SEJARAH NEGARA NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU 1 REVOLUSI INDUSTRI NEGARAN NEGARA EROPA berkembang pada awal

abad 16 yang dipelopori oleh inggris dan menyebar di di dataran eropa yang menimbulkan perubahan yang pesat dan cepat khususnya dibidang ekonomi menyebabkan ketertinggalan ekonomi dika wasan asia afrika yang sangat menyedihkan . perkembangan teknologi yang ada menyebabkankemajuan dibiang sosial dan ekonomi contohnya barang barang keperluan hidup (bahan pakaian dan alat alat kerja yang dihasilkan secara besar besaran )dan kemajuan dunia pengangkutan misal kereta api mobil yang memudahkan orang melakukan perjalanan jauh keberbagai tempat. inggris menjadi negara pertama yang menjadi negara pelopor maju didunia sehngga diikuti negara negara eropa seperti jerman perancis dan amerika akibat dari kemajuan industri mendorong negara negara dieropa untuk mengelilingi untuk mencari cari bahan mentah contoh konkrit yang ada. belanda telah masuk dan mengeksploitasi sumber sumber kekayaan yang terdapat didaerah daerah jajahannya selam 350 tahun Perkembangan sejarah ,zaman disebut jaman imperialisme yaitu terjadi jaman eksploitasi dan diskriminasi . penduduk yang berhak atas kekayaan alam ditindas dan di biarkan hidup tanpa kemajuan Contoh keterbelakangan yang disebabkan penjajahan : 1. Politik penjajah selalu hendaki terjadinya perpecahan bangsa yang dijajah 2. Oran orang yang memiliki kualitas setingkat dengan kaum penjajah mendapatkan penghargaan rendah danntertutup untuk jabatan pemimpin 3. Pemimpin indoneisa selalu diawasi para penjajah dari segala gerak geriknya. 4. Penjajah tidak menghendaki majunya bangsa yang dijajah. 5. Sarana sarana pendidikan sangat terbatas bagi rakyat umum terdapat diskriminasi Tahap tahap perkembangan Negara Menurut W.W Rostow perkembangan negara terbagi menjadi 5 tahapan 1. Tahap mayarakat tradisional Memiliki ciri ciri dalam masyarakat : 1.System perekonomian belum terorieantasi pada pasar 2.Mata pencaharian masyarakat pada umumnya disektor pertanian 3.Pada umumnya masyakata belum produktif 4.Site kerja masih turun temurun 2.Tahap prakondisi lepas landas Ciri cirinya pada tahap ini : 1.Masyarakat makin mengenalteknologi yang lebih produktif 2.Masyarakatnya sedang menuju pada perubahan disegala bidang baik ekonomi,social dan politik 3.Masyarakat mulai mengenal lembaga keuangan sebagai tempat menabung 4.Kegiatan perekonomian bergerak lebih baik. 3.Tahap lepas landas ciri cirinya pada tahap ini : 1.kegiatan industry lebih dominan di dalam pertumbuhan perekonomian 2.penggunaan teknologi oleh masyarakat makn tinggi

Besarnya produksi atau jumlah penduduk. Satuan cara untuk mengukur pendapatan nasional antara lain : 1. Dasar pertimbangan pembuatan proyeksi perkembangan perekonomian 4. Metode Berdasarkan peningkatan perekonomian masyarakatnya negara-negara didunia dapat dibedakan ke dalam 2 (dua) golongkan ( negara berkembang dan negara maju) dan untuk menentukannya menggunakan : 1.struktur ekonomi makin mantap.pertambangan. Pendapatan Nasional (Gross National Product) pendapatan nasional merupakan naiali produksi barang dan jasa yang diberikan dalam system perekonomian satu tahun. Ukuran pembangunan lebih beragam 5. pendapatan per kapita. Metode bersifat kuantitatif Untuk mempelajari gejala gejala ekonomi yan terjadi masyarakat yang berhubungan dengan datadata statistic misalnya.3.Pertumbuhan per kapita terus meningkat 4. Yang dipelajari dalam metode ini tentang pertumbuhan ekonomi yang terjadi dibeberapa negara lain untukdibandingkan dengan negara yag bersangkutan.pemanfaat media informasi untuk pemanfaat informasi) 2 Indikator Negara Berkembang dan Negara Maju 1. Metode bersifat deskriptif Merupakan upaya untuk memperlajari gejala-gejala perekonomian yang terjadi dimasyarakat yang berhubungan dengan besarnya pendapatan masyarakat. Besarnya pendapatan per kapita masyarakat. 2. Menggarah pada Produksi yang tahan lama 2. Tahap konsmusi Massa tinggi Indikasi 1. Indikator > tujuannya ntuk mengetahui pemabangunan suatu negara adalah mengetahui pendapatan nasional.perdagangan. pendapatan masyarakat per kapita mencapai pada titik dan daya beli masyarakat sudah tinggi termasuk narang-barang yang bersifat skunder dan tersier. Umpan balik terhadap perencanaan pembangunan yang telah dibuat. 4. Pengunaan teknologi oleh masyarakat makin tinggi 3. Cara pengeluaran. Sebagai alat ukur pembangunan ekonomi baik yang bersifat nasional maupun regional 3. Struktur ekonomi makin mantap 4. 2. . Perhitungan pendapatan nasional yang dapat digunakan antara lain : 1. Industri modern makin banyak tumbuh dan berkembang 5. Jasa Keahlian 3. Indeks mutu hidup indeks pembangunan dan pemenuhan kebutuhan pokok. 4. Peningkatan pendapatan harus digunakan untuk memperbaiki kualitas hidup(kesehatan. a. Tahap Gerak menuju kematangan Ciri ciri dalam tahap ini adalah sebagai berikut : 1. Mengetahui besarnya laju pertumbuhan ekonomi baik nasional dan regional 2.pendidikan. Tujuan metode ini untuk mempelajari kegiatan ekonomi negara tersebut yang didominasi oleh sector pertanian. Pertumbuhan ekonomi berlangsung terus menerus 2.

Umumnya sector meliputi : 1. Perusahaan air listrik dan gas 5. Cara Pendapatan Menentukan pendapatan nasional dengancara menjumlah besarnya pendapatan atau balsa jasa setiap factor produksi yang meliputi : Modal (capita). Pertambangan 3. Cara produksi Adalah cara menetukan pendapaan nasional dengan menjumlahkan nilai produksi yang dihasilkan dalam sector ekonomi yang ada. Industry pengglahan (manufacturing) 4. Tenaga kerja ( Manpower) Tanah (land) managerial (management). B. Hasil pendapatannya disebut nasional Bruto Kesalahan dam membandingan pendapatan nasioanal antara negara-negara maju dan negaranegara berkembang adalah sebagai berikut : A. . GNP negara negara berkembang terlalu rendah disebabkan barang dan jasa di negara berkembang merupakan industry rumah tangga dan tidak dijual. Seperti hotel dihitung sebagai biaya produksi sehingga akan meningkatkan harga produk. bangunan 3. Contoh: pengeluaran untuk kenyamanan berbisnis. GNP di negara negara maju dinyatakan terlalu tinggi dikarenakan banyak factor yang harus diperhitungkan sebagai pendapatan nasional.Adalah cara menetukan pendapatan dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran berbagai golongan pembeli dan masyarakat yang menghasilkan nilai produk nasional bruto (gross nasional bruto) 2. Pertanian. industry.Kehutanan dan perikanan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful