MASALAH KEMISKINAN DI INDONESIA

‡ Kemiskinan merupakan masalah global ‡ Masalah kemiskinan bukan suatu isu yang baru di indonesia sedangkan upaya penanggulangan kemiskinan sebenarnya sudah dilakukan sejak awal kemerdekaan. bangsa Indonesia telah mempunyai perhatian besar terhadap terciptanya masyarakat yang adil dan makmur sebagaimana termuat dalam alinea keempat Undang-Undang Dasar 1945 .

BAGAIMANAKAH TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA ?? .

‡ Persentase penduduk miskin antara daerah perkotaan dan perdesaan tidak banyak berubah.10 juta (15. Thailand (73).97 persen).41 persen) penduduk miskin berada di daerah perdesaan . sebagian besar (63. berarti jumlah penduduk miskin meningkat sebesar 3.95 juta. lebih rendah dibanding negara di Asia Tenggara lainnya seperti Singapura (25). Pada bulan Maret 2006.‡ Dari data Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI). Malaysia (61).05 juta (17.75 persen). Dibandingkan dengan penduduk miskin pada Februari 2005 yang berjumlah 35. Indonesia menempati urutan 110. Brunei (33). dan Filipina (84) ‡ Jumlah penduduk miskin (penduduk yang berada dibawah Garis Kemiskinan) diIndonesia pada bulan Maret 2006 sebesar 39.

. tidak mampu memenuhi hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat ‡ Biro pusat statistik-Kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang hanya dapat memenuhi kebutuhan makannya kurang dari 2. laki-laki dan perempuan.kondisi di mana seseorang atau sekelompok orang.Apa itu kemiskinan?? ‡ Badan Perencanaan dan Pembangunan nasional (BAPPENAS) 2004 . ‡ Bank Dunia : Kemiskinan adalah tidak tercapainya kehidupan yang layak dengan penghasilan US $ 1 per hari per tahun.100 kalori per kapita per hari.

Bagaimanakah dampak kemiskinan terhadap bangsa indonesia? .

Dampak Masyarakat membatasi hak rakyat ‡ Ekonomi :rendahnya kualitas SDM termasuk kesehatan.pendidikan. seperti air bersih dan penerangan . ketrampilan yang berdampak pada penghasilan. ‡ Sosial :tersingkir dari institusi utama masyarakat yang ada ‡ Politik: tidak memiliki akses ke proses pengambilan keputusan yang menyangkut hidup mereka ‡ Kualitas hidup:rendahnya pemilikan aset fisik termasuk aset lingkungan hidup.

Dampak Ekonomi Nilai mata uang rupiah menurun ‡ Krisis ekonomi mengakibatkan tinggi pengangguran ‡ Produktivitas negara rendah ‡ Inflasi ‡ Perdagangan internasional jatuh .

‡ kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin dalam hal penghasilan pendapatan serta kekayaan . dll ‡ Terorisme .korupsi.Dampak Sosial ‡ Tinggi aktivitas kriminalitas.akibat eksploitasi masyarakat secara oportunistik oleh kumpulan teroris ‡ Masyarakat tidak tersedianya akses pendidikan dan informasi bagi masyarakat miskin serta tidak adanya kemampuan berpartisipasi dalam masyarakat.prostituition.

timbulnya sebuah kelompok atau gerakan politik yang kendur dengan tujuan mencapai pembaruan ‡ Masalah ketahanan negara kesejahteraan dan keamanan tergugat .Dampak Politik Kegugatan politik ‡ Timbulnya ketidakpastian terhadap kepimpinan politik pemerintah ‡ Radikalisme.

terutama bayi baru lahir dan ibuhamil ‡ Kurangnya akses oleh orang miskin ke puskesmas dan posyandu ‡ Dana hospital pemerintah kurangketerbatasan alatan serta intervensi pengobatan .Apakah dampak kemiskinan dalam aspek pengobatan?? ‡ Masalah biaya pengobatan tinggi ‡ Kekurangan gizi.

Prinsip musyawarah serta gotong-royong harus diterapkan dalam membanteras masalah kemiskinan. .Kesimpulan ‡ Bangsa Indonesia adalah bangsa kaya budaya. kaya sumberdaya alam dan sumber daya manusia justeru kebijaksaanan pemerintah dalam pemperdayakan SDM membantu kestabilan ekonomi serta penerapan semangat nasiolisme yang tinggi mampu mewujudkan masyarakat yang berpartisipasi.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful