta dan milik negara  Tujuan perusahaan  Teori produksi  Fungsi produksi  Dimensi jangka pendek dan jangka panjang.  Memahami perubahan keseimbangan konsumen jika terjadi perubahan harga atau pendapatan konsumen.  Menurunkan kurva permintaan konsumen dengan menggunakan model kurva indiferens. yaitu input tetap dan inpu variable. Pratama Raharja 6 . pendekatan indifferensi. TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN TIU:  Mempelajari jenis-jenis input dalam proses produksi.

 Laba ekonomis dan laba akuntasi. Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box apendiks serta paper (makalah) terkait dengan teori produksi dan atau teori biaya produksi. Memahami elastisitas input dan menggunakannya untuk mengetahui perubahan output. the law of diminishing return dan kurva produksi marjinal • Mampu menganalisis periode produksi • Mampu menjelaskan tentang tahap produksi  Apakah biaya itu?  Pendapatan total.  Skala ekonomis dan disekonomis.  Biaya tetap dan biaya variable.  Menganalisis keterkaitan antara proses produksi di suatu perusahaan dengan biaya totalnya. N. Dominic Salvatore.  Hubungan antara biaya total rata-rata jangka pendek dan biaya jangka panjang.  Memahami bentuk kurva-kurva 7 . Memahami perbedaan konsep produksi jangka pendek dan jangka panjang Memahami prinsip tingkat penggantian teknis (marginal rate of technical substitution).  Berbagai ukuran biaya. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar     Kurva isocost Keseimbanga isoquant dan isocost Garis perluasan produksi Perubahan harga faktor produksi Metode kuliah Media Tugas Referensi     Sasaran belajar: • Mengetahui bentuk dan badan hukum suatu perusahaan • Mampu menjelaskan konsep teori produksi jangka pendek. biaya total dan laba. Gregory Mankiw.  Bentuk-bentuk kurva biaya.  Biaya rata-rata dan biaya marjinal.Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU (AP) dan produksi marjinal (MP). Pratama Raharja 7 BIAYA PRODUKSI TIU:  Memahami hal-hal apa saja yang tercakup di dalam biayabiaya produksi perusahaan.  Biaya modal sebagai biaya oportunitas. Memahami penggunaan input variable agar tercapai kombinasi input dengan biaya terendah (least cost combination).  Mempelajari tentang biaya total rata-rata dan biaya marjinal serta keterkaitan di antara keduanya.  Biaya sebagai biaya oportunitas (opportunity cost). Sadono Sukirno.

 Memahami hubungan laba ekonomis dan keseimbangan pasar.  Laba maksimum diperoleh dengan menurunkan persamaan nilai ekstrem total revenue dan total cost. the law of diminishing return dan kurva produksi • Mampu menganalisis periode produksi. yang ekonomis dan tidak ekonomis  Perusahaan dengan orientasi laba. Memahami hubungan antara biaya jangka pendek dengan biaya jangka panjang. biaya produksi dan berbagai karakteristik biaya • Mampu menggambarkan kurva-kurva biaya produksi jangka pendek dan jangka panjang • Mampu menghitung skala produksi yang efisien dan tidak efisien. Kuliah mimbar Papan tulis overhead Kasus dan latihan box appendiks Pratama Raharja.  Memahami maksimisasi laba menggunakan pendekatan nilai total.. Sasaran belajar: Metode kuliah Media Tugas Referensi  8 MAKSIMISASI LABA TIU:  Mengetahui konsep maksimisasi laba.Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU biaya yang khas dari setiap perusahaan. 8 . yaitu marginal revenue = marginal cost.  Mempelajari upaya perusahaan dalam mencapai laba maksimum dengan cara yang efisien. rata-rata dan marjinal.  Titik shut down point dalam jangka pendek dan jangka panjang.  Laba ekonomis dan keseimbangan pasar.  Tujuan perusahaan. laba yang rendah mengundang pengambil-alihan perusahaan dan perusahaan dan tujuan-tujuan alternative.  Dimensi jangka pendek dan jangka panjang dalam maksimisasi laba. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar Sasaran belajar: • Mengetahui macam-macam biaya produksi dan karakteristiknya • Mampu menjelaskan konsep teori produksi jangka pendek. maksimisasi laba. Lincolin Arsyad.

Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU • • • Sub pokok bahasan dan sasaran belajar Metode kuliah Media Tugas Referensi 9 10 STURUKTUR PASAR PERSAINGAN SEMPURNA TIU:  Mempelajari karakteristik yang menjadikan pasar persaingan. keseimbangan harga Keseimbangan dan penawaran jangka panjang pada industri biaya menanjak Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks N.  Memahami tentang perusahaan bersaing memutuskan untuk menghentikan produksi secara sementara.  Memahami tentang perusahaan bersaing memutuskan untuk keluar atau memasuki suatu pasar.  Memahami tentang perusahaan bersaing memutuskan tingkat output yang harus diproduksi. Penawaran jangka pendek Pergeseran kurva penawaran dan permintaan Penawaran jangka panjang: kasus biaya konstan Bentuk kurva penawaran jangka panjang Penawaran perusahaan individual dan penawaran pasar (industri). PRETEST – QUIZ dan REVIEW Kuliah Konsep dasar persaingan sempurna mimbar Pendekatan pendapatan marjinal dan biaya marjinal Maksimisasi laba pada kurva penawaran pasar persaingan sempurna. Pratama Raharja 9 .  Menganalisis perilaku perusahaan dalam menentukan kurva penawaran pasar jangka pendek dan jangka panjang.             Mampu membuat koordinasi dalam menunjang keputusan perusahaan untuk memaksimumkan laba. Dominic Salvatore. Penetapan harga dalam pasar persaingan sempurna Penentuan dan peneatapan harga dalam jangka pendek. Gregory Mankiw. Mampu membedakan secara prinsip laba ekonomis dan laba akuntansi. Sadono Sukirno. Kurva biaya marjinal dan keputusan penawaran perusahaan. Dapat menentukan keputusan perusahaan untuk meminimumkan kerugian.

pendekatan penerimaan total dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna • Memahami biaya marjinal dan kurva penawaran produsen individual dalam jangka pendek • Mampu menjelaskan memaksimumkan keuntungan jangka panjang dan pola industri pada pasar persaingan sempurna • Dapat mengetahui efek ekonomis pasar persaingan sempurna dan dapat menunjukkan kebaikan dan kelemahan pasar persaingan sempurna UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PTA 10 .Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU Sub pokok bahasan dan sasaran belajar naik Keseimbangan pasar analisa dinamis Shut down point Pasar persaingan sempurna dan alokasi sumberdaya optimum Model cobweb Keseimbangan umum dan efisiensi ekonomi Sistem harga persaingan sempurna Batas kemungkinan produksi Bentuk kurva kemungkinan produksi Bauran keluaran yang efisien Efisiensi persaingan sempurna Metode kuliah Media Tugas Referensi           Sasaran belajar: • Mampu menjelaskan maksimisasi keuntungan jangka pendek.

 Diskriminasi harga (price discrimination).  Keseimbangan oligopolies.  Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang.  Pengaturan perusahaan monopoli (monopoly regulation) dan masalahnya.  Memahami perbandingan bekerjanya pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan monopolistic.  Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang.  Membuktikan keputusankeputusan perusahaan monopoli dalam mempengaruhi kesejahteraan ekonomi.  Biaya social monopoli (social cost monopoly).  Memahami struktur pasar yang berada di antara pasar monopolistic dan persaingan.  Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek. Gregory Mankiw.  Monopoli alamiah (natural monopoly).  Memahami hasil-hasil keputusan yang dilakukan produsen oligopoly.  Duopoly. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Factor-faktor penyebab terbentuknya monopoli. Metode kuliah Kuliah mimbar Media Papan tulis Overhead Tugas Kasus dan latihan box appendiks Referensi N.  Factor-faktor penyebab terbentuknya oligopoly.  Pasar persaingan monopolisitk dan efsiensi ekonomi.Minggu ke11 Pokok bahasan dan TIU PASAR MONOPOLI.  Karakteristik pasar persaingan monopolisitk.  Memahami berbagai kebijakan pemerintah untuk mengatasi masalah monopoli.  Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek. Pratama Raharja 11 . Dominic Salvatore. Sadono Sukirno.  Aspek positif monopoli.  Daya monopoli (monopoly power).  Menganalisis persaingan di antara perusahaan yang menjual produk yang bervariasi.  Permintaan dan penerimaan perusahaan monopoli. OLIGOPOLI DAN PERSAINGAN MONOPOLISTIK TIU:  Mempelajari keberadaan pasar dengan hanya ada satu produsen tunggal.  Karakteristik pasar oligopoly.  Mempelajari keberadaan undang-undang antitrust mencoba memacu persaingan di pasar oligopoly.

yakni lahan. penentuan harga dan output.  Pasar tenaga kerja berstruktur persaiangan sempurna (perfect competition labour market). • Mampu mengidentifikasi pasar factor produksi berstruktur pasar persaingan sempurna. jangka pendek dan jangka panjang  Factor-faktor penentu permintaan terhadap factor produksi (input demand). Pratama Raharja 12 . modal telah Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks N.  Memahami keputusankeputusan rumah tangga di balik penawaran tenaga kerja. Metode kuliah Media Tugas Referensi 12 PASAR FAKTOR PRODUKSI: TENAGA KERJA DAN TANAH TIU:  Menganalisis permintaan tenaga kerja dari perusahaan kompetitif yang memaksimalkan laba.  Mempelajari tentang factorfaktor produksi lainnya.  Mempelajari bahwa upah ekuilibrium sama dengan nilai produk marjinal tenaga kerja. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Pengaturan pasar persaingan monopolistic.Minggu ke Pokok bahasan dan TIU Mempelajari kebaikan pasar persaingan monopolistic. Gregory Mankiw.  Monopsoni (monopsony). Dominic Salvatore. Sasaran belajar: • Dapat menjelaskan unsur yang menimbulkan monopolistik dan perilaku penentuan harga dan output • Mengetahui kartel dan pembagian pasar.  Monopoli bilateral bilateral monopoly)  Pasar harga tanah (land market).  Penawaran factor produksi. Sasaran belajar: • Dapat melakukan estimasi permintaan dan penawaran factor produksi tenaga kerja. Sadono Sukirno. beberapa halangan mengadakan kolusi serta efisiensi ekonomi industri oligopoli • Dapat menjelaskan tentang konsep dan unsur persaingan monopolistik.

 Ekonomi kesejahteraan modern.  Memahami bahwa alokasi sumberdaya dalam paretoefficient jika kenaikan kepuasan seorang anggota masyarakat mengharuskan penurunan • Sub pokok bahasan dan sasaran belajar Mampu menganalsis efek substitusi factor produksi tenaga kerja terhadap harga tanah.  Ekonomi kesejahteraan mempelajari keinginan (desirability).  Efisiensi produksi (product effieciency).  Konsumen akan bergerak menuju kurva kontrak konsumsi. Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks Dominic Salvatore. dan pemilihan berbagai penggunaan sumberdaya oleh masyarakat. Metode kuliah Media Tugas Referensi 13  Persamaan-persamaan permintaan dan penawaran.  Persaingan sempurna memenuhi syaratsyarat efisiensi.  Kegagalan pasar (market failures).  Produsen akan bergerak menuju kurva kontrak produksi.  Optimasi kesejahteraan masyarakat.  Criteria Pareto (Pareto Criterion) pada ekonomi kesejahteraan.  Efisiensi konsumsi (consumption efficiency).  Persamaan-persamaan dalam system ekonomi tidak independent. Lincolin Arsyad 13 .Minggu ke Pokok bahasan dan TIU terkompensasi. Pratama Raharja.  Fungsi kesejahteraan social. Memahami bahwasanya perubahan penawaran salah satu factor produksi akan mengubah pendapatan bagi factor-faktor produksi yang lain.  Memahami terjadinya alokasi produksi dan konsumsi secara efisien pada pasar persaingan sempurna. efisiensi. Sadono Sukirno.  Model Edgewort: pendekatan grafis untuk keseimbangan umum.  Criteria pareto menghasilkan criteria efisiensi. KESEIMBANGAN UMUM DAN KESEJAHTERAAN EKONOMI TIU:  Keseimbangan umum mempelajari suatu keseimbangan simultan dalam jangka panjang untuk semua pasar dan semua unit perekonomian dalam suatu system ekonomi.  Hukum Walras: Pengeluaran total harus sama dengan pendapatan total.

• Mampu mengidentifikasikan bahwa ada 3 syarat untuk mencapai Pareto-Efficient yaitu efisiensi produksi. Kuliah mimbar Papan tulis Overhead Kasus dan latihan box appendiks Dominic Salvatore. Analisis biaya manfaat. Solusi swasta dalam eksternalitas. Pentingnya hak milik. Barang-barang public. • Mampu menunjukkan ada lebih banyak variable harga dan kuantitas yang tidak diketahui dalam system Walrasian daripada persamaan-persamaan independent. Sumberdaya milik bersama.  Memahami mengapa pasar swasta tidak mampu menyediakan barang-barang           Perbedaan-perbedaan jenis barang. Eksternalitas positif dari produksi. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar Sasaran belajar: • Mampu membuktikan interdependensi dari pasar-pasar dalam perekonomian untuk menyesuaikan diri. Eksternalitas dalam konsumsi. Eksternalitas dan efisiensi pasar. Pratama Raharja. efisiensi konsumsi dan MRT = MRS. Metode kuliah Media Tugas Referensi 14 BARANG PUBLIK DAN EKSTERNALITAS TIU:  Mempelajari karakteristikkarakteristik dasar dari barang public dan sumber-sumber daya milik bersama. Eksternalitas negative dari produksi. • Mampu membuktikan alokasi yang efisien mensyaratkan MRT = MRS.Minggu ke- Pokok bahasan dan TIU kepuasan bagi anggota masyarakat lain. • Mampu menunjukkan bahwa kegagalan pasar terjadi jika system pasar gagal untuk mencapai alokasi Pareto-Effienct karena masalah-masalah yang inheren. Lincolin Arsyad 14 .

Mempelajari mengapa orangorang cenderung memanfaatkan sumber-sumber daya milik bersama secara berlebihan. Mempelajari sifat dasar eksternalitas. • Mampu mengidentifikasikan bahwa barang-barang milik bersama adalah barang yang memiliki sifat bersinggungan dengan hak orang lain. Menganalisis biaya-manfaat barang public sangat penting namun juga sulit dilakukan. Memahami sebagian sumber daya public yang penting bagi perekonomian. Sub pokok bahasan dan sasaran belajar  Kebijakan public untuk mengatasi eksternalitas.Minggu ke Pokok bahasan dan TIU public. Memahami mengapa eksternalitas mengakibatkan hasil-hasil pasar menjadi tidak efisien. • Mampu membuktikan upaya internalisasi biaya ekternal sebagai regulasi pemerintah dalam menanggung beban eksternalitas dalam bentuk penerapan pajak pigovian. Sasaran belajar: • Mampu membedakan karakteristik barang-barang ekskludabilitas dan sifat bersinggungan dengan hak orang lain. Memahami beberapa barang public yang penting bagi perekonomian. Mempelajari berbagai kebijakan pemerintah yang ditunjukkan untuk mengatasi masalah eksternalitas. • Mampu menunjukkan bahwa barang public tidak memiliki sifat ekskludabilitas maupun bersinggungan dengan hak orang lain. • Mampu mengidentifikasi masalahmasalah eksternalitas yang timbul dari sebuah transaksi antara dua pihak yang berdampak terhadap pihak lain. • Mampu menunjukkan beberapa contoh eksternalitas yang dengan sendirinya dapat diatasi tanpa keterlibatan pemerintah. UJIAN AKHIR SEMESTER Metode kuliah Media Tugas Referensi       SUMBER PUSTAKA: 15 .

2002. Ekonomi Mikro. terjemahan: Teori Mikroekonomi teori dan soal-soal. 3. Priciples of Economics. 2nd edition. Penerbit Erlangga. 1983. Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar. 4.1. Gregory Mankiw. N. Microeconomic Theory. 16 . Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta 2003. 2nd edition. 2004. Edisi kedua. BPFE. Jakarta. Edisi Ketiga. Prathama Raharja dan Mandala Manurung. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI. Thomson Learning. 1999. Shaum-Series. Sadono Sukirno. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2. Edisi ketiga. Jakarta 1991. jilid 1 Penerbit Erlangga. Lincolin Arsyad. Dominick Salvatore. terjemahan: Pengantar Ekonomi. 2001. Yogyakarta. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful