KOMITMEN BAGI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN

PENDALAMAN MATERI Seorang wirausahawan harus memiliki kommitmen tinggi pada usahanya dan bagi orang lain agar cita-cita dan tujuannya dapat tercapai dengan baik dan maksimal. Untuk memahami tentang komitmen, mari kita simak uraian berikut ini : A. Pengertian Komitmen Tinggi Komitmen tinggi adalah kesadaran dan kemauan untuk selalu menjadi yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Komitmen tinggi dapat diterapkan pada berbagai hal, antara lain sebagai berikut : 1. Perilaku tepat waktu pada jadwal yang telah ditetapkan. 2. Perilaku tepat janji orang lian (kolega dan pelanggan) 3. Perilaku terhadap mutu produk yang telah ditetapkan 4. Perilaku pada pengendalian diri

B. Faktor yang menunjukkan komitmen tinggi Faktor-faktor yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki komitmen tinggi, antar lain sebagai berikut: 1. Memiliki kemauan keras untuk mencapai tujuan 2. Memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuan yang dimiliki 3. Jujur dan bertanggung jawab 4. Memiliki ketahanan fisik dan mental yang andal

C. Penerapan Perilaku Tepat Waktu Perilaku tepat waktu harus dimiliki oleh seorang wirahusahawan karena dalam dunia bisnis waktu adalah uang. Artinya, waktu adalah kesempatan untuk memperoleh keuntungan atau peluang untuk merebut pangsa pasar. waktu tidak dapat diputar kembali dan waktu tidak dapat dibeli.

bahwa akibat dari Tuan Adi tidak komitmen pada waktu yang telah disepakati maka Tuan Adi menanggung kerugian. Penerapan Perilaku Tepat Janji Janji adalah kewajiban yang harus dipenuhi kepada orang lain. banyak sekali manfaat yang diperoleh seorang wirausahawan. yaitu kehilangan satu pelanggan bahkan banyak pelanggan. Ketepatan dalam memenuhi janji yang telah diucapkan memberikan dampak yang positif bagi wirausahawan dan sebaliknya. D. Dengan perilaku tepat janji. Hal tersebut karena tidak menuntup kemungkinan pelanggan yang kecewa menceritakan pada relasi-relasinya. . dan nama baik perusahaan dipercaya. Seorang wirausahawan harus dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya karena waktu yang terbuang adalah kerugian besar bagi usahanya. Seharusnya Tuan Adi menyerahkan pekerjaan tersebut pada mitra kerjanya sehingga tidak mengecewakan pelanggan. eksisiensi usaha terjamin. perilaku Tuan Adi tidak menunjukkan perilaku tepat waktu. Dalam hukum agama. Perhatikan ilustrasi berikut! Tuan Adi seorang pengusaha di bidang jasa bengkel.Semua kegiatan usaha memerlukan waktu. keuntungan meningkat. Tiba-tiba saja dia sakit dan akhirnya tidak dapat menepati janji yang telah dijanjikan pada pelanggannya untuk menyelesaikan mobil yang dipercayakan padanya. jika mengingkari janji yang telah diucapkan maka akan memberikan dampak negatif yang dapat merugikan harga diri dan citra diri wirausahawan. Berdasarkan masalah di atas. Berdasarkan ilustrasi di atas dapat disimpulkan. janji adalah utang yang wajib dibayar dan dipenuhi. yaitu dipercaya oleh pelanggan. Dia diminta untuk memperbaiki mobil pelanggannya dalam waktu tiga hari. Padahal pelanggan sangat memerlukan mobil tersebut dan akibatnya pelinggan tersebut kecewa dan memutuskan untuk tidak menjadi pelanggannya lagi. Membuang waktu berarti telah membuang peluang dan kesempatan bisnis.

Sabar dan tabah dalam menghadapi masalah yang dihadapi harus dilatih. dan dipelihara oleh wirauisahawan untuk mempertahankan apa yang telah dicapai dan dimiliki. Ketabahan dalam menjalani cobaan dan rintangan dalam usaha merupakan benteng terkuat yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Penerapan Kepedutian Terhadap Mutu Produk Kepedulian pada mutu produk sangat memengaruhi pada omset penjualan dan kepuasan pelanggan. Caracara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pnoduk. antara lain mutu harus disadari oleh pelanggan dan mutu harus ditampilkan dalam kegiatan perusahaan. membiasakan bertutur kata yang sopan dan bijaksana.E. harul peka dan selalu peduli pada mutu produk yang dihasilkan karena dengan nrutu produk yang baik dan unggul dapat menarik pangsa pasar sehingga omset penjualan meningkat. Kesabaran dan ketabahan dapat dibina dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan. menghargai setiap perbedaan menghormati yang lebih tua. serta menerima hasil usaha dan berusaha meningkatkannya. dibina. seorang wirausahawan harus menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri. untuk menjaga semangat dan motivasi tinggi. . Dengan kesabaran akar: mernbuahkan hasil yang memuaskan secara batin dan materi. Beberapa cara pengendalian diri. Penerapan Kesabaran Dan Ketabahan Dalam Berwirausaha Kesabaran adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam melakukan segala macam kegiatan. F. Apalagi rnakin banyaknya pesaing bisnis yang bermunculan menjadikan wirausaha harus dapat memproduksi barang yang berstandar dan dapat bersaing di pasar. Sebagai seorang wirausahawan. antara lain sebagai berikut. Secara umum.

seorang wirausahawan dapat menjalani masalah-masalahnya dengan sabar dan ikhlas serta selalu berqsaha untuk yang terbaik bagi pekerjaannya. .1. Wirausahawan tidak mudah putus asa dan pantang menyerah dalam menghadapi hambatan. 3. Tabah Dengan ketabahan yang dimiliki. Dengan keuletan.hambatan yang mungkin terjadi. Ulet Perilaku ulet merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang diharapkan. merupakan salah satu aktualisasi dari perilaku ulet. seorang wirausahawan dapat menghadapi masalahmasalahnya dengan mudah. Perilaku disiplin dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan berwibawa di depan anak buahnya serta kolega dan pelanggannya. Disiplin Disiplin merupakan modal dasar untuk meraih keberhasilan dalam berwirausaha. semua pasti ada hikmahnya. Dengan keyakinan bahwa semua cobaan yang dihadapi akan menjadikan suatu pelajaran yang berharga dan pasti itulah yang terbaik. 2.